14 Manfaat Buah Apel yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

December 28, 2015

manfaat buah apel

Manfaat buah apel untuk kesehatan diantaranya memperbaiki pencernaan, mencegah gangguan perut, batu empedu, konstipasi, gangguan hati, anemina, diabetes, penyakit jantung, rematik, gangguan mata, berbagai macam kanker, dan encok. Buah apel juga membantu meningkatkan daya tahan dan memberikan rasa lega akibat disentri, serta mampu mencegah serangan Alzheimer dan Parkinson. Terakhir, buah apel juga membantu perawatan gigi dan kulit.

Terdapat lebih dari 7,500 jenis buah yang lezat ini, dan apel juga memiliki beragam warna, diantaranya merah, kuning, dan hijau. Kulit apel tebal namun kuat, bagian dalam daging nya tebal dan mengandung banyak air, dan dagingnya menjadi lebih empuk saat buah apel tersebut matang. Bagian inti apel merupakan tempat dimana biji apel berada. Biji apel keras dan sulit untuk dicerna. Nutrisi apel terdapat pada bagian daging dan kulit, yang kaya akan antocyanin dan berbagai jenis tannin yang memberi warna.

Buah apel dapat dimakan langsung setelah anda memetiknya dari pohon atau dalam bentuk hidangan seperti salad buah dan custard. Jus apel juga merupakan minuman yang dikenal di seluruh dunia, dan diikutsertakan pada bermacam-macam makanan pencuci mulut. Buah apel dapat dipanggang, dicincang, ditumbuk, dibekukan, atau bahkan dikeringkan menjadi keripik makanan ringan yang manis dan menyehatkan. Pada tahun 2010, gen lengkap dari apel berhasil diuraikan, yang memicu peningkatan penelitian dan pemahaman mengapa buah apel sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, dan komponen spesifik apa yang menjadikan buah apel sangat bermanfaat. Marilah kita lihat komponen-komponen penting dari salah satu buah paling favorit dan menyehatkan di dunia.

Nilai Nutrisi Buah Apel

Buah apel memiliki segudang manfaat karena kandungan vitamin, mineral, nutrisi, dan komponen organik yang ditemukan di dalamnya. Elemen nutrisi penting ini diantaranya vitamin C, vitamin K, vitamin B6, dan riboflavin, serta mineral seperti potassium, tembaga, mangan, dan magnesium. Buah apel juga merupakan sumber serat diet yang sangat baik; satu buah apel memberikan 12% kebutuhan serat harian. Nilai sebenarnya dari apel terdapat pada komponen organiknya. Komponen organik buah apel kaya akan fitonutrien dan flavonoid seperti quercetin, epicatechin, phloridzin, dan berbagai komponen polyphenolic.

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Manfaat kesehatan buah apel diantaranya:

1. Melancarkan Pencernaan

Buah apel, yang kaya akan serat, membantu proses pencernaan. Mengkonsumsi apel secara rutin memastikan gerakan perut yang baik dan membantu mencegah konstipasi dan gangguan perut lainnya. Serat merupakan bagian penting dari pola makan karena menambahkan kepadatan pada feses dan membantu makanan melewati saluran pencernaan dengan lancar. Selain itu, ia juga merangsang gerak peristaltik usus sehingga otot dapat berkontraksi secara tepat tepat dan mampu memindahkan makanan bersama-sama. Akhirnya, serat merangsang pelepasan cairan lambung dan pencernaan untuk memastikan penyerapan nutrisi yang efisien, sementara secara bersamaan menggerus kelebihan kolesterol pada pembuluh darah dan arteri untuk memastikan kesehatan jantung dan mengurangi kemungkinan aterosklerosis.

2. Pencegahan Kanker

Salah satu manfaat buah apel yang sangat penting adalah kemampuannya mencegah kanker. Peran apel dalam pencegahan kanker telah menjadi subjek penelitian dari waktu ke waktu, dan meskipun telah menunjukkan peningkatan tingkat moderat dalam berbagai tipe kanker, khususnya kanker payudara dan usus besar, dampak paling signifikan terlihat pada kanker paru-paru. Kebanyakan buah dan sayuran memiliki semacam efek anti-kanker, namun buah apel tetap memiliki keunggulan dibandingkan buah-buahan lain yang sering dikonsumsi. Buah apel menunjukkan kapasitas yang nyata dan terbukti dalam mengurangi kanker paru-paru dan memperlambat penyebarannya. Hipotesis umumnya menyimpulkan hal tersebut dikarenakan kandungan fitonutrien dari apel, termasuk diantaranya kaempferol dan quercetin, namun mekanisme pasti dari dampak yang diberikan buah apel terhadap kanker masih belum jelas.

3. Kesehatan Pencernaan

Salah satu bagian tubuh manusia paling penting dan terabaikan adalah bakteri menguntungkan yang hidup di dalam tubuh kita. Buah apel secara spesifik membantu meningkatkan fungsi bakteri yang berada di dalam usus besar kita, dan penelitian awal menunjukkan bahwa apel mengubah metabolisme dalam sistem pencernaan, serta mengubah keseimbangan bakteri, yang dapat menghasilkan keseimbangan kesehatan dengan memaksimalkan asupan nutrisi dan mengeliminasi bakteri dan toksin.

4. Mengobati Anemia

Buah apel sangat bermanfaat dalam mengobati anemia karena apel merupakan sumber zat besi yang sangat kaya. Anemia merupakan defisiensi hemoglobin dalam darah, yang dapat disembuhkan dengan meningkatkan asupan zat besi, yang merupakan bagian integral dari metabolism sel darah merah. Dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh, anda tidak hanya mencegah anemia, namun juga memastikan asupan oksigen yang memadai ke sistem organ yang penting agar tetap berfungsi dengan normal.

5. Memulihkan Rasa Lemah

Buah apel dikenal mampu meningkatkan tenaga dan vitalitas bagi orang-orang yang lemah. Oleh sebab itu, buah apel seringkali diberikan kepada pasien untuk membantu mereka pulih dari sakit. Jika anda ingin menambah berat badan, apel harus menjadi bagian dari pola makan anda setiap hari. Buah apel juga membantu dalam proses detoksifikasi tubuh dan meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Meskipun buah apel tidak memiliki kandungan protein yang signifikan, kombinasi antioksidan dan protein pada apel dapat memiliki peran penting dalam mengatasi kelemahan dan memperbaiki otot.

6. Pengobatan Diabetes

Manfaat buah apel yang tak kalah pentingnya adalah dalam mengobati diabetes. Mengontrol gula darah sangatlah penting bagi orang-orang yang menderita diabetes, dan kandungan polifenol dalam apel memiliki manfaat untuk mengurangi penyerapan karbohidrat oleh tubuh. Hal ini, secara bergantian, mengurangi fluktuasi tingkat gula darah yang terjadi pada aliran darah; faktor penting untuk membantu menjaga diabetes. Namun tidak hanya berhenti sampai disitu. Polifenol juga menurunkan penyerapan glukosa pada sistem pencernaan, dan menstimulasi pelepasan insulin dari pankreas, yang dibutuhkan untuk menjaga tingkat gula darah tetap terjaga. Terakhir, polifenol menstimulasi reseptor insulin pada sel-sel di seluruh tubuh, yang mempercepat pembuangan gula dari aliran darah kita dan membawanya ke sel-sel tubuh kita, dimana sel-sel tersebut membutuhkannya untuk metabolisme dan organ berfungsi secara normal. Buah apel merupakan salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan penderita diabetes.

7. Kesehatan Gigi

Salah satu manfaat buah apel yang tidak anda duga adalah mengkonsumsi apel membantu membersihkan gigi dan gusi. Buah apel juga mengurangi munculnya lubang pada gigi. Saat anda mengkonsumsi apel, serat yang terkandung pada apel membersihkan gigi, sementara kandungan anti-bakteria dari apel menjaga bakteri dan virus dari menginfeksi tubuh. Mengkonsumsi apel juga menstimulasi sekresi air liur, yang merupakan komponen alkali, yang mengurangi kemampuan bakteri untuk berlipat ganda dan berkembang dalam mulut.

8. Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer dan Parkinson

Seakan-akan manfaat buah apel belum cukup banyak; apel juga memiliki dampak positif pada masalah-masalah otak, terutama dua kondisi yang paling tragis; penyakit Alzheimer dan Parkinson. Efek antioksidan dari komponen fitonutrien pada apel membantu mengurangi risiko terkena Alzheimer, karena degenerasi dari otak yang mengakibatkan Alzheimer terkait dengan aktivitas radikal bebas. Buah apel juga meningkatkan jumlah acetylcholine pada otak, yang berhubungan dengan kemampuan untuk berkonsentrasi, memecahkan masalah, dan daya ingat. Dalam hal Parkinson, buah apel menghentikan penurunan kinerja sel saraf yang memproduksi dopamine, yang menjadi penyebab utama Parkinson.

9. Mengatasi Masalah Pernafasan

Sistem pernafasan kita sangatlah rentan terhadap inflamasi, dan sejumlah masalah pernafasan berhubungan langsung dengan inflamasi membran dan sel pada sistem pernafasan. Asma mungkin penyakit pernafasan yang paling serius, karena asma bisa berakibat fatal pada beberapa kasus. Buah apel telah menunjukkan manfaat anti inflamasi yang sangat luar biasa, dan dalam hal asma, apel memiliki keunggulan dibandingkan pengobatan alami lainnya, bahkan jauh melebihi manfaat dari mengkonsumsi kombinasi buah dan sayur. Mekanisme kompleks buah apel tetap menjadi misteri bagi dunia dalam menyembuhkan kondisi-kondisi pernafasan tersebut. Manfaat-manfaat tersebut kemungkinan dimiliki apel karena banyaknya nutrisi yang dikandung apel.

10. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Buah apel menurunkan kadar kolesterol pada tubuh, menjadikan tubuh memiliki daya tahan tubuh lebih baik dari penyakit kardiovaskular. Pepatah “Satu apel setiap hari akan menjauhkan anda dari dokter!” ternyata lebih akurat dari yang anda kira, karena dosis harian dari apel yang bermanfaat bagi kesehatan adalah 1 buah per hari. Aktivitas antioksidan pada buah apel mengurangi oksidasi lemak, yang dikenal dengan nama peroksidasi lipid dan ikut menetralkan trigliserida dan berbagai macam lemak yang terdapat diantara pembuluh darah yang dapat menimbulkan tekanan yang berbahaya. Buah apel juga mengandung flavonoid yang sangat ampuh yang bernama quercetin, terdapat pada bagian kulit apel. Quercetin mampu mengurangi inflamasi pada pembuluh darah dengan mengurangi jumlah protein reaktif C (CRP). Protein ini telah dihubungkan dengan inflamasi dari sistem kardiovaskular, jadi penurunan CRP melalui quercetin menjadikan buah apel sebagai pemicu kesehatan jantung yang sangat ampuh.

11. Menyembuhkan Rematik

Pasien yang menderita rematik telah merasakan manfaat buah apel dalam proses penyembuhan. Dan yang lebih penting adalah kandungan flavonoid tinggi yang ditemukan pada buah apel. Hal ini menjadi perkembangan paling menarik dari penelitian yang dilakukan terhadap apel, dan kandungan flavonoid seperti kaempferol, quercetin, dan myricetin telah dihubungkan dengan penyembuhan rematik, dan kondisi inflamasi seperti radang sendi dan encok.

12. Mengatasi Gangguan Mata

Buah apel diyakini mampu menjadikan mata lebih kuat dan memperbaiki penglihatan. Buah apel juga membantu mengobati rabun senja. Manfaat ini dapat dirasakan karena apel kaya akan kandungan flavonoid dan fitonutrien antioksidan, yang mampu mengurangi dampak radikal bebas pada mata, dan disaat yang bersamaan mencegah kondisi seperti degenerasi makula, katarak,dan glaucoma.

13. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain kemampuan alami dari buah berserat untuk menjadikan kita merasa kenyang dan lebih cepat kenyang, dengan mengurangi nafsu makan dan makan berlebih, buah apel memiliki kemampuan lain yang tidak bisa dijelaskan untuk membantu kita menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa buah apel mempercepat metabolisme sehingga kalori tambahan yang dikonsumsi setelah mengkonsumsi apel tidak banyak diserap oleh tubuh. Artinya, kalori tersebut dibakar lebih cepat, atau tidak diserap sama sekali oleh tubuh. Hal ini bisa menjadi berita yang melegakan bagi jutaan orang di dunia yang berjuang melawan obesitas.

14. Kesehatan Kulit

Manfaat buah apel terkait kecantikan adalah membantu meningkatkan kesehatan kulit. Lotion yang terbuat dari apel dan madu, serta apel dan susu menjadikan kulit lebih cerah dan bercahaya saat diaplikasikan. Sekali lagi, hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang terdapat pada kulit dan daging apel. Komponen-komponen ini melawan efek merusak dari radikal bebas yang berhubungan langsung dengan penuaan prematur, juga keriput, bintik-bintik, dan kondisi-kondisi lain yang berhubungan dengan penuaan. Dampak yang diberikan buah apel terhadap sirkulasi juga membantu menjaga kulit tetap terlihat muda dengan menjaga aliran darah tetap konstan untuk menstimulasi penggantian sel-sel lama dan perbaikan sel-sel yang rusak.

Cara Membeli dan Menyimpan Buah Apel

Saat anda membeli buah apel, pastikan apel yang anda beli keras. Jangan membeli apel yang keriput, karena apel tersebut telah kehilangan manfaat kesehatan dan nutrisi. Buah apel yang terlalu masak atau mulai masak akan memetabolisme sumber daya kesehatan mereka yang kaya; namun sayangnya, komponen yang dilepaskan adalah gas etilena. Gas etilena mampu menstimulasi buah apel agar cepat masak dan menjadikan apel-apel lain yang di dekatnya menjadi busuk, jadi pastikan anda tidak menyimpan apel terlalu lama. Namun jika anda hendak menyimpannya, singkirkan apel yang lembek atau rusak dari apel-apel yang lain.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: