18 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

September 30, 2015

jeruk nipis

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan termasuk menurunkan berat badan, perawatan kulit, melancarkan pencernaan, membantu sembelit, perawatan mata, dan mengobati penyakit skorbut, wasir, gangguan pernafasan, encok, gusi, gangguan kemih, dll.

Jeruk nipis mungkin menjadi buah pertama yang terlintas di pikiran jika dihubungkan dengan pengobatan. Buah asam ini bisa melakukan banyak hal dimana obat-obatan modern tidak bisa melakukannya. Jeruk nipis, memiliki nama ilmiah Citrus Aurantifolia, telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan berbagai penyakit.

Jeruk nipis dikonsumsi di seluruh dunia dalam berbagai bentuk makanan atau minuman. Minyak yang diekstrak dari kulitnya digunakan secara luas untuk campuran minuman ringan, minyak tubuh (body oils), produk kosmetik, minyak rambut, pasta gigi, sabun, desinfektan, pencuci mulut, deodoran dan masih banyak lagi produk-produk lainnya. Ada banyak jenis jeruk nipis yang ditemukan di seluruh dunia, terutama di daerah tropis dan iklim Mediterania.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah 18 manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang perlu anda ketahui :

1. Menyembuhkan Skorbut

Manfaat jeruk nipis yang sangat terkenal adalah sebagai obat untuk penyakit skorbut, yaitu penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Hal ini ditandai dengan seringnya infeksi dan gejala-gejala seperti flu, bibir pecah-pecah, sariawan di lidah dan di dalam mulut. Anda juga bisa melihat penyakit skorbut dari gusi yang bengkak dan berdarah. Karena penyebabnya adalah kekurangan vitamin C, maka obatnya tak lain adalah vitamin C, dan jeruk nipis penuh dengan kandungan vitamin ini.

Di masa lalu, tentara dan pelaut diberi jeruk nipis untuk menjauhkan mereka dari penyakit skorbut, yang merupakan penyakit mengerikan dan berpotensi fatal saat itu. Bahkan sekarang, itu dianjurkan dikonsumsi para pekerja yang bekerja di lingkungan yang memiliki polusi tinggi seperti tungku, tempat pengecetan, pabrik semen, tambang, dan lingkungan kerja berbahaya lainnya untuk melindungi mereka dari penyakit skorbut.

2. Perawatan Kulit

Air jeruk nipis maupun minyaknya sangat bermanfaat untuk kulit bila dikonsumsi secara oral atau digunakan secara eksternal. Mereka membantu meremajakan kulit, menjaganya tetap bersinar, melindungi dari infeksi serta mengurangi bau badan karena adanya sejumlah besar vitamin C dan Flavonoid, yang merupakan antioksidan kelas 1 dan memiliki sifat disinfektan. Ketika dioleskan pada kulit, asamnya akan mengelupaskan sel-sel kulit mati, menyembuhkan ketombe, ruam, dan memar. Mereka juga dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman mandi yang menyegarkan jika dicampurkan ke dalam air mandi anda.

3. Melancarkan Pencernaan

Manfaat jeruk nipis berikutnya adalah melancarkan pencernaan. Jeruk nipis memiliki aroma kuat yang menyebabkan kelenjar di mulut anda memproduksi banyak air liur dan hal ini benar-benar dapat membantu pencernaan (air liur akan membanjiri mulut anda bahkan sebelum anda merasakannya). Kandungan asam jeruk nipis akan memecah molekul makro dari makanan, sementara Flavonoid, senyawa yang ditemukan dalam minyak wangi dari ekstrak jeruk nipis, merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu dan asam lambung. Flavonoid ini juga merangsang gerak peristaltik atau gerak otot usus. Inilah alasan mengapa acar pada makan siang dan malam menjadi praktik tradisional di India dan berbagai negara-negara tetangga di wilayah itu.

4. Membantu Sembelit

Jumlah asam yang cukup dalam jeruk nipis membantu membersihkan sistem ekskretoris dengan mencuci dan membersihkan saluran pencernaan, layaknya asam yang digunakan untuk membersihkan lantai dan toilet. Serat dalam jeruk nipis juga membantu mengurangi sembelit, namun unsur yang paling menguntungkan adalah kadar asam yang tinggi. Konsumsi banyak cairan, campuran dari air jeruk nipis dan garam juga bertindak sebagai pencahar yang sangat baik tanpa efek samping, sehingga memberikan bantuan dari sembelit.

5. Mengendalikan Diabetes

Menurut American Diabetes Association, jeruk nipis dan jenis buah jeruk lainnya dianggap sebagai makanan super diabetes untuk sejumlah alasan. Terutama, tingkat serat larut tinggi yang ditemukan dalam jeruk nipis membantu tubuh dalam mengatur penyerapan gula ke dalam aliran darah dan mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang merupakan risiko serius untuk pasien diabetes. Jeruk nipis dan buah jeruk lainnya juga memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti bahwa mereka tidak akan menyebabkan lonjakan tak terduga pada kadar glukosa.

6. Mengurangi Risiko Penyakit jantung

Salah satu manfaat jeruk nipis yang sangat penting yaitu berhubungan dengan penyakit kardiovaskuler. Adalah serat larut yang sama yang dapat membantu penderita diabetes menjaga kadar gula darahnya. Serat larut jeruk nipis juga dapat menjaga tekanan darah tetap rendah serta mengurangi kadar kolesterol LDL atau kolesterol “jahat”. Berikutnya, serat larut dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah, yang diketahui sebagai tindakan pencegahan terhadap penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

7. Meredakan Radang Lambung

Selain vitamin C, jeruk nipis mengandung senyawa khusus yang disebut Flavonoid yang memiliki sifat antioksidan, anti-karsinogenik, antibiotik dan detoksifikasi, yang merangsang proses penyembuhan radang lambung.

8. Mengatasi Gangguan Pernafasan

Jeruk nipis juga memiliki manfaat dalam mengatasi gangguan pernafasan. Minyak kaya flavonoid yang diekstrak dari jeruk nipis banyak digunakan dalam obat-obatan anti-kongestif seperti balm, vaporizer, dan inhaler karena adanya kaempferol. Cukup dengan menggosokkan kulit jeruk nipis dan hirup akan memberikan bantuan langsung pada hidung tersumbat dan rasa mual.

9. Menyembuhkan Arthritis (Radang Sendi)

Salah satu dari banyak penyebab arthritis adalah kelebihan asam urat yang menumpuk di tubuh. Asam urat adalah salah satu produk limbah yang akan dibuang secara normal keluar tubuh melalui urin, tapi sayangnya, ketika terlalu banyak asam urat dihasilkan, dapat menyebabkan peradangan dan rasa sakit sehingga arthritis menjadi lebih buruk. Asam sitrat yang ditemukan dalam buah jeruk seperti jeruk nipis adalah pelarut asam urat yang baik, sehingga akan meningkatkan jumlah asam urat yang dibuang dalam urin. Buah jeruk pada umumnya memiliki sifat anti-inflamasi, dan dapat digunakan untuk sejumlah isu peradangan.

10. Merawat Mata

Ya vitamin C kembali! Adalah sifat antioksidan yang melindungi mata dari penuaan dan degenerasi makula. Selain itu, flavonoid membantu melindungi mata dari infeksi.

11. Meringankan Demam

Salah satu manfaat jeruk nipis yang sangat populer adalah meringankan demam. Jika seseorang menderita demam, air jeruk nipis dapat menjadi sesuatu yang sangat penting. Buah jeruk pada umumnya memiliki kualitas dalam mengurangi demam, dan jika demamnya sangat tinggi, pasien disarankan hanya mengkonsumsi air dan air jeruk nipis. Namun, jika demam ringan sampai sedang, jus buah lainnya, terutama air jeruk nipis, dapat diberikan untuk membawa demam kembali pada tingkat yang normal. Vitamin C, ditemukan dalam konsentrasi tinggi dalam buah jeruk, yang secara alami menurunkan suhu tubuh.

12. Mencegah Encok

Ada dua penyebab utama encok. Sumber pertama adalah akumulasi radikal bebas dalam tubuh, dan yang kedua adalah akumulasi racun dalam tubuh, terutama asam urat. Jeruk nipis dapat membantu mencegah kedua penyebab ini. Jeruk nipis adalah antioksidan dan pendetoks yang hebat, karena kandungan vitamin C & flavonoid nya, yang akan mengurangi jumlah radikal bebas serta mendetoksifikasi tubuh.

13. Menyehatkan Gusi

Manfaat jeruk nipis lainnya yang cukup dikenal adalah membantu menyehatkan gusi. Akar penyebab masalah gusi adalah kekurangan vitamin C dan pertumbuhan mikroba. Dalam semua situasi ini, jeruk nipis dapat membantu. Vitamin C menyembuhkan penyakit skorbut (seperti dijelaskan pada poin no 1 diatas) dan flavonoid menghambat pertumbuhan mikroba, membantu menyembuhkan sariawan serta luka.

14. Mengatasi Wasir

Karena jeruk nipis membantu menyembuhkan bisul dan luka pada sistem pencernaan dan sistem ekskresi sambil memberikan bantuan untuk sembelit, maka ia juga membasmi semua akar penyebab dari wasir. Wasir adalah kondisi tidak nyaman yang terjadi di daerah anus dan dapat menyebabkan perdarahan dan ketidaknyamanan baik selama ekskresi maupun aktivitas sehari-hari. Hal ini juga dapat menjadi pemicu bentuk-bentuk tertentu dari kanker, dan jeruk nipis dapat membantu mencegah terjadinya atau kambuhnya wasir.

15. Membantu Menyembuhkan Kolera

Manfaat jeruk nipis berikut ini mungkin tak terduga. Meskipun telah menghilang di banyak bagian dunia, kolera masih merupakan penyakit berbahaya dan mematikan di beberapa tempat, dan untungnya, jeruk nipis dan buah jeruk lainnya dapat membantu melawan kondisi yang sering berakibat fatal ini. Air jeruk nipis, ketika dicampurkan ke air yang terinfeksi, terbukti menjadi desinfektan yang sangat efektif, dan bahkan ketika dikonsumsi secara teratur setelah seseorang terkena air kolera yang terinfeksi, kematian berkurang. Sejumlah penelitian telah dilakukan pada penggunaan air jeruk nipis, terutama setelah pecahnya wabah kolera di Guinea-Bissau pada tahun 1994.

16. Menurunkan Berat Badan

Jeruk nipis juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Segelas air jeruk nipis hangat adalah pengurang berat badan yang sangat baik. Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis merupakan pembakar lemak yang sempurna. Anda dapat mengkonsumsi dua gelas sehari dan melihat hasil yang mengejutkan dalam waktu dua minggu.

17. Gangguan Kemih

Kandungan kalium yang tinggi dari jeruk nipis sangat efektif dalam menghilangkan zat beracun dan endapan yang biasa disimpan di ginjal dan kandung kemih. Sifat disinfektan jeruk nipis juga membantu menyembuhkan infeksi pada sistem kemih. Lebih lanjut, jeruk nipis juga akan menghentikan pertumbuhan prostrate (sangat umum pada laki-laki di atas 40 tahun) dan membersihkan penyumbatan air seni yang dapat berasal dari endapan kalsium dalam saluran kemih.

18. Manfaat Jeruk Nipis Lainnya

Jeruk nipis merupakan hidangan pembuka yang baik untuk pencernaan. Jeruk nipis dapat membantu untuk menyembuhkan rematik, kanker prostat dan usus besar, arteriosklerosis, kelelahan dan bahkan demam yang sangat tinggi. Bagian terbaik adalah bahwa ia tidak memiliki efek samping negatif!

Demikian artikel tentang manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan semakin menambah khazanah pengetahuan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: