11 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

April 19, 2016

buah nanas

Nanas adalah buah yang memiliki tampilan unik namun memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Manfaat buah nanas termasuk kemampuannya dalam meningkatkan kesehatan pernapasan, mengobati batuk dan pilek, melancarkan pencernaan, membantu menurunkan berat badan, memperkuat tulang, meningkatkan kesehatan mulut, meningkatkan kesehatan mata, mengurangi peradangan, mencegah kanker, meningkatkan kesehatan jantung, melawan infeksi dan parasit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan sirkulasi.

Nanas adalah buah tropis lezat yang telah dikenal selama berabad-abad, tidak hanya untuk rasanya yang unik, tetapi juga untuk manfaat kesehatannya yang ajaib. Buah nanas dimakan segar, dijus, dimasak, diawetkan dan bahkan daunnya dibuat wallpaper dan langit-langit. Mereka termasuk dalam keluarga Bromeliaceae.

Secara historis, buah nanas tumbuh secara signifikan di Hawai, namun mereka saat ini dibudidayakan dalam jumlah besar juga di Brazil, Filipina, dan Kosta Rika. Dikatakan bahwa buah ini sebenarnya berasal dari Paraguay dan Brasil, dan mungkin dari Karibia. Pergerakan buah ini sesungguhnya serta evolusi buah nanas sebagai buah global yang populer sebetulnya masih belum diketahui. Namun diketahui buah ini pertama kali dibawa ke Eropa dan Spanyol dibawa oleh Christopher Columbus pada tahun 1493.

Nama ‘pineapple’ (nanas dalam bahasa Inggris) sebenarnya berkembang di abad ke-17 karena struktur dan penampilannya yang mirip buah pinus. Secara tradisional, mereka dikenal sebagai “ananas”. Buah itu sendiri dapat memiliki panjang hingga 30 cm dan dikelilingi oleh kulit berduri serta diatasnya terdapat daun keras berlilin berbuku-buku dan kadang-kadang jumlahnya mencapai tiga puluh daun per buah. Buah nanas dan jusnya digunakan dan dinikmati di seluruh dunia, bahkan sebagai rasa yang populer dalam minuman beralkohol, dimana yang paling terkenal adalah minuman tropis, pina colada!

Nilai Gizi dari Buah Nanas

Selain dari penampilannya yang menarik, buah nanas juga merupakan gudangnya manfaat kesehatan karena kekayaan nutrisi, vitamin, dan mineral, termasuk kalium, tembaga, mangan, kalsium, magnesium, vitamin C, beta karoten, thiamin, vitamin B6, dan folat. Selain itu juga mengandung serat larut dan tidak larut, serta bromelain.

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

1. Mengendalikan Arthritis

Salah satu manfaat buah nanas yang paling terkenal dalam hal kesehatan adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan sendi dan otot, terutama yang berhubungan dengan arthritis, penyakit melemahkan, yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Buah nanas mengandung enzim proteolitik yang relatif langka yang disebut bromelain, dimana hal ini terkait dengan kemampuannya mengurai protein kompleks, serta juga memiliki efek anti-inflamasi yang serius, dan telah berkorelasi positif dalam hal mengurangi tanda-tanda dan gejala arthritis di banyak subjek tes.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Satu porsi tunggal buah nanas memiliki lebih dari 130% kebutuhan harian vitamin C untuk tubuh manusia, yang membuatnya menjadi salah satu sumber terkaya dari asam askorbat. Vitamin C, terutama berhubungan dengan kemampuannya mencegah penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas sel darah putih serta bertindak sebagai antioksidan untuk memerangi efek berbahaya dari radikal bebas. Radikal bebas adalah produk sampingan berbahaya dari metabolisme sel yang dapat merusak berbagai sistem organ dan mengganggu fungsinya, serta merangsang sel-sel sehat untuk bermutasi menjadi kanker. Vitamin C yang terkandung dalam buah nanas bermanfaat untuk mencegah hal-hal ini.

3. Kesehatan Jaringan dan Sel

Salah satu manfaat vitamin C yang sering diabaikan adalah peran pentingnya dalam menciptakan kolagen. Ini adalah sebagian alasan mengapa vitamin C dipandang sebagai vitamin penyembuh, yaitu karena kolagen adalah protein dasar yang penting dalam pembentukan dinding pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Vitamin C juga membantu anda menyembuhkan luka pada tubuh dengan cepat, bersamaan dengan kemampuannya mempertahankan dari infeksi dan penyakit.

4. Mencegah Kanker

Selain potensi antioksidan vitamin C dalam memerangi kanker, buah nanas juga kaya akan berbagai antioksidan lainnya, termasuk vitamin A, beta karoten, bromelain, berbagai senyawa flavonoid, dan mangan, yang merupakan komponen penangkal radikal bebas yang berbahaya, yang telah dikaitkan dengan berbagai jenis kanker. Buah nanas secara langsung telah dikaitkan dengan kemampuannya mencegah kanker mulut, tenggorokan, dan payudara.

5. Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat buah nanas yang cukup penting adalah dalam melancarkan pencernaan. Seperti kebanyakan buah-buahan, nanas merupakan sumber yang kaya serat, namun mereka spesial karena mereka mengandung serat larut dan tidak larut sekaligus. Ini berarti bahwa makan buah nanas dalam jumlah yang cukup dapat melindungi anda dari sejumlah besar masalah kesehatan, termasuk sembelit, diare, sindrom iritasi usus, aterosklerosis, pembekuan darah, serta tekanan darah. Serat dapat memadatkan feses, yang mendorong perjalanan makanan melalui saluran pencernaan pada tingkat yang normal, serta juga merangsang pelepasan cairan lambung dan pencernaan untuk membantu mencerna makanan. Selain itu, juga membantu dengan penderita diare dengan kembali memadatkan feses. Serat juga membantu membersihkan kolesterol yang berlebih di pembuluh darah sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

6. Mengatasi Batuk dan Pilek

Sebagaimana diketahui bahwa vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh, namun enzim khusus yang terkandung dalam buah nanas, bromelain, juga telah dihubungkan dengan pengurangan dahak dan lendir yang terbentuk di saluran pernapasan dan rongga sinus. Oleh karena itu, selain mencegah penyakit yang menyebabkan dahak dan lendir, mereka juga akan melonggarkan dahak dan lendir yang lendir dan membantu menghilangkannya dari tubuh jika anda sudah terjangkit penyakit atau infeksi.

7. Kesehatan Tulang

Manfaat buah nanas berikut ini mungkin tidak anda duga. Meskipun buah nanas tidak terkenal karena kandungan kalsiumnya, namun kebanyakan orang banyak yang menghubungkan buah nanas dengan kesehatan tulang karena mengandung jumlah mangan yang mengesankan, yang merupakan mineral penting lain dalam pertumbuhan, penguatan dan perbaikan tulang. Mangan adalah mineral yang paling menonjol dalam buah nanas, dimana satu porsi bisa memberikan lebih dari 70% kebutuhan mangan harian anda.

8. Kesehatan Oral

Bersamaan dengan senyawa antioksidan yang melindungi dari kanker mulut, buah nanas juga memiliki sifat astringent, yang memperkuat gusi dan memastikan gigi anda tidak menjadi goyang. Sifat astringent membantu untuk menguatkan jaringan sehingga masalah-masalah seperti gigi tanggal, rambut rontok, kelemahan otot dan kulit yang kendor tidak terjadi. Buah nanas memiliki sifat astringents yang sangat kuat dan sering diresepkan sebagai obat alami untuk memperbaiki gigi yang goyang atau penguatan gusi.

9. Kesehatan Mata

Manfaat buah nanas termasuk dalam menjaga kesehatan mata. Mata adalah salah satu indra yang paling penting bagi manusia, dan buah nanas telah terhubung langsung untuk meningkatkan kesehatan mata dan mencegah penurunan kemampuan yang berkaitan dengan usia. Degenerasi makula mempengaruhi banyak orang tua, dan beta karoten yang terkandung dalam buah nanas dapat membantu menunda masalah penglihatan ini. Menjaga beta-karoten dalam jumlah yang tepat dalam diet anda melalui buah-buahan dan sayuran sangat penting jika anda ingin melihat dunia secara baik sampai usia tua anda.

10. Tekanan Darah

Buah nanas merupakan sumber yang berharga dari banyak mineral, dan kalium termasuk di antaranya. Ini adalah salah satu mineral yang paling penting dalam tubuh kita, dan kekurangan kalium dapat mengakibatkan berbagai macam bahaya kesehatan. Salah satu fungsi yang paling penting dari kalium adalah sebagai vasodilator, yang berarti bahwa ia dapat mengendurkan ketegangan dan stress dari pembuluh darah serta meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai bagian tubuh. Ketika pembuluh darah rileks, tekanan darah menurun dan hambatan pada aliran darah berkurang. Hal ini dapat mencegah penggumpalan darah dan mengurangi akumulasi plak di arteri dan pembuluh darah, sehingga pada akhirnya membantu mencegah kondisi seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Jadi makanlah buah nanas untuk jantung yang sehat!

11. Sirkulasi Darah

Dalam manfaat yang terkait dengan kalium sebagai vasodilator, buah nanas juga menyediakan tubuh dengan tembaga, mineral penting lain yang berfungsi dalam sejumlah reaksi enzimatik dan senyawa dalam tubuh. Terutama, tembaga adalah elemen yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah yang sehat. Jumlah sel darah merah yang tinggi meningkatkan oksigenasi ke berbagai sistem organ dan membuat mereka berfungsi pada tingkat yang optimal. Hal ini juga meningkatkan kemampuan kognitif dan dapat menjaga jalur saraf dari gangguan saraf seperti demensia dan penyakit Alzheimer!

Beberapa Perhatian Terkait Buah Nanas

Manfaat buah nanas telah cukup jelas diuraikan diatas, namun selalu ada sesuatu tentang makanan yang harus menjadi perhatian, dan nanas tidak terkecuali. Bromelain dalam nanas merupakan enzim yang dapat melunakkan daging, dimana hal ini sangat membantu dalam mencerna makanan yang sulit. Namun hal ini dapat mengakibatkan pelunakan pada “daging” anda juga, yang berarti bahwa bibir, gusi, dan lidah anda mungkin mengalami sedikit nyeri atau sensitif jika anda makan terlalu banyak buah nanas. Bromelain adalah bahan kimia yang kuat, layaknya vitamin C, jika dikonsumsi secara berlebihan. Kedua komponen ini dalam porsi konsumsi buah nanas yang tinggi dapat menyebabkan muntah, mual, diare dan sakit kepala. Selain itu, bromelain juga telah dikenal dapat merangsang menstruasi, sehingga wanita hamil harus menghindari konsumsi buah nanas yang berlebihan, karena kadar bromelain yang tinggi dapat menyebabkan keguguran pada beberapa kasus.

Selain dari masalah kesehatan diatas, konsumsi buah nanas dalam jumlah moderat akan membawa banyak manfaat dan tubuh anda akan berterima kasih untuk itu.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: