12 Manfaat Yoghurt yang Mengagumkan Untuk Kesehatan

August 6, 2016

yoghurt

Yoghurt memiliki manfaat kesehatan yang penting bagi manusia. Yoghurt adalah sumber yang besar dari berbagai vitamin dan mineral yang juga terdapat dalam susu. Selain itu, yoghurt merupakan sumber yang baik dari protein yang mudah dicerna. Yoghurt bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh dan mencegah penyakit seperti hipertensi, disamping meningkatkan kekebalan tubuh. Yoghurt juga baik untuk meningkatkan kekuatan tulang dan gigi, membantu pencernaan, serta berguna dalam perawatan kulit.

Beragam manfaat kesehatan yang luar biasa dari yoghurt tersebut adalah karena fakta bahwa itu terbuat dari susu. Yoghurt sering ditawarkan sebagai pilihan makanan penutup yang sehat dan digunakan untuk hidangan rasa di sejumlah masakan Timur. Terlepas dari bagaimana itu dikonsumsi, yoghurt mempertahankan manfaat kesehatan dari susu dalam bentuk rendah lemak. Mereka juga dapat dikonsumsi oleh individu yang intoleran terhadap laktosa yang biasanya tidak dapat mencerna susu.

Sebuah keuntungan tambahan dari konsumsi yoghurt adalah kehadiran Lactobacillus, sejenis bakteri baik yang melakukan fermentasi susu menjadi yoghurt dan membantu dalam proses pencernaan dalam tubuh. Mereka juga melindungi usus dari serangan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi.

Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang paling menonjol dari yoghurt:

1. Sumber Mineral Penting yang Kaya

Salah satu manfaat yoghurt yang terutama adalah yoghurt mengandung kalsium dalam dosis besar, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan yoghurt berasal dari susu. Konsumsi kalsium yang cukup juga menurunkan kejadian osteoporosis pada wanita menopause. Yoghurt juga kaya akan kalium dan magnesium. Kalium sangat penting untuk kesehatan saraf dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Magnesium sama penting dengan kalsium dalam menjaga kesehatan tulang.

2. Gudang Vitamin

Yoghurt mengandung vitamin B2 dan B12 yang melimpah. Vitamin B2 sangat penting untuk kesehatan saraf, mata, dan kulit. Vitamin B12 sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan defisiensi yang menyebabkan anemia. Yoghurt juga mengandung jumlah yang cukup dari vitamin D dan E. Vitamin D sangat penting bagi kesehatan dan vitamin E membantu dalam menjaga kesehatan kulit, serta kesehatan reproduksi.

3. Kesehatan Tulang

Kalsium sangat penting untuk menjaga kondisi tulang yang baik. Kita semua tahu bahwa susu merupakan sumber kalsium, tetapi mencerna susu seringkali sulit bagi banyak orang. Yoghurt mengandung semua mineral penting, termasuk kalsium, yang hadir dalam susu, selain itu juga lebih mudah dicerna (bukan saja membantu dalam pencernaan). Oleh karena itu, mengkonsumsi yoghurt membantu dalam menjaga kekuatan tulang. Mereka juga baik untuk pasien yang menderita osteoporosis dan rematik. Yoghurt adalah anugerah bagi banyak orang yang menderita karena intoleran terhadap laktosa.

4. Sumber Protein Hewani yang Kaya

Menurut Journal of Dairy research, kandungan protein dari yoghurt telah ditemukan lebih tinggi dari susu dan juga lebih mudah dicerna daripada susu karena kerusakan sebagian protein, seperti kasein, oleh bakteri fermentasi. Hal ini sesuai dengan temuan oleh Journal penelitian Dairy.

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat yoghurt lainnya yang tak kalah penting adalah dalam meningkatkan kesehatan pencernaan. Yoghurt dapat digunakan sebagai pengganti susu bagi individu yang intoleran terhadap laktosa yang tidak dapat mencerna susu dan tidak bisa mendapatkan unsur-unsur susu yang bermanfaat bagi kesehatan. Karena keberadaan bakteri aktif dalam yoghurt, maka yoghurt mudah dicerna. Bahkan, komponen “pro-biotik” yoghurt, yang dihasilkan oleh bakteri asam laktat yang ada di dalamnya, memberi bantuan dalam mengurangi sembelit, diare, kanker usus besar, penyakit radang usus, dan bahkan infeksi oleh bakteri penyebab tukak lambung H. pylori, yang dapat menyebabkan kanker perut.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bakteri probiotik yang hadir dalam yoghurt meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kejadian infeksi, penyakit inflamasi, dan alergi, begitu menurut American Journal of Clinical Nutrition.

7. Menurunkan Hipertensi

Asupan reguler dari produk susu telah terbukti membuat hipertensi lebih rendah. Namun, karena adanya kandungan lemak yang tinggi, konsumsi berlebihan tidak dianjurkan. Yoghurt menggabungkan manfaat dari pilihan susu rendah lemak dengan pilihan susu normal.

8. Mengurangi Serum Kolesterol

Penelitian yang dilakukan oleh berbagai lembaga menunjukkan penurunan kadar serum kolesterol LDL ketika seseorang secara teratur mengkonsumsi yoghurt. Dengan demikian, konsumsi sehari-hari dapat menyebabkan penurunan penyakit kardiovaskuler.

9. Mencegah Infeksi vagina

Infeksi vagina disebabkan oleh Candida yang biasanya diamati pada wanita diabetes. Konsumsi harian yoghurt menurunkan pH saluran vagina dan mencegah infeksi Candida.

10. Menyembuhkan Bau Mulut

Mungkin inilah manfaat yoghurt yang belum anda ketahui. Yoghurt adalah obat alami untuk bau mulut dan dapat mengurangi bau mulut hingga 80% dalam subyek penelitian. Tingkat plak dan gingivitis juga ditemukan lebih rendah pada mereka yang mengkonsumsi yoghurt setiap hari.

11. Meringankan Penderita Kanker

Asupan yoghurt juga dapat memberikan bantuan kepada mereka yang menderita kanker usus besar. Penelitian baru menunjukkan bahwa makanan yang kaya dalam produk susu dapat sedikit memperpanjang kehidupan dari orang yang didiagnosis dengan kanker usus besar.

12. Efektif Mengatasi Masalah Kulit dan Rambut

Manfaat yoghurt juga termasuk dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut. Yoghurt, ketika dioleskan, telah terbukti menyembuhkan jerawat dan ruam kulit serta memberikan cahaya yang sehat dengan mengurangi lingkaran hitam dan menutup pori-pori. Hal ini juga bermanfaat untuk rambut serta menyembuhkan kulit kepala gatal dan ketombe.

Cukup jelas bahwa yoghurt membantu dalam mencapai dan menjaga kesehatan tubuh. Konsumsi harian yoghurt juga memberikan nutrisi penting dalam jumlah besar.

Jadi sudahkah anda menyediakan yoghurt dalam lemari pendingin anda?

 

 

loading...

Previous post:

Next post: