15 Manfaat Beras Coklat Untuk Kesehatan

December 21, 2015

beras coklat

Manfaat kesehatan dari beras coklat diantaranya memperbaiki fungsi sistem kardiovaskular, sistem pencernaan, sistem otak dan syaraf. Beras coklat mengandung antioksidan yang sangat ampuh yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti hipertensi, tingkat kolesterol yang terlalu tinggi, stress, depresi mental, dan gangguan kulit. Kandungan nutrisi tinggi pada beras coklat terbukti efektif dalam mengobati berbagai kondisi medis seperti kanker, obesitas, diabetes, gangguan neurogeneratif dan insomnia. Beras coklat memiliki kandungan anti-depresi dan membantu menjaga kesehatan tulang dan memperkuat sistem imun.

Beras coklat adalah gandum utuh yang tidak disaring atau dihaluskan. Beras coklat diproduksi hanya dengan membersihkan bagian kulit beras. Beras coklat mempertahankan bagian kulit nya yang kaya nutrisi dan kecambah. Beras coklat lebih kenyal dibandingkan beras putih dan memiliki rasa seperti kacang.

Beras Coklat Berkecambah

Beras coklat berkecambah merupakan bentuk popular lain dari beras coklat yang kaya akan nilai nutrisi. Kandungan nutrisi yang tinggi dari beras coklat berkecambah berasal dari asam gama-aminobutric (GABA). Beras coklat berkecambah dapat diperoleh dengan merendam selama beberapa jam dan membiarkan kecambah tumbuh. Metode ini merupakan metode terbaik untuk memperoleh jumlah GABA maksimum dan meningkatkan protein dan enzim yang bermanfaat pada beras coklat berkecambah. Proses perkecambahan ini juga menghasilkan peningkatan komponen esensial seperti asam ferulic, lysine, magnesium, potassium, vitamin E, vitamin B6, thiamine, dan serat. Nutrisi-nutrisi ini membantu proses penyerapan lebih baik saat dicerna dan mencegah iritasi usus, inflamasi dan alergi. Beras coklat berkecambah dapat disimpan dalam bentuk kering untuk memperpanjang umurnya tanpa mempengaruhi nilai nutrisi yang dimilikinya.

Mengapa Mengkonsumsi Beras Coklat?

Kebanyakan dari kita mengetahui fakta bahwa beras coklat lebih baik dibandingkan beras putih. Alasan yang menjadikan beras coklat lebih baik adalah tingginya kualitas dan kuantitas nutrisi yang diberikan oleh beras coklat. Berbeda dengan beras putih, beras coklat tidak melalui proses penggilingan dan penghalusan sehingga beras coklat mempertahankan komponen menyehatkan yang dimilikinya. Proses penggilingan yang mengubah beras coklat menjadi beras putih menghilangkan bagian besar dari kandungan nutrisi yang dimilikinya. Terdapat banyak jenis beras coklat yang tersedia di pasar dengan rasa yang unik, komponen aroma, dan konsentrasi asam lemak yang beragam.

Kandungan Nutrisi Beras Coklat

Beras coklat merupakan makanan padat yang kaya akan mineral esensi seperti mangan, zat besi, zinc, fosfor, kalsium, selenium, magnesium, dan potassium. Kandungan vitamin yang dimiliki oleh beras coklat diantaranya vitamin B1 (thiamine), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6, folate, vitamin E (alpha-tocopherol) dan vitamin K. Beras coklat merupakan sumber protein dan menambah sejumlah serat pada pola makan kita. Bersamaan dengan hal ini, beras coklat juga merupakan sumber asam lemak vital yang bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Beras Coklat Untuk Kesehatan

Manambahkan beras coklat pada pola makan dapat memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa seperti yang dijabarkan berikut ini:

1. Diabetes

Beras coklat bermanfaat bagi individu penderita diabetes dan hyperglycemic. Beras coklat memiliki indeks glycemic rendah yang membantu mengurangi lonjakan insulin dan membantu menstabilkan tingkat gula darah dalam tubuh. Sebuah studi komparasi yang dilakukan pada beras coklat telah menunjukkan bahwa beras coklat kaya akan asam phytic, serat, dan polifenol esensial. Karbohidrat kompleks yang dimiliki oleh beras coklat membantu memperlambat pelepasan gula jika dibandingkan dengan beras putih. Asosiasi diabetes Amerika juga merekomendasikan untuk memilih beras coklat yang kaya nutrisi untuk memperoleh vitamin esensi, serat, dan mineral yang diperlukan dalam pola makan penderita diabetes.

2. Aktivitas Antioksidan

Beras coklat kaya akan antioksidan yang memberikan perlindungan lebih lama dari kerusakan akibat oksigen dari radikal bebas. Beras coklat mengandung enzim antioksidan penting yang dikenal dengan nama dismutase superoksida yang melindungi sel-sel dari kerusakan oksidasi saat produksi energi. Sebuah penelitian yang membandingkan beras putih dan coklat menunjukkan bahwa beras coklat memiliki aktivitas mengumpulkan radikal yang sangat baik dan membantu mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh oksidasi seperti penyakit jantung koroner.

3. Obesitas

Beras coklat merupakan alat untuk menjaga berat badan bagi orang-orang yang melawan obesitas. Beras coklat mengandung mangan yang membantu mensintesa lemak tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi gandum utuh seperti beras coklat memiliki dampak positif pada tubuh yang dapat dilihat dari indeks massa tubuh dan lemak. Beras coklat juga meningkatkan aktivitas peroksidasi glutathione, sebuah enzim antioksidan dan membantu meningkatkan tingkat kolesterol HDL pada orang-orang yang memiliki obesitas. Sebuah penelitian lain juga menunjukkan hasil yang sama terhadap efek yang diberikan beras coklat berkecambah terhadap obesitas.

4. Gangguan Neurodegeneratif

Beras coklat berkecambah membantu mencegah gangguan neurodegenerative seperti Alzheimer karena asam gama-aminobutyric yang melimpah. Beras coklat berkecambah memiliki komponen-komponen menyehatkan yang membantu mencegah enzim berbahaya yang dikenal dengan nama protylendopetidase yang seringkali dihubungkan dengan Alzheimer. Beras coklat juga bermanfaat untuk gangguan otak lainnya seperti demensia dan amnesia.

5. Kesehatan Psikosomatik bagi Wanita Menyusui

Beras coklat berkecambah bermanfaat bagi kesehatan mental ibu menyusui. Sebuah penelitian telah menunjukkan hasil positif terhadap wanita menyusui dengan mengurangi gangguan pada mood, tingkat depresi, dan kelelahan. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi beras coklat saat menyusui meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan stress dan meningkatkan pertahanan tubuh secara menyeluruh.

6. Kesehatan Pencernaan

Beras coklat merupakan makanan pokok menyehatkan yang dapat dimasukkan ke dalam makanan sehari-hari untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat pada beras coklat membantu meregulasi kerja usus dan menjaga perut tetap kenyang. Penelitian menunjukan perbandingan efek beras putih dan beras coklat saat pencernaan terjadi di lambung telah menjadi bukti kualitatif bahwa lapisan sekam pada beras coklat mencegah penyerapan asam dan kelembapan yang menghasilkan retensi tekstur yang lebih baik. Kandungan serat beras coklat juga memiliki efek positif untuk kondisi seperti konstipasi dan radang usus besar.

7. Kesehatan Kardiovaskular

Beras coklat kaya akan selenium yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Mengkonsumsi gandum utuh seperti beras coklat membantu mengurangi terblokirnya arteri akibat penumpukan plak. Tindakan pencegahan ini berkontribusi dalam mengurangi risiko gangguan jantung seperti hipertensi tinggi dan penyakit kardiovaskular. Penelitian menunjukkan bahwa jaringan yang melapisi beras coklat mengandung komponen menyehatkan yang bertindak melawan protein endokrin angiotensin II, yang dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan arterosklerosis atau pengerasan arteri.

8. Tingkat Kolesterol yang Sehat

Beras coklat merupakan pilihan menyehatkan untuk menjaga kesehatan kolesterol. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa beras coklat memiliki kandungan hypocholesterolemic dan mereguasi katabolisme kolesterol. Sebuah penelitian lain menunjukkan bahwa mengkonsumsi beras coklat telah menunjukkan peningkatan yang signifikan pada serum dan konsentrasi kolesterol HDL dalam kasus penyalahgunaan etanol kronis. Penelitian tersebut juga menunjukkan beras coklat berkecambah membantu mencegah meningkatnya trigliserida pada hati yang dikarenakan asupan alkohol yang berlebihan sehubungan dengan keberadaan asam gamma-aminobutyric.

9. Kanker

Beras coklat membantu mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker payudara, dan leukemia. Kemampuan beras coklat dalam mencegah kanker berasal dari kandungan antioksidan dan serat yang tinggi. Kandungan serat pada beras coklat memiliki kemampuan untuk mengikat dirinya sendiri pada sel kanker berbahaya yang menimbulkan racun pada tubuh. Serat akan mencegah racun menempel pada dinding usus dan membantu menyingkirkan racun dari dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap kemampuan chemopreventive dari beras coklat menunjukkan bahwa kulit beras coklat mengandung phenol yang penting seperti tricin, asam ferulic, asam caffeic yang juga dimiliki oleh beras putih pada tingkat yang lebih rendah. Kandungan phenolic ini bermanfaat dalam mencegah penyebaran sel-sel kanker pada usus besar dan payudara. Penelitian lain menunjukkan efek stimulan dari beras coklat berkecambah pada induksi apoptosis dan efek yang menghalangi produksi sel-sel kanker leukemia. Dan, sejumlah penelitian telah memvalidasi efek anti-tumor dari mengkonsumsi kulit beras coklat.

10. Sistem Otak dan Syaraf

Beras coklat sangatlah penting untuk kelancaran fungsi otak dan syaraf. Beras coklat membantu mempercepat metabolisme otak karena kandungan vitamin B dan mineral esensi seperti mangan yang dimiliki oleh beras coklat. Magnesium pada beras coklat menyeimbangkan aktivitas kalsium pada tubuh dan membantu regulasi syaraf dan otot. Beras coklat mencegah peningkatakn kalsium secara tiba-tiba ke dalam sel-sel syaraf dan aktivasi syaraf. Proses ini membantu menjaga syaraf dan otot tetap rileks serta mencegah kontraksi yang berlebihan. Vitamin E yang terkandung pada beras coklat juga memiliki peran vital dalam mencegah berbagai penyakit otak yang diakibatkan oleh kerusakan oksidatif.

11. Anti-depresi

Beras coklat berkecambah memiliki manfaat anti-depresi dan membantu melawan gangguan yang berhubungan dengan kegelisahan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa beras coklat berkecambah memiliki asam amino esensial seperti glutamine, glycerin, dan GABA. Neurotransmitter tersebut membantu mengurangi pengiriman pesan yang berhubungan dengan kegelisahan, depresi, dan stress di otak yang menghasilkan keadaan tubuh yang lebih rileks.

12. Insomnia

Beras coklat membantu menyembuhkan insomnia. Beras coklat merupakan sumber alami hormon tidur melatonin. Beras coklat meningkatkan kualitas tidur dengan merelaksasi syaraf dan meningkatkan siklus tidur.

13. Sistem Kekebalan Tubuh yang Kuat

Beras coklat memiliki vitamin, mineral, dan komponen phenolic esensial dalam jumlah yang signifikan sehingga membantu meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh. Beras coklat memelihara tubuh, mempercepat penyembuhan, dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

14. Kesehatan Tulang

Beras coklat membantu merawat kesehatan tulang. Beras coklat kaya akan magnesium yang bersama dengan kalsium memberikan struktur fisik pada tulang. Beras coklat yang kaya magnesium mencegah demineralisasi tulang dan bermanfaat bagi kondisi medis seperti arthritis dan osteoporosis.

15. Kuliner

Beras merupakan makanan pokok bukan hanya di Asia namun juga di berbagai penjuru dunia. Beras coklat tersedia dalam berbagai bentuk seperti gandum panjang yang sangat cocok untuk nasi goreng, salad atau pilaf. Gandum pendek yang memiliki tekstur lembut dan lengket cocok untuk adonan atau pudding. Beras coklat manis dapat digunakan sebagai makanan pencuci mulut. Sirup beras coklat dianggap sebagai pemanis yang menyehatkan karena kandungan nutrisi yang dimiliki beras coklat. Sirup beras coklat memberikan rasa manis, kacang, dan mentega untuk makanan yang dipanggang dan minuman hangat.

Pemilihan dan Penyimpanan Beras Coklat

Beras coklat mengandung minyak esensi alami yang dapat berubah busuk jika disimpan terlalu lama. Maka disarankan untuk memeriksa tanggal kadaluarsa untuk memastikan kualitasnya terjaga. Beras coklat mentah dapat disimpan hingga 6 bulan dalam wadah yang tertutup rapat pada suhu ruangan untuk menjaga kualitasnya. Penyimpanan beras yang telah dimasak secara salah akan memicu pertumbuhan bakteris yang disebut Bacillus Cereus yang dapat menyebabkan keracunan makanan meskipun sudah dihangatkan kembali. Beras coklat yang sudah dihangatkan tidak boleh disimpan pada suhu ruangan dan dihangatkan kembali lebih dari 1 kali.

Bagaimana Cara Memasak Beras Coklat?

Memasak beras coklat membutuhkan waktu yang lebih lama dan lebih banyak air karena lapisan serat pada bagian luar. Untuk satu cangkir beras, anda perlu menggunakan 2 1/2 hingga 3 cangkir air. Merendam beras coklat sebelum dimasak akan mempersingkat durasi memasak. Beras coklat sudah direndam membutuhkan 35 hingga 40 menit sampai masak.

Kesimpulan:

Beras coklat merupakan gandum utuh yang kaya akan komponen-komponen yang menyehatkan. Beras coklat memberikan manfaat bagi organ-organ tubuh diantaranya untuk kesehatan jantung, pencernaan, otak, tulang, otot, kolesterol, dan tekanan darah. Beras coklat juga bermanfaat untuk mengobati gangguan kulit seperti psoriasis, menjaga kesehatan kulit, dan mengatasi kerontokan rambut. Beras coklat juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini karena kandungan asam ferulic, sebuah antioksidan yang membantu mencegah penuaan. Beras coklat kaya akan folat yang sangat penting saat kehamilan untuk pertumbuhan janin yang sehat. Porsi kecil beras coklat juga disarankan untuk pasien infeksi kandida dikarenakan tingginya jumlah enzim pencernaan yang tepat untuk sistem pencernaan yang lemah. Beras coklat memperkuat tubuh dan pikiran serta membantu melawan kelemahan dan defisit pada tubuh.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: