12 Manfaat Buah Kiwi yang Mengagumkan Untuk Kesehatan

April 10, 2016

buah kiwi

Manfaat buah kiwi untuk kesehatan termasuk meningkatan pencernaan dan kesehatan jantung. Antioksidan yang melimpah dalam buah kiwi terbukti berharga dalam berbagai kondisi medis seperti kanker, insomnia, degenerasi makula dan diabetes. Buah kiwi yang kaya akan flavonoid jug bermanfaat selama kehamilan, memberikan kontribusi dalam menjaga kulit sehat dan meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Sifat anti-mikroba dari buah kiwi menjaga terhadap berbagai patogen dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Buah kiwi adalah buah asli negara Cina dan dihormati sebagai buah nasional negara tersebut. Dikenal sebagai ‘Yang Tao’ pada awalnya, buah ini berbentuk oval, berwarna coklat kusam dengan tekstur berbulu halus. Daging buah berwarna hijau terang atau kuning dan memiliki banyak biji hitam kecil yang dapat dimakan. Buah ini memiliki rasa yang unik, menyegarkan dan lembut. Buah kiwi berasal dari genus Actinidia yang terdiri dari sekitar 60 spesies. Secara global, buah kiwi yang paling umum dikonsumsi adalah ‘fuzzy kiwi’ dan ‘golden kiwi’.

Buah kiwi dibawa dari Cina ke Selandia Baru pada awal abad 20 oleh para misionaris. Dengan pertumbuhan yang pesat dari buah eksotis ini, orang-orang Selandia Baru kemudian menamainya sebagai Gooseberries Cina. Buah ini kemudian diimpor ke Amerika Serikat dan menjadi buah yang cukup populer. Setelah beberapa lama, buah itu akhirnya dinamakan sebagai ‘kiwi’ sebagai penghormatan pada burung khas Selandia Baru yaitu burung kiwi. Saat ini, Italia, Selandia Baru, Perancis, Jepang, Chile dan Amerika Serikat adalah kontributor utama dalam produksi buah kiwi secara komersial.

Nilai Gizi Dari Buah Kiwi

Buah kiwi adalah harta karun gizi. Buah ini merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C (asam askorbat). Vitamin lainnya termasuk vitamin A, folat, vitamin E (alfa-tokoferol) dan vitamin K (phylloquinone) juga hadir dalam jumlah yang cukup. Kekayaan mineral buah kiwi termasuk kalium dalam jumlah yang besar bersama dengan mineral lain seperti kalsium, magnesium dan fosfor. Semua nutrisi penting dalam buah kiwi datang dengan bonus tambahan serat makanan.

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Penampilan yang unik, rasa dan kandungan gizinya, membuat popularitas buah kiwi terus meningkat. Berikut adalah manfaat buah kiwi untuk kesehatan:

1. Sifat Antioksidan

Salah satu manfaat buah kiwi yang terutama adalah sebagai antioksidan. Buah kiwi menyediakan jumlah vitamin C yang mengesankan bersama dengan komponen fenolik lain dan karotenoid yang mendukung kesehatan yang baik. Sebuah studi banding yang melibatkan kiwi, jeruk dan anggur telah mengungkapkan bahwa buah kiwi mengandung kualitas antioksidan yang kuat dibandingkan dengan jeruk dan anggur. Kehadiran phytochemical dalam buah kiwi menjadikan buah ini memiliki kemampuan untuk melindungi DNA sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas, sehingga mengurangi risiko terkena peradangan dan penyakit yang terkait radikal bebas.

2. Kesehatan Jantung

Manfaat buah kiwi berikutnya yang sangat penting adalah menjaga kesehatan jantung. Seperti disebutkan sebelumnya, buah kiwi kaya akan polifenol pelindung bersama dengan vitamin C, vitamin E dan kalium yang efektif dalam memelihara kesehatan jantung. Sebuah penelitian investigasi telah mengungkapkan bahwa buah kiwi membantu dalam pengurangan trigliserida dalam darah. Menurut penelitian tersebut, konsumsi beberapa buah kiwi setiap hari membantu dalam mengurangi risiko pembekuan darah. Efek fibrinolitik buah kiwi pada pembuluh darah mencegah risiko tromboemboli dan gangguan jantung seperti aterosklerosis.

3. Tidur yang Lebih Baik

Buah kiwi merupakan sumber serotonin yang membantu dalam mempromosikan tidur yang lebih baik. Sebuah penelitian investigasi yang dilakukan sehubungan dengan hal ini telah menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi membantu dalam meningkatkan efisiensi tidur dan waktu tidur total. Buah kiwi juga dapat membantu meningkatkan transisi dari terjaga ke tidur dan mengurangi waktu bangun setelah transisi tersebut dan karenanya memberikan bantuan dari gangguan tidur. Buah kiwi mengandung jumlah flavonoid yang baik seperti naringenin, quercetin, rutin, catechin, epicatechin yang mengatur sel-sel perangsang tidur dan dianggap sebagai buah mujarab untuk obat penenang. Sehubungan dengan ini, kulit buah kiwi juga adalah bahan yang ampuh untuk bantuan tidur secara alami.

4. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Salah satu manfaat buah kiwi yang menakjubkan adalah kemampuannya untuk memfasilitasi penyerapan zat besi dalam tubuh. Kandungan vitamin C yang kaya dan fitokimia lain seperti lutein dan zeaxanthin dalam buah kiwi membantu dalam meningkatkan status zat besi dalam tubuh dan mencegah gangguan kekurangan zat besi. Sebuah penelitian perbandingan yang dilakukan antara buah kiwi dan pisang telah mengungkapkan bahwa konsumsi buah kiwi bersama dengan sarapan sereal kaya akan zat besi menghasilkan perkembangan yang signifikan pada status zat besi dalam tubuh dibandingkan dengan pisang.

5. Mencegah Degenerasi Makula

Buah kiwi adalah buah untuk mata dan memberikan kontribusi menguntungkan terhadap kesehatan mata. Seperti telah disebutkan diatas, buah kiwi merupakan sumber fitokimia lutein dan zeaxanthin yang merupakan komponen penting pada mata manusia. Komponen yang sehat ini bersama dengan vitamin A melindungi mata dari katarak, degenerasi makula terkait usia dan gangguan penglihatan yang merusak lainnya.

6. Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah kiwi lainnya yang tak kalah penting adalah buah kiwi telah terbukti berharga untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat. Ini adalah sumber serat yang lezat yang mendorong kelancaran pencernaan dan kesehatan usus. Buah kiwi memberikan bantuan dari sembelit dengan merangsang sistem usus. Sifat pencahar alami buah kiwi ini disebabkan oleh kandungan seratnya yang menambahkan kepadatan pada tinja dan membuatnya lembut. Sebuah penelitian yang dilakukan pada buah kiwi telah mengungkapkan bahwa buah kiwi menyimpan jumlah enzim proteolitik actinidin yang baik, yang mampu meningkatkan pencernaan protein dan memfasilitasi kelancaran sistem pencernaan. Polisakarida yang hadir dalam buah kiwi membantu dalam mencegah adhesi enteropatogen dan merangsang bakteri probiotik dalam usus besar. Ekstrak buah kiwi mendorong pertumbuhan asam laktat dan menghambat perkembangan bakteri Escherichia Coli serta membantu dalam mempertahankan kesehatan pencernaan.

7. Mendukung Kehamilan

Buah kiwi merupakan buah yang sempurna untuk wanita hamil sehubungan dengan kandungan folat yang melimpah. Folat membantu mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi yang belum lahir serta sangat penting untuk perkembangan otak mereka dan pertumbuhan kognitif. Nutrisi penting lain seperti vitamin C, E dan K bersama dengan flavonoid yang hadir dalam buah kiwi juga berkontribusi terhadap kesehatan secara keseluruhan serta perkembangan janin dan ibu hamil.

8. Perawatan Kulit

Manfaat buah kiwi termasuk dalam membantu menjaga kulit sehat dan mulus. Hal ini sehubungan dengan kontribusinya yang signifikan dalam proses sintesis kolagen. Buah kiwi mengandung jumlah vitamin C yang mungkin lebih banyak dibanding jeruk, yang membantu menjaga kulit tetap kencang serta mempercepat penyembuhan luka dan lecet. Vitamin E yang hadir dalam buah kiwi membantu dalam mengurangi garis-garis halus dan munculnya keriput. Vitamin E juga membantu dalam mengurangi efek berbahaya dari radiasi ultra-violet pada kulit. Antioksidan yang hadir dalam buah kiwi bekerja sebagai agen anti-penuaan yang sempurna, yang mencegah kulit dari degenerasi awal dan membantu meremajakan kulit.

9. Membantu Menyembuhkan Kanker

Buah kiwi secara tradisional dipercaya oleh rakyat Cina sebagai obat karena efektivitas mereka dalam penyembuhan berbagai jenis kanker seperti kanker hati, kanker payudara, kanker perut dan kanker paru-paru. Ekstrak buah kiwi menghambat proliferasi sel kanker dan melindungi kerusakan endogen DNA. Buah kiwi bekerja melawan kanker dengan menjadi sitotoksik untuk sel-sel kanker ganas tanpa mempengaruhi sel-sel sehat yang normal. Kandungan melimpah antioksidan, karotenoid, vitamin bersama dengan serat berkontribusi terhadap efektivitas buah kiwi dalam pencegahan atau penyembuhan kanker. Catechin, fitokimia yang terdapat dalam buah kiwi membantu dalam mengurangi toksisitas agen anti-kanker dengan merangsang proliferasi sumsum tulang.

10. Menguatkan Kekebalan Tubuh

Buah kiwi berkontribusi positif dalam pengaturan sistem kekebalan tubuh bawaan dan adaptif yang sangat penting untuk kesehatan fungsi tubuh. Konsumsi buah kiwi membantu dalam memerangi infeksi musiman dan penyakit lainnya sehubungan dengan sifat anti-mikroba dan anti-jamurnya. Ekstrak buah kiwi telah ditunjukkan dapat melakukan tindakan bakteriostatik terhadap berbagai patogen termasuk Staphylococcus aureus dan Staphylococcus pyogenes. Buah kiwi juga membantu dalam mengurangi gejala flu dan infeksi saluran pernapasan lainnya.

11. Membantu Penderita Diabetes

Buah kiwi memiliki indeks glikemik rendah yang membuatnya cocok untuk pasien diabetes. Sebuah penelitian yang dilakukan pada ekstrak buah kiwi menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi membantu dalam pengaturan adipogenesis yang sangat penting untuk pencegahan diabetes. Disfungsi dari jaringan adiposa dalam tubuh sangat berperan dalam perkembangan resistensi insulin dan diabetes.

12. Untuk Kuliner

Karena tampilannya yang khas dan rasanya yang menyegarkan, buah yang padat nutrisi ini dapat membawa gaya tropis yang menakjubkan pada berbagai hidangan anda.

Cara Memilih dan Menyimpan Buah Kiwi

Pilihlah buah kiwi yang lembut dan hindari kiwi yang ‘bonyok’ atau memiliki bintik-bintik basah. Buah kiwi yang matang akan empuk ketika ditekan. Kiwi yang masih keras menunjukkan kementahan buah dan belum memiliki rasa manis serta faktor nutrisi yang lengkap. Buah kiwi yang masih mentah dapat dimatangkan dengan menyimpan mereka pada suhu kamar, jauh dari panas atau sinar matahari selama beberapa hari; atau menempatkan mereka dengan sebuah apel atau pisang dalam kantong kertas untuk mempercepat pematangan tersebut. Buah kiwi matang dapat disimpan dalam lemari es selama beberapa minggu.

Sedikit Perhatian Untuk Buah Kiwi

Kiwi adalah buah bergizi namun dapat menyebabkan reaksi alergi terhadap individu yang sensitif. Reaksi alergi dapat bervariasi dari ringan sampai berat tergantung pada sensitivitas. Beberapa penelitian telah mengevaluasi keberadaan alergen dalam jumlah signifikan dalam buah kiwi yang dapat menyebabkan reaksi yang parah terutama pada anak-anak muda.

Oksalat: Buah kiwi merupakan sumber kristal raphide oksalat. Konsumsi berlebihan makanan kaya oksalat seperti buah kiwi dapat menimbulkan ancaman bagi perkembangan batu ginjal pada beberapa individu. Kelebihan asupan oksalat juga dapat mengganggu penyerapan nutrisi tertentu termasuk kalsium dan magnesium dalam tubuh.

Dalam hal terjadi reaksi alergi, selalu dianjurkan untuk mempertimbangkan pendapat medis segera untuk menghindari situasi yang fatal.

Demikianlah artikel manfaat buah kiwi untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: