15 Cara Mudah Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat

September 26, 2017

sakit kepala

Kepala anda sering berdenyut-denyut dan anda ingin sakit kepala anda segera berhenti? Ada banyak cara mudah dan terbukti untuk mengatasi sakit kepala tanpa obat. Obat-obatan seperti Ibuprofen dan aspirin membantu tapi ada kemungkinan anda menjadi ketergantungan pada obat-obatan tersebut. Terlalu sering menggunakan obat-obatan juga bisa menyebabkan sakit kepala balik kembali dan banyak obat ini menjadi tidak efektif seiring berjalannya waktu. Jadi, hindari kembalinya sakit kepala dan hilangkan rasa sakit dengan cara-cara mudah di bawah ini:

1. Hidrasi

Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama sakit kepala sebelah dan migrain. Pada gejala-gejala awal sakit kepala, minumlah 2-3 gelas air. Anda juga bisa minum minuman bebas gula dan kafein seperti teh herbal. Cara ini diketahui bisa meringankan sakit kepala hingga 65% dari para penderitanya. Minumlah setidaknya 10 gelas air setiap hari untuk mencegah sakit kepala cluster.

2. Tidur

Banyak orang telah mengetahui bahwa tidur adalah salah satu cara mengatasi sakit kepala mereka – obat yang terbukti mengatasi migrain dengan tidak melibatkan obat-obatan. (Baca juga 5 Manfaat Tidur yang Wajib Anda Ketahui)

3. Yoga dan Meditasi

Banyak pose yoga bisa membantu meringankan sakit kepala. Anda juga bisa melakukan beberapa latihan pernapasan dalam. Video meditasi dan musik yang menenangkan juga bisa membantu anda menyingkirkan sakit kepala tanpa obat-obatan. Anda bisa mengusir sakit kepala dengan cepat tanpa obat melalui meditasi. Cukup duduk di tempat yang tenang dan rileks. Tutup mata anda dan fokus pada napas anda. Anda juga bisa menggunakan panduan dari video meditasi. Cara ini juga bisa membantu anda menyingkirkan sakit kepala di sekolah atau tempat kerja.

4. Kompres Dingin atau Panas

Cara lain yang mudah untuk menghilangkan sakit kepala segera tanpa obat adalah dengan menggunakan kompres. Pakaikan kompres dingin atau panas pada pelipis, daerah mata dan leher. Anda bisa membungkus beberapa es batu dengan kain tipis dan menempelkannyaa pada area tadi. Atau, jika ingin menggunakan kompres panas. Isi botol dengan air panas dan tempelkan di daerah yang sakit.

5. Shower atau Berendam

Shower air hangat di daerah leher dan belakang juga bisa meredakan sakit kepala dengan cepat tanpa obat. Anda juga bisa bergantian antara shower panas dan dingin. Berendam dalam bak mandi dengan beberapa minyak esensial atau garam mandi juga bisa melemaskan otot dan membantu anda menyingkirkan sakit kepala dengan cepat.

6. Pijat

Memijat sendiri area leher dan pelipis bisa membantu ada menyingkirkan ketegangan akibat sakit. Anda bisa memijat area antara alis serta leher, bahu dan pelipis anda. Jika memungkinkan, anda juga bisa mengunjungi pemijat profesional untuk mengatasi sakit kepala anda.

7. Singkirkan Penyebab yang Mendasarinya

Sakit kepala sering berasal dari pilek, stres, masalah gigi, masalah mata dll. Depresi dan kecemasan juga bisa menyebabkan sakit kepala. Tentukan akar penyebab sakit kepala anda dan atasi terlebih dahulu penyebab tersebut dengan segera untuk menghilangkan sakit kepala secara alami.

8. Menghirup Uap

Menaruh muka di atas semangkuk air panas bisa membersihkan sinus, mengurangi lendir dan meredakan sakit kepala dengan cepat. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti Lavender, Eucalyptus atau Chamomile dan hirup aromanya untuk menenangkan sakit kepala.

9. Aromaterapi

Minyak esensial aromaterapi dapat membantu meredakan sakit kepala secara instan tanpa obat-obatan. Oleskan minyak esensial seperti Lavender, Rosemary, Chamomile, Sandalwood dll ke titik denyut nadi anda dan hirup aroma wanginya dari waktu ke waktu. Anda juga bisa mengoleskan beberapa tetes di bantal saat anda tidur atau saputangan. Meletakkan minyak ini di dalam ruangan saat anda beristirahat juga bisa membantu, atau anda bisa menggunakannya sebagai minyak mandi untuk berendam. Anda juga bisa membuat kompres dengan minyak dan menerapkannya ke titik nadi. Terapi pijat dengan minyak juga bisa membantu.

10. Ubah Diet Anda

Mengubah diet anda bisa menjadi hal terbaik yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sakit kepala. Banyak penderita migrain menyimpan catatan harian makanan untuk mengetahui makanan mana yang memicu migrain mereka. Makanan tertentu seperti coklat, makanan manis, keju, makanan kaya gluten dapat memicu sakit kepala. Hilangkan ini sepenuhnya atau batasi konsumsi mereka. Juga tinggalkan jauh-jauh dari Aspartame dan MSG yang diketahui pemicu migrain.

12. Seks

Orgasme adalah cara alami menyingkirkan sakit kepala karena melepaskan hormon yang baik yang membantu anda tidur lebih nyenyak. (Baca juga 10 Manfaat Berhubungan Intim yang Bakal Mengejutkan Anda)

13. Makanan

Perut yang kosong juga bisa menimbulkan sakit kepala yang membelah di tempat kerja atau sekolah. Jadi, pastikan anda makan sesuatu. Terkadang, makanan ringan seperti garam bisa membantu menyeimbangkan elektrolit dan menenangkan sakit kepala. Minum banyak air juga.

14. Teh

Teh dan kopi bisa meringankan dan menenangkan sakit kepala pada beberapa orang. Teh herbal atau teh biasa juga bekerja. Teh peppermint dan teh willow adalah beberapa obat yang terbukti mengandung senyawa penghilang rasa sakit alami. Sama halnya untuk teh hijau, teh jahe dll yang merupakan anti-inflamasi. Feverfew adalah obat sakit kepala yang menenangkan dan meringankan rasa sakit. Selalu simpan ini selalu jika anda penderita migrain.

15. Akupunktur dan Akupresur

Menekan titik-titik tertentu membantu mengurangi sakit kepala dengan menghilangkan penyumbatan energi. Pelajari titik-titik mana yang perlu ditekan saat menderita sakit kepala.

Lain kali anda menderita sakit kepala, cobalah cara mudah alami untuk menyingkirkannya.

 

 

Previous post: