15 Manfaat Buah Anggur yang Menakjubkan

April 26, 2014

buah anggur

Anggur merupakan tanaman buah merambat yang tergolong ke dalam keluarga vitaceae. Ada sekitar ratusan varietas anggur yang ditanam di berbagai belahan dunia. Varietas yang berbeda memiliki berbagai tingkat kegetiran atau manis dan biasanya tersedia dalam warna seperti hijau, merah, dan ungu dan hitam.

Anggur bisa dimakan mentah atau dipakai sebagai bahan pembuat selai, jus, jeli, cuka, wine, ekstrak biji anggur, kismis, sirup atau minyak biji anggur. Buah ini mengandung banyak manfaat kesehatan yang mampu menghindarkan kita dari berbagai penyakit. Anggur juga telah diteliti sebagai obat kanker. Efek penghambat metabolismenya dalam beberapa obat memungkinkan digunakannya dosis rendah sehingga bisa menghemat biaya pengobatan.

Secara historis anggur telah digunakan selama berabad-abad untuk kesehatan dan kecantikan. Orang-orang di Mesir mengonsumsi anggur lebih dari 6.000 tahun yang lalu. Sementara filsuf Yunani kuno juga memuji kekuatan penyembuhan anggur. Rakyat Eropa membuat salep menggunakan getah anggur untuk menyembuhkan penyakit kulit dan penyakit mata. Daun anggur telah digunakan untuk menghentikan pendarahan, mengurangi peradangan dan nyeri, juga telah digunakan untuk mengobati kanker, kolera, cacar dan sejumlah penyakit lainnya.

Salah satu zat yang bermanfaat bagi penyembuhan penyakit yang ditemukan dalam anggur, terutama anggur ungu atau merah, adalah resveratrol. Penelitian menarik yang dilakukan di University of Georgia menemukan bahwa resveratrol (terutama bila dikombinasikan dengan isoflavon kedelai) bekerja pada tubuh dengan dua cara yang secara signifikan mampu membantu upaya penurunan berat badan, resveratrol dapat mengurangi kemampuan sel untuk menyimpan lemak sampai 130 persen, dan menyebabkan sel-sel lemak hancur pada tingkat 246 persen lebih tinggi dari biasanya.

Karena mengandung resveratrol, maka anggur memiliki antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan mengurangi tingkat tekanan darah dan menurunkan risiko pembekuan darah. Resveratrol juga dapat membantu menghentikan penyebaran kanker payudara, perut dan sel-sel kanker usus besar. Mari kita simak secara lebih terperinci manfaat dari anggur bagi kesehatan!

1. Melindungi Jantung

Dalam penelitian, resveratrol memperlihatkan kemampuan untuk memperlebar pembuluh darah, yang memungkinkan darah mengalir lebih mudah melewati pembuluh darah. Zat ini juga membuat dinding pembuluh darah rileks, membuat diameternya lebih besar, sehingga menurunkan tekanan darah, dan memungkinkan volume yang lebih tinggi dari darah mengalir melalui semua area tubuh, memberikan peningkatan oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh. Studi lain menemukan bahwa hanya dengan tambahan 10 mg resveratrol mengakibatkan penurunan drastis faktor risiko serangan jantung.

Resveratrol dalam kulit anggur merah merupakan antioksidan yang kuat, mampu mengurangi oksidasi LDL (low-density lipoprotein). Oksidasi LDL menyebabkan produksi cadangan lemak yang disebut plakyang dapat membahayakan arteri koroner Anda dan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Resveratrol juga menghambat agregasi trombosit, mengurangi pembentukan bekuan dan selanjutnya mengurangi penumpukan plakdi arteri.

Sementara biji anggur mengandung polyhenols yang disebut proanthocyandins yang juga mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar LDL Anda dan melindungi jantung dari kerusakan akibat racun dan obat-obatan tertentu.

2. Meningkatkan Kekuatan Otak

Dalam sebuah penelitian di Inggris, siswa yang diberi resveratrol menunjukkan peningkatan aliran darah ke otak mereka hingga 200 persen. Para ilmuwan percaya resveratrol dapat membantu mempercepat respon mental kita.

Studi lain di Universitas Swiss membuktikan kemampuan resveratrol dalam melindungi otak. Mereka menemukan bahwa resveratrol mampu membersihkan plak otak yang bersifat merusak dan menghilangkan radikal bebas, yang memperkecil risiko serangan penyakit Alzheimer.

3. Menurunkan Resiko Kanker

Kanker terjadi ketika sel-sel menjadi abnormal akibat perubahan dalam DNA mereka, dan menyebabkan sel-sel tumbuh di luar kendali dan menjadi ganas. Resveratrol, quercetin dan polifenol lainnya dalam anggur dapat menurunkan risiko kanker. Karena senyawa ini merupakan antioksidan, melindungi sel-sel dari kerusakan DNA yang disebabkan oleh racun dari lingkungan dan produk sampingan metabolisme yang disebut radikal bebas.

Dalam berbagai penelitian, resveratrol telah menunjukkan dampak positif dalam mengatasi kanker. Studi juga memperlihatkan bahwa resveratrol dapat melindungi kulit dari sinar ultra violet matahari yang merusak, sehingga menurunkan resiko terkena kanker kulit.

Sedangkan Memorial Sloan-Kettering Cancer Center menyebut kanker kulit, leukemia, kanker payudara dan kanker neuroblastoma sebagai kanker yang dapat dicegah dengan resveratrol dan polifenol lainnya dalam buah anggur. Selain itu, sebuah makalah yang diterbitkan dalam FASEB Journal pada tahun 2010 menyatakan bahwa penelitian laboratorium menunjukkan kalau polifenol anggur dapat menghentikan pertumbuhan kultur sel kanker prostat dan menyebabkan sel-sel tersebut mati.

4. Melindungi Tubuh dari Radiasi

Resveratrol dalam anggur ampuh melindungi tubuh dari efek buruk terapi radiasi bila digunakan sebagai tambahan untuk pengobatan radiasi kanker.

5. Mencegah Diabetes

Menurut penelitian oleh Albert Einstein College of Medicine, orang yang mengalami prediabetes yang diberi resveratrol mengalami penurunan 10 persen dalam tingkat gula darahnya.

Resveratrol dan polifenol lainnya dalam anggur juga menjaga sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga dapat mencegah diabetes. Dalam studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition pada tahun 2011, para subjek penelitian dengan diabetes tipe 2 mengkonsumsi suplemen resveratrol atau plasebo selama empat minggu. Pada akhir penelitian, mereka yang mengkonsumsi resveratrol telah meningkatkan sensitivitas terhadap insulin dan indikator lain yang menunjukkan fungsi metabolisme mereka meningkat selama masa penelitian.

6. Pemulihan Otot

Sebagai antioksidan yang ampuh, resveratrol membantu sel dan organ lainnya dalam menurunkan asam urat dan menghilangkan racun-racun dari tubuh, serta membantu pemulihan otot untuk atlet.

7. Mengatasi Sembelit

Buah anggur memiliki sifat pencahar, karena asam organik, gula dan selulosa di dalamnya. Jika tubuh Anda menolak untuk membuang air besar, manjakan diri dengan anggur. Ambil banyak anggur dan memakannya sekaligus. Anggur dapat membantu usus dan perut dengan meningkatkan kemampuan mereka untuk meringankan sembelit atau konstipasi, apakah itu sembelit ringan atau kronis.

8. Meringankan Endometriosis

Wanita yang menderita endometriosis seringkali mengalami rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh bahan kimia yang dikenal sebagai prostaglandin. Ekstrak biji anggur dapat menghentikan pelepasan prostaglandin, sehingga mengurangi rasa sakit dan inflamasi. Minyak biji anggur tidak sama dengan ekstrak biji anggur, namun sama-sama menawarkan manfaat kesehatan juga. Sebuah studi yang dilakukan di New York University Health Science Center menemukan bahwa menambahkan dua sendok makan minyak biji anggur dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi trigliserida.

9. Mengurangi Gejala Alergi

Jika Anda menderita alergi, biji anggur akan mengurangi keparahan gejala. Ekstrak herbal ini bekerja dengan menghambat pelepasan histamin, yang merupakan senyawa yang bertanggung jawab atas reaksi alergi seperti demam atau bintik-bintik merah yang gatal.

10. Meningkatkan Daya Ingat

Senyawa polifenol yang terkandung dalam buah anggur berperan sebagai antioksidan dan mencegah terjadinya peradangan (anti-inflamasi). Sebuah penelitian di Inggris pada tahun 2010 menemukan fakta bahwa jus anggur jika dikonsumsi berturut-turut selama 12 minggu dapat memperbaiki fungsi kognitif pada orang lanjut usia yang daya ingatnya mulai menurun.

11. Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah penelitian juga telah dilakukan untuk mengetahui hubungan antara jus anggur dan tekanan darah. Para sukarelawan diberikan 5,5 ml jus anggur/kg bobot tubuhnya secara rutin. Setelah 8 minggu hasilnya memperlihatkan tekanan darah berkurang secara signifikan. Penurunan tersebut adalah sebesar 6,2 mm Hg untuk tekanan darah diastolik sementara untuk tekanan darah sistolik sebesar 7,2 mm Hg. Mengkonsumsi jus anggur juga tidak berdampak pada perubahan berat badan dan ukuran lingkar pinggang.

12. Mengatasi Asma

Karena nilai terapeutiknya, buah anggur dapat digunakan sebagai obat untuk asma. Selain itu, kekuatan hydrating anggur juga tinggi, yang meningkatkan kadar air dalam paru-paru dan mengurangi kejadian asma.

13. Mengatasi Migrain

Jus anggur adalah obat rumahan yang dapat menyembuhkan migrain atau sakit kepala sebelah. Jus ini harus diminum di pagi hari, tanpa mencampur air tambahan.

14. Mencegah Kelelahan

Jus anggur berwarna terang merupakan suplemen zat besi bagi tubuh sehingga bisa mencegah kelelahan. Namun, jus anggur yang berwarna gelap mungkin tidak memberikan tambahan zat besi, bahkan dapat menurunkan kadar zat besi. Minum jus anggur juga memberikan dorongan energi instan. Antioksidan dalam anggur juga bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh.

15. Perawatan Kulit

Senyawa polifenol di dalam anggur yang berfungsi sebagai sumber antioksidan tinggi juga dapat membantu mencerahkan kulit dari dalam. Antioksidan ini berfungsi melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit, sehingga sangat baik untuk menunda terjadinya keriput dan perubahan warna pada kulit.

Kontra indikasi

Gagal Ginjal

Pasien gagal ginjal disarankan untuk tidak makan buah yang kaya air, karena asupan air harus dikontrol ketat. Sehingga buah anggur yang kaya akan air, tidak baik untuk terlalu banyak dimakan oleh pasien gagal ginjal. Jika pasien gagal ginjal juga menderita uremia, selain anggur, buah yang dilarang untuk dimakan antara lain belimbing, jambu biji, blewah, melon hami atau hamigua, jeruk dan pisang.

Cara Memilih dan Menyimpan Buah Anggur

Pilihlah anggur yang gemuk dan melekat erat pada tangkainya. Anggur putih atau hijau yang manis adalah yang memiliki warna semu kekuningan atau warna jerami, dengan semburat kuning. Varietas anggur merah yang baik mempunyai wama merah mendominasi pada semua atau sebagian besar buah. Tanda-tanda kesegaran buah bisa dilihat dari tangkai buah yang masih berwarna hijau dan lunak.

Hindari anggur yang lembek atau berkerut, atau tandan buah anggur dengan batang yang berwarna coklat dan rapuh, ini adalah efek dari pembekuan atau pengeringan. Juga hindari buah anggur dengan warna agak keputihan di sekitar ujung batang (menunjukkan adanya lecet dan kualitas buruk), dan rembesan air buah (tanda pembusukan).

Perhatikan juga ketebalan kulitnya, jika tipis, maka kandungan air yang terdapat dalam buah anggur tersebut banyak.

Untuk menyimpan anggur, buang terlebih dahulu kulit yang rusak atau terlalu matang. Kemudian cuci dan keringkan dengan tisue atau angin-anginkan sebentar, baru dimasukan dalam lemari es. Dengan cara ini, anggur bisa tahan sampai 10 hari. Bila ingin anggur tahan lebih lama, simpan di dalam freezer. Dengan dibekukan, anggur bisa tahan sampai 3 bulan.

Cara Penyajian

Anda dapat membekukan anggur merah, hijau atau ungu bersama air dalam cetakan es batu. Anda akan mendapatkan es batu warna-warni untuk minuman dingin favorit Anda. Selain cantik karena menambahkan sentuhan khusus, anggur dalam es batu akan memberi rasa dan kesegaran buah anggur untuk minuman Anda.

Anggur dalam bentuk kering atau yang disebut kismis juga memiliki manfaat kesehatan. Sering disebut “permen alami,” kismis bebas kolesterol, rendah sodium, tinggi serat dan bebas lemak.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: