12 Manfaat Buah Pisang yang Mengagumkan

September 1, 2015

manfaat buah pisang

Manfaat buah pisang untuk kesehatan termasuk membantu menurunkan berat badan, mengurangi obesitas, menyembuhkan gangguan usus, menghilangkan sembelit, dan beberapa kondisi kesehatan seperti disentri, anemia, tuberkulosis, artritis, rematik, gangguan ginjal, gangguan kemih, masalah haid, dan penyembuhan luka bakar. Pisang juga baik untuk menurunkan tekanan darah, melindungi kesehatan jantung, melancarkan metabolisme, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memastikan kesehatan mata, membangun tulang yang kuat, dan detoksifikasi tubuh.

Buah pisang dimakan langsung ketika masak atau sebagai bagian dari salad buah, jus, atau (milk)shake. Pisang mentah dapat menyebabkan gangguan pencernaan parah dan harus dimakan hanya dalam bentuk olahan masakan. Pisang juga baik digunakan sebagai topping untuk sarapan sereal, atau sebagai camilan untuk mendapatkan ledakan energi yang cepat. Pisang telah menjadi makanan budaya yang penting di berbagai negara, meskipun buah ini berasal dari Asia Selatan dan Tenggara. Saat ini pisang tumbuh di lebih dari 100 negara di seluruh dunia.

Nilai gizi dari Buah Pisang

Buah pisang telah dianggap salah satu pilihan buah sehat untuk dikonsumsi selama bertahun-tahun karena kandungan gizinya yang mengagumkan, seperti vitamin yang meliputi vitamin C, vitamin B6, riboflavin, folat, asam pantotenat, dan niacin, serta sejumlah vitamin lainnya. Dalam hal mineral, pisang memberikan sejumlah besar kalium, mangan, magnesium, dan tembaga. Pisang juga merupakan sumber yang baik dari serat makanan dan protein.

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah 12 manfaat buah pisang yang mengagumkan untuk kesehatan:

1. Berat Badan dan Obesitas

Pisang bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena satu buah pisang hanya memiliki sekitar 90 kalori. Pisang juga memiliki banyak serat, mudah dicerna, tidak mengandung lemak. Oleh karena itu, orang yang kelebihan berat badan tidak harus makan terlalu banyak kalori jika dalam menu diet mereka telah terkandung beberapa pisang. Serat dalam pisang tidak akan membuat orang merasa lapar dengan menghambat pelepasan hormon rasa lapar, ghrelin. Sehingga ini akan mengurangi seseorang makan berlebihan dan akan menurunkan berat badan secara alami.

2. Tulang Kuat

Manfaat buah pisang yang satu ini mungkin belum anda ketahui. Buah pisang adalah salah satu buah terbaik untuk menjamin tulang yang sehat dan kuat sepanjang hidup anda. Salah satu alasannya adalah adanya kandungan fructooligosaccharide pada pisang, yang merupakan probiotik atau bakteri menguntungkan dalam saluran pencernaan kita yang meningkatkan asupan mineral dan nutrisi oleh tubuh. Secara khusus, pisang terkait dengan peningkatan penyerapan kalsium. Beberapa jenis pisang juga memiliki asam lemak berantai pendek (short-chain fatty acids), dimana tubuh manusia tidak bisa menyerapnya, namun organisme yang hidup di lapisan perut kita dapat mengkonsumsi asam lemak tersebut, yang meningkatkan kemampuan mereka menyerap mineral seperti kalsium. Kalsium adalah unsur yang paling penting dalam produksi dan pertumbuhan kembali materi tulang dalam tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan osteoporosis dan kelemahan-kelemahan alami lainnya terkait penuaan.

3. Arthritis dan Rematik

Berbagai senyawa dalam buah pisang bersifat anti-inflamasi, yang berarti bahwa mereka dapat mengurangi pembengkakan, peradangan, dan iritasi dari berbagai kondisi seperti arthritis dan rematik. Kondisi ini sangat umum seiring bertambahnya usia, atau jika mereka memiliki diet yang buruk atau diet yang tidak sehat. Oleh karena itu, menambahkan pisang setiap hari untuk tambahan diet anda dapat membuat bebas rasa sakit selama bertahun-tahun.

4. Menambah Berat Badan

Buah pisang dapat memiliki dua fungsi yang berlawanan, dimana di satu sisi dapat membantu seseorang menurunkan berat badan, di sisi lain pisang juga dapat berguna untuk menambah berat badan. Bila dikonsumsi dengan susu, pisang membantu meningkatkan berat badan seseorang dengan cepat. Susu menyediakan protein yang diperlukan dan pisang menyediakan gula. Selain itu, karena pisang mudah dicerna, orang dapat menelan 5-6 pisang dalam satu hari tanpa membuat saluran pencernaan bekerja keras. Hal ini menyebabkan tambahan 500-600 kalori yang cukup untuk kenaikan berat badan. Karena pisang memiliki kemampuan untuk menyediakan energi instan, para olahragawan seringkali mengkonsumsi pisang saat istirahat selama pertandingan untuk lonjakan energi ekstra.

5. Sembelit

Salah satu manfaat buah pisang yang telah dikenal luas adalah kemampuannya mengatasi sembelit. Buah pisang mengandung serat yang cukup besar sehingga membantu kelancaran proses buang air besar. Pisang dikatakan mendorong keluar kotoran yang membandel dan meringankan seseorang dari sembelit. Pisang juga membantu dalam mengobati gangguan usus lainnya. Serat mampu memadatkan feses dan membantu menstimulasi gerak peristaltik (kontraksi dan gerakan otot di saluran pencernaan), sehingga membantu makanan bergerak sepanjang usus. Hal ini dapat mengurangi kondisi pencernaan yang tidak sehat serta mencegah kanker usus besar.

6. Sakit Maag

Selama bertahun-tahun, buah pisang telah digunakan sebagai makanan antasida untuk meringankan sakit perut. Namun sebenarnya jauh lebih dari itu, pisang dapat menekan sekresi asam. Senyawa-senyawa organik dalam pisang merangsang aktivitas sel-sel di lapisan perut kita untuk membangun sebuah pelindung terhadap asam. Pisang juga mengandung inhibitor protease, yang menghilangkan bakteri berbahaya, yang telah dikaitkan dengan perkembangan sakit maag.

7. Gangguan Ginjal

Buah pisang ternyata memiliki manfaat dalam mengatasi gangguan ginjal. Buah pisang telah dikaitkan dengan kemampuannya dalam mengurangi bahaya terhadap ginjal dari sejumlah kondisi yang berbeda. Kalium yang terkandung dalam pisang membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, sehingga membantu meringankan tekanan pada ginjal, dan juga mendorong buang air kecil. Hal ini dapat membantu menjaga racun dari terakumulasi dalam tubuh, dan mempercepat pembuangan racun dari tubuh melalui peningkatan frekuensi dan volume buang air kecil. Selain itu, terdapat polifenol, senyawa antioksidan dalam buah pisang yang berdampak positif untuk menetralkan racun dan merangsang ginjal agar berfungsi secara normal.

8. Kesehatan Mata

Buah pisang, layaknya buah-buahan lainnya, dikemas dengan senyawa antioksidan dan karotenoid, serta campuran yang tepat dari mineral yang dapat meningkatkan kesehatan mata anda. Degenerasi makula, katarak, rabun senja, dan glaukoma semuanya telah terbukti dapat diperbaiki dengan asupan pisang dan buah-buahan lain yang sejenis.

9. Perlindungan Kardiovaskular

Manfaat buah pisang lainnya yang cukup penting adalah buah pisang merupakan bagian penting dari kesehatan jantung secara keseluruhan untuk berbagai alasan. Pertama-tama, pisang merupakan sumber yang kaya kalium, sehingga mereka dapat mengurangi tekanan darah. Dengan merileksasi arteri dan vena yang tegang, darah dapat mengalir lebih lancar melalui tubuh dan mengoksidasi berbagai organ tubuh untuk meningkatkan fungsi mereka. Hal ini berikutnya dapat membantu menghilangkan aterosklerosis, stroke dan serangan jantung yang umumnya terkait dengan kondisi tersebut. Serat dalam pisang juga membuang kelebihan kolesterol dalam arteri dan pembuluh darah, sehingga mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular.

10. Wasir

Wasir ditandai dengan sulitnya feses untuk keluar yang juga dapat menyebabkan perdarahan. Buah pisang diyakini dapat membantu mengobati wasir. Sebagian orang menganggap pisang dapat berefek buruk pada usus saat terkena wasir karena pisang menambah pemadatan dan tekanan pada usus. Namun, masalah utama dengan wasir adalah ekskresi, dan pisang menstimulasi proses tersebut. Buah pisang juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengobati wasir dengan mengurangi peradangan dan rasa sakit yang diderita.

11. Anemia

Manfaat buah pisang berikut ini terkait dengan kandungan zat besi yang dimilikinya. Buah pisang mengandung kadar zat besi yang tinggi sehingga membantu dalam mengobati anemia. Anemia terjadi karena jumlah sel darah merah yang rendah dan zat besi merupakan bagian penting dari sel darah merah. Anemia juga terjadi karena kurangnya kandungan yang signifikan dari tembaga, yang merupakan elemen penting dalam pembentukan sel darah merah. Dengan meningkatkan jumlah sel darah merah, anda tidak hanya mencegah anemia, tetapi anda dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh, yang berarti semakin banyak asupan oksigen ke berbagai organ tubuh dan mengoptimalkan fungsinya.

12. Masalah Menstruasi

Mengkonsumsi jantung pisang yang telah dimasak membantu dalam meringankan sakit dan perdarahan berlebihan selama siklus menstruasi serta gangguan-gangguan lainnya yang berhubungan.

Semoga artikel tentang manfaat buah pisang diatas dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kesehatan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: