12 Resep Obat Luka Bakar Herbal

September 11, 2015

obat luka bakar

Luka bakar adalah cedera pada kulit karena sumber panas, bahan kimia, atau radiasi, termasuk sinar matahari. Luka bakar dibagi menjadi tiga stadium. Luka bakar stadium awal dan memengaruhi lapisan atas kulit. Ditandai dengan kemerahan, nyeri, bengkak, dengan peningkatan suhutubuh. Luka bakar stadium dua memengaruhi lapisan yang lebih dalam dan rasa sakit yang ditimbulkan juga lebih dalam. Hal itu ditandai dengan munculnya gelembung atau vesikel air. Adapun luka bakar stadium tiga memengaruhi semua lapisan kulit dan mencapai otot. Luka bakar stadium ini tidak menimbulkann sakit karena begitu dalamnya luka hingga menghancurkan saraf yang membawa pesan ke otak. Luka bakar jenis ini memerlukan perawatan intensif. Jika luka bakar melebihi seperempat bagian tubuh, perawatan harus dilakukan di rumah sakit.

Obat Luka Bakar Herbal

Berikut adalah beberapa ramuan obat luka bakar herbal yang bisa anda coba di rumah.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya digunakan untuk mengobati luka bakar sejak zaman kuno. Materi lengket yang terdapat dalam lidah buaya mengandung enzim yang mengurangi kemerahan, pembengkakan, dan meredakan nyeri, seperti enzim carboxypeptidase dan brady kinase. Materi lengket tersebut mencegah infeksi pada luka bakar serta memiliki karakteristik antibakteri dan jamur. Di samping itu, lidah buaya memiliki beberapa manfaat lain, seperti meningkatkan aliran darah ke bagian tubuh yang terbakar. Di mana darah itu sendiri mengandung materi yang menyembuhkan tubuh.

2. Lavender

Minyak lavender termasuk minyak esensial yang membantu penyembuhan luka bakar, mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya, dan mempercepat proses penyembuhan. Oleskan langsung minyak ekstrak lavender pada luka bakar, tiap pagi dan sore hari.

3. Echinacea

Echinocea bekerja merangsang sistem kekebalan tubuh, la membantu agar tidak terjadi infeksi pada luka bakar. Infeksi merupakan bahaya terbesaryang menghantui semua jenis luka bakar. Tuangkan beberapa tetes air rendaman echinacea pada luka bakar. Tetesan tersebut akan berkerja sebagai antiseptik dan antiinfeksi.

4. Bawang Putih

Tambahkan daun bawang dan bawang merah pada irisan bawang putih, lalu diletakkan pada luka bakar. Ramuan tersebut memiliki kemampuan yang luar biasa sebagai antiseptik. Dapat juga dibuat pasta dengan mengeringkan bawang putih di tempat teduh, lalu tumbuk dan tambahkan sedikit air. Balurkan pada luka bakar.

5. Pegagan (Gotukola)

Pegagan mengaktifkan produksi kolagen, yang merupakan protein pembentuk elemen kunci dalam pembentukan kulit atau mengonfigurasinya kembali. Jadi, protein tersebut adalah kunci untuk perawatan kulit.

6. St. John’s Wort

St.John’s Wort memiliki efek antiinflamasi sehingga berguna untuk luka bakar dangkal, juga mengurangi pembentukan bekas luka pada luka bakar. Herbal tersebut juga mempercepat perbaikan jaringan luka dan mempercepat penyembuhan. Rendam herbal dan tempatkan pada luka bakar.

7. Plantain

Ada berbagai jenis dari plantain yang bekerja sebagai stimulan untuk mengeluarkan zat tertentu yang mempercepat pembentukan kembali lapisan kulit baru, yang menggantikan lapisan kulit mati pada luka bakar. Buatlah ekstrak dari daun plantain dan tempatkan langsung pada luka bakar biasa.

8. Minyak Wijen

Oleskan larutan garam encer pada luka bakar, kemudian oleskan minyak wijen tipis-tipis saja. Lalu, tutup dengan handuk bersih, lakukan tiga sampai empat kali sehari.

9. Madu dengan Putih Telur

Oleskan campuran madu dan putih telur pada luka bakar untuk mencegah masuknya udara pada luka tersebut sehingga akan mengurangi rasa sakit dan mencegah infeksi pada luka bakar. Ramuan tersebut juga memiliki efek menenangkan dan mengeringkan sehingga mencegah malformasi (bentuk yang buruk).

10. Semangka

Letakkan bagian dalam kulit semangka atau blewah pada luka bakar untuk mendinginkan, membuatnya nyaman, dan meredakan rasa sakit.

11. Gandum

Olesi luka bakar dengan mentega berkualitas tinggi, kemudian taburi dengan dedak gandum tanpa menekannya. Tutup dengan kain kasa bersih. Perawatan tersebut membantu kulit membentuk kembali kulit baru pada bagian yang luka.

12. Kubis

Cincang kubis, lalu buatlah tapal dan balurkan pada luka. Ulangi dua kali sehari.

Semoga artikel tentang obat luka bakar herbal diatas bermanfaat untuk menambah wawasan kesehatan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: