14 Manfaat Kacang Almond Untuk Kesehatan

November 1, 2015

kacang almond

Manfaat kacang almond untuk kesehatan sangatlah luas. Mereka sering digunakan sebagai solusi yang sehat untuk mengatasi sembelit, gangguan pernapasan, batuk, gangguan jantung, anemia, impotensi, dan diabetes. Kacang almond juga membantu dalam pemeliharaan kesehatan rambut, perawatan kulit (psoriasis), dan perawatan gigi.

Kacang almond ditemukan di tempat-tempat seperti Iran, Arab Saudi, Lebanon, Turki, Suriah, Yordania dan Israel. Kacang yang sangat bergizi ini adalah sumber yang kaya dari vitamin E, kalsium, fosfor, besi dan magnesium. Mereka juga mengandung zinc, selenium, tembaga dan niacin. Dibandingkan dengan kacang lainnya, almond adalah jenis kacang yang paling banyak dikemas dengan nutrisi dan komponen yang menguntungkan.

Kacang almond memiliki dua jenis rasa, yang manis dan pahit. Secara tradisional, almond manis lah yang dikonsumsi secara langsung, sedangkan almond pahit digunakan untuk membuat minyak almond, minyak yang digunakan untuk menambah rasa pada makanan. Kacang almond biasanya dimakan mentah, tetapi banyak orang juga menambahkan mereka sebagai bahan dalam salad, casserole, dan hidangan lainnya. Susu almond juga merupakan minuman yang lezat, dan alternatif pengganti susu sapi. Anda dapat mengkonsumsi almond secara langsung, disarankan dikonsumsi pada waktu perut kosong untuk meningkatkan dan mempercepat penyerapan nutrisinya. Anda dapat merendamnya dalam air semalam sehingga anda bisa memakannya di esok pagi. Almond yang dihancurkan juga merupakan hiasan yang indah untuk sejumlah hidangan.

Manfaat Kacang Almond Untuk Kesehatan

Kacang almond dikenal karena memiliki manfaat pengobatan yang besar, dan bersamaan dengan rasanya yang lezat, membuat banyak orang menambahkannya pada diet mereka. Beberapa manfaat kacang almond yang telah diteliti dan diverifikasi terangkum di bawah ini.

1. Baik untuk Otak Anda

Kacang almond merupakan sumber berbagai nutrisi yang membantu dalam perkembangan otak manusia. Almond telah dihubungkan dengan tingkat intelektual yang lebih tinggi dan mereka telah lama dianggap sebagai salah satu makanan penting untuk pertumbuhan anak. Kacang almond juga mengandung dua nutrisi otak yang penting, riboflavin dan L-carnitine, yang telah terbukti meningkatkan aktivitas otak, yang berdampak pada terciptanya jalur saraf baru dan penurunan penyakit Alzheimer. Penelitian telah menunjukkan bahwa kacang almond, termasuk minyak almond, adalah nutrisi yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan serta bekerjanya fungsi sistem saraf.

Banyak kaum ibu yang memberikan kacang almond yang telah direndam air semalaman untuk anak-anak mereka. Dua atau tiga biji kacang almond cukup, dan anda bisa membuang kulit luarnya terlebih dahulu jika menyebabkan reaksi alergi, selain itu sebagian besar nutrisi tidak ada di kulitnya.

2. Mengatur Kolesterol

Salah satu manfaat kacang almond yang sangat penting adalah dalam mengendalikan kolesterol. Mengkonsumsi secara teratur kacang almond membantu untuk meningkatkan tingkat kolesterol baik (HDL) dan mengurangi tingkat kolesterol jahat (LDL). Keseimbangan ini sangat penting untuk tingkat kolesterol yang sehat, dan pengurangan LDL adalah selalu hal yang baik.

3. Kesehatan Tulang

Kacang almond merupakan sumber dari banyak vitamin dan mineral, dan fosfor termasuk diantaranya. Fosfor memiliki dampak yang cukup besar pada kekuatan dan daya tahan tulang dan gigi, selain mencegah timbulnya kondisi yang berkaitan dengan usia seperti osteoporosis.

4. Baik untuk Jantung Anda

Siapa yang tidak mengenal manfaat kacang almond berikut ini. Lemak tak jenuh tunggal, protein dan kalium yang terkandung dalam kacang almond semua berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Vitamin E adalah antioksidan yang efektif sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung, sedangkan kehadiran magnesium dalam almond dapat membantu menghindari serangan jantung. Kacang almond membantu mengurangi peradangan yang merusak arteri. Kacang almond juga merupakan sumber asam folat yang besar. Oleh karena itu, mereka membantu mengurangi tingkat homocysteine, yang menyebabkan penumpukan plak lemak dalam arteri. Selain itu, flavonoid dalam kulit almond bersamaan dengan Vitamin E membentuk perisai yang kuat terhadap kerusakan dinding arteri. Penelitian menunjukkan bahwa memasukkan kacang almond dalam menu sehari-hari dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah pada pria sehat berusia antara 20 dan 70 tahun tanpa menimbulkan efek stres oksidatif (kondisi yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan)

5. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh anda memiliki banyak komponen yang mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan, termasuk sistem alkalinitas. Kacang almond merupakan sumber bahan alkali yang besar, dan dikenal karena manfaatnya untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan kemampuan dalam mencegah penyakit dan berbagai kondisi kesehatan. Kacang almond juga memiliki kandungan vitamin E yang tinggi, yang merupakan antioksidan yang kuat. Antioksidan ini akan mencari semua radikal bebas yang merusak dalam tubuh dan menghilangkannya. Sebagaimana kita tahu, radikal besar akan merangsang munculnya penyakit kronis yang dapat berbahaya bagi organ tubuh. Antioksidan seperti vitamin E yang ditemukan dalam kacang almond mempengaruhi semua penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi vitamin E dalam dosis tinggi mengalami kemungkinan resiko 30-40% lebih kecil terkena penyakit jantung.

6. Perawatan Kulit

Manfaat kacang almond dalam hal kesehatan kulit telah lama dikenal, dan pijat minyak almond sering direkomendasikan untuk bayi yang baru lahir. Susu almond juga telah ditambahkan ke beberapa jenis sabun, karena almond mampu meningkatkan warna kulit.

7. Anti Peradangan

Banyak orang berpikir bahwa kata “lemak” berarti sesuatu yang negatif, namun pada kenyataannya, asam lemak jenis tertentu adalah penting, dan dapat sangat bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Tubuh tidak dapat membuat asam lemak sendiri, itulah sebabnya mengapa kita perlu mendapatkannya dari makanan. Kacang almond memiliki dua asam lemak yang sangat penting, baik asam linoleat dan linolenat. Kedua asam lemak ini membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh, yang umum diderita oleh orang-orang. Asam lemak juga membantu mengurangi kadar kolesterol “jahat” (LDL), dan membantu meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

8. Mengatur Tekanan Darah

Kalium yang terdapat dalam kacang almond membantu mengatur tekanan darah, sementara kandungan sodium yang rendah dalam almond membantu mengendalikan fluktuasi tekanan darah.

9. Meningkatkan Energi

Kacang almond juga memiliki manfaat dalam memberikan energi. Kehadiran mangan, tembaga dan Riboflavin dalam kacang almond membantu dalam produksi energi dan tingkat metabolisme. Jika anda sedang bepergian, segenggam almond bisa membuat anda melalui hari tanpa anda harus mengisi perut dengan kalori atau lemak.

10. Mencegah Kanker

Manfaat kacang almond lainnya yang tak kalah penting adalah kemampuannya dalam mencegah kanker. Kacang almond meningkatkan pergerakan makanan melalui usus besar, sehingga mencegah kemungkinan terkena kanker usus besar. Penelitian telah menunjukkan adanya hubungan antara diet tinggi serat dengan pengurangan resiko terkena kanker usus besar.

11. Perlindungan Terhadap Diabetes

Kacang almond juga membantu mengurangi munculnya reaksi kenaikan kadar gula dan insulin setelah makan. Modulasi ini menawarkan perlindungan bagi para penderita diabetes dari ancaman gula darah yang sering diderita setelah makan besar, atau makanan dengan tingkat gula yang tinggi di dalamnya. Kacang almond membantu mengatur penyerapan dan pengolahan glukosa, membuat seluruh proses lebih halus dan lebih aman.

12. Baik Untuk Kehamilan

Manfaat kacang almond yang satu ini mungkin belum anda ketahui. Kacang almond mengandung asam folat, yang membantu mengurangi kejadian cacat pada bayi yang baru lahir. Asam folat juga merangsang pertumbuhan sel dan pembentukan jaringan yang sehat. Cacat tabung saraf adalah kondisi di mana tabung saraf tidak berkembang atau sebagian hilang dalam janin. Dokter meresepkan secara teratur suplemen asam folat bagi ibu hamil untuk memastikan perkembangan yang tepat dari tabung saraf tersebut, dan kacang almond memiliki asam folat yang cukup untuk menjaga ibu dan bayi mereka tetap sehat.

13. Menurunkan Berat Badan

Susu kacang almond rendah/tanpa gula dapat digunakan jika anda ingin mencoba menurunkan berat badan. Lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam almond akan memenuhi nafsu makan anda dan mencegah makan berlebihan. Serat makanan dalam kacang almond juga berkontribusi terhadap sensasi kenyang, meskipun hanya makan sedikit saja. Penelitian telah mengungkapkan bahwa diet rendah kalori yang kaya almond baik untuk orang-orang gemuk dalam membantu menurunkan kelebihan berat badan mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang secara teratur mengkonsumsi kacang almond (setidaknya dua kali seminggu) jauh lebih mungkin untuk tetap menjaga berat badan ideal mereka, daripada mereka yang jarang atau tidak pernah mengkonsumsi almond. Pada akhirnya, serat memberikan kontribusi untuk buang air besar secara konsisten, yang membantu dalam penurunan berat badan dan kesehatan tubuh secara umum melalui penghapusan racun.

14. Pencegahan Sembelit

Kacang almond kaya akan serat, dan seperti kebanyakan makanan kaya serat lainnya, almond membantu mencegah sembelit. Namun, juga penting diingat untuk minum banyak air ketika makan almond untuk mempercepat proses pencernaan dan mendapatkan efek menguntungkannya. Anda bahkan tidak perlu makan dalam jumlah yang berlebihan, karena jumlah serat dalam 4 atau 5 butir kacang almond cukup untuk menjaga gerakan pencernaan dari usus anda secara teratur.

Orang-orang bahkan dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dengan mengkonsumsi kacang almond, karena mereka telah dikenal memiliki efek positif pada aktivitas saraf. Merangsang jalur dan koneksi saraf baru dapat menjaga penyakit Alzheimer dan degenerasi saraf.

Namun, seperti hampir semua jenis makanan lainnya, kacang almond memiliki efek negatif juga. Mereka mengandung oksalat, dan oksalat yang berlebihan dapat menyebabkan kristalisasi, yang pada akhirnya dapat menimbulkan berbagai masalah yang berbeda. Orang yang memiliki masalah ginjal atau kandung empedu harus menghindari makan kacang almond.

Demikianlah artikel manfaat kacang almond untuk kesehatan, semoga semakin menambah wawasan kesehatan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: