15 Manfaat Lemon yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

October 16, 2016

Lemon

Lemon telah dikenal memiliki khasiat sebagai obat selama ratusan tahun – dimana sifat obatnya yang paling terkenal adalah mengobati penyakit scurvy yang sering melanda para pelaut di awal-awal masa penjelajahan. Saat ini sebagian besar dari kita tidak mungkin lagi terkena penyakit scurvy namun lemon tetap memiliki lebih banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan. Baca terus untuk mengetahui apa saja manfaat kesehatan dari mengkonsumsi lemon.

Manfaat Lemon Untuk Kesehatan

1. Lemon Meningkatkan Asupan Vitamin C

Kita semua tahu bahwa buah jeruk kaya akan vitamin C, tidak terkecuali dengan lemon. Satu buah lemon mengandung lebih dari 50% dari kebutuhan harian vitamin C yang direkomendasikan. Tentu saja tidak seorang pun akan mengkonsumsi lemon dengan polos, setidaknya dengan dicampur air. Menggunakannya dalam resep juga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari anda.

2. Dapat Menurunkan Risiko Stroke

Salah satu manfaat lemon yang luar biasa adalah kemampuannya dalam memerangi stroke. Penelitian dari American Heart Association telah menemukan bahwa makan buah jeruk dalam jumlah besar – termasuk lemon – dapat menurunkan risiko stroke pada wanita. Ada kemungkinan bahwa risiko dapat dikurangi hingga 19%, tergantung pada jumlah yang dikonsumsi.

3. Dapat Mencegah Asma

Para ilmuwan sedang menyelidiki hubungan antara konsumsi vitamin C dan pencegahan asma. Satu penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat berperan dalam merelaksasi saluran pernapasan dan dengan demikian mengurangi gejala asma.

4. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Kekurangan zat besi (anemia) adalah salah satu kekurangan yang paling umum terjadi di negara-negara berkembang. Gejala utama anemia adalah badan terasa lemah dan letih dalam jangka panjang. Mengonsumsi makanan kaya vitamin C – seperti lemon – membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi yang terdapat dalam makanan anda.

5. Membantu Mencegah Infeksi

Makanan tinggi vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh kita dalam melawan virus dan bakteri. Sebagian besar dari kita telah mengetahui bahwa vitamin C dapat mengobati flu – bukti-bukti memang masih belum cukup untuk membuktikan hal ini, namun penelitian telah menunjukkan kemanjuran vitamin C terhadap infeksi kolera dan candida.

6. Dapat Mengurangi Nafsu Makan

Air lemon adalah favorit orang-orang yang melakukan diet. Banyak penggemar mengklaim bahwa itu membantu mengurangi rasa lapar. Lemon, seperti kebanyakan buah, mengandung pektin – sejenis serat. Setiap jenis serat akan mengisi perut anda dan membantu anda merasa kenyang lebih lama.

7. Melindungi Sistem Urin Anda

Lemon adalah diuretik, yang berarti bahwa hal itu meningkatkan produksi urin. Mereka juga membuat pH saluran kemih menjadi kurang menguntungkan bagi bakteri. Kedua faktor ini akhirnya membantu mencegah infeksi pada saluran kemih.

Selain itu, lemon membantu menjaga kesehatan ginjal anda. Asam sitrat dalam jus lemon dapat melarutkan batu ginjal yang menyakitkan. Satu penelitian yang menggunakan jus lemon berhasil mengobati nefrolitiasis hypocitraturic (sejenis batu ginjal).

8. Dapat Menyegarkan Nafas

Air lemon dapat membantu menyegarkan nafas anda. Sifat antiseptik yang dimilikinya dapat membunuh bakteri jahat di dalam mulut. Satu penelitian dilakukan menggunakan minyak esensial lemon sebagai obat kumur diperoleh hasil yang menguntungkan.

9. Meningkatkan Tingkat Kalium Anda

Lemon mengandung dosis kalium dalam jumlah cukup. Kalium merupakan unsur penting bagi kesehatan manusia. Mereka diperlukan di dalam hati, saraf dan fungsi otot.

10. Meringankan Peradangan

Lemon telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi. Satu penelitian menggunakan bubur yang terbuat dari lemon dilakukan untuk mengobati peradangan pada hewan laboratorium. Gejala berkurang hingga 73,5%.

11. Membantu Mencegah Kanker

Kebanyakan buah-buahan kaya akan senyawa antioksidan yang disebut flavonoid. Sebuah penelitian pada flavonoid buah jeruk menemukan bahwa mereka dapat mengurangi risiko terserang kanker.

12. Sahabat Jantung Anda

Manfaat lemon yang tak kalah penting adalah dalam menjaga kesehatan jantung. Ada banyak penelitian yang menunjukkan efek perlindungan lemon pada jantung dan sistem peredaran darah. Satu senyawa, khususnya yang disebut “limonin”, dapat mengurangi kadar kolesterol “buruk”.

13. Membantu Mencegah Arthritis

Efek anti-inflamasi lemon dapat berperan dalam perlindungan terhadap “polyarthritis inflamasi”, suatu jenis rheumatoid arthritis. Peserta dengan diet makanan rendah vitamin C tiga kali lebih mungkin terkena arthritis dibandingkan mereka yang melakukan diet dengan vitamin C tinggi.

14. Memperlambat Penuaan Kulit

Manfaat lemon juga termasuk dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin C terlibat dalam produksi kolagen – protein yang membuat kulit menjadi kenyal dan lentur. Sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition, menunjukkan bahwa konsumsi rutin vitamin C menyebabkan kulit tampak lebih muda dan lebih kencang.

15. Jus Lemon Membuat Anda Tetap Terhidrasi

Air lemon adalah alternatif yang baik untuk minuman olahraga berkalori tinggi. Mereka mengandung elektrolit seperti kalium, kalsium dan magnesium untuk menjaga tubuh anda terhidrasi dengan baik.

Resep Lemon

Ada begitu banyak cara untuk menambahkan lemon pada diet anda. Berikut adalah beberapa ide:

  • Membuat salad sehat dengan campuran taburan air perasan lemon, minyak zaitun dan bumbu-bumbu.
  • Menambahkan irisan lemon pada teh hitam.
  • Minum segelas air lemon di pagi hari.
  • Tambahkan madu pada air lemon untuk membuat limun sehat.
  • Menambahkan air perasan lemon pada hidangan ikan
  • Ayam panggang dengan irisan lemon dan minyak zaitun
  • Menggunakan air perasan lemon dalam saus atau kecap

Perhatian

Jika anda menderita sakit maag atau penyakit gastroesophageal reflux (GERD), mengkonsumsi lemon mungkin memperburuk gejala anda. Hal ini memang tergantung pada masing-masing individu, namun tetap perlu dilakukan secara berhati-hati.

Beberapa lemon menggunakan aditif seperti lilin untuk melindungi dari rusak selama transportasi. Jika anda akan mengkonsumsi lemon, carilah varietas organik untuk menghindari bahan kimia ini.

Gunakan lemon segar jika memungkinkan – jus lemon botol memiliki vitamin yang lebih sedikit dan dapat mengandung bahan pengawet yang tidak sehat serta aditif. Jika anda tidak dapat menggunakan semua lemon anda sebelum kadaluarsa, potong mereka menjadi dua bagian dan masukkan ke dalam mesin pendingin untuk digunakan kemudian.

Kesimpulan

Anda tidak dapat perlu berdebat lagi dengan 15 fakta di atas. Manfaat kesehatan dari lemon tersebut sudah tidak terbantahkan. Penggunaan lemon sebagai salah satu bahan dalam resep makanan dan minuman juga sangat bervariasi, dengan kemungkinan yang tidak terbatas!

 

 

loading...

Previous post:

Next post: