20 Manfaat Lobak yang Luar Biasa

December 30, 2016

manfaat lobak

Manfaat lobak memang tidak diragukan lagi, terutama dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam lobak sangatlah berlimpah, sehingga mengkonsumsi lobak sangatlah di anjurkan bagi kita. Lobak merupakan salah satu jenis sayuran yang dimanfaatkan umbinya. Bentuk lobak menyerupai wortel, namun ia berwarna putih dan memiliki ukuran yang lebih besar. Lobak dapat diolah menjadi acar, soto, dan lain sebagainya. Selain rasanya yang nikmat, manfaat lobak lainnya adalah sebagai obat penyembuh berbagai macam penyakit.

Kandungan Gizi dalam Lobak

Lobak telah dibudidayakan di seluruh dunia. Kandungan gizi pada lobak sangatlah berlimpah, antara lain: vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin E, vitamin C, minyak atsiri, flalonoid, zat besi, kalsium, potassium, saponim polifenol dan masih banyak lainnya.

Manfaat Lobak Bagi Kesehatan

Dibawah ini akan diuraikan berbagai manfaat lobak yang mengagumkan bagi kesehatan dan kecantikan:

1. Mengobati Batu Ginjal

Penderita batu ginjal sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi setengah gelas jus lobak secara rutin setiap harinya. Sebagaimana kita ketahui salah satu penyebab batu ginjal adalah karena urin mengandung kalsium. Manfaat lobak dalam mengobati batu ginjal terletak pada kandungan lobak yang kaya akan potassium. Potassium berfungsi untuk menghambat keluarnya kalsium dalam urin sehingga urin tidak lagi mengandung kalsium dan batu ginjal pun dapat di atasi.

2. Lobak Dapat Mengatasi Masalah Buang Air Kecil

Lobak mengandung kadar air yang cukup tinggi, sehingga akan membantu memperbanyak air seni. Kandungan potassium pada lobak juga berfungsi untuk mengurangi rasa sakit yang dialami saat buang air kecil.

3. Baik Bagi Pencernaan

Manfaat lobak bagi pencernaan didukung oleh kandungannya yang kaya akan serat, dengan begitu mengkonsumsi lobak secara rutin dan tidak berlebihan dapat memperlancar pencernaan dan menghindarkan kita dari sembelit dan penyakit ambeien.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat lobak yang sangat penting adalah menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut didasari pada kandungan vitamin C pada lobak yang menghasilkan kolagen, dimana kolagen merupakan protein penting yang menjaga dan memperkuat dinding pembuluh darah serta mengurangi plak yang menyumbat aliran darah yang menempel pada arteri pembuluh darah di jantung. Oleh sebab itu penyakit gagal jantung dapat dihindari dengan salah satunya mengkonsumsi lobak secara rutin.

5. Lobak Untuk Mencegah Anemia

Manfaat lobak yang satu ini didukung dengan kandungan asam folat dan zat besi yang terkandung dalam lobak. Sebagaimana kita ketahui asam folat dan zat besi berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah sehingga membantu menghindarkan dari penyakit anemia. Kandungan asam folat pada lobak juga sangat penting bagi ibu hamil. Asupan asam folat yang cukup akan menghindarkan menghindarkan caloon bayi dari kecacatan saraf.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat lobak selanjutnya yang tak kalah penting adalah adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan juga gigi. Kandungan fosfor dan kalsium serta kandungan vitamin K pada lobak berfungsi untuk mencegah osteoporosis dan memperlancar pertumbuhan gigi pada anak.

7. Manfaat Lobak Bagi Kesehatan Vagina

Manfaat lobak berikut ini sangat berguna bagi kaum wanita yaitu menjaga kesehatan vagina. Kandungan protein antijamur RsAFP2 dalam lobak berperan dalam membunuh jamur Candida albicans yang berlebihan. Candida albicans merupakan spesies cendawan patogen yang menyebabkan infeksi jamur vagina dan jamur oral.

8. Membantu Mengobati Asma

Kandungan vitamin dan zat desinfektan yang terdapat dalam lobak berfungsi menghilangkan penyumbatan yang terjadi pada hidung, tenggorokan dan paru-paru. Zat-zat tersebut berperan penting dalam melindungi sistem pernapasan dari bakteri penyebab penyakit, diantaranya asma.

9. Mengobati Leukoderma

Tidak hanya daging lobak, biji lobak pun memiliki manfaat yang luar biasa. Biji lobak yang dihaluskan dan dicampur dengan cuka kemudian dioleskan pada bagian kulit yang bewarna putih sangat membantu dalam penyembuah leukoderma.

10. Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat lobak dalam bidang kesehatan lainnya adalah menjaga hati. Kandungan nutrisi dalam lobak sangat membantu menetralkan produksi billirubin yang berlebih dan mengembalikan kinerja hati dan empedu menjadi lebih normal. Sehingga dengan mengkonsumsi lobak kita dapat terhindar dari penyakit kuning.

Manfaat Lobak Bagi Kecantikan

Selain bermanfaat bagi kesehatan, lobak juga berguna bagi kecantikan tubuh. Beberapa manfaat lobak untuk kecantikan diantaranya:

1. Mengatasi Kulit Kering

Manfaat lobak bagi kecantikan memang tidak diragukan, tingginya kadar air dan kandungan vitamin E yang terdapat pada lobak sangat ampuh untuk menjaga kelembapan kulit. Masalah kulit seperti kulit pecah, kulit bersisik dapat segera teratasi.

2. Mengobati Eksim

Bagi anda penderita eksim, mengkonsumsi lobak secara rutin akan sangat berpengaruh dalam penyembuhan eksim yang anda derita. Kandungan Vitamin E dalam lobak terbukti efektif dalam menangani kondisi kulit penderita eksim.

3. Membasmi Jerawat

Kemampuan lobak dalam memperlancar peluruh keringat menyebabkan pori-pori kita terbuka dan kotoran pada kulit akan ikut terbuang bersamaan dengan keluarnya keringat. Manfaat lobak dalam memperlancar peluruhan keringan menyebabkan kotoran di kulit kita berkurang dan jerawat pun minggat. Kandungan vitamin C yang terdapat pada lobak juga sangat membantu dalam menghilangkan bekas jerawat.

4. Menghilangkan Ketombe

Mengkonsumsi lobak secara rutin juga dapat mengatasi ketombe. Masker lobak yang digunakan pada rambut dipercaya dapat mencegah kelebihan produksi sebum, sehingga rambut menjadi tidak berminyak dan ketombe menghilang.

5. Mengurangi Stretch Mark

Kekurangan vitamin A,C dan E akan menyebabkan munculnya stretch mark pada kulit kita. Untuk itu konsumsi lobak sangat bermanfaat untuk menghindarkan kita dari masalah kulit tersebut.

6. Mencerahkan Kulit

Manfaat lobak selanjutnya adalah berperan dalam mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C, vitamin E dan B komplek pada lobak. Vitamin-vitamin tersebut sangat berperan dalam menjaga kulit agar tetap bersinar.

7. Lobak Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dan kadar air yang tinggi pada lobak akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Hal tersebut akan mengurangi asupan makanan bagi tubuh dan program diet pun akan berhasil.

8. Mengilangkan Bekas luka

Setiap orang pasti memiliki bekas luka yang sulit dihilangkan. Kandungan vitamin dalam lobak dapat membantu dalam memudarkan bekas luka pada kulit. Selain itu, vitamin yang terkandung dalam lobak akan menetralisir radikal bebas sehingga proses penyembuhan akan lebih cepat.

9. Menjaga Kelembutan Kulit

Kandungan vitamin E dan vitamin C serta kadar air yang cukup tinggi pada lobak membuat lobak memiliki kemampuan untuk menjaga kelembutan kulit.

10. Anti Keriput

Kandungan vitamin C dan Vitamin E pada lobak juga berfungsi sebagai zat anti-aging bagi kulit kita. Dengan mengkonsumsi lobak secara teratur berarti kita juga memenuhi kebutuhan vitamin C untuk tubuh kita. Vitamin C mengandung asam arkobat yang merupakan zat pembentuk kolagen. Kolagen inilah yang membuat kulit kita tetap sehat dan kencang. Sedangkan vitamin E berfungsi sebagai anti oksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas.

Manfaat lobak yang telah dibahas di atas hanyalah sebagian dari manfaat lobak saja. Sebetulnya masih banyak manfaat lobak untuk kesehatan dan kecantikan, namun masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: