12 Cara Mengatasi Bau Mulut Dengan Ramuan Herbal

January 1, 2016

cara mengatasi bau mulut

Beberapa obat herbal untuk mengatasi bau mulut termasuk penggunaan cengkeh, kemiri, lemon, peterseli, mint, kemangi, kapulaga, biji adas, kayu manis, apel, wortel, pir, mint, cuka apel, teh peterseli dan dan baking soda. Bau mulut adalah kondisi klinis di mana seseorang mengeluh memiliki napas yang berbau tidak sedap.

Kondisi ini dapat disebabkan karena pencernaan yang buruk, diet, dehidrasi, radang lambung, dan intoleransi susu atau mungkin karena gangguan klinis seperti penyakit periodontal, sinus dan gangguan pernapasan. Hal ini ditandai dengan rasa kering dan tidak enak di mulut, yang biasanya asam atau pahit dengan bau yang tidak sedap, dan lidah ditutupi oleh sebuah lapisan lendir.

Salah satu bentuk yang parah dari bau mulut adalah ketika bau mulut tetap ada bahkan setelah menyikat gigi dan berkumur. Kondisi ini disebut bau mulut kronis. Perawatannya cukup sederhana dan dapat disembuhkan melalui sejumlah pengobatan herbal.

Bau mulut, seperti namanya, adalah suatu kondisi di mana bau tidak sedap berasal dari mulut seseorang. Hal ini tidak hanya dapat merusak kesan pertama, tetapi juga dapat menyebabkan gangguan pada interaksi profesional dan sosial, yang pada gilirannya dapat mengarah pada rasa rendah diri seseorang. Kondisi ini secara ilmiah dikenal sebagai halitosis, dan itu bisa diakibatkan dari berbagai kerusakan fungsi internal.

Makanan tertentu seperti bawang, bawang putih, dan rempah-rempah seringkali bertanggung jawab untuk bau mulut seseorang. Diet yang berlebihan juga dapat menyebabkan perkembangan bau yang tidak menyenangkan yang dikarenakan proses pemecahan bahan kimia tertentu. Setelah berkumur atau menyikat gigi, bau mulut biasanya menghilang, namun dalam kasus bau mulut kronis, bau tetap ada.

Berikut adalah beberapa gejala yang mengarah pada bau mulut:
– Mulut kering sebagian besar waktu
– Mulut berasa asam atau pahit
– Amandel menunjukkan adanya bongkol kecil putih
– Pembentukan lapisan berwarna kuning atau putih di atas lidah
– Keluar lendir dari rongga hidung

Cara Mengatasi Bau Mulut Dengan Ramuan Herbal

Pengobatan herbal untuk bau mulut dapat dispesifikasi dan ditargetkan jika anda tahu penyebab yang mendasarinya. Obat-obatan herbal dibawah ini membuktikan bermanfaat dalam memberantas bau mulut sepenuhnya, asalkan diikuti secara teratur:

1. Hazelnut

Ketika dikunyah secara perlahan, hazelnut dapat menyerap bau mulut.

2. Lemon

Sesendok lemon dengan sedikit garam dapat menghilangkan bau bawang putih dan bawang merah setelah makan. Ini adalah cara pengobatan herbal yang efektif dan mudah untuk mengatasi bau mulut. Ini juga membuat anda merasa segar setelah makan berat atau pedas.

3. Cengkeh

Cengkeh memiliki sifat antiseptik yang sangat kuat. Ambil 3-4 bulir cengkeh dan haluskan. Masukkan dalam secangkir air, dan panaskan sampai cengkeh terekstraksi. Kemudian saring dengan saringan halus dan digunakan untuk keperluan berkumur secara rutin.

4. Peterseli, Mint, Kemangi

Daun peterseli, mint, dan kemangi bisa dikunyah karena mereka mengurangi produksi gas dalam usus dan menginduksi nafas segar untuk jangka waktu tertentu.

5. Kapulaga

Kapulaga dikonsumsi setelah makan dan harus dikunyah. Ini menghasilkan minyak dan meningkatkan rasa dalam mulut anda. Ini adalah rumah obat herbal rumahan yang paling sederhana untuk bau mulut.

6. Biji Adas

Biji adas dapat dikonsumsi langsung atau digiling menjadi bubuk untuk kemudian digunakan menyikat gigi untuk mendapatkan nafas yang segar. Ekstrak ini juga dapat digunakan pada lidah dan gusi.

7. Kayu manis

Kayu manis menyerap bau belerang dari bawang putih dan bawang merah serta aman di dalam mulut selama beberapa waktu sampai baunya hilang.

8. Apel, Wortel, dan Pir

Buah-buahan seperti apel, wortel, dan pir kaya akan serat yang dapat membantu mengatasi bau mulut. Buah-buahan tersebut merangsang air liur saat dikunyah dan dengan mereka juga membantu dalam menyikat gigi hanya dengan mengunyahnya.

9. Mint dan Wintergreen

Kedua bahan ini menetralisir bau mulut dan memberikan kesegaran dalam mulut. Inilah sebabnya mengapa mereka hadir di sebagian besar pasta gigi dan obat kumur.

10. Cuka Apel

Sesendok cuka apel dicampur dengan segelas air untuk diminum sebelum makan. Campuran ini bertujuan untuk meningkatkan kelancaran pencernaan yang berkontribusi terhadap bau mulut.

11. Teh Peterseli dan Mur

Teh ini dibuat dengan merebus daun peterseli, bubuk mur (1 sendok teh), dan 2-4 bulir cengkeh. Dapat digunakan langsung atau disimpan selama beberapa hari. Ini harus digunakan sebagai obat kumur secara teratur (2-3 kali sehari) untuk mengatasi bau mulut.

12. Baking Soda

Gigi dapat disikat dengan menggunakan baking soda. Hal ini bertujuan untuk mengurangi keasaman dalam mulut, memperbaiki bau napas Anda.

Bersamaan dengan pengobatan herbal ini, menjaga kebersihan mulut yang tepat harus dilakukan, termasuk waktu pembersihan, kumur dan flossing daerah mulut anda. Kunjungi dan berkonsultasilah dengan dokter gigi anda secara teratur. Lakukan pengecekan gigi anda termasuk membersihkan karang gigi anda. Ini akan memberi anda kepercaya diri dengan senyum ceria!

Demikian artikel cara mengatasi bau mulut dengan ramuan herbal, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: