13 Manfaat Kentang yang Perlu Anda Ketahui

September 24, 2015

manfaat kentang

Kentang adalah salah satu sumber makanan yang paling umum dan penting di planet ini. Mereka memiliki banyak manfaat kesehatan yang membuatnya menjadi salah satu makanan pokok di sebagian besar penduduk dunia. Manfaat kesehatan ini meliputi kemampuannya untuk melancarkan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung, melindungi dari polip, mencegah kanker, mencegah diabetes, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi tanda-tanda penuaan, melindungi kulit, meningkatkan sirkulasi, mengurangi tekanan darah, menjaga keseimbangan cairan, mengurangi insomnia, dan meningkatkan kesehatan mata.

Sebelum membahas manfaat kentang untuk kesehatan, pertama-tama marilah kita menelusuri fakta-fakta tentang gizi dari sayuran yang terkenal di dunia ini.

Nilai Gizi dari Kentang

Alasan bahwa kentang telah menyebar di seluruh dunia begitu cepat dan telah diterima secara luas adalah karena mereka merupakan gudang energi dan nutrisi, termasuk vitamin, mineral, dan senyawa organik penting.

Kandungan Mineral: Jika anda makan kentang secara teratur, anda memastikan asupan air dan ion yang baik di dalam tubuh anda. Hal ini karena kentang kaya akan kalium. Konsentrasi tertinggi terletak pada kulit dan sedikit di bawahnya. Jadi, memakan kentang dengan kulitnya selalu bermanfaat. Kentang juga mengandung kalsium, zat besi, dan fosfor.

Kandungan Vitamin: Kentang dikenal untuk sejumlah besar vitamin C yang terdapat di dalamnya. Biasanya, 100 gram kentang akan berisi sekitar 17 mg vitamin C. Selain itu, kentang juga mengandung vitamin A, B dan P.

Kandungan Air: Kentang terlihat sangat besar dalam ukuran, namun kandungan air mencapai 70-80 persen dari berat kentang. Jadi keyakinan bahwa anda akan menjadi gemuk dengan makan kentang adalah konsep yang salah. Tentu saja jika anda mengolah kentang dengan banyak kandungan mentega yang tinggi lemak dan kolesterol, seperti kentang goreng, maka anda sangat berpotensi untuk kelebihan berat badan.

Kandungan Zat Tepung: Kentang mengandung sekitar 17% zat tepung dan merupakan salah satu sumber zat tepung alami terbaik.

Catatan: sebagian besar nutrisi pada kentang terletak di bawah kulitnya. Jika anda makan kentang bersama dengan kulitnya, maka anda akan mendapatkan semua nutrisi. Namun jika tidak, maka anda hanya mendapatkan karbohidrat.

Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

Berikut adalah 8 manfaat kentang untuk kesehatan yang perlu anda ketahui:

1. Menaikkan Berat Badan

Kentang tersusun dari karbohidrat dan mengandung sangat sedikit protein, sehingga sangat ideal untuk menjadi menu makanan orang-orang yang kurus yang ingin menambah berat badannya. Kandungan vitamin, termasuk vitamin C dan B kompleks, juga membantu dalam penyerapan karbohidrat. Inilah salah satu alasan mengapa kentang menjadi menu utama sebagian besar pegulat sumo serta banyak atlet lainnya yang membutuhkan cadangan energi yang besar untuk dibakar.

2. Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat kentang yang cukup penting adalah melancarkan pencernaan. Karena kentang memiliki kandungan utama karbohidrat, maka mereka menjadi mudah dicerna. Sifat ini membuat kentang menjadi menu makanan yang baik untuk bayi atau bagi mereka yang tidak bisa mencerna makanan keras, namun membutuhkan energi. Namun, perlu diingat bahwa makan terlalu banyak kentang secara teratur dapat menyebabkan keasaman dari waktu ke waktu. Kentang juga mengandung sejumlah besar serat, terutama pada kentang mentah. Hal ini akan merangsang gerak peristaltik usus dan meningkatkan sekresi asam lambung, sehingga memudahkan proses pencernaan dan mencegah sembelit serta melindungi tubuh dari kondisi yang lebih serius seperti kanker kolorektal. Serat juga dihubungkan dengan kemampuannya menggerus kolesterol dari arteri dan pembuluh darah, sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

3. Perawatan Kulit

Kentang juga ternyata memiliki manfaat untuk kulit. Vitamin C dan B kompleks serta mineral seperti kalium, magnesium, fosfor dan seng adalah baik untuk kulit. Selain itu, pulp yang diperoleh dari kentang mentah yang dihancurkan, ketika dicampur dengan madu, dapat bekerja dengan baik untuk perawatan kulit dan wajah. Ini bahkan dapat membantu menyembuhkan jerawat dan bintik-bintik pada kulit. Pulp ini, jika digunakan secara eksternal pada luka bakar, memberikan bantuan penyembuhan lebih cepat. Kentang yang dihancurkan, dan bahkan air dari cucian kentang, sangat baik untuk melembutkan dan membersihkan kulit, terutama di sekitar siku, dan punggung tangan.

4. Mengatasi Skorbut

Vitamin C yang ada dalam kentang dapat membantu mencegah penyakit ini, yaitu penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Penyakit skorbut ditandai dengan sudut bibir yang pecah-pecah, gusi bengkak dan berdarah, serta seringnya infeksi virus. Meskipun telah dihilangkan dari sebagian besar negara-negara dunia, namun penyakit ini masih ada di negara-negara tertentu (terutama negara miskin), sehingga kehadiran kentang dapat membantu memecahkan masalah ini.

5. Meringankan Rematik

Salah satu manfaat kentang yang tak terduga adalah kentang dapat membantu meringankan rematik. Namun ada dua dampak kentang yang harus diperhatikan pada kondisi ini. Vitamin, seperti kalsium dan magnesium dalam kentang, memberikan bantuan pada rematik. Juga, air yang diperoleh dari rebusan kentang dapat meringankan rasa sakit dan peradangan rematik. Namun, karena kandungan zat tepung dan karbohidrat yang tinggi, cenderung meningkatkan berat badan yang mungkin memiliki efek buruk pada penderita rematik, sehingga anda harus pandai-pandai menyeimbangkan dalam mengkonsumsinya.

6. Mengurangi Peradangan

Kentang sangat efektif dalam mengurangi peradangan, baik peradangan luar maupun dalam. Dagingnya yang lembut, mudah dicerna dan memiliki banyak vitamin C, kalium dan vitamin B6, membuat kentang dapat meredakan peradangan usus dan sistem pencernaan. Kentang juga adalah makanan yang sangat baik bagi mereka yang mendapatkan infeksi mulut. Oleh karena itu, orang yang menderita arthritis (radang sendi) dan encok dapat menggunakan kentang sebagai anti-inflamasi. Namun sekali lagi, karena kentang dapat menambah berat badan, yang justru dapat memperburuk kondisi ini, maka konsumsi yang seimbang harus dicapai.

7. Mencegah Kanker

Manfaat kentang lainnya yang tak terduga adalah kentang membantu mencegah kanker. Beberapa jenis kentang, khususnya kentang merah dan coklat muda, mengandung kadar antioksidan offlavonoid dan vitamin A yang tinggi, seperti zeaxanthin dan karoten, dimana zat tersebut dapat melindungi anda terhadap berbagai jenis kanker. Sebuah penelitian di salah satu lembaga pertanian telah menunjukkan bahwa kentang mengandung senyawa yang disebut quercetin, yang telah terbukti memiliki anti-kanker dan anti-tumor.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat kentang lainnya yang cukup penting adalah kentang membantu mengendalikan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat terjadi karena sejumlah alasan, termasuk diabetes, stress, gangguan pencernaan, keseimbangan gizi, kandungan makanan dan masih banyak lagi, sehingga penanganan yang berbeda diperlukan. Untungnya, kentang dapat meringankan beberapa kemungkinan penyebab, dimana kentang dapat digunakan untuk meredakan tekanan darah tinggi. Mereka juga dapat mengatasi gangguan pencernaan karena banyaknya vitamin C dan serat di dalamnya, namun kentang harus dihindari jika tekanan darah tinggi berasal dari diabetes. Serat yang ada di dalam kentang sangat membantu dalam menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga membantu dalam menurunkan tekanan darah. Hal ini karena ada hubungan langsung antara tekanan darah dan kadar gula dalam darah, yaitu insulin membantu mengatur tingkat gula darah. Selain itu, kalium yang ditemukan dalam kentang membantu menurunkan tekanan darah, karena fungsi kalium sebagai vasodilator.

9. Menjaga Fungsi Otak

Manfaat kentang lainnya yang tak kalah penting adalah kentang dapat menjaga fungsi otak. Fungsi yang tepat dari otak sangat tergantung pada kadar gula, suplai oksigen, berbagai komponen vitamin B kompleks dan hormon tertentu, asam amino serta asam lemak seperti omega-3. Kentang memenuhi hampir semua kebutuhan yang disebutkan di atas. Mereka tinggi karbohidrat, dan dengan demikian mempertahankan tingkat gula yang baik dalam darah. Hal ini mencegah otak dari kelelahan dan menjaga aktivitas dan kinerja kongnitif tetap tinggi. Berikutnya, otak membutuhkan oksigen, yang dibawa ke otak oleh hemoglobin dalam darah; dimana konstituen utamanya adalah zat besi. Kentang mengandung zat besi sehingga membantu menyuplai oksigen ke otak. Ada berbagai macam vitamin dan mineral dalam kentang yang secara positif mempengaruhi fungsi otak, termasuk fosfor, seng, dan vitamin B kompleks. Sifat vasodilatasi kalium juga telah dikaitkan dengan stimulasi fungsi otak sehubungan dengan meningkatnya aliran darah ke organ penting tersebut.

10. Menurunkan Risiko Penyakit jantung

Selain vitamin, mineral dan serat, kentang juga mengandung zat tertentu yang disebut Karotenoid (lutein, zeaxanthin). Karotenoid bermanfaat bagi kesehatan jantung dan fungsi organ internal lainnya. Namun sekali lagi manfaat kentang yang satu ini harus disikapi secara hati-hati. Karena kentang meningkatkan kadar gula dalam darah dan konsumsi berlebihan dapat menyebabkan obesitas, yang pada akhirnya membawa tekanan pada jantung anda, maka anda harus berhati-hati terhadap seberapa sering anda menggunakan kentang untuk mendapatkan manfaat kesehatan ini. Metode ini tidak dianjurkan untuk orang-orang gemuk atau penderita diabetes.

11. Mengobati Batu Ginjal

Batu Ginjal, terutama disebabkan karena peningkatan kadar asam urat dalam darah. Dalam kasus ini, makanan tinggi protein harus dihindari, terutama protein hewani seperti daging, kalkun, udang, ikan, telur, susu, serta bayam, pisang mentah, gram hitam dan kacang tertentu, yang secara drastis meningkatkan tingkat asam urat dalam darah. Zat besi dan kalsium juga berkontribusi membentuk batu. Kentang kaya akan kedua zat tersebut sehingga secara logis, mereka tidak akan cocok sebagai tindakan pencegahan batu ginjal, tetapi kentang juga mengandung magnesium, yang menghambat akumulasi atau pengendapan kalsium di ginjal dan jaringan lainnya, sehingga membuktikan manfaat untuk pengobatan batu ginjal.

12. Meringankan Diare

Kentang merupakan komponen diet kaya energi yang sangat baik bagi mereka yang menderita diare, karena kentang sangat mudah dicerna dan mengandung serat ringan. Namun, perlu menjadi perhatian juga makan terlalu banyak kentang dapat menyebabkan diare karena konsumsi zat tepung yang berlebih.

13. Manfaat Kentang Lainnya

Juice kentang adalah pengobatan yang baik untuk luka bakar, memar, keseleo, masalah kulit, bisul, efek narkotika, kanker prostat, kanker rahim, dan pembentukan kista atau tumor. Di sisi lain, beberapa hal perlu menjadi perhatian dalam mengkonsumsi kentang. Kentang hijau seringkali beracun, begitu juga dengan daun dan buahnya, karena mengandung alkaloid seperti solanin, chaconine dan arsen. Overdosis terhadap zat-zat kimia tersebut bisa berakibat fatal. Selain itu, indeks glikemik (kandungan energi/gula) dari kentang sangat tinggi (di atas 80), sehingga orang-orang yang mengalami obesitas yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan atau penderita diabetes harus menghindari makan kentang. Untuk mengkonsumsinya, kentang lebih sehat ketika dipanggang atau direbus, bukan dimakan mentah atau digoreng.

Demikian berbagai manfaat kentang yang perlu anda ketahui. Anda pun tidak perlu terlalu khawatir dengan berbagai efek samping dari kentang yang telah disebutkan diatas selama anda makan dalam jumlah moderat, tidak berlebihan.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: