11 Cara Alami Menghilangkan Selulit

November 13, 2016

menghilangkan selulit

Bagaimana menghilangkan selulit dengan cepat dan alami adalah pertanyaan dari banyak wanita dan bahkan beberapa pria. Namun sebelum itu, pertama dan terpenting adalah mengetahui secara persis apa itu selulit?

Apa itu Selulit?

Selulit adalah kondisi yang sangat umum yang muncul sebagai gumpalan pada kulit pinggul, paha, pantat dan bahkan belakang lengan. Sejujurnya ini adalah kondisi yang memalukan dan dapat menyebabkan penurunan kepercayaan diri, terutama pada wanita karena wanita lebih sering menggunakan pakaian terbuka dibanding pria.

Selulit dapat terjadi baik pada wanita maupun pria, namun biasanya lebih sering muncul pada wanita karena mereka memiliki jenis lemak tertentu dan jaringan ikat dalam tubuh yang rentan.

Lemak pada wanita tertarik lurus ke bawah seperti tirai yang tergantung di jendela. Sementara pada pria, lemak mengarah ke samping, sehingga tersembunyi dari selulit. Pria juga memiliki kulit yang lebih tebal daripada wanita dalam kebanyakan kasus, yang memungkinkan selulit yang tersembunyi di bawah kulit yang lebih tebal.

Apa yang Menyebabkan Selulit?

Kebanyakan orang meyakini bahwa berat badan berlebih adalah penyebab utama selulit, namun sebetulnya hal tersebut tidak selalu terjadi. Bahkan orang kurus bisa mengalami selulit. Tapi kenapa?

Selulit disebabkan oleh adanya timbunan lemak yang berada di bawah permukaan kulit. Karena lemak ini menekan jaringan ikat anda, dapat menyebabkan tampilan yang menggumpal.

Selulit mempengaruhi orang-orang dari segala bentuk dan ukuran, meskipun sayangnya lebih umum terjadi pada wanita. Anda juga mungkin berada pada risiko yang lebih tinggi terkena selulit jika hal itu telah terjadi pada keluarga anda, karena selulit bisa dipengaruhi faktor genetik. Itulah sebabnya mengapa wanita atau laki-laki kurus dan bugar dapat terganggu kondisi ini.

Ada banyak cara alami untuk menghilangkan selulit di internet, berikut adalah beberapa cara terbaik yang berhasil kami rangkum.

11 Cara Alami Menghilangkan Selulit

1. Olahraga

Olahraga adalah kunci untuk kesehatan secara umum dan umur panjang. Ini juga bermanfaat ketika berbicara tentang kulit anda. Olahraga telah terbukti memperbaiki jaringan otot halus dan mengurangi selulit.

Menurut pencipta the Cellulite Solution Exercise Plan, “Dengan perencanaan olahraga yang tepat, anda dapat mengurangi selulit dan membuat tubuh bagian bawah terlihat lebih halus dan kencang.” Tubuh bagian bawah adalah area dimana selulit cenderung sulit untuk dihilangkan.

Untuk membuktikan hal ini Wayne L. Westcott, PhD, melakukan penelitian 8 minggu yang menunjukkan pengurangan lemak dan peningkatan volume otot bersama dengan laporan dari penurunan selulit pada bagian tubuh bawah dari subyek. 70% dari peserta melaporkan selulit berkurang secara signifikan.

2. Makanan Sehat

Cara menghilangkan selulit berikutnya yang sangat penting adalah melalui makanan sehat. Makan makanan yang sehat merupakan bagian integral untuk mengurangi lemak tubuh dan pada gilirannya, selulit. Dengan kesibukan kita dan akses yang mudah untuk mendapatkan makanan olahan, maka akan sangat mudah bagi kita untuk mendapatkan kelebihan berat badan dengan garam dan gula.

Untuk meminimalkan selulit, mulai dengan menghindari makanan olahan serta mengurangi garam dan asupan gula. Menurut Dr Oz, anda harus mengkonsumsi tidak lebih dari 6 sendok teh gula per hari dan menjauhi makanan yang mengandung lebih dari 200 mg sodium. Menelan terlalu banyak sodium dapat menyebabkan retensi cairan yang akan membuat selulit tampak lebih buruk.

3. Mengurangi Berat Badan

Jika anda berpikir bahwa berat badan mungkin penyebab terbesar dari selulit anda, maka menerapkan 2 langkah di atas (olahraga dan makan sehat) akan sangat membantu.

Menurut WebMD, penambahan berat badan dapat membuat sel-sel lemak anda menjadi lebih besar dan karena itu membuat kaki anda terlihat menggumpal. Penurunan berat badan akan mengurangi tingkat keparahan selulit anda, terutama jika anda melakukan beberapa kg ekstra untuk dihilangkan.

Salah satu cara terbaik untuk memulai mengurangi berat badan anda adalah dengan mengkonsumsi jus buah-buahan dan sayur-sayuran. Mereka rendah kalori namun tinggi nutrisi dan vitamin.

4. Perawatan Rumput Laut

Cara menghilangkan selulit berikut ini mungkin masih asing di telinga kita.

Rumput laut telah lama dikenal sebagai exfoliant alami. Huffington Post menyatakan bahwa rumput laut telah digunakan dalam masakan Asia karena kandungan nutrisinya yang tinggi.

Budaya Asia telah mengambil langkah lebih lanjut terkait rumput laut dan mulai menggunakan mereka dalam perawatan kulit juga. Ketika rumput laut diterapkan pada tubuh anda, maka akan bertindak sebagai exfoliant alami dan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.

Ketika dihubungkan dengan selulit, salah satu artikel Dr. Oz menjelaskan bahwa rumput laut dapat “membantu merangsang sirkulasi dan membuang racun, yang akhirnya membantu mengurangi munculnya selulit.”

Artikel ini selanjutnya mengatakan bahwa ekstrak rumput laut adalah bahan yang baik untuk digunakan dalam lulur buatan sendiri, yang dapat dioleskan untuk menghilangkan selulit.

5. Pasta Tomat

Pasta tomat adalah solusi yang aneh untuk selulit namun nyatanya itu adalah hal yang baik. Pasta tomat mengandung jumlah antioksidan lycopene yang tinggi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa lycopene dapat membantu mencegah kerusakan kolagen. Menurut situs Dr. Oz, “Dengan menjaga kolagen di kulit anda, anda menjaga ketebalan lapisan kulit atas yang sehat diatas lapisan lemak anda, sehingga mengurangi tekanan sel-sel lemak pada lapisan kulit, membuat selulit kurang terlihat.”

6. Hidrasi

Hidrasi adalah kunci ketika berbicara tentang kulit yang lembut dan sehat. Jika anda tidak terhidrasi dengan baik, kulit anda akan menunjukkan efek.

Hidrasi teratur akan membantu fungsi tubuh anda lebih baik secara keseluruhan. Aturan yang baik adalah memastikan anda minum setidaknya 2-3 liter setiap hari. Jika anda memiliki kesulitan menenggak banyak air, coba tambahkan beberapa daun mint atau lemon untuk mendapatkan rasa yang lebih baik. (Baca juga 15 Kebiasaan Sehat Minum Air)

Pada salah satu artikel Women’s Health Magazine, Dermatologist Rachel Nazarian menjelaskan bahwa air membuat perbedaan besar dalam kesehatan kulit anda. Ia menyatakan, “Tanpa asupan air yang cukup, kulit tampak kusam dan keriput serta pori-pori lebih menonjol.”

Ahli lain melanjutkan dengan mengatakan bahwa “berbagai struktur di kulit yang mendukung kolagen membutuhkan air untuk bekerja secara efektif.”

7. Menyikat Kering

Menyikat kering pada dasarnya menyikat kulit kering anda dengan sikat khusus. Ini membantu pengelupasan kulit anda.

Menurut Dokter kulit Francesca Fusco, “Menyikat kering akan mengelupaskan kulit kering dan mati, memperbaiki penampilan dan memungkinkan untuk melembabkan lebih efisien ketika pelembab diterapkan sesudahnya.”

8. Berhenti Merokok

Mudah-mudahan anda tidak memiliki kebiasaan buruk yang satu ini, tetapi jika anda melakukannya, itu jelas tidak akan membantu masalah selulit anda. Merokok diketahui dapat menghentikan pembentukan kolagen. Kolagen merupakan bagian struktural penting dari kulit anda dan mengganggu pembentukannya dapat membuat selulit anda lebih terlihat.

Letakkan rokok anda dan ambillah sesuatu yang sehat! Tentu saja hal ini sangat sulit dibanding hanya diucapkan. Bagi anda yang ingin berhenti merokok namun merasa kesulitan, kami sarankan anda untuk membaca artikel berikut ini: 20 Tips Powerful Untuk Berhenti Merokok.

9. Makan Flaxseed

Menurut Shape Magazine, tempat penyimpanan kolagen anda menurun dari tahun ke tahun. Selain berhenti mengkonsumsi nikotin, anda juga dapat meningkatkan kolagen dengan memasukkan flaxseed dalam diet anda. Menurut Dr Oz, menggabungkan flaxseed akan membantu meningkatkan pertumbuhan kolagen.

Kolagen merupakan elemen yang penting karena membantu menjaga kekuatan kulit anda. Ketika anda memiliki kulit yang kuat maka akan terlihat kencang. Hal ini tentu saja membantu ketika berbicara tentang menghilangkan selulit! Tambahkan flaxseed pada sarapan anda berikutnya untuk mulai menuai manfaat.

10. Pijat

Pijat adalah cara yang baik untuk membantu mengurangi selulit. Namun sayangnya hanya untuk sementara, bukan selamanya memperbaiki. Semakin sering dipijat, semakin baik untuk menghilangkan selulit. Menurut dermatologist Jeannete Graf, “pijatan pada kulit dalam membuyarkan darah yang menggumpal, membuat kulit tampak lebih mulus untuk dua sampai tiga hari”

Sejak dampaknya tidak bertahan selamanya, semakin sering anda dipijat akan lebih baik. Jika anda berencana untuk pergi ke pantai atau berenang mengenakan baju terbuka, lakukan beberapa pemijatan seminggu sebelumnya. Tubuh anda akan berterima kasih untuk itu.

Jika anda sedang mengetatkan pengeluaran atau pijat bukan sebuah pilihan, anda dapat mencoba menggunakan scrub garam laut di rumah. Menurut Dr. Graf, “Scrub garam laut mengandung mineral yang mendetoksifikasi, dan menggosoknya diatas kulit anda akan memberikan cahaya dan membantu membuat kaki anda terlihat sedikit lebih halus.”

11. Self-Tanner

Sayangnya, selulit lebih terlihat pada kulit terang dibanding kulit gelap. Jika anda memiliki kulit putih, cobalah menggunakan self-tanner untuk membantu meminimalkan munculnya benjolan. Anda dapat segera mencobanya dan mulai merasakan selulit anda lebih baik malam ini.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: