14 Resep Obat Herbal Diabetes

August 13, 2015

obat herbal diabetes

Penyebab diabetes melitus belum diketahui secara pasti. Namun, gejala dan komplikasinya menghasilkan kadar glukosa yang tinggi dan tidak wajar dalam darah. Beberapa faktor yang memicu diabetes, antara lain obesitas, lansia, dan riwayat genetik keluarga.

Gejala diabetes diawali dengan kemampuan penglihatan yang berubah, penurunan berat badan, kelelahan ekstrem, kencing berkali-kali dengan jumlah cairan yang banyak, sering merasa haus, infeksi berulang (kambuhan), dan rasa terbakar di tangan dan kaki. Ada dua jenis diabetes. Jenis pertama bergantung pada insulin. Adapun jenis kedua tidak bergantung pada insulin.

Pada diabetes jenis pertama (insulin dependent DM), para penderita harus mengontrol kadar gula dengan injeksi insulin pada tubuh mereka. Hai itu disebabkan pankreas tidak lagi mampu memproduksi insulin. Adapun jenis kedua (noninsulin dependent DM), pankreas penderita masih memproduksi insulin, tetapi sel-sel tubuh tidak meresponnya dengan benar.

Diabetes jenis kedua dapat disebabkan oleh pankreas yang berhenti memproduksi hormon insulin atau karena tubuh tidak mampu menggunakan insulin dan glukosa, yang merupakan bahan bakar utama tubuh. Glukosa tidak bisa masuk ke sel dan melakukan fungsinya tanpa insulin. Akhirnya, glukosa menumpuk dalam aliran darah dan keluar bersama urine. Selanjutnya, hal itu akan meningkatkan kekentalan urine sehingga menarik sejumlah besar cairan dan membuat penderita sering buang air kecil. Setelah itu, tubuh akan merasa haus. Diabetes menyebabkan penyempitan pembuluh darah kecil dalam tubuh yang membahayakan peredaran darah. Hal itu menyebabkan penyakit ginjal, mata, kaki, sulitnya penyembuhan luka, dan infeksi bagian-bagian ujung tubuh.

Pencegahan

Pertahankan berat badan normal dengan berolahraga, program diet yang teratur, dan menghindari tekanan saraf, stres, dan gelisah.

Obat Herbal Diabetes

Berikut adalah beberapa obat herbal diabetes yang bisa anda coba di rumah:

a. Kelabat

Kelabat digunakan secara luas di berbagai belahan dunia untuk mengatasi penyakit diabetes. Herbal ini dimasukkan dalam berbagai obat-obatan yang mengatasi gula. Kelabat mengandung enam senyawa yang dapat membantu mengatur kadar gula darah, setengah dari berat badannya.

Herbal tersebut adalah gel nabati cair sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol high-density (HDL) yang bermanfaat. Pada saat yang sama, ia mengurangi kadar kolesterol low-density (LDL) yang buruk. Selanjutnya, dalam jangka panjang dapat melindungi penderita diabetes dari penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah yang menyertainya.

b. Bawang Merah

Bawang merah memiliki sejarah bangsa. Ia adalah warisan tradisional kuno dalam mengobati diabetes, sebagai pendamping makanan, dan komplementer. Bawang mengandung quercetin, zat yang membantu mengurangi gula darah. Bawang juga bekerja memperkuat kapiler tipis. Dengan demikian, ia mencegah retinopati yang menyertai diabetes pada stadium akhir.

Bawang juga mengandung glukonin yang memiliki kemampuan sama dengan insulin dalam mengatur penyimpanan gula dalam tubuh dan penggunaannya. Bawang dapat dimasak hingga menjadi seperti gel, kemudian saring dan makanlah sup tersebut. Selain itu, dapat juga menggunakan minyak bawang, dengan menambahkan sedikit minyak bawang pada minuman kelabat. Minumlah di pagi hari, pada saat perut kosong.

c. Kacang Merah (Bean)

Rebus kacang merah dan dimakan dengan kulitnya. Hal itu sangat membantu mengatur kadar gula darah. Berbagai studi telah menemukan bahwa kacang merah mengurangi kadar gula darah yang meningkat setelah makan. Ia juga mampu menunda penurunan kadar gula untuk jangka waktu yang lama. Dengan demikian, kacang merah membantu kadar gula pada batasan normalnya dalam periode selama mungkin. Kacang merah dapat dimasak bersama bawang merah dan bawang putih dengan menambahkan kayu manis dan cengkeh.

d. Teh

Studi ilmiah menegaskan bahwa teh memiliki efek melawan kenaikan gula. Ekstrak teh hitam digunakan untuk menjaga kadar gula pada level yang mendekati normal. Teh tentu saja harus dikonsumsi tanpa gula untuk memperoleh manfaatnya.

e. BayLeaf

Bay leaf membantu tubuh menggunakan insulin, dalam bentuk yang lebih efektif. Bay leaf yang direbus juga mengurangi kadar gula darah. Tiga sendok teh bay leaf dididihkan dalam secangkir air, lalu minumlah tiga kali sehari. Dapat ditambahkan beberapa tetes lemon, atau kayu manis untuk meningkatkan efisiensinya.

f. Gurmar

Gurmar meningkatkan produksi insulin alami dalam tubuh dengan mengaktifkan pankreas. Beberapa penelitian terbaru membuktikan bahwa gurmar meningkatkan jumlah sel-sel pada pulau langerhans, yakni sel yang bertanggung jawab pada produksi insulin di pankreas.

Herbal tersebut juga benar-benar meningkatkan efektivitas sel yang ada dan mengatur kadar gula darah dalam jangka waktu yang lama. Beberapa studi sampai pada kesimpulannya tersebut melalui penggunaan minuman herbal yang terbuat dari daun gurmar, yang diminum sekaii sehari.

g. Marshmallow

Marshmallow memiliki kandungan tinggi akan serat nabati yang dapat larut, yang disebut pektin. Herbal ini mampu menjaga kadar gula darah pada batasan rendah. Cara mengonsumsinya adalah rendam akarnya yang berserat dalam air mendidih sepanjang malam. Minumlah pada saat perut masih kosong di pagi hari.

h. Labu Pahit (Bitter Gourd)

Dalam bahasa Arab, labu pahit dikenal juga dengan nama al-kumitsra asy-syafiyah (pear obat) atau balsam. Herbal tersebut menarik perhatian peneliti karena kemampuannya yang efektif dalam mengatur gula darah. Banyak studi menegaskan bahwa labu pahit dapat mengendalikan kadar darah. Tanaman tersebut dapat dimakan lima sendok ekstraknya setiap hari atau dimakan langsung dengan menu makanan lainnya. Bisa juga dengan menghaluskan bijinya pada blender dan minum jus tersebut satu kali sehari.

i. Dedalu (Willow)

Daun hijau dedalu direndam dalam air mendidih dari malam sampai pagi. Minumlah secangkir di pagi hari dan beri asam (tamarind).

j. Delima

Kulit delima dikeringkan, kemudian digiling. Masukkan satu sendok gilingan tersebut pada satu gelas yogurt dan makanlah di malam hari. Satu sendok kulit delima dicampur dengan sesendok lebah untuk dimakan di pagi hari.

k. Lifetree (Cypress)

Ambil biji lifetree (disebut pohon air) dan keringkan di tempat teduh, lalu giling. Makan sebanyak satu sendok teh setelah sarapan dan setelah makan malam. Lanjutkan dengan minum air yang banyak.

l. Wormwood (Shih)

Shih direndam dalam air selama satu jam, kemudian dididihkan dan disaring. Minumlah pada pagi dan sore hari setelah diberi tamarind (asam).

m. Buncis

Rebus daun dan kulit buncis setelah dikeluarkan bijinya dengan daun dedalu. Setelah mendidih, saring. Minumlah secangkir pada waktu perut kosong dan secangkir sebelum tidur.

n. Cengkeh

Ambil secangkir cengkeh yang telah dihaluskan, tambahkan kelabat halus. Makanlah satu sendok waktu pagi atau malam, lalu minumlah air yang banyak.

Resep Herbal untuk Diabetes

1. Uleni madu lebah alami (sebaiknya madu gunung atau madu daunbuckthorn) dengan klembak, masing-masing 250 gram. Tambahkan satu sendok habbah sauda’ dan makanlah ramuan tersebut satu sendok teh setiap hari saat perut kosong. Setelah itu, kunyahlah damar mastik Turki.

2. Ambil secangkir kelabat yang telah digiling halus, secangkir habbah sauda’, secangkir klembak, secangkir lupinus bubuk, secangkir kulit delima, dan secangkir biji peach (misymisy) halus. Campurkan semua dengan baik, makanlah satu sendok pada waktu perut kosong dengan secangkir jus kubis.

3. Setengah liter minyak zaitun, tambahkan kulit bawang putih. Masak di atas api kecil selama satu jam, kemudian disaring dan dikemas dalam botol. Oleskan pada kulit pagi dan malam.

4. Ambil habbah sauda’, barley, gandum, olibanum (kemenyan arab), masing-masing 100 gram. Rebuslah dalam satu liter air, lalu saring. Minumlah sebanyak satu cangkir sehari, selama dua minggu.

5. Ambil satu cangkir lupinus halus, satu cangkir rosemary, dan bay leaf(daun salam), lalu haluskan semua. Makanlah satu sendok saat perut kosong, lanjutkan dengan minum minuman asam (tamarind) tanpa gula.

Semoga artikel tentang obat herbal diabetes diatas bermanfaat untuk menambah wawasan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: