13 Manfaat Yoga yang Sangat Mengagumkan

November 27, 2016

manfaat yoga

Yoga memiliki banyak manfaat bagi pikiran dan tubuh. Ia memiliki kekuatan untuk mengubah hari-hari anda dan bahkan kehidupan anda secara total.

Jika anda tidak yakin bahwa yoga adalah latihan terbaik untuk merubah hidup anda, teruslah membaca artikel ini untuk mempelajari mengapa para praktisi yoga benar-benar mempercayai hal tersebut.

13 Manfaat Yoga yang Mengagumkan Untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat yoga yang perlu anda ketahui dan menjadi alasan mengapa anda perlu berlatih yoga:

1. Yoga dapat membuat anda memulai hari dengan lonjakan semangat

Manfaat yoga yang pertama, melakukan yoga di pagi hari adalah cara yang mengagumkan untuk memulai hari anda. Ini adalah cara jitu untuk menangkal segala jenis kantuk.

Jika anda harus pergi keluar di pagi hari, anda dapat berlatih yoga dari rumah anda, dan anda dapat melakukannya selama kurang lebih lima belas menit sebelum anda memulai hari kerja anda.

2. Membantu anda rileks

Salah satu manfaat yoga yang sangat populer adalah membantu anda rileks. Ketenangan berlatih yoga dan peregangan dapat menjadi cara yang baik untuk membuat tubuh anda rileks. Lakukan yoga setelah olahraga untuk melemaskan otot anda, atau di akhir hari yang penat.

3. Anda dapat meningkatkan kelenturan anda

Ini adalah manfaat yoga lainnya yang populer dan salah satu alasan utama mengapa banyak orang mulai melakukan yoga. Berlatih yoga secara teratur akan meningkatkan kelenturan tubuh anda. Waktu yang anda habiskan untuk berlatih yoga bersamaan dengan kelenturan alami yang anda miliki akan mempengaruhi berapa lama anda akan melihat hasilnya.

4. Ini adalah latihan ketahanan dan kekuatan yang sangat hebat

Anda tidak perlu beban untuk memperkuat dan membentuk otot anda. Dalam yoga anda mengandalkan pada kekuatan otot anda untuk menempatkan tubuh anda dan bertahan di posisi sulit.

5. Anda dapat membantu meringankan nyeri sendi dan otot

Mungkin ini manfaat yoga yang belum anda ketahui. Salah satu cara terbaik untuk meredakan nyeri sendi atau otot adalah dengan meregangkan tubuh dan memanaskan otot anda; membuat kekakuan berkurang dan mengurangi rasa sakit yang mungkin anda miliki.

6. Anda dapat memperkuat otot inti anda

Siapa yang tidak ingin mendapat perut yang lebih kuat?

Kunci untuk menguasai banyak pose yoga, terutama yang sulit terletak dalam memanfaatkan kekuatan dan energi dari otot inti anda. Anda menggunakan otot inti anda untuk masuk ke dalam pose-pose yoga, sekaligus menahan tubuh anda, dimana hal itu terjadi ketika anda merasakan otot perut anda bekerja.

7. Anda bisa mendapatkan pelatihan cardio harian

Ada berbagai jenis yoga, dan masing-masing memiliki keuntungan sendiri. Jika anda mencari sesuatu yang akan melatih kekuatan jantung anda, cobalah power yoga. Urutan dan transisi dari setiap gerakan ke depan akan berubah lebih cepat, dan anda akan benar-benar merasa detak jantung anda meningkat. Ini adalah pilihan yang cocok untuk individu yang lebih memilih dampak cardio yang rendah.

8. Yoga meningkatkan keseimbangan

Manfaat yoga lainnya yang mengagumkan adalah yoga membantu anda mendapatkan keselarasan pada setiap otot dalam tubuh anda dan memungkinkan anda untuk fokus membangun harmoni di dalam tubuh dan pikiran anda untuk menemukan keseimbangan. Meskipun beberapa orang memiliki keseimbangan bawaan, anda pasti dapat menggunakan yoga sebagai metode untuk membangun dan memperbaiki keseimbangan anda jika tidak datang secara alami pada anda.

9. Anda dapat menggunakan yoga untuk menjaga dan menurunkan berat badan

Bersamaan dengan diet sehat, yoga dapat digunakan untuk menjaga dan bahkan menurunkan berat badan anda, tergantung pada jenis yoga anda berlatih dan berapa sering anda mempraktekkannya.

10. Memperbaiki postur anda

Manfaat positif lain dari berlatih yoga adalah memperbaiki postur. Tidak ada para praktisi yoga yang memiliki postur bungkuk! Pose-pose yoga sangat spesifik. Setiap bagian tubuh yang terlibat semua dalam rangka membentuk pose, dan dari seiring waktu, anda mulai terbiasa untuk menjaga otot-otot anda aktif sepanjang hari tanpa anda menyadarinya.

11. Ini adalah kegiatan yang menyehatkan jantung

Dalam beberapa kasus yoga memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah. Menurunkan tekanan darah anda adalah salah satu cara untuk mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung, stroke, atau penyakit jantung.

12. Anda memiliki kesempatan untuk melepaskan ketegangan dan memusatkan pikiran anda

Manfaat yoga lainnya yang tak kalah penting adalah yoga menjadi wadah yang sempurna bagi mereka yang mengalami stres tinggi dan frustrasi dalam hidup mereka. Ini memberi anda kesempatan untuk melupakan dunia luar dan fokus pada pengendalian tubuh dan pernapasan.

Meditasi juga dapat dimasukkan ke dalam yoga. Dengan setiap pose, anda memiliki kesempatan untuk membersihkan pikiran anda.

Baca juga artikel tentang 11 Manfaat Meditasi.

13. Yoga membantu anda mendapatkan kontrol atas pernapasan

Sebuah aspek besar dari yoga adalah menguasai seni pernapasan. Hal ini mungkin terdengar agak konyol, karena kita selalu bernapas untuk tetap hidup. Napas kita sangat penting. Pernapasan memberi kita kehidupan dan mengendalikan napas adalah cara yang mengagumkan bagi pusat pikiran dan tubuh anda.

Kesimpulan
Yoga bukan untuk semua orang, tapi sangat bernilai jika anda ingin mencobanya. Bahkan jika anda hanya mencoba sekali, ada begitu banyak manfaat dari berlatih yoga. Hal terburuk yang bisa terjadi jika anda berlatih yoga adalah bahwa anda akhirnya merasa konyol atau bahwa anda tidak menyukainya, namun yang terbaik yang bisa terjadi adalah bahwa anda menemukan aktivitas yang meremajakan tubuh dan pikiran anda!

 

 

loading...

Previous post:

Next post: