11 Langkah Untuk Membuat Jantung Anda Tetap Sehat

July 20, 2017

jantung sehat

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian pada pria dan wanita. Namun berita baiknya, hal ini bisa dicegah. Jadi stop membeli cheeseburger, sebaliknya belilah film-film komedi dan bacalah 11 langkah untuk menjaga kesehatan jantung di bawah ini agar jantung anda tetap sehat selama tahun-tahun mendatang.

11 Langkah Untuk Membuat Jantung Anda Sehat

1. Makan Sehat

Makanan yang anda masukkan ke dalam tubuh anda akan mempengaruhi cara kerjanya. Bayangkan, jika anda memasukkan bensin kelas rendah ke mobil berkinerja tinggi, apakah menurut anda mesin itu akan berjalan dengan maksimal?

Anda benar, tidak akan! Jadi “bensin berperforma tinggi” untuk tubuh anda harus mencakup diet sehat yang penuh dengan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan lemak sehat seperti minyak zaitun, salmon, dan kacang-kacangan. Menghentikan makanan tinggi lemak jenuh; Ini berarti anda harus mengatakan “tidak” kepada semua makanan cepat saji yang anda lewatkan dalam perjalanan sehari-hari anda!

2. Mempertahankan Berat Badan Sehat

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika anda tidak yakin apakah anda termasuk dalam kategori risiko ini, pergilah ke dokter anda untuk mencari tahu … dan kemudian lakukan tindakan untuk menurunkan kelebihan berat badan anda.

3. Bergerak!

Olahraga teratur dapat membantu anda mempertahankan berat badan yang sehat sambil menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Para ahli merekomendasikan latihan intensitas sedang minimal 30 menit setiap hari. Jika anda tidak memiliki waktu, anda juga bisa melakukan gerakan-gerakan ringan di sela-sela waktu kerja anda.

4. Periksa Tekanan Darah Anda

Secara teratur anda memantau tekanan darah anda, karena bisa menjadi super tinggi dan anda mungkin tidak mengetahuinya. Dan karena serangan jantung bisa terjadi kapan saja, anda pasti ingin meminimalkan faktor risiko dan memastikan tekanan darah anda dalam rentang yang sehat.

5. Jangan Merokok

Seiring dengan semua hal buruk yang dilakukan oleh rokok: noda pada gigi anda, bau mulut, dan menghabiskan sebagian uang saku anda; merokok terbukti menyebabkan kanker, stroke, emfisema, dan … penyakit jantung.

Artikel terkait : 41 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Rokok dan Mengapa Anda Harus Berhenti Merokok

6. Batasi Penggunaan Alkohol

Minum alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah anda. Ini berarti pria seharusnya tidak mengkonsumsi lebih dari 2 gelas alkohol setiap hari, dan tidak lebih dari satu gelas untuk wanita.

7. Periksa Kolesterol Anda

Kadar kolesterol anda diperiksa setidaknya setiap 5 tahun sekali. Ini tes darah sederhana dan bisa menunjukkan indikasi awal bahwa anda berisiko tinggi terkena penyakit jantung.

8. Mengendalikan Diabetes Anda

Jika anda memiliki diabetes penting untuk memantau kadar gula darah anda dengan ketat.

Artikel terkait: 10 Cara Mencegah Diabetes Menurut Ilmu Pengetahuan

9. Membawa Obat Anda

Jika dokter anda telah meresepkan obat untuk kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, atau diabetes, pastikan anda meminumnya sesuai resep dan konsultasikan dengan dokter anda jika anda memiliki pertanyaan.

10. Tertawa!

Pepatah lama yang mengatakan bahwa tertawa adalah obat terbaik memiliki beberapa kebenaran di dalamnya. Menurut sebuah studi oleh ahli kardiologi di University of Maryland Medical Center, tertawa sebenarnya dapat mengurangi risiko penyakit jantung anda.

Artikel terkait: 10 Manfaat Tertawa yang Bakal Mengejutkan Anda

11. Rileks …

Tingkat stres tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Jadi jika anda stres, apa yang bisa anda lakukan? Cobalah meditasi, akupunktur, atau massage untuk membantu Anda rileks.

Kesimpulan

Jika anda berisiko terkena penyakit jantung, ikuti cara ini agar jantung anda tetap sehat sehingga anda bisa berada di sekitar untuk teman, keluarga, dan yang terpenting anda sendiri! Dan jika anda benar-benar sehat, bagilah tip berikut dengan seseorang yang bisa menggunakan dorongan ke arah yang benar.

 

 

Previous post:

Next post: