15 Manfaat Rumput Laut yang Menakjubkan

July 19, 2016

manfaat rumput laut

Beberapa manfaat rumput laut untuk kesehatan termasuk memberi bantuan untuk penderita kanker, obesitas, diabetes, influenza, dan keracunan radiasi. Mereka membantu dalam meningkatkan kesehatan pencernaan, kesehatan gigi, kesehatan jantung, serta menjaga kesehatan kulit dan rambut. Selain itu mereka melindungi mata dan memiliki sifat anti-koagulan. Rumput laut juga menyediakan kebutuhan tubuh untuk yodium dan membantu dalam detoksifikasi.

Rumput laut merupakan tatanama umum yang digunakan untuk sejumlah spesies alga dan tanaman laut yang berkembang biak di lingkungan air yang bervariasi, seperti sungai dan lautan. Mereka tumbuh dalam berbagai ukuran mulai dari sangat kecil sampai ukuran raksasa. Sebagian besar rumput laut memiliki ukuran medium dan mereka tersedia dalam beberapa warna seperti merah, coklat, dan hijau. Mereka dapat ditemukan dimana-mana, di sepanjang pesisir pantai atau garis pantai.

Rumput laut mikroskopis seperti fitoplankton tumbuh tergantung di dalam air. Jenis yang lebih besar seperti rumput laut raksasa, merupakan salah satu tanaman terbesar di dunia, tumbuh sangat besar dan berdiri seperti pohon bawah air dengan akarnya menancap di kaki laut. Tidak seperti gulma yang tumbuh bebas dan dapat berbahaya pada daerah yang didiaminya, rumput laut memainkan peran yang sangat penting bagi ekosistem laut. Mereka berfungsi sebagai dasar untuk sebagian besar rantai makanan dan menyediakan rumah bagi sejumlah hewan laut. Selain ini, rumput laut memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang telah dipercaya memberikan manfaat kesehatan bagi manusia sejak zaman kuno.

Nilai Gizi dari Rumput Laut

Rumput laut mengandung banyak sekali komponen yang meningkatkan kesehatan dibandingkan dengan mayoritas tanaman lain dan makanan hewani yang tersedia di darat. Rumput laut merupakan sumber yang kaya dari mineral penting seperti magnesium, kalsium, tembaga, kalium, selenium, zinc, yodium, dan zat besi, namun mengandung jumlah lemak yang sangat rendah. Rumput laut juga merupakan harta karun dari antioksidan, fitonutrien dan serat yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin yang hadir dalam rumput laut adalah vitamin A, B, C, E dan K. Rumput laut juga mengandung asam lemak omega-3 dan semua asam amino penting yang diperlukan untuk tubuh sesuai pedoman WHO & FAO.

Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan

Rumput Laut menawarkan banyak manfaat kesehatan seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Melawan Kanker

Salah satu manfaat rumput laut yang menakjubkan adalah kemampuannya melawan kanker. Rumput laut mengandung agen anti-kanker yang mungkin berguna dalam menyembuhkan tumor dan kondisi kanker lainnya seperti kanker usus besar dan leukemia. Rumput laut coklat seperti kelp, wakame, dan kombu mengandung glikoprotein dan polisakarida sulfat yang disebut fucoidans, yang memiliki sifat immuno-stimulant (merangsang kekebalan tubuh), anti-virus, dan anti-kanker. Penelitian pada efektivitas makanan rumput laut pada kanker payudara telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam mengurangi produksi hormon pemicu kanker, termasuk estrogen, serta memiliki kemampuan untuk menghambat proliferasi sel kanker ganas.

2. Sumber Yodium

Rumput laut merupakan sumber yodium yang kaya, karena menyerap dalam jumlah cukup dari air laut. Yodium adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan yang tepat bagi semua kelompok umur. Hal ini penting untuk pengaturan normal fungsi tiroid, yang juga melibatkan otak dan kelenjar pituitari. Hormon tiroid juga memainkan peran penting dalam proses mielinasi sistem saraf pusat pada bayi baru lahir. Kekurangan yodium dalam tubuh dapat mengakibatkan kelainan seperti pembesaran tiroid atau gondok, hipotiroidisme, dan keterbelakangan mental. Yodium sangat penting dalam kehamilan dan menyusui untuk perkembangan normal dari sel-sel otak bayi. Kekurangan selama periode ini atau awal masa kanak-kanak dapat menyebabkan pertumbuhan intelektual yang lemah dan perkembangan abnormal dari otak.

3. Mengurangi Obesitas

Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa rumput laut yang dapat dimakan memiliki efek anti-obesitas. Senyawa fucoxanthin yang hadir dalam rumput laut membantu dalam mengurangi akumulasi lemak dan penurunan berat badan. Karena kemampuannya untuk mendorong oksidasi lemak, rumput laut sering digunakan dalam pembuatan pil diet. Namun pil ini harus selalu dipertimbangkan setelah berkonsultasi dengan dokter.

4. Kesehatan Pencernaan

Rumput laut memiliki manfaat sebagai efek pencahar ringan dan cukup berguna dalam menjaga pencernaan yang sehat. Mereka membantu dalam merangsang pelepasan enzim pencernaan, mendukung penyerapan nutrisi, dan memfasilitasi metabolisme lemak. Penelitian telah menunjukkan bahwa polisakarida memberi efek prebiotik pada usus, yang membantu dalam fungsi normal dari bakteri perut yang menguntungkan dan melindungi dinding lambung terhadap bakteri berbahaya.

5. Mencegah Diabetes

Fucoxanthin, senyawa yang hadir dalam ganggang coklat telah terbukti efektif dalam mengerahkan efek anti-diabetes. Seiring dengan hal ini, penyerapan trigliserida rumput laut Laminaria japonica, juga dikenal sebagai kombu, telah dipuji karena efeknya pada diabetes. Seperti yang dinyatakan oleh penelitian, efek anti-diabetes dapat dikaitkan dengan kehadiran asam alginat dalam kombu rumput laut.

6. Kesehatan Gigi

Ekstrak rumput Laut telah lama dihargai untuk efek pencegahannya dalam pertumbuhan gigi berlubang. Sifat anti-inflamasinya bertanggung jawab untuk perbaikan fungsi kelenjar ludah dan membuat jaringan mulut lebih tahan terhadap kerusakan. Alginat, garam asam alginat yang diekstraksi dari rumput laut, sangat berguna dalam pembuatan cetakan gigi.

7. Anti Koagulan

Penelitian laboratorium telah membuktikan bahwa rumput laut memiliki sifat antioksidan dan anti-koagulan. Anti-koagulan, juga dikenal sebagai pengencer darah, mencegah pembentukan bekuan darah dan mengurangi ancaman stroke, gagal jantung, dan obstruksi pada pembuluh darah dan arteri. Polisakarida yang disebut fucoidans, yang hadir dalam ganggang coklat, seperti Turbinaria ornate, kelp, dan bladderwrack memiliki efek yang menguntungkan ini.

8. Detoksifikasi

Rumput Laut memiliki kemampuan untuk detoksifikasi, pembersihan tubuh serta memfasilitasi ekskresi limbah beracun. Sifat yang mengikat dari penyerap alami, alginat, yang hadir dalam rumput laut, membuat bahan beracun, termasuk logam berat seperti timbal, merkuri, dan polutan lainnya diproses dan dihilangkan dari tubuh melalui buang air besar.

9. Melawan Influenza

Rumput Laut memiliki sifat anti-virus yang telah terbukti menjanjikan dalam memberikan efek perlindungan terhadap virus influenza B. Ekstrak rumput laut menghalangi penyerapan partikel virus berbahaya dalam sel dan mencegah tubuh dari terkena infeksi.

10. Kesehatan Kardiovaskular

Salah satu manfaat rumput laut yang penting adalah meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Rumput Laut telah berguna dalam mempertahankan tingkat yang rendah dari trigliserida dan kolesterol dalam tubuh. Hal ini membantu dalam menjaga kesehatan jantung, sirkulasi dalam pembuluh darah, dan mencegah kondisi yang fatal seperti gagal jantung, atherosclerosis, dan penyakit arteri perifer.

11. Melindungi dari Radiasi

Rumput Laut memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan radiasi ultraviolet B sinar matahari. Efek perlindungan ini dapat dikaitkan dengan kehadiran fucoxanthin dalam rumput laut, yang membantu dalam mencegah kerusakan sel dan meningkatkan tingkat kelangsungan hidup sel-sel. Efek antioksidan dari fucoxanthin melindungi kulit dari penuaan dini, pigmentasi, dan pembentukan kerut, sementara juga berperan sebagai komponen efektif yang digunakan pada industri kosmetik dalam pembuatan tabir surya. Berbagai penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh perlindungan ekstrak rumput laut terhadap paparan radiasi gamma telah menunjukkan hasil yang positif.

12. Melindungi Mata Anda

Manfaat rumput laut yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan mata anda. Efek anti inflamasi okular yang dihasilkan oleh fucoxanthin dalam rumput laut, telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam pencegahan paska katarak. Komplikasi ini juga dikenal sebagai posterior capsule opacification yang dapat terjadi setelah operasi katarak. Fucoxanthin juga digunakan dalam pembuatan produk implan mata pada operasi katarak untuk menghindari risiko paska katarak.

13. Kesehatan Kulit

Manfaat rumput laut juga termasuk dalam menjaga kesehatan kulit. Kekayaan vitamin, mineral, asam amino dan antioksidan dalam rumput laut membantu dalam menjaga revitalisasi kulit, melembabkan, dan membuatnya awet muda. Unsur-unsur ini menjaga kulit dari efek berbahaya akibat polusi lingkungan dan membantu memperlambat proses penuaan kulit. Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa ekstrak rumput laut mengandung sifat anti-penuaan dan merupakan bahan yang berguna dalam pembuatan kosmetik perawatan kulit. Sifat anti-inflamasi yang hadir dalam rumput laut berguna dalam mengobati ruam kulit dan luka. Fitonutrien meningkatkan aliran darah dan memberikan cahaya yang sehat pada wajah. Rumput laut mendetoksifikasi dan membersihkan kulit dengan mengusir racun keluar dari pori-pori. Mandi rumput laut juga telah dipuji di antara orang-orang Inggris dan Irlandia karena efek terapinya.

14. Perawatan Rambut

Kandungan mineral yang tinggi pada rumput laut juga membantu dalam menjaga kesehatan rambut. Mereka membantu memperkuat akar dan batang rambut serta membuatnya tebal dan berkilau. Karena efek menguntungkan ini, rumput laut telah terbukti berharga dalam pembuatan sampo dan krim rambut.

15. Sebagai Kuliner

Beberapa jenis rumput laut memiliki rasa yang baik dan disajikan sebagai makanan lezat di banyak negara Asia seperti Jepang, Cina, dan Korea. Nori, kombu, dan wakame adalah beberapa spesies yang paling umum ditanam dan digunakan di negara-negara tersebut. Sushi roll Jepang yang terkenal menggunakan rumput laut yang disebut nori sebagai bahan pembuatan bersama dengan nasi dan ikan mentah. Rumput laut seperti agars dan karagenan digunakan dalam banyak item makanan olahan seperti yoghurt, minuman kesehatan, hidangan non-vegetarian, dan bahkan bir Jerman berkualitas tinggi.

Efek samping dari Rumput Laut


Kelebihan Yodium

Konsumsi berlebih rumput laut dapat meningkatkan kuantitas yodium di atas tingkat yang dapat ditolerir. Hal ini dapat meningkatkan kadar hormon yang merangsang tiroid, yang mungkin menyebabkan kondisi serius seperti tiroid dan gondok. Kondisi ini juga dapat meningkatkan risiko kanker tiroid. Kasus tertentu tirotoksikosis juga telah dilaporkan setelah konsumsi rumput laut yang kaya yodium. Profesional medis menyarankan orang-orang dengan kondisi tiroid tertentu untuk menghindari obat-obatan yang mengandung yodium, karena tubuh mereka mungkin gagal untuk beradaptasi dengan kandungan yodium yang berlebihan.

Sesuai dengan pedoman yang disarankan oleh para ahli, kebutuhan harian yodium untuk orang dewasa adalah 150 mcg per hari dan batas atas yang ditoleransi adalah 1100 mcg / hari. Untuk bayi dan kelompok usia muda lainnya, kebutuhan akan lebih rendah.

Logam berat dan Bahan Kimia Lainnya

Rumput laut juga mengandung beberapa konsentrasi logam berat dan bahan kimia seperti merkuri, kadmium, timah, dan arsenik yang mungkin beracun. Konsumsi signifikan dari logam berat yang terdapat dalam rumput laut dapat mengakibatkan komplikasi medis seperti kanker, kerusakan otak, masalah pencernaan, dan penyakit ginjal. Selain ini, orang-orang yang harus membatasi asupan garam karena kondisi kesehatan tertentu harus mewaspadai kandungan natrium dalam rumput laut. Disarankan orang harus hati-hati memilih kuantitas dan jenis rumput laut untuk dimasukkan dalam diet.

Interaksi Obat

Rumput Laut dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu seperti anti-tiroid dan anti-koagulan, yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi medis. Asupan yodium saat menjalani pengobatan untuk tiroid yang terlalu aktif dapat menyebabkan fungsi tidak normal dari kelenjar tiroid. Obat-obatan tertentu seperti aspirin dan warfarin, yang digunakan sebagai anti-koagulan untuk memperlambat pembekuan darah, mungkin terganggu karena efek pengencer darah dari rumput laut. Dalam kasus perawatan medis atau pengobatan yang sedang berlangsung, selalu dianjurkan untuk berkonsultasi dengan profesional medis mengenai asupan makanan rumput laut.

Rumput laut membantu dalam menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Efek anti-inflamasi yang dimiliki rumput laut telah terbukti efektif dalam pengobatan osteoporosis dan rheumatoid arthritis juga. Mereka memiliki sifat yang membantu dalam sirkulasi darah dan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: