11 Manfaat Teh Hijau yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

March 7, 2016

manfaat teh hijau

Banyak manfaat teh hijau untuk kesehatan yang telah diuji secara klinis, menjadikan teh hijau minuman luar biasa untuk dimasukkan dalam diet anda, yang bermanfaat bagi pencegahan dan pengobatan kanker, gangguan jantung, penyakit kardiovaskular, kadar kolesterol tinggi, radang sendi, rematik, infeksi, kerusakan gigi, dan banyak lainnya. Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut epigallocatechin-3 gallate (EGCG) yang juga membantu dalam mengobati berbagai penyakit.

Teh hijau telah mendapat tempat khusus diantara minuman-minuman kesehatan dan ia menjadi salah satu minuman pertama yang terlintas ke pikiran dalam hal komponen antioksidan. Dalam waktu yang relatif singkat, ia telah mendapatkan miliaran pengikut di seluruh dunia, dan banyak pecinta teh biasa telah beralih ke teh hijau karena manfaat kesehatan yang tak terbantahkan. Mereka yang terbiasa minum teh biasa mungkin tidak menyukai rasa dari teh hijau untuk pertama kalinya, namun karena manfaat kesehatannya yang jauh lebih tinggi membuat teh hijau semakin dilirik.

Pertanyaannya adalah, apa yang ada dalam teh hijau yang membuatnya begitu istimewa dan sehat? Juga, bagaimana cara yang benar untuk menggunakannya? Produk apa yang tersedia di pasar yang berbasis teh hijau? Dengan fenomena kesehatannya yang sangat mengagumkan, membuat ada banyak pertanyaan mengenai teh hijau, dan kami mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaannya di bawah ini.

Apa itu Teh Hijau?

Teh hijau sebenarnya berasal dari tanaman yang sama di mana teh biasa/ hitam diperoleh. Secara ilmiah, dikenal sebagai Camellia Sinensis. Bahkan, itu adalah teh yang sama namun berbeda dalam pemrosesan. Teh hitam yang normal diperoleh dengan fermentasi daun teh. Fermentasi ini merubah warna dan rasa, plus meningkatkan tingkat kafein dan tanin di dalamnya. Di sisi lain, dalam kasus teh hijau, daun teh dikeringkan atau sedikit dikukus tetapi tidak difermentasi. Inilah yang membuatnya tampak hijau ketika ia diseduh.

Nilai Gizi dari Teh Hijau

Bersama dengan kafein, yang memberikan rasa khas pada teh hijau, teh hijau juga kaya akan zat, yang disebut Catechin Polyphenols (Umumnya dikenal sebagai Tanin, yang berkontribusi terhadap rasa pahit dan astringency). Catechin Polyphenols ini termasuk Catechin, Epicatechin, Epicatechin Gallate (ECG), Epigallocatechin Gallate (EGCG), dan berbagai Pro-Anthocyanidins. Mereka juga dikenal sebagai Flavonoid dan antioksidan yang sangat kuat. Flavonoid, bersama-sama dengan beberapa asam amino seperti Thianine, bertanggung jawab untuk rasa ampuh teh hijau. Selanjutnya, teh hijau juga mengandung asam amino seperti Theanine, Butyric Acid & Liganin; Xanthine Alkaloids seperti Adenin, Dimethylxanthine, Theobromine, Theophylline dan Xanthine; Pectin (juga ditemukan dalam buah-buahan); sakarida (gula), Klorofil dan Triterpene Saponins. Beberapa vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C dan vitamin E juga ditemukan dalam teh hijau. Setelah melihat daftar mengesankan ini, mungkin anda mulai memahami bagaimana teh hijau dikemas dengan nutrisi dan komponen yang menguntungkan.

Jenis Teh Hijau

Berdasarkan penggunaan di Jepang, teh hijau memiliki empat varietas utama, yang bergantung pada panjang daun, metode pengolahan, dan musim panen. Mereka adalah sebagai berikut;

Gyokurocha: Pada varietas ini, daun teh dipetik dari ujung cabang. Ketika diseduh, warnanya terlihat hijau dengan terang. Gyokurocha memiliki rasa dan aroma terbaik, serta dianggap yang terbaik juga dalam hal kesehatan. Selain itu, varietas ini memiliki rasa pahit yang kurang karena mengandung sedikit tanin dan kafein, mengingat daun dipetik ketika masih muda. Satu-satunya kelemahan untuk gyokurocha adalah harganya yang mahal. Namun seperti yang kita semua ketahui, semua hal yang berkualitas tinggi untuk kesehatan tidak pernah datang secara murah.

Sencha: Sencha berasal dari tanaman yang sama dengan gyokurocha, tetapi dalam varietas ini, daun dipetik dari tengah cabang dengan bentuk daun yang lebih besar, lebih tua dan kurang lembut dibanding gyokurocha. Sencha memberikan warna hijau yang terang juga ketika diseduh. Selain itu, teh ini memiliki rasa yang lebih pahit karena mengandung lebih banyak kafein dan tanin. Namun sencha memiliki harga yang lebih murah dan lebih populer ketimbang gyokurocha.

Bancha: Bancha terbuat dari ranting halus tanaman teh yang membuat rasanya sangat kuat dan pahit. Ketika diseduh, teh ini memberikan warna cokelat keemasan. Ini adalah versi lebih murah dari dua varietas teh hijau sebelumnya.

Matcha: Ini adalah bubuk sisa teh hijau, membuat teh berwarna hijau indah dan membentuk banyak busa (buih), tapi memiliki aroma yang lebih lemah dibanding varietas berdaun. Varietas teh hijau ini sangat populer dalam upacara adat, dan kadang-kadang juga disebut Upacara Teh Hijau. Ia memiliki rasa yang tidak pahit jika dibanding tiga varietas awal. Ketika anda mencicipinya, tampaknya ada rasa manis alami yang timbul, terutama jika anda sudah familiar dengan varietas lain.

Houjicha: Ini bukanlah jenis teh hijau murni. Sebaliknya, itu adalah campuran dari teh hijau dan bubuk sereal panggang seperti gandum, barley, atau beras. Kualitas dan harga dari varietas ini tergantung pada rasio teh hijau terhadap kandungan serealnya. Yang paling baik adalah mengandung lebih banyak teh hijau di dalamnya, sehingga memiliki harga yang lebih mahal dan memberikan warna hijau ketika diseduh; sedangkan yang mengandung lebih banyak biji-bijian akan menghasilkan warna coklat keemasan dan harga yang lebih murah.

Genmaicha: Sama halnya dengan houjicha, ini bukan teh hijau murni. Ini adalah campuran teh hijau dan beras merah panggang. Setelah diseduh, ia menghasilkan teh berwarna kuning keemasan, sangat menyenangkan dalam rasa dan aroma, karena adanya kandungan beras merah panggang.

Teh Hijau Tanpa Kafein: Ini bukanlah varietas tertentu, tetapi perlu disebutkan di sini. Salah satu varietas di atas bisa datang dalam bentuk tanpa kafein.

Varietas Lain: Varietas lain dimungkinkan dengan kombinasi dari varietas-varietas yang telah disebutkan diatas, menghasilkan varietas dengan nama berbeda.

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat kesehatan dari teh hijau terutama karena sifat antioksidannya yang berasal dari kafein, serta kandungan Catechin Polyphenols dan Theonine. Manfaat kesehatan utama yang berasal dari efek antioksidan tercantum di bawah ini.

1. Anti Penuaan

Salah satu manfaat teh hijau yang mengagumkan adalah sebagai anti penuaan. Radikal bebas bertanggung jawab untuk kerusakan tubuh dalam berbagai cara, salah satu yang kita lihat adalah tanda-tanda penuaan dan gejala-gejala lain yang berhubungan. Tugas utama antioksidan adalah untuk menetralisir oksidan atau radikal bebas yang ada dalam tubuh. Teh hijau sangat kaya akan antioksidan. Catechin Polifenol yang ada dalam teh hijau sangat bertanggung jawab untuk efek anti oksidan, Oleh karena itu, konsumsi secara teratur teh hijau efektif untuk menunda tanda-tanda dan gejala penuaan.

2. Efek Stimulan (Merangsang)

Salah satu alasan utama menkonsumsi teh dalam peradaban manusia adalah efeknya yang merangsang. Efek ini, sekali lagi, adalah karena faktor kafein dan tanin yang hadir dalam daun teh. Kafein dan tanin, meskipun efeknya berpotensi merugikan kesehatan dalam jangka panjang, namun dapat bertindak sebagai stimulan yang sangat kuat. Itulah sebabnya secangkir teh membuat anda merasa segar dan berenergi tinggi. Teh adalah solusi yang mudah dan ideal untuk melawan kelelahan, kemalasan, mengantuk, kekurangan energi, dan meningkatkan sirkulasi darah. Ini menjadi alasan mengapa teh sangat populer dengan berbagai orang di berbagai industri, termasuk para profesional, ibu rumah tangga, mahasiswa, dan siapa saja yang pernah merasa mengantuk di siang hari.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang secara teratur minum teh hijau lebih tidak rentan terkena infeksi bakteri dan virus dibanding mereka yang jarang minum teh hijau dalam diet mereka. Pesannya adalah teh hijau memperkuat sistem kekebalan tubuh. Catechin yang ada dalam teh hijau mencegah bakteri dan virus untuk menempel pada dinding sel dan menginfeksinya. Catechin ini juga melawan racun yang dikeluarkan oleh mikroba. Sifat antimikroba ini juga melindungi anda dari bau mulut, disentri, diare, kerusakan gigi, gangguan pencernaan, flu, batuk, dan kolitis, yang semuanya disebabkan oleh mikroba dan jamur dalam beberapa cara.

4. Astringency

Ini adalah manfaat teh hijau lainnya yang sangat kuat. Zat astringent memicu kontraksi di otot dan jaringan, selain membentuk otot dan kulit. Bahkan jika anda tidak ingin meminum teh hijau, obat kumur sederhana sehari-hari dengan teh hijau dapat menyebabkan kontraksi yang cukup kuat pada gusi anda untuk menjaga mereka kokoh dalam menopang gigi, sehingga mencegah gigi goyang atau bahkan lepas. Anda juga bisa mencuci rambut dengan teh hijau dan rasakan rambut tumbuh lebih kuat dan sehat setiap hari.

5. Anti-karsinogenik

Selain menyebabkan penuaan dini, radikal bebas juga bertanggung jawab untuk beberapa jenis kanker. Catechin yang terdapat dalam teh hijau dapat menetralkan radikal bebas, mencegah pembentukan karsinogen seperti nitrosamin dan mengurangi risiko kanker bagi orang-orang yang secara teratur mengonsumsi teh hijau. Saat ini teh hijau secara klinis diresepkan dan digunakan sebagai obat rumah untuk membantu dalam pencegahan kanker, terutama untuk pasien yang berisiko tinggi terkena kanker usus, rektum dan pankreas.

6. Mengurangi Kolesterol

Teh hijau telah terbukti efektif dalam mengurangi kadar kolesterol sampai batas tertentu. Hal ini disebabkan oleh alkalinitasnya.

7. Kesehatan Arteri dan Jantung

Manfaat teh hijau lainnya yang tak kalah penting adalah dalam menjaga kesehatan jantung. Komponen-komponen tertentu dalam teh hijau mencegah pengentalan darah, sehingga mengurangi kemungkinan terkena sclerosis arteri, thrombosis, serta serangan jantung dan stroke.

8. Anti Diabetes

Jika tidak dikonsumsi bersama dengan gula, sifat alkali teh hijau membantu mengurangi tingkat glukosa darah. Selain itu, kualitas antioksidan dan astringent teh hijau memastikan kesehatan dan fungsi pankreas yang lebih baik. Meningkatkan fungsi pankreas berarti sekresi insulin yang lebih teratur dan efisien serta perbaikan dalam proses penyerapan gula. Peningkatan fungsi ini akan dapat membantu mencegah timbulnya diabetes.

9. Menurunkan Berat Badan

Siapa yang tidak mengetahui manfaat teh hijau berikut ini? Teh hijau membantu seseorang dalam menurunkan berat badannya, melalui peningkatan metabolisme, sehingga mempercepat konsumsi lemak dalam tubuh. Saat ini teh hijau telah menggantikan banyak minuman lain di dunia sebagai minuman yang membantu dalam penurunan berat badan, mengingat obesitas masih merupakan masalah kronis di banyak tempat. Minum satu atau dua cangkir teh hijau setiap pagi dan lihat hasilnya dalam satu atau dua minggu dalam menurunkan kelebihan berat badan anda.

10. Peningkat Stamina dan Daya Tahan

Anda dapat membuktikan manfaat dengan cukup mudah pada diri sendiri. Cukup minum secangkir teh hijau panas setelah beberapa latihan yang keras dan dalam waktu singkat anda akan siap untuk beberapa sesi lagi. Teh hijau secara efektif melawan nyeri otot akibat kelelahan. Meskipun teh hijau tidak dipublikasikan secara luas bagi para atlet barat karena perusahaan minuman energi yang dominan di sana, namun jika anda mengunjungi Jepang dan China, anda akan melihat bahwa teh hijau adalah minuman pertama yang sering digunakan oleh atlet seni bela diri dan berbagai olahraga lainnya.

11. Detoksifikasi

Teh hijau adalah obat terbaik untuk mengatasi mabuk dan kelelahan yang disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol. Atasi mabuk anda dengan secangkir besar teh hijau dengan lemon, dan mabuk akan segera memudar. Teh hijau dengan jus lemon adalah obat yang sangat baik dan populer untuk menghilangkan efek melelahkan alkohol hampir seketika.

Demikian artikel tentang manfaat teh hijau untuk kesehatan, semoga semakin memperkaya pengetahuan anda. Jadi sudahkah anda minum teh hijau hari ini?

 

 

loading...

Previous post:

Next post: