13 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

December 19, 2016

manfaat seledri

Manfaat Seledri – Tanaman seledri sangat mudah untuk didapatkan dan cocok tumbuh di dataran tinggi dengan suhu yang rendah. Menurut pusat penanaman seledri di berbagai daerah di Indonesia, tanaman seledri dapat dikembangkan di tempat dengan ketinggian 1.000 – 1.200 meter diatas permukaan laut (dpl). Selain itu, untuk dapat memperoleh kualitas tanaman yang baik, seledri membutuhkan suhu tumbuh berkisar antara 15-24 ºC.

Tanaman seledri memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan manusia dan dapat berfungsi juga sebagai obat herbal yang sangat luar biasa. Selain itu, populasi tanaman hijau ini telah tersebar diseluruh nusantara sehingga memudahkan dalam penggunaannya. Mari kita membahasnya satu per satu manfaat seledri di bawah ini.

13 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Seledri Untuk Kesehatan

1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat seledri sebagai obat herbal diantaranya untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Seledri memiliki senyawa kimia seperti phthalides, apigenin dan kumarin, yang dapat menurunkan hipertensi. Untuk mendapatkan manfaat senyawa tersebut, anda dapat memasukkan seledri ke dalam diet anda sebagai bagian sumber nutrisi. Seledri benar-benar dapat membantu menurunkan level tekanan darah bagi mereka yang menderita hipertensi. Dengan sering mengkonsumsi seledri, tekanan darah tinggi dapat dikendalikan.

2. Mengobati Anemia

Daun seledri mengandung vitamin B yang penting dalam mengatasi penyakit anemia. Penyakit anemia atau kekurangan darah sangat berbahaya bagi mereka yang menderitanya. Penyakit anemia akan menyebabkan tubuh menjadi lemas dan tidak memiliki tenaga untuk beraktivitas. Daun seledri sangat cocok sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit ini. Disarankan untuk sering mengkonsumsi jus seledri khususnya bagi mereka yang menderita anemia.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah

Salah satu manfaat seledri yang mengagumkan adalah kemampuannya menurunkan tingkat kolesterol dalam darah. Daun seledri banyak mengandung senyawa kimia seperti asam lemak tidak jenuh, dimana asam lemak tidak jenuh ini memiliki peranan penting dalam menurunkan tingkat kolesterol di dalam darah. Idealnya jumlah kandungan kolestrol yang ada didalam tubuh manusia tidak terlalu tinggi, karena hal ini akan memicu munculnya berbagai macam penyakit, seperti serangan jantung dan stroke. Banyak mengkonsumsi daun seledri membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam darah.

Baca juga artikel Top 10 Makanan Penurun Kolesterol.

4. Daun Seledri Untuk Mengobati Rematik

Penyakit rematik akan sangat berbahaya jika tidak segera ditangani. Bagi mereka yang sudah menderita penyakit ini, sangat penting untuk mengobatinya dengan segera. Penyakit rematik timbul karena adanya kelebihan asam urat dan penderita biasanya akan merasakan kesakitan sepanjang hari. Daun seledri bisa membantu mengatasi penyakit rematik. Bagi penderita rematik disarankan untuk sering mengkonsumsi seledri entah itu sebagai lalapan ataupun sebagai camilan. Dengan sering mengkonsumsi daun seledri diharapkan akan mengurangi tingkat asam urat dan pada akhirnya akan meringankan rematik.

5. Mengobati Batuk

Manfaat seledri yang tak terduga adalah sebagai obat herbal mengatasi batuk. Penyakit batuk banyak diderita baik dari anak muda maupun orang tua, dan batuk saat ini tidak sembuh dalam 1 atau 2 hari. Senyawa kimia asam yang terkandung di dalam seledri berperan penting dalam membantu menyembuhkan batuk. Cara menggunakan daun seledri sebagai obat herbal adalah dengan merebus daun seledri dalam air mendidih. Setelah itu saring air yang di rebus dan air hasil rebusan diminum. Akan lebih baik dicampur dengan madu ketika meminumnya. Minumlah setiap hari air rebusan daun seledri sampai penyakit batuk benar-benar sembuh.

6. Daun Seledri Untuk Mengobati Mata Kering

Manfaat seledri lainnya yang mengejutkan adalah dapat digunakan untuk mengobati mata kering. Daun seledri mengandung zat yang membantu mata agar tidak kering. Bagi penderita mata kering, anda dapat mengkonsumi daun seledri yang dicampur dengan bayam.

7. Mengobati Asma

Penyakit asma disebabkan oleh faktor genetik yang diturunkan oleh orang tuanya, dibawa melalui darah. Gejala penyakit asma diantaranya sulit untuk bernapas (sesak napas), bernapas mengeluarkan bunyi dan dada terasa pegal. Obati penyakit asma dengan ramuan alami yang berbahan dasar dari daun seledri, karena selain sebagai pelengkap bumbu masakan, manfaat seledri adalah dalam mengobati penyakit asma.

8. Menenangkan Saraf

Manfaat seledri lainnya yang menakjubkan adalah kemampuannya dalam menenangkan saraf, dan berguna saat kita mengalami stress atau banyak pikiran. Hal ini disebabkan seledri memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Kalsium yang terkandung didalam seledri berfungsi meningkatkan fungsi saraf pada manusia sehingga membantu kita untuk tenang ketika mengkonsumi daun seledri.

9. Membantu Menyembuhkan Luka

Daun seledri mengandung vitamin K yang memiliki peranan dalam proses pembekuan darah, sehingga membantu menyembuhkan luka. Dengan sering mengkonsumsi seledri akan menjauhkan kita dari perdarahan. Selain itu vitamin K juga bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

10. Daun Seledri Untuk Penurun Berat Badan

Seledri juga bermanfaat untuk digunakan sebagai penurunan berat badan. Untuk mencegah kegemukan tidak harus mengurangi makan setiap harinya, namun banyak mengkonsumsi seledri juga akan mengatasi kegemukan. Manfaat seledri ini karena serat tidak larut yang dikandungnya sehingga jika kita mengkonsumsi secara rutin akan membantu menghilangkan lemak pada manusia dan pada akhirnya menurunkan berat badan.

Manfaat Seledri Untuk Kecantikan


11. Menyuburkan dan Menghitamkan Rambut

Manfaat seledri termasuk untuk menyuburkan rambut. Nutrisi yang dikandung dalam seledri berperan dalam penumbuhan rambut. Caranya tangkai daun seledri dicuci sampai bersih dan di hancurkan sampai lembut dan halus. Setelah itu bilaskan daun seledri yang sudah halus ke rambut dengan merata. Tunggu rambut sampai kering. Gunakan seledri secara teratur untuk perawatan rambut akan membuat rambut anda sehat dan tampak hitam berkilau. Jadi anda bisa menghemat uang anda dengan tidak perlu pergi ke salon.

12. Membuat Kulit Anda Sehat dan Cantik

Mungkin banyak yang belum mengetahui manfaat seledri yang satu ini. Seledri memiliki kadar air hingga 95%. Oleh karena itu, meminum jus seledri dapat membantu memenuhi kebutuhan air tubuh kita setiap hari serta membantu menghidrasi sel, sehingga kulit menjadi lembut serta lentur. Kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin E dalam seledri membantu kulit anda tetap sehat dan cantik.

13. Mengatasi Wajah Berminyak dan Bebas Jerawat

Wajah berminyak memiliki efek positif maupun negatif. Efek positif diantaranya pemilik wajah berminyak terlihat lebih awet muda dibandingkan mereka yang memiliki kulit wajah yang kering. Namun efek negatifnya wajah berminyak juga lebih rentan untuk muncul jerawat. Mengkonsumsi seledri dapat membantu mengurangi produksi minyak pada wajah dan pada akhirnya mengurangi jerawat.

Demikian artikel tentang manfaat seledri untuk kesehatan dan kecantikan, semoga anda semakin menyukai seledri setelah ini. :)

 

 

Previous post:

Next post: