15 Manfaat Buah Naga yang Menakjubkan

October 7, 2015

manfaat buah naga

Buah naga adalah buah dari tanaman kaktus yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis, meliputi Asia dan Amerika Latin. Memiliki kulit kuning atau merah dengan sisik hijau di atasnya, berduri, dengan warna daging putih atau ungu dan memiliki banyak biji hitam kecil. Secara keseluruhan bentuknya menyerupai naga, sehingga dinamai buah naga. Buah naga dapat memiliki rasa yang manis atau asam, tergantung jenisnya.

Meskipun tergolong buah eksotis, buah naga sangat aman untuk dikonsumsi bahkan oleh ibu hamil dan menyusui. Ia menyediakan sejumlah nutrisi penting dan banyak manfaat kesehatan. Selain mengandung banyak vitamin C, buah naga juga kaya akan asam lemak.

16 Manfaat Buah Naga

Berikut adalah beberapa manfaat buah naga yang mengagumkan untuk kesehatan:

1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah naga yang cukup populer adalah kemampuannya dalam menurunkan kolesterol. Buah naga memiliki kandungan kolesterol yang rendah dan tidak memiliki lemak kolesterol yang tidak sehat yang merugikan tubuh manusia.

2. Tinggi Lemak dan Protein

Buah naga mengandung sejumlah kecil lemak tak jenuh tunggal yang sehat karena buah naga memiliki banyak biji yang dapat dimakan. Biji dalam buah naga mengandung lemak dan protein.

3. Kaya Serat

Buah naga juga dikenal karena memiliki sifat pembersih terhadap sistem pencernaan. Serat dalam buah naga membantu mendapatkan gerakan usus yang lebih baik dan juga merupakan solusi yang baik untuk masalah sembelit.

4. Sumber Antioksidan Alami

Buah naga merupakan sumber antioksidan yang alami. Antioksidan membantu seseorang dari ancaman radikal bebas yang menyebabkan kanker serta penyakit-penyakit lainnya yang tidak diinginkan.

5. Mencegah Arthritis

Buah naga juga memiliki manfaat dalam mengurangi iritasi sendi, sehingga disebut sebagai buah anti inflamasi. Gejala-gejala arthritis akan berkurang seiring dengan membaiknya pembengkakan sendi.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat buah naga yang terbesar adalah untuk kesehatan jantung. Buah naga mengurangi kadar kolesterol jahat dari tubuh dan kemudian meningkatkan kadar kolesterol baik. Buah ini merupakan sumber lemak jenuh tunggal yang baik yang membantu menjaga kesehatan jantung kita.

7. Membantu Mengontrol Diabetes

Manfaat buah naga lainnya yang tak kalah penting adalah membantu mengendalikan diabetes. Buah naga mengandung serat dengan jumlah tinggi yang dapat membantu seseorang menstabilkan kadar gula darahnya. Hal ini juga menghindari lonjakan gula yang sering terjadi ketika makan makanan dengan indeks glikemik tinggi. Oleh karena itu, buah naga baik untuk pasien diabetes. Namun disarankan anda tetap berkonsultasi dengan dokter anda sebelum mengkonsumsinya.

8. Melawan Tanda-tanda Penuaan

Buah ini merupakan sumber yang kaya akan antioksidan. Buah naga membantu melawan radikal bebas dalam tubuh kita. Ia juga membantu memperlambat proses penuaan setelah radikal bebas berkurang. Karena itu, kulit tampak muda, fleksibel dan ketat.

9. Membantu Menjaga Berat Badan

Buah naga juga memiliki manfaat dalam mengendalikan berat badan. Buah naga rendah kalori dan juga merupakan sumber yang kaya serat, sehingga membuat kita merasa kenyang tanpa harus menambah berat badan. Ia membersihkan dan memperbaiki sistem metabolisme kita sehingga membantu kita menjaga berat badan yang sehat.

10. Mencegah Asma

Buah naga kaya akan vitamin C, yang akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu memerangi gangguan pernapasan seperti asma.

11. Tinggi Vitamin dan Mineral

Buah naga mengandung jumlah vitamin C, vitamin B1, B2, dan B3 yang tinggi. Ia juga kaya akan berbagai mineral penting seperti zat besi, kalsium, fosfor. Selain itu buah naga mengandung protein, serat dan niacin dalam jumlah yang cukup, serta kadar air mencapai 80%. Oleh karena itu anda dapat dengan mudah menyebutnya ‘buah super’ yang membantu dalam meningkatkan gizi dan memerangi penyakit-penyakit tubuh.

12. Masker Wajah Untuk Memerangi Proses Penuaan

Manfaat buah naga berikut ini mungkin akrab di kalangan para praktisi kecantikan. Untuk mencegah penuaan dini, anda perlu menerapkan masker buah naga pada wajah sekali dalam seminggu. Cara membuat masker ini, ambillah setengah dari buah naga dan lembutkan sampai halus. Campurkan satu sendok makan yogurt, aduk hingga merata, setelah itu oleskan pada seluruh wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Karena sifat antioksidan dari buah naga, maka masker wajah ini secara efektif akan memperlambat proses penuaan sel.

Buat naga juga bermanfaat untuk mengobati jerawat, karena kandungannya yang kaya akan vitamin C. Ambil seperempat buah naga, lalu lembutkan sampai halus. Oleskan pada daerah yang terkena. Setelah kering, bilaslah dengan air hangat. Lakukan proses ini secara teratur, jika memungkinkan dua kali sehari untuk hasil terbaik.

13. Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari

Campurkan masing-masing satu sendok makan jus buah naga dan jus mentimun dalam sebuah mangkuk. Tambahkan satu sendok makan madu. Aduk hingga merata. Oleskan ramuan ini pada kulit yang terbakar sinar matahari. Biarkan selama kurang lebih setengah jam, sehingga dapat mendinginkan kulit anda. Bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan air dingin.

Karena buah naga kaya akan vitamin B3, maka akan menyejukkan dan melembabkan kulit kering yang terbakar matahari. Jadi lain waktu anda menderita dari sengatan matahari, jangan lupa untuk menerapkan ramuan ini. Jus buah naga juga berfungsi sebagai sebagai pelindung sinar matahari yang baik. Sebelum pergi keluar rumah, rendam beberapa bola kapas ke dalam jus buah naga kemudian oleskan pada wajah. Biarkan kulit untuk menyerap cairan jus tersebut dan setelah itu cuci dengan air dingin. Ini akan melindungi anda dari efek berbahaya sinar UV.

14. Mencerahkan Kulit

Ambil buah naga, sendok dagingnya dan lembutkan. Oleskan pada wajah, leher, dan di seluruh tubuh anda. Biarkan menyerap, setelah itu bilas. Lakukan dua kali seminggu.

15. Merawat Rambut yang Dicat

Salah satu manfaat buah naga yang tak terduga adalah untuk merawat rambut yang dicat. Jus buah naga bekerja dengan sangat baik untuk merawat rambut setelah mendapat zat kimia. Oleskan jus buah naga di kulit kepala anda. Biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu cuci rambut anda dengan sampo.

Cara Mengkonsumsi Buah Naga

Cara terbaik untuk menikmati buah naga adalah potonglah menjadi dua bagian dan keluarkan dagingnya dengan menggunakan sendok. Jus buah naga dingin benar-benar lezat dan menyegarkan. Anda juga dapat menggunakan buah naga sebagai bahan dalam salad buah anda. Smoothie buah naga lezat bisa dicoba sebagai makanan sehat di malam hari dibanding kentang goreng atau burger.

Cara Memilih Buah Naga

Hindari membeli buah naga yang terlalu matang. Buah naga yang terlalu matang memiliki terlalu banyak bercak pada kulitnya. Anda juga tidak perlu membeli buah naga, jika anda menemukan mereka dalam kondisi kering. Buah naga dengan warna cerah adalah yang terbaik untuk dikonsumsi.

Setelah membaca berbagai manfaat buah naga diatas, saya yakin anda tidak berkeberatan untuk menambahkan buah super ini pada menu anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: