15 Obat Bau Badan Herbal

June 9, 2016

bau badan

Ramuan herbal untuk bau badan termasuk gliserin, lobak, alkohol, cuka putih, cuka sari apel, kentang, minyak pohon teh, minyak rosemary, wheatgrass, ekstrak daun nimba, teh sage, jus tomat, baking powder, jus lemon, sabun antibakteri, deodoran antiperspiran, minum banyak air, menjaga kebersihan badan dan pakaian.

Bau badan mengacu pada bau yang dikeluarkan dari tubuh seseorang, yang menjadi mengganggu jika ternyata baunya menyengat, seringkali membuat orang gugup karena bau mereka, sehingga menghasilkan lebih banyak keringat dan bau semakin memburuk.. Bau ini dapat berasal dari kulit, mulut, alat kelamin, ketiak, atau bagian tubuh tertentu lainnya. Faktanya, tubuh tidak memiliki bau tersendiri, karena keringat yang dihasilkan hanya terdiri dari garam dan air. Itu adalah mikroba yang berada di kulit kita yang memberi bau yang khas ketika mereka bercampur dengan keringat.

Bau badan timbul karena kerusakan dalam berbagai fungsi fisiologis, tapi diagnosa yang tepat diikuti oleh langkah-langkah perbaikan yang tepat dapat membantu seseorang menyingkirkan masalah ini.

Bau badan dapat disebabkan karena beberapa alasan berikut: gigi berlubang, gangguan radang gusi, paru-paru yang dapat dirasakan melalui mulut, infeksi saluran kemih, penyakit menular seksual, pertumbuhan kanker dalam tubuh, diabetes, dan kelainan metabolisme bawaan tertentu.

Juga, makanan yang kita konsumsi dapat menimbulkan bau tak sedap. Konsumsi berlebihan minuman beralkohol, merokok, bawang, bawang putih, lemak makanan, obat-obatan, atau racun juga dapat berkontribusi untuk bau badan yang buruk.

Gejala Bau Badan

Gejala bau badan termasuk bau dari tubuh atau bagian-bagian tubuh, terutama pangkal paha dan daerah ketiak. Bau badan menjadi menonjol pada masa pubertas ketika kelenjar keringat diaktifkan. Hal ini dapat membuat orang gugup dan sadar akan bau mereka.

Menurut University of Illinois Medical Center, segera setelah bau badan terdeteksi, seseorang harus berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan penyebab yang mendasari. Jika ada tumor/kanker, maka kemoterapi dapat diberikan. Demikian juga, bau busuk yang timbul dari bagian mulut, alat kelamin, atau urin harus segera dikonsultasikan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Psikologis pasien juga harus ditangani oleh terapis. Terlepas dari kondisi tertentu, bau badan yang rutin muncul dapat dengan mudah ditanganai oleh sejumlah pengobatan herbal. Beberapa diantaranya akan dibahas di bawah ini.

Obat Bau Badan Herbal

1. Gliserin dan Lobak: Buatlah jus dari lobak dan campurkan dengan setengah sendok kecil gliserin. Ini harus diterapkan pada ketiak, kaki, dan leher untuk mencegah bau badan.

2. Alkohol dan Cuka Putih: Rebusan alkohol dan cuka putih dapat diterapkan pada daerah yang berkeringat berat.

3. Cuka Apel: Cuka apel juga dapat diaplikasikan pada kaki dan ketiak.

4. Lobak Cina: Jus lobak cina memiliki sifat antibakteri dan dapat diterapkan di daerah yang berkeringat berat.

5. Wheatgrass
: Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi wheatgrass ketika mencoba mengatasi masalah bau badan. Konsumsi wheatgrass di pagi hari saat perut masih kosong.

6. Kentang
: Kentang dikenal karena efek pendinginnya. Irisan kentang dapat diterapkan pada ketiak, yang akan membantu dalam mengontrol keringat di bagian tubuh tersebut.

7. Minyak Pohon Teh atau Minyak Rosemary: Tambahkan beberapa tetes minyak pohon teh atau minyak rosemary dalam sedikit air dan oleskan pada bagian tubuh untuk mencegah bau.

8. Ekstrak Daun Nimba
: Daun nimba direbus dalam air dan ekstraknya yang dikeringkan kemudian dikumpulkan. Setelah itu masukkan ke dalam seember air, yang harus digunakan untuk mandi. Ini adalah aktivitas anti-mikroba yang hebat yang tidak hanya dapat mencegah bau tidak sedap, tetapi juga akan melindungi kulit anda terhadap berbagai infeksi jamur.

9. Teh Sage: Teh herbal yang terbuat dari sage dapat dikonsumsi untuk mencegah bau badan yang buruk.

10. Jus Tomat: Telah diamati bahwa menambahkan dua cangkir jus tomat ke dalam bak mandi akan membuat anda segar dan bebas dari bau badan untuk waktu yang lama.

11. Baking Powder dan Jus Lemon: Salah satu pengobatan herbal terbaik adalah dengan mencampur masing-masing 1 sendok makan baking powder dan jus lemon, kemudian menerapkannya di berbagai bagian tubuh selama musim panas. Hal ini membuat anda terjauh dari bau badan.

12. Sabun Antibakteri dan Deodoran Antiperspirant: Untuk keperluan mandi, sabun yang mengandung serai, ekstrak nimba, dan chamomile harus digunakan secara teratur. Individu yang berkeringat berat juga dapat menggunakan deodoran antiperspirant, meskipun menyebabkan gatal-gatal pada beberapa orang.

13. Minum Banyak Air
: Air adalah pelarut yang dapat melarutkan semua obat, racun, dan berbagai produk metabolik di dalam tubuh dan selanjutnya dibuang melalui sistem ekskresi.

14. Kebersihan Badan dan Pakaian
: Mandi secara teratur menghilangkan kulit mati dan mikroba dari tubuh kita. Aktivitas yang satu ini harus dipastikan menjadi rutinitas sehari-hari, terutama bagi mereka yang memiliki keluhan bau badan. Tidak hanya kondisi higienis saja, kadang-kadang pakaian berkontribusi terhadap bau tidak sedap yang berasal dari tubuh seseorang. Dengan demikian, pakaian bersih yang terbuat dari kain halus dan nyaman harus dipakai oleh orang-orang yang memiliki masalah dengan bau badan mereka.

15. Tetap Kering
: Menurut Mayo Clinic, setelah mandi, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kondisi badan kita harus benar-benar kering, dengan menggunakan handuk atau pengering sebelum berpakaian. Biasanya, area yang tetap basah atau lembab akan menyediakan tempat yang sangat baik untuk pertumbuhan dan tempat tinggal bagi mikroba. Hal ini juga akan mencegah bau tidak sedap, khususnya dari ketiak, kaki, jari kaki, dan area genital.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: