18 Manfaat Buah Anggur yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

January 4, 2016

manfaat buah anggur

Manfaat buah anggur untuk kesehatan diantaranya adalah kemampuan untuk mengobati sembelit, gangguan pencernaan, kelelahan, gangguan ginjal, degenerasi makula (bagian tengah dari retina mata), dan pencegahan katarak mata. Anggur, salah satu buah yang lezat dan populer kaya akan kandungan vitamin A, C, B6 dan folat, selain juga mengandung potassium, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium dan selenium.

Buah anggur mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan yang sangat ampuh, yang mampu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan memperlambat proses penuaan. Buah anggur memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, memiliki peran yang penting dalam keberlangsungan kehidupan yang sehat dan aktif.

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Berikut adalah 18 manfaat buah anggur untuk kesehatan yang berhasil kami rangkum:

1. Mengobati Asma

Dikenal sebagai salah satu alat bantu terapi yang baik, buah anggur bisa dijadikan sebagai obat untuk asma. Selain itu, kemampuan hidrasi dari anggur yang tinggi bisa meningkatkan kelembaban pada paru-paru dan mengurangi terjadinya asma.

2. Kesehatan Tulang

Buah anggur merupakan sumber nutrisi mikro yang menakjubkan seperti tembaga, zat besi, dan mangan, yang semuanya memiliki peran penting untuk formasi dan kekuatan tulang. Menambahkan buah anggur pada pola diet anda dalam kebiasaan sehari-hari mencegah terjadinya penyakit yang berhubungan dengan penuaan, seperti osteoporosis. Mangan juga merupakan elemen yang sangat penting pada tubuh yang membantu metabolisme protein, formasi kolagen, dan fungsi syaraf.

3. Mengurangi Risiko Penyakit jantung

Salah satu manfaat buah anggur yang sangat penting adalah mengurangi risiko penyakit jantung. Buah anggur meningkatkan level oksida nitrat pada darah yang bisa mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Maka dari itu buah anggur sangat efektif untuk mengurangi terjadinya serangan jantung. Ditambah lagi, antioksidan yang terdapat pada buah anggur mencegah terjadinya oksidasi LDL kolesterol, yang bisa menyumbat pembuluh darah dan merupakan kontributor utama terhadap berbagai masalah koroner. Buah anggur juga memiliki jumlah flavonoid yang tinggi, yang memberikan warna pada anggur itu sendiri. Flavonoid merupakan salah satu antioksidan yang ampuh. Dua tipe utama dari anggur yaitu resveratrol dan quercetin, dan dua senyawa ini meniadakan efek dari radikal bebas yang bisa mengancam tubuh dan menstimulasi efek berbahaya LDL kolesterol pada pembuluh darah. Dan juga 2 antioksidan flavonoid ini berfungsi sebagai petugas pembersih untuk mengurangi pengumpalan darah dan memfilter racun keluar dari darah.

4. Mengobati Migrain

Jus buah anggur yang matang merupakan obat rumahan yang penting untuk mengobati migrain. Jus ini harus diminum di pagi hari tanpa dicampur dengan air. Namun ironisnya, meminum anggur merah sering dianggap sebagai penyebab dari migrain, namun jus anggur dan ekstrak biji anggur dianggap sebagai solusi untuk masalah tersebut. Ada banyak penyebab yang menyebabkan terjadinya migrain, dan akan sulit menemukan apa penyebab utamanya, karena bisa terjadi dari ketidakseimbangan nutrisi, kekurangan tidur, perubahan cuaca, atau kesalahan pola diet. Alkohol secara umum bisa menyebabkan migrain, namun buah anggur memiliki banyak antioksidan yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut.

5. Mengatasi Sembelit

Manfaat buah anggur termasuk dalam menanggulangi dan menghilangkan sembelit. Buah anggur dianggap sebagai makanan laksatif, karena mereka mengandung asam organik, gula dan selulosa. Buah anggur juga bisa melegakan sembelit yang kronis dengan menyesuaikan otot usus dan perut. Buah anggur juga kaya akan serat yang tidak larut, yang artinya anggur akan tetap utuh ketika bergerak melalui sistem pencernaan. Buah anggur akan membentuk kotoran yang sehat dan padat, sehingga anggur bisa melancarkan buang air besar anda. Namun, jika anda menderita diare, buah anggur tidak bisa digunakan untuk melancarkan pencernaan anda. Serat tidak larut tidak bisa mengeringkan buang air besar yang encer, dan buah anggur tidak memiliki serat larut yang tinggi.

6. Mengatasi Gangguan pencernaan

Buah anggur memiliki peran penting untuk gangguan pencernaan. Buah anggur bisa melegakan panas dalam dan menyembuhkan gangguan pencernaan dan iritasi pada perut. Buah anggur juga lebih disukai dibandingkan pelega gangguan pencernaan yang lain karena buah anggur dianggap sebagai cemilan.

7. Mencegah Kelelahan

Jus anggur putih mensuplemen zat besi pada tubuh dan mencegah kelelahan. Anemia merupakan masalah untuk banyak orang, dan mengkonsumsi anggur bisa membantu tingkat zat besi dan mineral pada tubuh anda lebih seimbang. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan badan anda lemah, dan bisa memperlambat kerja otak, karena zat besi merupakan mineral yang esensial yang memberikan efek pada banyak fungsi tubuh. Namun, jus anggur merah justru tidak memberikan tambahan zat besi, malah justru mengurangi jumlah zat besi. Meminum jus anggur juga memberikan dorongan energi yang instan.

8. Mengendalikan Diabetes

Manfaat buah anggur lainnya yang tak kalah penting adalah mengendalikan diabetes. Penelitian terkini menyarankan bahwa ekstrak kulit anggur meningkatkan aktivitas yang mencegah hiperglisemia dan membantu dalam manajemen diabetes.

9. Perawatan gigi

Menurut penelitian terkini, anggur merah dan ekstrak biji anggur bisa berpotensial untuk mencegah karang gigi.

10. Mengurangi Risiko Gagal Ginjal

Manfaat buah anggur lainnya yang luar biasa adalah dalam mengurangi risiko gagal ginjal. Buah anggur secara dasar bisa mengurangi keasaman pada asam urin dan anggur juga bisa membantu menghilangkan asam dari tubuh sehingga bisa mengurangi rasa stress dan tekanan pada ginjal. Karena buah anggur memiliki kandungan air yang tinggi, maka anggur bisa menyebabkan keinginan buang air yang juga bisa membantu menghilangkan asam urin yang terdapat pada tubuh setelah asam pada tubuh dikurangi. Buah anggur memiliki efek pembersihan pada tubuh, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya memberi keuntungan terhadap sistem tubuh secara menyeluruh.

11. Menurunkan Kolesterol

Buah anggur mengandung senyawa yang disebut pterostilbene, yang memiliki kapasitas untuk menurunkan level kolesterol pada seseorang. Pterostilbene berhubungan erat dengan resveratrol, antioksidan yang berguna dan juga merupakan pewarna flavonoid yang ditemukan pada anggur. Dan penelitian awal menunjukkan bahwa buah anggur memiliki kemampuan mencegah kanker dan juga memberikan efek yang signifikan terhadap level kolesterol. Buah anggur juga dianggap memiliki kekuatan preventif dalam penurunan fungsi kognitif. Lebih lanjut lagi, saponin yang terdapat pada kulit anggur bisa mencegah penyerapan kolesterol dengan cara mengikatnya.

12. Aktivitas Antibakteri

Anggur merah memiliki antibakteri yang kuat dan sifat antiviral yang bisa melindungi anda dari infeksi. Buah anggur menunjukkan sifat antiviral yang kuat terhadap virus polio dan virus herpes simplex. Penelitian menunjukkan bahwa jus anggur bisa menangkal infeksi bakteri pada pencernaan dan sistem lainnya.

13. Mencegah Kanker Payudara

Salah satu manfaat buah anggur yang menakjubkan adalah kemampuannya mencegah kanker payudara. Dalam penelitian akhir-akhir ini, telah diketemukan bahwa jus anggur merah bisa membantu mencegah kanker payudara. Penyusutan signifikan pada massa tumor mammae dari tikus percobaan diketahui setelah mereka mengkonsumsi jus anggur dalam eksperimen. Antioksidan dalam anggur sangat berguna dalam mencegah berbagai jenis kanker, tapi ada beberapa penelitian menakjubkan yang menunjukkan secara spesifik bahwa jus anggur merupakan tindakan yang efektif untuk mencegah kanker payudara. Elemen tertentu pada anggur mencegah enzim aromatase merubah androgen menjadi estrogen, yang merupakan faktor kontribusi yang besar untuk pertumbuhan kanker payudara pada wanita.

14. Menghambat Gejala Alzheimer

Resveratrol, polifenol bermanfaat yang terkandung pada buah anggur, mengurangi level peptide amyloidal-beta pada pasien gejala Alzheimer. Penelitian menyebutkan bahwa buah anggur bisa meningkatkan kesehatan otak dan menunda serangan gejala penurunan fungsi saraf. Penelitian yang dipublikasi pada the British Journal of Nutrition mengklaim bahwa jus anggur bahkan bisa meningkatkan fungsi otak pada orang yang sudah berumur yang menunjukkan pelemahan kognitif. Penelitian lebih lanjut yang sedang berlangsung menentukan interaksi yang jelas antara komponen anggur dengan sistem saraf.

15. Mencegah Degenerasi Makula

Buah anggur juga memiliki manfaat dalam mencegah penurunan fungsi mata akibat usia dan degenerasi makula. Penelitian yang dilakukan di University of Miami menyatakan bahwa diet yang dilengkapi dengan anggur akan menunjang kesehatan mata dan mencegah gejala gangguan penglihatan retinal. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi anggur 3 kali sehari bisa mengurangi resiko degenerasi makula lebih dari 36%. Baik buah anggur maupun minuman anggur bisa berkontribusi terhadap pengurangan kehilangan kemampuan mata, dan juga kerusakan atau kerentatan sistem organ yang lain bisa dikurangi oleh antioksidan yang terkandung pada anggur.

16. Meningkatkan Sistem Imun

Buah anggur tidak hanya mengandung flavonoid dan mineral, namun juga vitamin. Kandungan vitamin C, K dan A yang tinggi pada buah anggur memberikan peningkatan kesehatan pada sistem organ anda, terutama sistem kekebalan tubuh, yang berarti kemungkinan yang lebih kecil untuk terkena flu dan juga masalah-masalah kesehatan yang lebih serius.

17. Pencegahan Katarak

Flavonoid yang terkandung pada buah anggur memiliki antioksidan yang bisa mengurangi dan melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan hal-hal seperti perkembangan katarak, dan juga gejala jantung, kanker, serta penyakit yang berhubungan dengan penuaan. Untungnya, antioksidan memiliki kualitas anti penuaan, yang tidak hanya membantu anda terlihat lebih muda, namun juga menghilangkan keadaan yang berhubungan dengan penuaan seperti katarak.

18. Pencegahan Sifat Kanker

Buah anggur telah diketahui memiliki sifat anti kanker yang kuat karena efek anti-inflamasi dari resveratrol. Efek tersebut secara khusus efektif dalam mengurangi kesempatan terjadinya kanker kolon dan kanker payudara. Antosianin dan pro-antosianidin yang terkandung dalam buah anggur memiliki sifat anti-proliferat dan bisa menghambat pertumbuhan kanker. Jus anggur tidak hanya menghindari resiko kanker tapi juga bisa menekan pertumbuhan dan perambatan sel kanker. Pigmen yang terkandung dalam anggur meningkatkan imunitas tubuh secara keseluruhan terhadap berbagai macam gejala.

Jika diambil kesimpulan, buah anggur memiliki peran yang sangat penting dalam pencegahan berbagai gangguan kesehatan dan bisa digunakan sebagai obat rumahan untuk beberapa macam penyakit. Buah anggur yang dikeringkan, yang sering disebut dengan kismis, juga sangat bernutrisi dan bisa mengobati berbagai macam gangguan kesehatan termasuk sembelit, asidosis, anemia, demam, dan gangguan seksual. Kismis juga bisa membantu orang untuk meningkatkan berat badan secara cepat dan melindungi kesehatan dan fungsi mata secara menyeluruh.

Demikianlah artikel manfaat anggur untuk kesehatan, semoga menambah khazanah pengetahuan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: