12 Resep Obat Sakit Kepala Herbal

February 29, 2016

sakit kepala

Tidak ada yang lebih membuat frustrasi dibanding rasa sakit, sementara kita tidak memahami apa yang menjadi penyebabnya. Salah satu hal yang paling sering terjadi pada orang-orang adalah dalam bentuk sakit kepala. Mereka dapat membuat kita menjadi lemas, dan sakit kepala kronis dapat menjadi aspek kehidupan yang negatif dan sangat mengganggu, kecuali anda dapat menemukan beberapa bentuk bantuan.

Sakit kepala diklasifikasikan sebagai segala sesuatu yang mengganggu di area kepala atau leher, dan hal ini bisa menjadi gejala dari beberapa kondisi lain yang mempengaruhi dua area tersebut, atau bisa jadi sakit kepala independen yang dihasilkan secara spontan melalui kekuatan non-fisik. Hal ini dianggap sebagai gejala non-spesifik, yang berarti kondisi yang sama dapat diakibatkan oleh sejumlah penyebab. Idealnya pengobatan didasari pada penyebab yang mendasarinya, namun hal ini bisa menjadi sulit untuk menemukan kemungkinan-kemungkinannya. Untungnya, ada sejumlah pengobatan herbal atau tradisional yang telah ada selama bertahun-tahun, dan pengobatan alternatif ini dirasakan cukup efektif dalam mengurangi kondisi yang menyakitkan ini. Sebelum kita membahas lebih dalam tentang obat herbal sakit kepala, ada baiknya kita pertama-tama mengetahui berbagai jenis sakit kepala yang memiliki klasifikasi formal.

Jenis Sakit Kepala

NIH (National Institutes of Health) telah membuat klasifikasi sakit kepala, seperti dijelaskan di bawah ini:

Sakit kepala primer: Ini adalah bentuk paling umum dari sakit kepala, yaitu sakit kepala yang diakibatkan oleh tekanan/ ketegangan. Sakit kepala akibat ketegangan mewakili sekitar 90% dari sakit kepala secara keseluruhan, dan sekitar 3% dari populasi dunia menderita dari sakit ini. Mereka biasanya digambarkan sebagai tekanan yang konstan, terutama bersumber dari area tertentu seperti leher, pelipis, belakang kepala, dan mata, dan mereka sering menyebabkan rasa sakit yang sama di kedua sisi kepala.

Penyebab utama sakit kepala primer adalah stress, ketegangan mata, kurang tidur, kelaparan, posisi tidur yang tidak nyaman, atau mengepalkan gigi saat tidur, sehingga secara konstan mengkerutkan otot temporalis dan menginduksi sakit kepala. Ketegangan otot di leher juga merupakan penyebab utama sakit kepala tipe ini. Selanjutnya, ada juga hal-hal yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah, merokok atau minum berlebihan, dehidrasi, dan turunan genetik.

Migrain: Migrain adalah kasus yang sedikit berbeda, karena mereka biasanya hanya mempengaruhi satu sisi kepala, dan tidak konstan, melainkan rasa sakit berdenyut, dan lebih parah dari sakit kepala yang diakibatkan oleh ketegangan (sakit kepala primer). Mereka merupakan gangguan neurologis kronis, dan menunjukkan gejala seperti sensitif terhadap cahaya atau suara, muntah dan mual, serta rasa sakit berdenyut intens yang biasanya membuat seseorang tidak dapat berbuat banyak selain menunggu bantuan datang.

Sakit kepala sekunder: Klasifikasi ini ditujukan untuk sakit kepala yang penyebabnya berasal dari sesuatu diluar leher, kepala, atau penyebab mental. Hal ini seringkali merupakan jenis sakit kepala yang lebih serius, karena dapat menjadi indikasi dari kondisi serius, bahkan yang mengancam jiwa. Beberapa jenis sakit kepala sekunder diantaranya sakit kepala petir, di mana sakit parah timbul dalam beberapa menit dan sering menghilang dengan cepat. Selain itu bangun dari tidur normal karena sakit kepala, kelainan atau kehilangan penglihatan, rasa sakit di kepala akibat mengubah posisi atau bergerak, kekakuan leher, atau sakit kepala yang disertai dengan demam adalah contoh-contoh lain dari sakit kepala sekunder. Sakit kepala sekunder ini kadang-kadang dapat menjadi hasil dari darah membeku, tumor otak, aneurisma, miniatur-stroke, atau kekuatan luar seperti racun atau keracunan karbon monoksida.

Pengobatan herbal berikut ini terutama untuk meringankan gejala sakit kepala primer, sementara untuk sakit kepala sekunder harus dengan perawatan dokter setelah pemeriksaan yang tepat, dan biasanya dengan bantuan obat-obatan utama, operasi, atau perubahan gaya hidup.

Obat Sakit Kepala Herbal

Reaksi pertama dari kebanyakan orang ketika mereka mulai mengalami sakit kepala adalah mencari obat penghilang rasa sakit. Meskipun obat tersebut dapat memberikan bantuan untuk sementara, namun itu juga dapat memiliki efek samping tersendiri, seperti pengencer darah, meningkatkan toksisitas dalam tubuh, dan perlawanan terhadap obat penghilang rasa sakit yang mungkin berbahaya di masa depan ketika anda benar-benar membutuhkannya. Pengobatan herbal ini memberikan solusi yang lebih baik yang dapat bermanfaat bagi tubuh anda dalam berbagai cara, tidak hanya dalam melepaskan sakit kepala anda.

1. Air

Ini mungkin pertolongan pertama terhadap segala jenis sakit kepala. Kurangnya hidrasi dalam tubuh membuat pembuluh darah mengerut dan mengurangi aliran darah dan oksigen ke otak, yang dapat menyebabkan sakit kepala. Jika ini adalah alasan di balik sakit kepala anda, anda biasanya dapat meringankan gejala dengan cepat, melalui minum satu atau dua gelas.

2. Kafein

Ini dapat membantu meringankan sakit kepala atau justru membuat gejala lebih buruk, tergantung pada individu dan sumber awal sakit kepala. Kafein adalah bagian dari banyak obat-obatan penghilang rasa sakit, namun untuk seseorang yang minum kafein secara teratur, dan menjadi tergantung padanya, berhenti mengkonsumsi kafein juga dapat menyebabkan sakit kepala, dan beberapa penyebab sakit kepala diperburuk oleh efek stimulasi kafein.

3. Minyak ikan

Dalam hal mengobati migrain dan sakit kepala akibat ketegangan yang parah, minyak ikan telah diresepkan karena sifat anti-vasospasmodic, yang dapat meringankan tekanan dan rasa sakit yang terkait dengan mereka yang mengalami migrain parah. Minyak ikan dapat digunakan sebagai tindakan pencegahan melalui konsumsi rutin, atau sebagai pengobatan setelah gejala muncul.

4. Peppermint

Dalam pengobatan herbal atau tradisional, minyak peppermint sering digunakan sebagai penghilang rasa sakit yang khas karena dalam beberapa kasus, terbukti lebih efektif, dan itu semua adalah alami. Minyak ini dapat dioleskan pada area yang mengalami rasa sakit untuk mendapatkan sensasi menenangkan, atau dapat dihirup wanginya melalui teknik aromaterapi untuk mendapatkan efek penyembuhannya.

5. Minyak Lavender

Minyak esensial ini adalah salah satu yang paling ampuh bila digunakan dalam aromaterapi, terutama karena sifat antispasmodic dan vasodilatasi nya. Minyak lavender juga merupakan obat penenang, dan ketika digunakan dalam mengobati sakit kepala karena ketegangan atau migrain, maka ini tidak hanya dapat mengurangi ketegangan dan nyeri saja, tetapi juga membantu untuk menginduksi tidur dan relaksasi, yang selanjutnya dapat mengurangi rasa sakit yang berhubungan, atau setidaknya memungkinkan anda untuk beristirahat sampai gejala hilang.

6. Jahe

Migrain secara tradisional dikaitkan dengan mual, dan itu bisa menjadi salah satu gejala yang paling melemahkan kondisi. Jika jahe dikonsumsi, baik sebagai teh, minuman jahe, atau bahkan irisan mentah, dapat segera mengurangi gejala mual. Sementara mungkin bisa menyingkirkan rasa sakit akibat migrain, namun dapat mengurangi efeknya. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe pada tanda awal dari sakit kepala sebelum migrain atau sakit kepala yang lebih serius adalah metode yang cukup sukses untuk memberi bantuan dan pencegahan. Mekanisme yang sebenarnya belum bisa dipahami, tapi penelitian sedang berlangsung. (Baca juga 10 Manfaat Jahe yang Mengagumkan Untuk Kesehatan)

7. Cengkeh

Minyak cengkeh telah dikenal memiliki efek yang menenangkan, sering dihirup atau dioleskan sebagai balsem untuk bantuan cepat dari sakit kepala di bagian belakang leher atau pelipis. Mereka bukan sesuatu yang enak untuk dimakan, namun beberapa orang memilih untuk mengolahnya ke berbagai bentuk makanan untuk efek yang sama. Keberhasilan obat herbal ini adalah karena cengkeh merupakan agen anti-inflamasi dan flavonoid alami yang dapat berdampak pada tubuh baik melalui cara olesan atau inhalasi minyak cengkeh.

8. Magnesium

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi magnesium mengurangi frekuensi serangan sakit kepala kronis dan migrain. Ini adalah salah satu nutrisi yang paling penting dalam tubuh, dan kekurangan magnesium mengakibatkan sakit kepala, kelelahan, dan kelemahan dari jaringan tubuh. Sumber magnesium yang baik untuk ditambahkan ke dalam diet anda adalah sayuran hijau, kacang-kacangan, alpukat, pisang, dan buah ara. Bahkan cokelat hitam merupakan sumber nutrisi yang bermanfaat ini, jadi mengkonsumsinya sebanyak yang anda bisa ke dalam sistem anda akan mengurangi kemungkinan anda terkena sakit kepala sama sekali.

9. Apel

Aroma apel adalah salah satu cara tak terduga untuk mengurangi sakit kepala. Indera penciuman adalah faktor yang kuat, dan banyak penelitian telah menunjukkan bahwa aroma khas ini dapat mengurangi rasa sakit yang terkait sakit kepala dengan segera.

10. Kompres Dingin atau Panas

Ini adalah pilihan pribadi mengingat kompres memiliki efek terbesar, namun yang cenderung membantu meringankan sakit kepala adalah kompres dingin. Terapkan ke belakang leher atau dahi. Dingin akan mengurangi peradangan dan temperatur, serta juga memperlambat dan menenangkan darah yang dipompa yang dapat menyebabkan rasa sakit berdenyut di daerah yang terkena. Sebaliknya, kompres panas bisa menyebar peradangan dan panas melalui seluruh kepala dan merangsang darah segar dipompa ke daerah-daerah yang tegang, membawa oksigen untuk meredakan ketegangan di otot. Kedua pendekatan ini dapat bekerja, pilih mana yang terbaik untuk Anda.

11. Rosemary

Komponen kunci dalam rosemary yang memberikan banyak manfaat adalah asam rosmarinic, yang telah diketahui memiliki efek anti-inflamasi. Dengan menggiling daun rosemary dan daun sage menjadi bubuk, anda kemudian dapat membuatnya menjadi teh herbal. Minum sekali atau dua kali sehari untuk mencegah migrain dan sakit kepala akibat ketegangan, atau meminumnya dalam jumlah yang lebih banyak ketika anda telah mengalami gejalanya.

12. Minyak Kemangi

Karena banyak sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan otot dan stress, maka relaksasi otot dapat menjadi solusi yang efektif dalam mengurangi kondisi tersebut. Ekstrak kemangi memiliki sifat relaksan otot, dan ketika daun kemangi direndam ke dalam teh atau dikunyah, sakit kepala ringan sampai sedang bisa dikurangi. Anda juga dapat mengoleskan minyak kemangi di dada sebagai inhalansia untuk efek yang sama.

Sebagai penutup: Sakit kepala primer biasanya dapat diatasi dengan pengobatan herbal, yaitu sakit kepala yang disebabkan oleh stress, ketegangan, dehidrasi, atau bahkan migrain. Namun, jika sakit kepala menjadi kronis, meskipun tidak sangat parah, itu bisa menjadi tanda dari masalah yang lebih serius. Jika sakit kepala yang anda hadapi terdengar seperti deskripsi sakit kepala sekunder yang telah dijelaskan di bagian atas artikel ini, berkonsultasi dengan dokter anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Semoga artikel obat sakit kepala herbal ini bermanfaat bagi anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: