13 Hal yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mencegah Kanker di Masa Depan

May 2, 2016

mencegah kanker

Kanker, mempengaruhi jutaan orang setiap tahunnya dalam berbagai cara. Ini juga menjadi salah satu diagnosis yang paling ditakuti oleh seseorang yang pernah didengar. Kabar baiknya adalah bahwa ada beberapa langkah yang dapat anda ambil yang telah terbukti mengurangi risiko terkena kanker. Cobalah mereka semua untuk pencegahan maksimal.

# 1: Berhenti Merokok

Hampir seperempat juta orang didiagnosis terkena kanker paru-paru setiap tahunnya di Amerika Serikat. Meskipun ada penyebab lain untuk jenis kanker ini untuk berkembang, namun kanker paru-paru sangat umum menimpa kalangan perokok. Semakin cepat anda menghentikan kecanduan anda terhadap nikotin, semakin berkurang risiko anda terkena kanker.

# 2: Menurunkan Berat Badan

Jika berat badan anda masuk dalam kategori ‘overweight’ atau obesitas, saatnya untuk mulai memikirkan kesehatan anda hari ini. Penelitian telah menunjukkan bahwa menjaga berat badan normal membantu dalam mengurangi kemungkinan terkena kanker. Meskipun ada banyak teori tentang mengapa hal ini bisa terjadi, namun secara logis bisa dikatakan bahwa berat badan ekstra akan mengurangi kemampuan alami tubuh anda untuk melawan masalah yang dapat menyebabkan kanker.

# 3: Makan Sedikit Lemak Jenuh

Jelas, lemak jenuh adalah penghalang untuk diet yang tepat. Mereka juga telah dikaitkan dengan kanker dalam beberapa kondisi. Menarik untuk dicatat bahwa individu yang berasal dari masyarakat di mana lemak jenuh jarang dikonsumsi memiliki tingkat risiko yang rendah untuk sebagian besar jenis kanker.

# 4: Gerakkan Tubuh Anda

Banyak duduk bukanlah pilihan gaya hidup yang bijaksana jika anda ingin menghindari kanker yang disebabkan oleh faktor lingkungan. Semakin anda bergerak, semakin kuatlah anda; hal ini berarti sistem anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk berada dalam kondisi prima.

# 5: Makan Makanan Tinggi Antioksidan

Apakah anda secara aktif melakukan pengecekan untuk melihat berapa banyak antioksidan yang anda asup setiap hari? Jika tidak, mulai tambahkan makanan berikut untuk diet anda: buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Mereka akan membantu anda mencegah perkembangan sel-sel kanker.

# 6: Dapatkan Cukup Tidur

Berpikir bahwa tidur anda sedikit berlebih? Pikirkan lagi. Studi telah menghubungkan tidur malam yang baik dengan risiko penurunan kanker. Suatu hal yang baik berangkat tidur tidak larut malam.

# 7: Batasi Jumlah Alkohol yang Anda Minum

Adalah baik jika minum anggur dalam jumlah moderat, namun jika anda minum anggur/ alkohol berlebihan justru akan merugikan tubuh anda. Mengurangi konsumsi alkohol akan menjauhkan anda dari kanker.

# 8: Jangan Terlalu Mengekspos Tubuh Anda Pada Banyak Radiasi

“Tapi aku tidak mengekspos diri untuk radiasi!” anda mungkin mengatakan demikian. Meskipun anda berpikir seperti itu, mungkin itu tidak benar. Bahkan berada di luar di bawah sinar matahari langsung selama berjam-jam dapat dianggap sebagai paparan radiasi. Plus, beberapa tempat kerja memiliki tingkat radiasi yang tinggi. (Selalu cek dengan atasan anda)

# 9: Batasi Daging Merah yang Anda Makan

Anda dapat menikmati steak atau burger yang lezat, tapi semua daging merah dapat menyumbat arteri dan memperlambat sistem pencernaan anda. Kurangi jumlah daging merah yang anda makan dalam seminggu, dan anda akan berada pada posisi yang lebih baik untuk menghindari kanker.

# 10: Makan Banyak Serat

Serat membantu proses pencernaan, yang membantu dalam menghindari penyumbatan di usus besar. Bahkan, beberapa ahli telah menyarankan bahwa diet tinggi serat dapat menjadi salah satu hal terbaik yang anda lakukan untuk tubuh anda. Selain membantu anda mencegah kanker, makan banyak serat juga dapat membantu anda dalam menjaga berat badan tetap normal.

# 11: Menggunakan Tabir Surya

Kanker kulit bukanlah lelucon, jadi mengapa anda harus selalu memakai tabir surya antara 30 dan 45 SPF. Bahkan jika hari itu berawan, anda masih perlu perlindungan semacam ini untuk menangkal sinar UVA dan UVB yang kuat.

# 12: Membuat Janji Dengan Dokter

Dokter anda perlu memeriksa anda secara teratur. Bahkan jika anda merasa sehat, selalu lakukan pemeriksaan rutin tahunan, termasuk mammogram atau kolonoskopi.

# 13: Minum Suplemen dan Makan Dengan Baik

Hal yang luar biasa jika anda menambahkan suplemen untuk diet anda, namun jangan bergantung hanya pada mereka sendiri untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh anda. Diet harus berperan pada bagaimana anda mendapatkan vitamin dan mineral, tidak bisa semua berasal dari pil.

Dengan menjadi proaktif, anda berpotensi menambahkan tahun hidup anda. Plus, banyak metode pencegahan diatas membantu mengurangi risiko kondisi lain juga, seperti diabetes dan penyakit jantung. Jadi ayo segera rubah pola makan dan pola hidup anda demi mencapai hidup yang lebih sehat.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: