15 Fakta Buah dan Sayuran Sebagai Sumber Vitamin

May 28, 2013

fakta buah dan sayuran

1. Buah-buahan dan sayuran secara alami memiliki kadar lemak yang rendah, tetapi mengandung banyak vitamin, mineral, air, elektrolit, serta kaya akan serat. Makanan yang mengandung serat tinggi secara alami akan menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung.

2. Semua jenis buah dan sayuran pada dasarnya mengandung antioksidan yang sangat pehting untuk mencegah kerusakan sel tubuh. Antioksidan mengandung vitamin dan zat warna buah (zat fitokimia). Buah yang berbeda warnanya mengandung manfaat yang berbeda pula untuk kesehatan tubuh.

3. Di antara sayuran dan buah-buahan, ada sayuran yang paling tidak bergizi yaitu sayur yang dimasak terlalu matang atau diproses lama, misalnya gudeg. Semua buah-buahan merupakan sumber vitamin, mineral. dan serat. Buah yang tidak bergizi adalah yang telah diproses lama, misalnya buah kalengan, saus buah — saus mangga atau apel — dan koktail buah

4. Konsumsilah buah berwarna-warni — paling tidak ada 5-10 warna dalam sehari. Semakin banyak warna, semakin banyak ragam zat fitokimia yang masuk ke tubuh kita. Agar mampu mengonsumsi buah dafam jumlah banyak, tingkatkan asupan buah secara perlahan dan bertahap selama periode 6-8 minggu.

5. Pilih sayuran segar beraneka warna. Jika bisa, pilih yang tumbuh secara organik karena lebih bergizi dan bebas dari zat kimia pestisida.

6. Buah dan sayuran mudah teroksidasi, jadi harus segera dimakan. Jangan dipotong-potong lalu dimakan beberapa jam kemudian karena akan berubah warna. yang berarti kandungan nutrisinya sudah menguap.

7. Bila ingin mengurangi asupan makan, konsumsilah buah 30 menit sebelum makan, ini akan memberikan rasa kenyang sehingga mencegah Anda makan terlalu banyak.

8. Masaklah sayuran setengah matang, atau cukup dipanaskan 2 menit saja agar vitaminnya tidak hilang. Sayuran yang dikukus lebih sehat daripada yang direbus.

9. Pilih buah dan sayuran segar, bukan dalam bentuk kalengan atau jus botolan.

10. Hindari makanan seperti tauge, kol, dan sawi karena mengandung banyak gas.

11. Makanlah buah dan sayuran dengan kulitnya karena zat warna buah seringkali terdapat pada kulit.

12. Untuk mendapatkan serat yang cukup, buah sebaiknya diblender, bukan dijus. Sebab, ketika membuat jus yang tersaring hanya airnya, sedangkan seratnya terbuang.

13. Buatiah santapan dari buah dan sayuran yang rendah lemak.

14. Buatiah salad dengan dressing yang rendah lemak, misalnya yogurt low-fat yang dapat ditemukan di supermarket. Hindari menggunakan mayones atau saus thousand island yang mengandung banyak lemak dan kuning telur.

15. Kalau ingin makan gado-gado, buat sausnya dari kacang yang disangrai, bukan yang digoreng.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: