12 Tips Langsing dan Sehat

August 5, 2013

tips langsing

“Banyak orang bertanya kepada saya. “Sudah punya empat putra kok badannya masih seperti remaja? Apa rahasianya?” Sebetulnya tak ada rahasia apapun. Hanya dengan melakukan hal-hal sederhana berikut ini, kita bisa tetap langsing dan sehat.

1. Makan makanan sehat. Sesekali boleh makan makanan padat kalori. Misalnya, makan martabak tapi dibatasi hanya 1 potong, atau nasi uduk tapi tahu gorengnya cuma 1/2. Beruntung suami saya selalu mengingatkan saya untuk menghindari makanan bersantan dan makanan lainnya yang tidak sehat untuk tubuh.

2. Jangan percaya bisa langsing dengan obat saja. Pola makan harus tetap dibarengi olahraga teratur. Kalau tak sempat pergi ke gym. bisa diiakukan di rumah dengan naik turun tangga, lakukan sit-up setelah bangun tidur dan push-up. Bangun pagi minum segelas air, lalu sit-up sebanyak 1OO x (awalnya 20x dulu lalu ditingkatkan jumlahnya secara bertahap). Mungkin karena mencontoh, anak-anak saya juga jadi suka ikutan sit-up. Di mana pun bisa dilakukan yang penting niat.

3. Tidur teratur. Kalau saya tidur larut malam, saya harus tidur siang atau sore agar terpenuhi kebutuhan tidur 8 jam sehari.

4. Makan dalam porsi sedikit tapi sering. Bisa 5 sampai 6 kali sehari, kurangi karbohidrat dan perbanyak lauk, sayur dan buah.

5. Tidak minum soda atau sirup.

6. Menghindari minuman dingin.

7. Yoga dan treadmill.

8. Rutin menimbang berat badan seminggu sekali untuk mengetahui porsi makan.

9. Tetap minum multivitamin meskipun saya termasuk orang yang banyak mengonsumsi buah dan sayuran segar.

10. Tidak merokok. Bahkan saya selalu bilang kepada anak-anak saya untuk berada jauh-jauh dari orang yang merokok.

11. Untuk kesehatan kulit, saya tidak pernah ke dokter atau facial di salon. Cukup memakai masker wajah seminggu sekali dari putih telur, lidah buaya, stroberi, atau jeruk nipis dicampur madu. Saya banyak mencari informasi soal kandungan bahan-bahan segar yang bagus untuk kulit, baik dari internet maupun buku-buku.

12. Lakukan semuanya buat diri sendiri dan love yourself.

Jana Parengkuan bersama suaminya Erwin Parengkuan adalah praktisi kesehatan, pengarang buku: Smart Eating – 1000 Jurus Makan Pintar & Hidup Bugar

 

 

loading...

Previous post:

Next post: