18 Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Penyakit GERD (Refluks Asam Lambung)

August 16, 2016

penyakit gerd

Apakah anda sering merasakan sensasi rasa terbakar di dada yang menyebabkan anda merasa sangat tidak nyaman? Atau sakit tenggorokan dan batuk kering yang merampas kedamaian anda? Jika demikian anda mungkin menderita penyakit gastroesophageal reflux, juga dikenal sebagai GERD, yang dapat menyebabkan komplikasi jika diabaikan.

Jadi, apakah penyebab GERD? Dan apa saja yang bisa menjadi pengobatan herbal dalam mengatasi GERD? Baca artikel ini lebih jauh untuk mendapatkan jawabannya.

Penyebab Penyakit GERD

GERD disebabkan ketika penghalang antara lambung dan kerongkongan, termasuk sfingter esofagus bagian bawah terganggu. Ketika kita makan, makanan menuju perut melalui kerongkongan. Sfingter esofagus bagian bawah dapat digambarkan sebagai cincin otot yang mencegah makanan bergerak kembali ke kerongkongan. Ketika cincin otot ini tidak menutup dengan benar, isi perut dapat kembali ke kerongkongan dalam bentuk asam yang berbahaya, dan ini dapat merusak lapisan esophageal.

Refluks asam lambung atau GERD dapat disebabkan karena berbagai faktor. Penyakit ini mempengaruhi hampir 50% orang Amerika. Penting untuk mengetahui akar masalah sebelum mengambil pengobatan yang cocok. GERD lebih cenderung mempengaruhi orang-orang yang kelebihan berat badan atau lebih tua, karena mereka memiliki lebih banyak lemak perut yang mengganggu fungsi esofagus, dan sfingter esofagus bagian bawah melemah seiring dengan usia. Dengan demikian, refluks asam lambung memiliki beberapa penyebab yang bervariasi dari orang ke orang. Beberapa penyebab umum dari GERD adalah sebagai berikut.

  • Ketegangan saraf
  • Konsumsi alkohol yang berlebihan dan merokok
  • Obesitas
  • Peningkatan penggunaan antidepresan dan obat penenang
  • Perubahan hormon selama kehamilan
  • Scleroderma
  • Hiatus Hernia
  • Makan banyak pada suatu waktu
  • Asupan makanan berminyak dan lemak
  • Makan sebelum tidur
  • Konsumsi berlebihan minuman berkarbonasi seperti soda

GERD adalah kondisi berulang yang mungkin terjadi terus seumur hidup. Karena rasa dada terbakar adalah gejala yang umum, kita seringkali mengabaikan hal itu sebagai masalah sehari-hari dan bukan penyakit yang perlu disembuhkan, atau lebih khususnya, dicegah. Ada obat yang tak terhitung jumlahnya yang tersedia yang dimaksudkan untuk menyembuhkan refluks asam lambung. Tapi penggunaan jangka panjang obat ini dapat mempengaruhi produksi asam lambung yang memainkan peranan penting dalam pencernaan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mencoba beberapa solusi alami untuk refluks asam lambung atau GERD.

Pengobatan Herbal Untuk Penyakit GERD

Herbal yang diberikan di bawah ini dapat dengan mudah dicoba di rumah dan sangat efektif dalam memberikan bantuan.

1. Almond

Kacang renyah ini dapat dengan mudah menghilangkan saat-saat tidak mengenakkan dari refluks asam lambung karena mereka bersifat alkali secara alami dan menyeimbangkan kadar pH tubuh. Almond juga mengontrol keasaman dalam perut anda, dimana kondisi asam berlebih dapat mengiritasi jaringan dari sistem pencernaan. Dengan demikian, jika anda bermasalah dengan refluks asam lambung atau GERD, yang perlu anda lakukan adalah mengambil segenggam kacang almond mentah sebagai camilan sehari-hari.

2. Cuka Sari Apel

Mungkin terdengar aneh untuk mengambil zat asam ketika mencoba untuk menyembuhkan keasaman dalam perut anda. Tapi bukti anekdot menunjukkan cuka sari apel sebagai obat luar biasa untuk refluks asam lambung. Hal ini karena ada asam baik dan buruk dalam perut anda, dan cuka sari apel adalah di antara yang baik.

Selain itu, beberapa orang menderita refluks asam lambung karena produksi asam yang tidak memadai, yang benar-benar diperlukan untuk mencerna makanan di perut. Dalam situasi seperti itu, menambahkan cuka sari apel akan merangsang produksi asam sehingga keseimbangan perut dipertahankan dan seluruh sistem berjalan secara normal.

Anda dapat menambahkan 1 sendok teh cuka sari apel dengan ½ gelas air dan meminumnya di pagi hari, saat makan malam atau sebelum tidur di malam hari. Cuka sari apel bisa memiliki rasa yang tidak menyenangkan. Jadi anda bisa mencampurnya dengan teh sebelum mengkonsumsinya. Karena masih kurang bukti ilmiah mengenai efektivitas cuka sari apel dalam mengatasi penyakit GERD, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter anda sebelum menggunakannya sebagai obat herbal.

3. Lidah Buaya

Sifat anti-inflamasi dari lidah buaya yang seringkali digunakan untuk menenangkan luka bakar di luar juga bisa meredakan keasaman di dalam. Kita semua menyadari fakta bahwa ramuan ini memiliki sifat obat yang menakjubkan dan tersedia dalam bentuk jus, kapsul dan gel.

Dalam kasus refluks asam lambung atau GERD, disarankan untuk mengkonsumsi 2 ons lidah buaya yang diproses menjadi jus setiap hari. Jika anda memiliki tanaman lidah buaya, anda cukup membuka daun dan menyendok jelly bagian dalam. Konsumsi jus atau jelly pada saat perut kosong di antara waktu makan, sesudah makan atau sebelum tidur. Wanita hamil atau menyusui harus menghindari menggunakannya. Sifat anti-inflamasi, serta senyawa organik dalam lidah buaya, dapat menenangkan perut dan kerongkongan dalam rentang waktu yang sangat singkat. Konsumsi jus lidah buaya dalam jumlah besar dapat bertindak sebagai pencahar. Oleh karena itu pastikan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang benar.

4. Jahe

Jahe telah digunakan sebagai obat tradisional di Asia selama berabad-abad. Ini adalah ramuan herbal yang menakjubkan untuk mengobati refluks asam lambung atau GERD karena dapat menyerap asam lambung serta menenangkan saraf. Nutrisi dan senyawa organik dalam jahe menunjukkan efek sedatif, sehingga mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan serta menghilangkan peradangan dengan menjadi penahan terhadap asam.

Ramuan ini tersedia dalam bentuk tablet dan kapsul, ekstrak cair, atau bahkan bubuk kering yang dapat dibuat menjadi teh. Anda dapat membeli kapsul jahe dari toko obat-obatan tradisional dan kemudian mengambil satu kapsul setelah makan malam. Anda juga bisa minum teh jahe atau sekedar mengiris jahe segar kemudian diseduh dengan air panas dan meminumnya perlahan. Jahe merupakan salah satu pengobatan herbal paling umum yang digunakan untuk gangguan perut.

5. Permen Karet

Ini mungkin terdengar aneh tapi permen karet sebenarnya bermanfaat jika anda mengalami GERD atau refluks asam lambung. Hal ini karena permen karet meningkatkan sekresi air liur di dalam mulut. Air liur adalah antasid yang, ketika ditelan, memberikan bantuan kepada kerongkongan dengan mengalirkan asam dari perut. Produksi air liur yang kurang mengakibatkan stagnasi asam dalam esofagus. Permen karet, menjadi stimulan alami dari air liur, membantu membersihkan saluran, yang kemudian mengurangi tingkat keparahan dari refluks asam lambung. Ini mungkin menjadi salah satu solusi yang paling sederhana untuk GERD!

Bagi penderita diabetes, orang obesitas dan individu yang sedang melakukan diet, permen karet bebas gula adalah pilihan yang lebih baik. Namun permen karet rasa mint harus dihindari karena dapat meningkatkan keasaman.

6. Baking Soda

Konsumsi baking soda (sodium bicarbonate) mungkin tidak tampak seperti pilihan yang menyenangkan, namun itu adalah penetral asam yang kuat dan karenanya, berfungsi sebagai obat yang efektif untuk refluks asam lambung. Baking soda menghilangkan sensasi terbakar refluks asam lambung dengan menetralkan asam dalam perut anda ketika naik ke kerongkongan. Anda bisa mencampur satu sendok teh baking soda dengan 8 ons air hangat dan minum secara perlahan.

7. Biji Adas

Biji aromatik ini membantu pencernaan dan sangat dianjurkan sebagai obat alami untuk refluks asam lambung. Mereka mengandung senyawa yang disebut Anethole, sehingga bisa menekan lambung dan kejang saluran pencernaan kejang. Yang perlu anda lakukan adalah mengambil setengah sendok makan biji adas dan mengunyahnya perlahan-lahan setelah makan.

8. Ekstrak Kulit Jeruk

Hal ini tampaknya tidak mungkin mengingat kandungan asam dalam buah jeruk dapat memperburuk GERD. Namun, ekstrak kulit jeruk dan minyak jeruk lainnya mengandung D-limonene, yang telah terbukti untuk mengurangi gejala GERD pada 86 sampai 89% orang dewasa, menurut Alternative Medicine Review. Anda dapat menggunakan ekstrak ini dalam resep makanan anda.

9. Peppermint

Peppermint adalah penyedap umum, khususnya digunakan dalam makanan India. Peppermint memiliki sifat menenangkan bagi perut anda. Tablet peppermint juga tersedia di pasar saat ini. Mereka yang menderita refluks asam karena tukak lambung mungkin bisa mengalami pengurangan gejala dengan mengambil 2 sampai 3 dosis tablet peppermint. Alternatif lain, anda dapat menyeduh beberapa peppermint dalam teh anda untuk meringankan gejala.

10. Mustard

Mustard kuning adalah obat yang sangat populer untuk refluks asam lambung karena dapat menetralkan asam di lambung. Cuka yang terdapat dalam mustard kuning bersifat basa, sehingga menurunkan nilai pH asam lambung. Makanlah sesendok mustard kuning jika anda menderita dari GERD. Minum segelas air setelahnya.

11. Teh Lavender dan Adas Manis

Ini adalah teh yang menakjubkan yang dapat meredakan gejala sakit maag dengan mengurangi jumlah asam dalam perut. Prosedur mempersiapkan teh ini cukup sederhana.

Campur jumlah yang sama dari adas manis dan lavender. Rebus 2 ½ gelas air dan masukkan satu sendok teh campuran herbal tersebut, setelah itu kocek. Biarkan teh selama 3 sampai 5 menit dan kemudian saring. Anda dapat menambahkan beberapa madu sebagai pemanis. Minum segelas teh ini di pagi dan sore hari untuk mendapatkan bantuan dari refluks asam lambung.

12. Pepaya

Baik pepaya segar maupun kering mengandung papain, enzim pencernaan yang membantu tubuh anda memecah makanan berat. Enzim pepaya, dalam kombinasi dengan enzim lain, juga tersedia dalam bentuk tablet. Tablet ini dapat ditelan bersamaan dengan makanan. Anda juga dapat mengkonsumsi satu porsi pepaya segar atau kering setelah makan untuk kelancaran pencernaan. Teh daun pepaya juga memberi bantuan yang baik yang dapat membantu mencegah atau mengobati refluks asam lambung.

13. Apel Dan Pisang

Kedua buah ini mengandung antasida alami yang dapat menyeimbangkan asam dalam perut dan kerongkongan. Oleh karena itu, buah pisang dan apel sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita GERD. Dianjurkan untuk mengkonsumsi satu buah setiap hari untuk kesehatan yang baik secara keseluruhan. Satu apel merah setelah makan dapat sangat membantu pencernaan.

Pisang memiliki kandungan serat yang tinggi yang membantu proses pencernaan dan dengan demikian mengurangi keasaman. Selain itu, pisang diperkaya dengan kandungan kalium dengan nilai pH tinggi dan sedikit asam. Mereka memiliki komponen vital yang merangsang lapisan perut untuk meningkatkan produksi lendir. Jika anda menderita dari refluks asam lambung, makan pisang matang untuk mendapatkan hasil cepat.

14. Lemon

Segelas air lemon adalah cara yang baik untuk menambahkan beberapa keasaman pada makanan anda. Anda dapat meminum secangkir air hangat dengan jus lemon segar pada waktu perut kosong 15 sampai 20 menit sebelum makan. Hal ini akan memungkinkan tubuh anda secara alami menyeimbangkan kadar asam nya. Selain itu air lemon memberi bantuan untuk kelancaran pencernaan serta sebagai detoxifier (penghilang racun).

15. Gooseberry India / Amla

Amla mengandung jumlah vitamin C yang tinggi, yang menyembuhkan lapisan lambung dan kerongkongan yang rusak. Satu sendok teh bubuk amla jika dikonsumsi dua kali sehari dapat membuat anda merasa lebih baik.

16. Akar Licorice

Akar licorice memiliki sifat penyembuhan. Mereka menyembuhkan lapisan perut yang mengalami kerusakan akibat refluks asam lambung serta membantu dalam mengurangi radang lambung. Mereka juga menyejukkan selaput lendir usus dan menurunkan kontraksi lambung. Anda bisa merebus setengah sendok teh akar licorice bubuk dalam satu cangkir air, saring dan kemudian meminumnya. Lanjutkan ini selama satu minggu. Dua tablet kunyah DGL (Deglycyrrhizinated licorice) masing-masing 400mg, jika dikonsumsi sebelum makan dapat menyembuhkan keasaman. Ambil 2 sampai 3 kali sehari dan lanjutkan selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang baik.

17. Susu Dingin

Susu dingin mengandung kandungan kalsium lebih banyak yang dapat mencegah keasaman. Ini memberikan bantuan instan dari perasaan terbakar. Jangan menambahkan gula. Untuk mendapatkan hasil terbaik, tambahkan satu sendok ghee.

18. Probiotik

Ada beberapa jenis bakteri sehat di perut kita yang dapat memperlancar pencernaan. Bakteri ini dikenal sebagai probiotik, yang memberikan kontribusi untuk kesehatan yang baik dalam berbagai cara. Tetapi ada obat tertentu yang merusak bakteri ini, sehingga menimbulkan kondisi seperti refluks asam lambung. “Supplement dengan Saccharomyces boulardii, probiotik khusus untuk usus kecil, membantu mengoptimalkan penyerapan vitamin kunci untuk kesehatan pencernaan yang optimal,” begitu menurut Stella Metsovas, penulis “The 21 Day Digestive Health Detox”. Dengan demikian, dalam rangka membangun microbiome yang sehat di dalam perut anda, disarankan untuk mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung bakteri sehat.

Perubahan Gaya Hidup

Terlepas dari pengobatan herbal yang telah disebutkan di atas, perubahan tertentu juga perlu dilakukan pada gaya hidup anda sehari-hari seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Berhenti Merokok

Merokok melemahkan sfingter esofagus bagian bawah dan juga menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, mereka yang menderita refluks asam lambung, menghindari rokok adalah salah satu cara yang terbaik.

2. Batasi Asupan Alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan tidak hanya melemahkan sfingter esofagus bagian bawah, tetapi juga mengganggu sistem pencernaan dan hati.

3. Jangan Stress

Tingkat stres yang tinggi secara langsung terkait dengan refluks asam lambung. Cobalah untuk menurunkan tingkat stress anda melalui olahraga, meditasi atau yoga. (Baca juga: 100 Cara Sederhana Mengatasi Stress)

4. Sesuaikan Waktu Tidur Anda

Setelah makan, tunggu 2 sampai 3 jam sebelum tidur. Dianjurkan juga untuk meninggikan alas kepala anda kurang lebih 15 cm.

5. Tidur Pada Sisi Badan Sebelah Kiri

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur di perut atau sisi kanan dapat menyebabkan tekanan tambahan yang memperburuk gejala GERD. Tidur di sisi sebelah kiri telah terbukti memberikan bantuan.

6. Olahraga

Olahraga teratur dapat membantu anda rileks dan menurunkan berat badan karena obesitas juga berkontribusi terhadap stress. Obesitas menyebabkan banyak masalah pencernaan termasuk keasaman. Mengurangi berat badan anda akan memberikan bantuan pada refluks asam lambung. Dianjurkan untuk berolahraga selama minimal 2 jam setelah makan untuk mencegah terjadinya refluks asam lambung.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: