20 Manfaat Lidah Buaya yang Luar Biasa

November 11, 2015

manfaat lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan sangatlah beragam, dimulai dengan memperbaiki sistem pencernaan; yang dapat membuat tubuh sehat secara optimal dalam jangka panjang. Lidah buaya memperkuat sistem kekebalan tubuh, menunda proses penuaan, menyembuhkan dermatitis, meredakan masalah haid, mengurangi nyeri artritis, menyembuhkan luka, menyembuhkan mual, menghilangkan bisul, menurunkan kadar gula darah, mencegah diabetes, mengurangi tekanan oksidatif, menghambat pertumbuhan kanker, menyembuhkan efek samping dari perawatan radioterapi, mendorong pertumbuhan rambut, dan meringankan gejala refluks asam.

Tanaman yang sangat berguna ini juga menurunkan kolesterol dan trigliserida, meningkatkan fungsi kardiovaskular, meredakan nyeri sendi dan otot, meningkatkan rentang hidup, dan menyembuhkan penyakit gusi. Lidah buaya telah digunakan selama berabad-abad untuk mengurangi rasa sakit, karena memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik.

Penelitian-penelitian masih sedang dilakukan untuk menemukan lebih banyak manfaat dari tanaman lidah buaya ini, yang pasti akan membuatnya semakin penting dalam praktek obat-obatan herbal di seluruh dunia.

Bagaimana Lidah Buaya Menolong Anda?

Selama beberapa dekade, sifat menenangkan dari lidah buaya telah dikenal dan dipuja oleh mereka yang percaya pada naturopati. Lidah buaya memiliki 18 asam amino yang bekerja dengan senyawa lain dalam tubuh manusia untuk memberikan banyak manfaat kesehatan. Manfaat lidah buaya yang paling dikenal adalah penyembuhan kulit, luka dan masalah kulit lainnya secara alami. Selain itu, juga memiliki banyak manfaat lain seperti menyembuhkan penyakit jantung, diabetes, asma dan radang sendi. Manfaat lidah buaya untuk penyembuhan secara umum akan dibahas di bawah ini.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Manfaat lidah buaya berikut ini telah cukup populer. Sifat adaptogenik yang dimiliki tanaman ini bermanfaat untuk mendapatkan fungsi pencernaan yang tepat. Ini memastikan penyerapan nutrisi yang lebih baik dan juga menghilangkan unsur-unsur berbahaya melalui ekskresi yang lembut. Proses pencernaan yang sehat secara positif mempengaruhi pikiran dan tindakan, sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Dengan demikian, lidah buaya menyembuhkan sindrom iritasi usus, sembelit, wasir dan kondisi pencernaan lainnya yang merusak sistem anda.

Lidah buaya memiliki senyawa yang disebut polisakarida yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan sejumlah gangguan pencernaan dan bahkan tukak lambung. Tukak lambung adalah salah satu gangguan pencernaan yang efektif disembuhkan dengan ekstrak tanaman ini. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa lidah buaya menyembuhkan masalah-masalah seperti penyakit Crohn, tukak lambung dan gangguan saluran pencernaan lainnya. Jika anda menderita tukak lambung dan mengkonsumsi ekstrak lidah buaya untuk setidaknya 3 – 4 minggu, anda akan melihat hasil yang positif.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Minuman yang terbuat dari jus lidah buaya memiliki sifat detoksifikasi alami yang efektif membersihkan sistem pencernaan dan sistem peredaran darah. Karena tingkat penyerapan nutrisi menjadi lebih cepat, hal itu menghasilkan sirkulasi darah yang lebih baik dan juga meningkatkan kualitas nutrisi dalam sel. Sel-sel yang sehat memastikan kemampuan tubuh anda untuk melawan infeksi, sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh anda. Lidah buaya memiliki kemampuan untuk menetralisir bakteri berbahaya; sifat meremajakan yang dimiliki lidah buaya akan membuat anda tetap segar dan aktif sepanjang hari.

3. Menghentikan Pertumbuhan Kanker

Tahukah anda bahwa lidah buaya memiliki manfaat dalam menghambat pertumbuhan kanker. Sebagaimana dibahas dalam poin sebelumnya, dimana lidah buaya membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh; penggunaan gel lidah buaya juga menghancurkan sel-sel kanker secara efektif. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam International imunofarmakologi (1995), polisakarida lidah buaya mengandung beberapa makrofag yang efektif menghasilkan volume oksida nitrat dalam jumlah besar, sebagai antitumor. Dalam naturopati, ada metode pencegahan kanker yang tak terhitung banyaknya dan metode berbasis lidah buaya telah terbukti menjadi salah satu yang paling sukses. Namun, beberapa ahli mengatakan bahwa lidah buaya sendiri tidak mungkin mengatasi kanker dengan efektif pada kasus-kasus lanjutan, sehingga kombinasi herbal seperti spirulina, cakar kucing dan terapi canggih seperti intravena vitamin C juga harus disertakan. Selalu dianjurkan untuk memulai segala jenis pengobatan kanker setelah berkonsultasi secara medis atau dokter profesional.

4. Menyembuhkan Efek Samping Radioterapi

Pada pengobatan kanker, radioterapi tidak bisa dihindari dalam banyak kasus. Pasien pengobatan kanker sering mengalami banyak efek samping yang tidak nyaman karena radioterapi. Penggunaan gel lidah buaya pada area radiasi akan membuat pasien segera merasakan efek menenangkan dan juga mempercepat proses penyembuhan. Jika anda minum jus lidah buaya juga akan membantu dalam penyembuhan luka bakar radiasi.

5. Menyembuhkan Penyakit Kulit

Manfaat lidah buaya dalam menyembuhkan penyakit kulit telah dikenal sejak zaman dahulu. Gel murni yang diekstrak dari lidah buaya adalah obat alami terbaik untuk kulit luka dan juga membantu untuk mengurangi gejala penuaan kulit. Saat ini, telah banyak produk perawatan kulit dan bahkan produk perawatan pribadi, perlengkapan mandi, dan kosmetik kulit termasuk di dalamnya ekstrak lidah buaya. Lidah buaya telah menjadi bahan yang paling banyak digunakan untuk produk perawatan kulit populer. Bahkan, jika anda memiliki tanaman lidah buaya di rumah, anda hanya tinggal memotong sebagian kecil dari lidah buaya, mengambil gelnya dan mengoleskannya secara langsung di wajah anda. Terapi ini terbukti jauh lebih baik dan lebih efektif dibanding banyak krim kulit yang mahal di luar sana. Orang yang minum jus lidah buaya secara rutin, akan meningkatkan kesehatan kulitnya, karena lidah buaya juga bekerja dari dalam. Lidah buaya juga membantu menyembuhkan sengatan, ruam, jerawat, dan psoriasis.

6. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Siapa yang tidak mengenal manfaat lidah buaya yang satu ini. Lidah buaya telah terbukti menjadi pilihan yang sangat baik untuk merangsang pertumbuhan rambut yang alami. Produk rambut yang mengandung lidah buaya sangat penting untuk mempertahankan rambut tebal dan sehat. Anda dapat menggunakan gel lidah buaya pada seluruh kulit kepala dan rambut untuk mengatasi kerontokan rambut. Lidah buaya memiliki enzim yang bermanfaat dalam merangsang pertumbuhan rambut. Sampo lidah buaya meningkatkan sirkulasi darah dan membantu anda terlepas dari stres. Jika anda menggunakan lidah buaya secara teratur sebagai sampo dan kondisioner, anda akan mencegah masalah yang membuat rambut rontok prematur.

7. Mengurangi Nyeri Arthritis

Lidah buaya diketahui untuk sifat anti-inflamasinya yang menakjubkan, yang bekerja langsung pada rasa sakit dan pembengkakan akibat radang sendi. Jus lidah buaya sangat efektif dalam meringankan pembengkakan dan peradangan yang terkait erat dengan kondisi arthritis.

8. Meredakan Nyeri Otot dan Sendi

Sifat anti-inflamasi dari lidah buaya bekerja secara efisien untuk membantu meredakan nyeri otot dan sendi. Mengoleskan gel lidah buaya akan meringankan peradangan pada sendi. Jus lidah juga dapat dikonsumsi untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh, untuk kemudian merevitalisasi tubuh anda. Dalam beberapa penelitian, telah dilaporkan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi jus lidah buaya setidaknya selama dua minggu mengalami perbaikan yang signifikan dalam masalah peradangan. Namun, lidah buaya hanya bekerja secara efisien bila diet anda juga diatur untuk tujuan yang sama. Anda perlu mengurangi asupan daging merah, gula, susu, makanan yang digoreng, dan tepung terigu.

9. Menyembuhkan Luka

Manfaat lidah buaya sebagai penyembuh alami telah diketahui sejak ribuan tahun yang lalu. Jika digunakan secara eksternal, lidah buaya adalah pilihan terbaik untuk menutupi luka. Dalam banyak kasus terlihat bahwa lidah buaya bekerja seperti sihir, bahkan dalam luka paling serius dari kasus luka gawat darurat. Pada banyak penelitian, telah terbukti juga bahwa lidah buaya efektif mengatasi korban luka bakar tingkat tiga dan memulihkan kulit yang terbakar lebih cepat.

10. Menyembuhkan Masalah Haid

Ekstrak lidah buaya telah terbukti menjadi stimulan rahim yang sangat baik. Asupan jus lidah buaya sangat bermanfaat selama menstruasi yang menyakitkan.

11. Meredakan Mual

Mual dapat terjadi karena sejumlah alasan, termasuk mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi, terkena penyakit, atau bahkan karena perawatan kemoterapi. Ada banyak obat-obatan buatan manusia untuk mengatasi mual, namun saat ini tak jarang dokter juga meresepkan pilihan alami untuk pengobatan. Sering kali, perasaan mual berasal dari gangguan di perut atau di saluran pencernaan. Jus lidah buaya sangat baik untuk mengatasi sakit perut dan membuat anda merasa lebih baik dengan membawa perasaan tenang ke seluruh tubuh. Hal ini secara tidak langsung membantu untuk meringankan perasaan mual.

12. Mengurangi Tingkat Gula Darah

Lidah buaya juga memiliki manfaat dalam menurunkan kadar gula darah jika dikonsumsi secara teratur. Sebuah hasil penelitian efek lidah buaya pada tikus diabetes menunjukkan bahwa lidah buaya berguna dalam pengobatan diabetes.

13. Mencegah Stres Oksidatif

Salah satu manfaat lidah buaya yang sangat penting adalah mencegah stres oksidatif. Stres oksidatif merupakan suatu kondisi dimana jumlah radikal bebas telah melebihi batas yang bisa dinetralkan oleh tubuh manusia. Stres oksidatif bisa memicu berbagai macam penyakit kronis. Gel lidah buaya kaya akan vitamin seperti B12, B1, B2, B6, A, E dan C, niasin dan asam folat. Vitamin ini diperlukan agar tubuh manusia dapat berfungsi secara baik. Sistem pertahanan tubuh akan meningkat seiring dengan asupan rutin jus lidah buaya, dan dengan demikian membuat anda terhindar dari dampak berbahaya stres oksidatif.

14. Menenangkan Gejala Reflux Asam Lambung

Reflux asam lambung sering salah dianggap sebagai suatu penyakit, padahal itu hanyalah sebuah gejala yang menyebabkan dada terasa terbakar dan menjadi tidak nyaman. Anda dapat mencoba obat alami dengan mengkonsumsi jus lidah buaya, yang biasanya bekerja secara efektif. Disamping itu, anda juga harus menghindari makan makanan berlemak, makanan yang digoreng dan makanan olahan.

15. Menurunkan Kolesterol dan Trigliserida

Manfaat lidah buaya lainnya yang tak kalah penting adalah menurunkan kolesterol dan trigliserida. Gel lidah buaya, bila digunakan secara internal (dikonsumsi), secara otomatis akan meningkatkan kualitas darah, dan dengan demikian membantu menyeimbangkan komponen lain dalam darah anda seperti kolesterol dan glukosa. Jus lidah buaya secara efektif menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Blueberry juga merupakan agen penurun kolesterol yang baik, sehingga bisa dibayangkan bagaimana hebatnya jika anda menggabungkan blueberry dan lidah buaya. Jadi sebelum menggunakan obat kimia, anda harus mencoba obat herbal yang satu ini.

16. Meningkatkan Fungsi Kardiovaskuler

Ekstrak lidah buaya mempercepat pasokan darah dan membersihkannya pada saat yang sama. Darah ini mempercepat pengiriman oksigen ke organ-organ dalam tubuh, sehingga memaksimalkan fungsi mereka. Organ-organ seperti otak dan jantung membutuhkan oksigen yang dibawa oleh darah yang telah mendapat pembersihan ini. Oleh karena itu, lidah buaya secara tidak langsung menjaga darah tetap segar dan kaya oksigen untuk mencapai tujuan ini dengan sempurna.

17. Menyembuhkan Penyakit Gusi

Lidah buaya juga memiliki manfaat dalam menyembuhkan penyakit gigi dan gusi. Anda dapat mencoba obat alami ini di rumah; taruhlah beberapa bubuk lidah buaya pada sikat gigi anda, kemudian lakukan sikat gigi secara normal. Bubuk lidah buaya akan menenangkan gusi anda di dalam dan menyembuhkan segala jenis infeksi atau luka. Bahkan jika anda hanya minum jus lidah buaya, gusi anda masih akan sehat. Cukup berkumur-kumur sebelum anda menelannya. Juga, cobalah untuk meningkatkan asupan vitamin D Anda, kedua langkah ini cukup untuk untuk mendapatkan gusi anda kembali sehat dalam beberapa bulan.

18. Mengawetkan Makanan

Jangan remehkan manfaat lidah buaya yang satu ini. Profesor Daniel Valero, dari Universitas Miguel Hernández di Alicante, Spanyol telah membuktikan bahwa lapisan tipis gel lidah buaya dapat bertindak sebagai pengawet alami makanan. Dalam sebuah percobaan, mereka memasukkan beberapa anggur ke dalam mangkuk gel lidah buaya dan kemudian menyimpannya dalam suhu lemari es. Anggur tanpa gel lidah buaya menjadi busuk dalam 7 hari, sementara anggur dengan gel lidah buaya tetap segar hingga lebih dari 35 hari dan rasa tidak berubah.

Banyak ilmuwan mengatakan manfaat lidah buaya ini dapat membawa dimensi baru pada peraturan keamanan pangan di seluruh dunia. Percobaan lanjutan memperlihatkan bahwa mencelupkan buah dan sayuran dalam gel lidah buaya aktif menghilangkan bakteri E.coli, mempertahankan kesegaran, dan juga memperpanjang umur simpannya.

19. Meningkatkan Oksigenasi Darah

Dalam beberapa penelitian, telah dilaporkan bahwa lidah buaya membantu meningkatkan jumlah oksigen yang dibawa oleh darah. Namun, lebih banyak bukti diperlukan untuk mendukung potensi manfaat ini.

20. Menunda Proses Penuaan

Manfaat lidah buaya berikut ini tentunya telah dikenal oleh para praktisi kecantikan. Lidah buaya telah menjadi komponen utama dalam banyak produk kulit yang membantu dalam membuat awet muda melalui kulit sehat. Tambahan lidah buaya dalam segala jenis krim kulit akan meningkatkan fungsinya sebagai penghilang kerut dan peremajaan kulit. Sifat anti-penuaan dari lidah buaya bekerja pada kulit dan membuatnya segar, fleksibel, bebas kerut dan cerah. Sifat lidah buaya ini menembus cepat dalam berbagai lapisan kulit, hingga ke otot-otot tubuh. Bahkan, memiliki kemampuan untuk menembus jauh ke dalam tulang. Sehingga, lidah buaya mungkin adalah cara alami terbaik untuk memelihara dan meremajakan sel-sel kulit.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: