11 Manfaat Meditasi yang Mungkin Bakal Mengejutkan Anda

December 14, 2015

manfaat meditasi

Dilihat dari sudut pandang religi, meditasi mungkin melibatkan pemakaian tasbih/rosario atau benda lain yang dianggap sakral bagi agama tertentu. Meditasi dapat dilakukan dengan posisi berdiri, duduk atau cara-cara aktif seperti yang dilakukan oleh para pemeluk Budha. Meditasi dapat menggabungkan kebugaran fisik seperti pada Yoga. Proses ini dianggap mampu menghasilkan beragam keadaan emosional atau mendorong perkembangan refleks mental terhadap berbagai situasi yang ada di sekitar kita seperti belas kasihan, amarah, dan kebencian. Meditasi memiliki hasil yang menenangkan dan melegakan yang membantu mengarahkan rasa mawas diri sendiri hingga anda bisa kembali mengendalikan diri anda sendiri.

Salah satu keuntungan dari melakukan meditasi adalah keamanan dan hingga saat ini tidak ada cedera yang terkait dengan meditasi. Seseorang tidak membutuhkan peralatan khusus untuk bermeditasi; yang dibutuhkan hanya ruang yang cukup. Inilah sebabnya mengapa dokter menyarankan meditasi pada pasien yang mengalami stress.

Meditasi dapat dilakukan dibawah pengawasan dokter, ahli kesehatan, dan guru yoga atau meditasi. Seseorang juga dapat melakukannya sendiri namun disarankan untuk mempelajari tekniknya terlebih dahulu dibawah pengawasan guru atau dokter, dan kemudian mempraktekkannya sendiri. Terdapat berbagai macam sekolah atau seni meditasi seperti meditasi Zen, Tibet, Transcendental, Tai Chi, dan bela diri yang mengajarkan teknik meditasi yang benar.

15 hingga 20 menit meditasi setiap hari membantu menjadikan tubuh, pikiran, dan jiwa anda rileks. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk memastikan manfaat kesehatan dari meditasi dan dampaknya pada kehidupan sehari-hari.

Beberapa kesamaan diantara beragam jenis meditasi diantaranya:

  • Lokasi: lokasi yang tenang diperlukan untuk meditasi karena membantu meminimalkan gangguan.
  • Postur Tubuh: posisi tergantung dari jenis meditasi; bisa dengan duduk di satu tempat, berdiri, atau berbaring.
  • Fokus: berbagai jenis meditasi yang berbeda menggunakan hal yang berbeda untuk fokus. Seseorang dapat fokus kepada mantra atau objek atau nafas saat bermeditasi.
  • Sikap Terbuka: pikiran-pikiran yang mengganggu dapat berdatangan saat bermeditasi. Sangatlah penting bagi meditator mencoba untuk tidak kehilangan fokus. Seseorang yang bermeditasi sangat mungkin teralihkan oleh pikiran yang ada dan perlahan mengembalikan diri untuk fokus. Hal ini mungkin membutuhkan waktu namun dengan latihan rutin, sangatlah mungkin untuk tidak teralihkan oleh pikiran-pikiran yang mengganggu.

Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan

1. Mengurangi Stress

Manfaat meditasi yang telah dikenal luas adalah kemampuannya dalam mengatasi stress. Mulailah bermeditasi selama 10 menit per hari untuk membantu mengurangi stress. Banyak orang mengalami stress akibat dari gaya hidup dan tantangan yang ada pada masyarakat modern. Mungkin tidak mudah untuk mengetahui tingkat stress yang dialami seseorang dan tanpa tindakan pencegahan seseorang mungkin saja mengalami tingkat stress lebih lanjut yang dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Pengobatan terbaik untuk stress adalah relaksasi yang dapat mudah dicapai dengan bermeditasi. Penemuan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa meditasi transcendental dapat mengurangi risiko stress psikologis dan hipertensi untuk orang-orang yang baru menginjak dewasa.

2. Mengendalikan Tekanan darah

Meditasi juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa meditasi transcendental dapat mengurangi tekanan darah bagi mereka yang memiliki risiko tinggi hipertensi atau stress psikologis.

3. Mengatasi Insomnia

Kurang tidur dapat berakibat pada masalah kesehatan serius diantaranya kelelahan dan berkurangnya nafsu makan. Penderita insomnia mengandalkan obat tidur untuk membantu mereka tidur. Beberapa bahkan mencoba untuk tetap tidur sesuai kebiasaan namun kondisi tersebut tetap mengganggu. Penelitian telah dilakukan untuk menguji efek pengobatan terhadap pola tidur dan hasilnya menunjukkan bahwa bermeditasi secara rutin dapat membantu mengatasi kesulitan tidur dan terbangun akibat dari insomnia kronis.

4. Menurunkan Risiko Infeksi Pernafasan Akut (IPA)

Manfaat meditasi untuk kesehatan diantaranya menurunkan risiko infeksi pernafasan akut. IPA disebabkan oleh virus dan influenza merupakan salah satu penyakit yang mempengaruhi banyak orang. Kesehatan dan sistem kekebalan tubuh yang baik dapat melindungi tubuh dari IPA. Olahraga dan meditasi adalah beberapa aktivitas yang terbukti bermanfaat. Penelitian menunjukkan bahwa meditasi rutin dapat membantu mengurangi IPA.

5. Mengatasi Gangguan Usus

Latihan meditasi pikiran membantu menjaga kesehatan dan memberikan kelegaan dari gangguan usus. Sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita yang mengalami gangguan usus menunjukkan bahwa meditasi terbukti efektif dalam mengobati berbagai macam masalah pada usus.

6. Mengurangi Kegelisahan

Manfaat meditasi lainnya yang tak kalah penting adalah membantu mengurangi kegelisahan. Penemuan yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa meditasi mengurangi kegelisahan, tekanan darah, dan membantu meningkatkan kualitas hidup.

7. Toleransi Rasa Sakit

Meditasi telah digunakan sebagai terapi untuk meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit. Sebuah penelitian menunjukkan adanya peningkatan toleransi terhadap rasa sakit bagi orang-orang yang bermeditasi dan rasa sakit yang dialami orang-orang tersebut juga menurun secara signifikan.

8. Mengatasi Gangguan Seksual

Salah satu manfaat meditasi yang cukup mengagumkan adalah kemampuannya yang terbukti efektif membantu terapi seksual bagi wanita yang mengalami gangguan seksual. Hasil dari penelitian yang dilakukan tahun 2008 menunjukkan perubahan signifikan terhadap masalah dan gairah seksual. Penelitian tersebut juga menunjukkan peningkatan nilai pemulihan depresi bagi wanita yang memiliki sejarah kekerasan seksual.

9. Membantu Penurunan Berat Badan

Hingga saat ini, makan saat sedang emosional memberikan kontribusi yang besar terhadap kasus obesitas baik pada orang dewasa maupun remaja. Kebiasaan makan ini mendorong seseorang untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak meskipun tidak lapar. Kebiasaan ini disebabkan oleh stress yang tidak dikelola dengan baik, kegelisahan, kebosanan, dan kesedihan. Meditasi untuk membantu menurunkan berat badan dan kondisi-kondisi yang berhubungan dengan pola makan yang buruk. Mengendalikan porsi makan berhubungan langsung dengan penurunan berat badan secara keseluruhan.

10. Meningkatkan Kecerdasan

Meditasi memperkuat dan meningkatkan kewaspadaan pikiran; hal ini sangat bermanfaat jika kita membicarakan tingkat kecerdasan yang dianggap tinggi atau dalam persentase yang memadai. Terdapat berbagai cara untuk meningkatkan IQ seseorang seperti bermeditasi. Meditasi membantu meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi respon stress secara psikologis. Meditasi juga membantu mengurangi tingkat lupa.

11. Mengatasi Sindrom Kelelahan Kronis

Sindrom kelelahan kronis mengacu kepada kelelahan yang diakibatkan oleh inflamasi sistem syaraf atau virus herpes manusia. Meditasi juga berguna dalam mengurangi rasa sakit dan mengobati kegelisahan dan depresi.

Kesimpulan

Proses meditasi melibatkan beberapa tingkat pelatihan yang berfungsi sebagai panduan. Seluruh hasil yang disebutkan diatas hanya dapat dicapai dengan mempelajari meditasi dari ahli yang bisa mengajarkan cara untuk melakukan meditasi secara benar. Menemukan orang yang telah menguasai variasi meditasi bukanlah hal yang sulit terlebih dengan kehadiran internet. Terdapat berbagai sumber informasi yang menawarkan pelatihan gratis/berbayar untuk melakukan meditasi. Sebagai alternatif, anda bisa menemukan informasi ini dari mereka yang telah melakukan meditasi untuk waktu yang cukup lama untuk memperoleh informasi mengenai pelatih. Tetap sehat sangatlah penting dan hal ini bisa dicapai dengan melakukan meditasi.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: