20 Jurus Pintar Membentuk Kebiasaan Makan Sehat

August 2, 2013

makan sehat

1. Selain mengonsumsi makanan yang seimbang dari segi nutrisi, makanan juga harus bervariasi.

2. Berhenti makan sebelum kenyang. Sebab pada saat kita kenyang, organ dan sel-sel daiam tubuh menerima asupan makan yang berlebih dan akan memaksa diri untuk memetabolisme makanan tersebut. Saat sel-sel dipaksakan memetabolisme itulah terjadi pelepasan radikal bebas, yang merupakan sumber penyakit

3. Mulailah setiap hari dengan sarapan yang bergizi.

4. Tidurlah 8 jam setiap hari karena kelelahan dapat menyebabkan makan berlebihan.

5. Untuk program pelangsingan, kurangi ukuran porsi Anda sebesar 25% (1/4 dari porsi biasa) secara bertahap, atau tolaklah porsi kedua.

6. Tidak berbicara saat sedang makan. Bukan hanya masalah etiket makan, tetapi juga agar makanan dapat diolah dengan baik oleh enzim di mulut.

7. Makan makanan bergizi atau camilan sehat setiap beberapa jam.

8. Batasi makanan padat kalori dan agar cepat kenyang perbanyak menyantap makanan kaya air dan serat (sup, salad, buah) sebelum makanan utama.

9. Saat bangun tidur, minumlah air putih 1 gelas karena pada saat tidur terjadi proses metabolisme pada sel-sel tubuh kita yang akan mengeluarkan air meialui penguapan pada kulit.

10. Tidak mengonsumsi jeroan dan kulit (ayam, bebek, dan sebagainya.) karena mengandung banyak lemak dan kolesterol tinggi.

11. Kalau lapar menjelang tidur, santaplah buah segar, hindari makanan padat kalori.

12. Kunyahlah setiap suap makanan sekitar 30 kali. Ini akan mengeluarkan enzim dari air liur yang membantu proses pencernaan.

13. Minumlah lebih banyak air.

14. Boleh makan buah dan minum buah yang dihaluskan dengan blender sebelum waktu makan untuk mengurang rasa lapar dan mencegah makan berlebihan.

15. Konsumsi lebih banyak makanan segar atau yang dimasak sebentar. Makanan yang dimasak terlalu lama akan berkurang nilai gizinya.

16. Tidak memakan makanan yang teroksidasi. Minyak yang dipakai berulang-ulang, buah yang sudah dikupas dan berubah warna adalah ciri bahan makanan yang sudah teroksidasi.

17. Hindari mengonsumsi alkohol dan rokok. Pembuluh darah orang yang mengonsumsi alkohol dan rokok seringkali menyempit sehingga makanan bernutrisi tidak dapat diserap tubuh dan akibatnya jetuh sakit.

18. Perbanyak makan makanan yang dibuat sendiri di rumah (homemade) karena lebih terjaga kebersihan dan kandungan nutrisinya daripada makanan yang dijual di luar.

19. Lebih seringlah makan bersama pasangan atau keluarga.

20. Nikmati makanan Anda setiap suap, dan selalu ingat bahwa makan sehat bisa tetap membuat Anda bahagia, bukan tersiksa.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: