13 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan dan Kecantikan

December 16, 2016

manfaat brokoli

Manfaat brokoli tidak hanya untuk mempercantik penyajian makanan atau mengenyangkan perut setiap penikmatnya, tetapi brokoli juga memberikan banyak manfaat lainnya seperti manfaat brokoli untuk kesehatan dan kecantikan.

Sayuran hijau ini merupakan salah satu sayuran yang paling popular di seluruh dunia baik digunakan dalam berbagai hidangan dan masakan, maupun untuk dimakan mentah atau dimasak, akan tetapi cara terbaik adalah dengan memakannya secara mentah sebagai salad dan bisa juga dikukus agar nutrisi di dalamnya terlindungi.

Manfaat brokoli sangatlah luas karena kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi. Bagi anda yang hingga saat ini masih segan untuk mengkonsumsi sayuran ini, berikut adalah beberapa manfaat yang diharapkan bisa merubah pandangan anda dari konsumsi brokoli.

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Meski memiliki manfaat yang sangat banyak karena kandungan nutrisinya yang kaya, tidak jarang orang menghindari sayuran yang memiliki penampilan yang unik ini. Tapi bagi anda para wanita, anda tidak akan menolak untuk mengkonsumsi brokoli setelah mengetahui manfaat yang dimilikinya. Apa saja itu? Berikut ini adalah beberapa manfaat brokoli baik bagi kesehatan dan juga bagi kecantikan.

1. Menjaga kesehatan kulit

Salah satu manfaat brokoli untuk kecantikan adalah karena kandungan vitamin C dan juga E yang tinggi. Seperti yang kita tahu, vitamin C dan E adalah vitamin yang penting untuk kulit kita. Vitamin C membantu menstimulasi produksi kolagen sehingga membantu kulit selalu segar. Selain itu brokoli juga memiliki kandungan vitamin A yang akan membantu mejaga membran sel kulit sehingga terhindari dari radiasi.

2. Meningkatkan Regenerasi Kulit

Manfaat brokoli yang selanjutnya adalah untuk membantu regenerasi kulit. Selain memiliki kandungan vitamin C dan juga vitamin E, brokoli juga memiliki kandungan glukorafanin yang dapat membantu menjaga kulit dan membantu penyembuhan kulit yang rusak. Hal ini menyebabkan brokoli dapat digunakan untuk membantu kulit tampak lebih cantik secara alami. Kombinasi vitamin C dan juga kandungan glukorafanin ini membuat brokoli menjadi salah satu sayuran yang sangat baik untuk menjaga kecantikan dan juga mecegah terjadinya penuaan dini.

3. Sebagai Tabir surya

Menggunakan tabir surya berbentuk krim yang diaplikasikan mungkin memang akan membantu kulit anda untuk terhindar dari sinar UV, tapi dengan menambah pertahanan dengan konsumsi sayur brokoli, anda akan mendapatkan perlindungan ekstra. Brokoli yang dikonusmsi akan menyebabkan tubuh dapat mencegah terjadinya penyerapan terhadap sinar UV. Hal ini berarti tubuh akan terhindar dari pengrusakan yang bisa di sebabkan oleh sinar UV tersebut. Hal ini disebabkan karena brokoli memiliki kandungan sulforafane. Dengan kandungan ini, manfaat brokoli untuk kulit menjadi lebih luas yaitu dapat melindungi dari terjadinya kanker kulit.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Kulit

Manfaat brokoli lainnya untuk kulit adalah karena kandungan selenium, zat besi, zink, fosfor, asam lemak omega 3, asam amino dan juga asam folat yang dimiliki oleh brokoli. Ditambah dengan kandungan vitamin C, A dan K membuat kulit menjadi lebih kebal terhadap penyakit dan membuatnya tampak lebih bersinar secara natural.

5. Mendukung Pertumbuhan Rambut

Bagi anda yang ingin memiliki rambut yang tebal, konsumsi brokoli mungkin akan sangat membantu anda. Brokoli dengan kandungan vitamin A dan C-nya menyebabkan produksi minyak yang merupakan moisturizer alami untuk rambut dan kulit kepala menjadi makin banyak. Selain itu kandungan kalsium tinggi yang dimilikinya akan membantu untuk menguatkan folikel rambut sehingga terhindar dari kerontokan.

6. Mencegah Kanker

Karena brokoli memiliki kandungan vimtain C yang dapat bekerja seperti antioksidan, maka manfaat brokoli yang paling baik adalah dapat mencegah kanker. Bukan hanya itu, brokoli juga memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi produksi hormon esterogen dalam tubuh yang merupakan penyebab utama dari terjadinya kanker.

Baca juga artikel Cara Mencegah Kanker di Masa Depan.

7. Kesehatan jantung

Dalam segenggam brokoli, anda tidak hanya bisa mendapatkan manfaat brokoli untuk rambut dan juga kulit anda. Karena merupakan sayuran, maka kandungan fiber atau serat tidak dapat dilupakan dari brokoli. Adanya kandungan serat dan juga asam lemak yang sehat dapat membantu tubuh untuk mengurangi masalah peredaran darah. Hal ini membuat peredaran darah menjadi lebih lancar sehingga terhindar dari masalah serangan jantung dan juga serangan stroke.

8. Manfaat Untuk Sistem Saraf

Manfaat brokoli yang selanjutnya berasal dari kandungan potasium yang dimilikinya. Potasium adalah zat yang sangat baik untuk kesehatan sistem saraf. Sehingga kandungan potasium dalam brokoli yang tinggi dapat membantu mencukupi kebutuhan potasium yang diperlukan untuk sistem syaraf yang sehat.

9. Kesehatan Penglihatan

Vitmain-vitamin yang dikandung oleh brokoli sangat banyak. Bukan hanya jenisnya tapi juga jumlahnya, begitu juga dengan kandungan vitamin A yang dimiliki oleh brokoli. Kandungan vitamin A-nya yang tinggi membuat brokoli sangat baik untuk menjaga ketajaman penglihatan. Bukan hanya untuk menjaga ketajaman penglihatan tapi juga dapat membantu mencegah penyakit katarak.

10. Untuk Detoksifikasi

Bagi anda yang hobi mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, perlu diketahui bahwa makanan tersebut dapat mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh anda. Oleh karena itu racun ini harus dibuang dimana salah satu caranya adalah dengan menggunakan sayuran brokoli. Brokoli memiliki kandungan nutrisi spesial yang dapat membantu tubuh untuk melakukan detoksifikasi terhadap racun yang anda masukkan dari makanan yang kurang sehat.

11. Mencegah Anemia

Dua kandungan utama yang dimiliki oleh sayuran ini yang membawa manfaat besar adalah zat besi dan juga asam lemak. Kandungan ini sangat berguna khususnya bagi kaum wanita yaitu dapat mencegah terjadinya penyakit anemia.

12. Bermanfaat Untuk Tulang

Manfaat brokoli berikutnya yang tak kalah penting adalah manfaatnya untuk tulang. Brokoli merupakan sayuran yang kaya dengan kalsium, hal ini menyebabkan brokoli menjadi salah satu sayuran yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan menecegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

13. Cocok Untuk Diet

Kaya fiber dan rendah karbohidrat adalah beberapa hal yang paling baik dari sayur brokoli ini. Dengan serat yang tinggi membuat anda yang sedang melakukan diet tidak mudah merasa lapar. Selain itu, kandungan karbohidrat yang dimiliki oleh sayur brokoli ini juga merupakan karbohidrat yang baik sehingga mempermudah program diet.

Efek Samping Dari Konsumsi Brokoli

Kabar lebih menyenangkan datang dari manfaat brokoli ini. Sayuran yang memiliki manfaat yang sangat kaya ini adalah salah satu sayuran yang tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh mereka yang menkonsumsinya biasanya hanya berupa kembung dan juga rasa sakit pada bagian perut bawah, karena brokoli memiliki kandungan fiber yang tinggi. Selain itu yang perlu diperhatikan dari sayuran brokoli ini adalah konsumsinya pada penderita hipotiroid dan penderita gangguan pembekuan darah. Hal ini disebabkan karena brokoli memiliki kandungan vitmain K yang besar yang dapat mengganggu efektifitas dari pengobatan.

Cara Konsumsi Brokoli

Untuk mendapatkan manfaat brokoli secara optimal, ada 5 cara yang bisa anda lakukan untuk mengkonsumsi brokoli.

  • Memakannya mentah
  • Dikukus
  • Dipanggang
  • Dimasak dengan pasta
  • Atau dijadikan saus pasta

Jika dimasak dengan menggunakan pasta, anda tidak akan terasa berat mengkonsumsi sayuran yang kaya akan manfaat ini.

Demikian artikel tentang manfaat brokoli untuk kesehatan dan kecantikan, semoga menambah pengetahuan khususnya bagi mereka yang tidak menyukai sayuran cantik ini. Jadi tunggu apa lagi, segeralah memasukkan brokoli kedalam diet anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: