11 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

August 25, 2015

air kelapa

Manfaat air kelapa untuk kesehatan diantaranya rehidrasi (penggantian cairan tubuh yang hilang), membantu menyembuhkan gangguan sistem pencernaan dan penyakit kolera, mengendalikan hipertensi, menurunkan kadar kolesterol serta melindungi jantung.

Pohon kelapa sendiri dianggap sebagai pohon yang menarik oleh umat manusia. Tidak hanya buah, tapi seluruh bagian dari pohon, dilaporkan sangat berguna. Kelapa menyediakan air kelapa dan daging di dalam batoknya. Air dan daging ini memberikan kita nutrisi penting yang dapat mengenyangkan perut dan menambah energi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kelapa dianggap sebagai tanaman asli bangsa India. Pada awal abad ke-15, kelapa masuk ke Afrika dan perlahan-lahan menyebar ke Eropa. Kelapa umumnya tumbuh di iklim tropis dan saat ini ditemukan di hampir semua daerah tropis di Samudra Hindia dan Pasifik, mulai dari pulau-pulau Hawaii, Hindia Barat, Jamaika, Afrika, India, Sri Lanka, Myanmar, Malaysia, Indonesia, Filipina, sampai Papua Nugini. Terdapat bukti bahwa kelapa telah digunakan di India lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Di India, kelapa dianggap sebagai salah satu buah-buahan yang paling suci dan mereka mempersembahkan kepada dewa sebagai tanda syukur. Salah satu nama dari kelapa dalam bahasa Sansekerta adalah Kalpa-Vriksha, yang berarti sebuah “pohon abadi” atau “pohon yang memenuhi semua keinginan”. Nama ini diberikan mengingat kelapa seperti pohon serbaguna dan hampir semua bagian dari pohon dapat dimanfaatkan dengan menguntungkan.

Kelapa memiliki diameter kurang lebih 20 sampai 30 cm. Buah berbiji yang ditutupi dengan batok dan lapisan serat, atau lebih dikenal dengan istilah sabut ini, sangatlah keras dan tahan air. Air dan daging kelapa tidak hanya dua jenis makanan yang diperoleh dari kelapa. Beberapa produk samping dari kelapa termasuk daging kelapa matang, santan, minyak kelapa, cuka kelapa, dan masih banyak lagi.

Nilai gizi dari Air Kelapa

Air kelapa mengandung energi, protein, lemak, karbohidrat, gula, dan serat makanan. Kandungan mineral termasuk kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, dan selenium. Vitamin yang ditemukan dalam air kelapa meliputi vitamin B6, C, dan E, serta vitamin K, thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, dan asam folat.

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Di bawah ini adalah 11 manfaat air kelapa untuk kesehatan yang perlu anda ketahui :

1. Mengganti Cairan Tubuh (Rehidrasi)

Manfaat air kelapa yang terutama adalah sebagai pengganti cairan tubuh. Air kelapa bukan sekedar air. Ia adalah air yang diisi oleh vitamin dan mineral. Beberapa mineral yang ditemukan dalam air kelapa, seperti kalium dan natrium, bertindak sebagai elektrolit dan membantu menyeimbangkan kadar air dalam tubuh kita. Meminum satu atau dua gelas air kelapa setelah hari yang panjang di bawah terik matahari dapat mengembalikan mineral, vitamin, dan energi yang hilang dalam waktu singkat!

2. Baik untuk Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan

Air kelapa memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Air kelapa adalah obat yang efektif untuk gastroenteritis, muntah-muntah, diare ringan, disentri, dispepsia, dan perut kembung. Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa muda adalah obat rumahan yang baik untuk anak-anak pada tahap awal diare ringan.

3. Membantu menyembuhkan Penyakit Kolera

Air kelapa juga bisa sangat bermanfaat untuk penderita kolera. Ambil dua gelas air kelapa muda dan campur dengan 3-4 sendok teh air jeruk nipis. Ramuan ini dapat mengembalikan keseimbangan elektrolit dan harus secara teratur diberikan kepada pasien. Air kelapa, merupakan sumber potasium yang baik, dapat menjadi solusi ideal untuk penyakit kolera.

4. Sifat Antimikroba

Air kelapa juga telah mengalami pengujian untuk sifat antimikroba nya. Disebutkan bahwa air kelapa mengandung biokimia yang disebut peptida, yang dapat membunuh bakteri. Jadi, mengkonsumsi air kelapa dapat sangat membantu dalam memerangi infeksi.

5. Mengendalikan Kolesterol

Manfaat air kelapa lainnya yang tak kalah penting, air kelapa juga dapat bertindak sebagai pencegah kolesterol tinggi. Penelitian tentang dampak air kelapa pada tikus berkolesterol menunjukkan bahwa LDL (low density lipoprotein) atau kolesterol jahat, trigliserida, dan tingkat kolesterol secara keseluruhan diturunkan sementara HDL (high density lipoprotein), juga dikenal sebagai kolesterol baik, meningkat karena konsumsi air kelapa.

6. Jantung Sehat

Air kelapa baik untuk jantung. Seperti disebutkan pada poin no 5 diatas, bahwa air kelapa dapat menekan kolesterol sehingga mengurangi resiko terkena stroke dan serangan jantung. Air kelapa memiliki efek merangsang pada enzim-enzim, yang membantu dalam pemulihan dari kerusakan miokard (kerusakan otot jantung karena kurangnya pasokan darah).

7. Mengendalikan Hipertensi

Salah satu manfaat air kelapa yang penting lainnya adalah mengendalikan hipertensi (tekanan darah tinggi). Sebuah penelitian yang membandingkan air kelapa dan mauby (minuman berbasis kulit pohon yang terkenal di kepulauan Karibia) menunjukkan bahwa pasien hipertensi yang diberi air kelapa menunjukkan respon yang lebih positif dibandingkan orang yang diobati dengan mauby. Konsumsi satu atau dua gelas air kelapa muda setiap hari dapat bermanfaat dalam mengendalikan hipertensi.

8. Baik untuk Hati

Pengujian pada air kelapa muda untuk sifat hepato-protective yang dimilikinya menunjukkan bahwa air kelapa baik untuk hati. Air kelapa menyediakan antioksidan, yang mengurangi aktivitas penyaringan racun dalam hati.

9. Gangguan kemih

Air kelapa memiliki sifat diuretik, yang sangat membantu dalam kasus gangguan kemih. Karena efek diuretik, air mudah dikeluarkan dari tubuh, bersama dengan racun, sehingga membantu menjaga sistem tubuh kita tetap sehat.

10. Sifat Antioksidan

Manfaat air kelapa yang satu ini juga tak boleh dilupakan. Air kelapa adalah sumber antioksidan yang baik, yang membantu dalam menangkal radikal bebas dan berbagai racun yang secara alami diproduksi dalam tubuh. Radikal bebas dapat memulai apa yang disebut reaksi berantai dalam tubuh yang dapat menyebabkan kematian sel dan berbagai penyakit. Antioksidan yang terkandung dalam makanan kita sangat penting untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya.

11. Pasokan Estrogen, Layaknya Hormon

Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa muda sangat bermanfaat untuk gejala menopause atau terapi penggantian hormon. Air kelapa juga memiliki sifat penyembuhan.

Semoga artikel manfaat air kelapa diatas berguna untuk menambah wawasan kesehatan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: