100 Manfaat Minyak Zaitun yang Luar Biasa

July 14, 2015

minyak zaitun

Sejak jaman dahulu, minyak zaitun telah dikatakan memiliki manfaat yang luar biasa. Bahkan beberapa menyebutnya sebagai emas cair dan yang lain menyebutnya sebagai karunia dari surga. Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai penelitian telah memperkuat pendapat bahwa minyak zaitun adalah zat yang menakjubkan dengan banyak manfaat.

Berbagai Manfaat Minyak Zaitun yang Serbaguna

Berikut adalah 100 manfaat minyak zaitun yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Membuat arteri anda lebih elastis – Dua sendok makan setiap hari membuat anda lebih tahan terhadap stroke dan serangan jantung.

2. Mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) – Salah satu manfaat minyak zaitun yang cukup populer adalah kemampuannya mengurangi kolesterol. Minyak zaitun mengandung polifenol, yang membantu menjaga tingkat kolesterol LDL anda dalam rentang yang sehat.

3. Membuat rasa lapar anda berkurang – Minyak zaitun menyebabkan anda merasa kenyang sehingga cenderung membuat anda makan lebih sedikit dan hasrat terhadap gula berkurang.

4. Mengurangi risiko stroke pada orang tua melalui mekanisme tertentu – Menurut penelitian tahun 2011, orang tua yang melakukan diet kaya minyak zaitun, yang mengandung asam oleat plasma, lebih sedikit kemungkinan terkena stroke.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung koroner pada wanita – budaya Mediterania telah lama memuja buah zaitun beserta minyaknya, dengan alasan yang baik tentu saja. Sebuah penelitian di Italia menemukan bahwa diet yang mencakup minyak zaitun bersama dengan sayuran dan buah-buahan mengurangi tingkat penyakit jantung koroner pada wanita yang terdaftar dalam penelitian tersebut.

6. Menyembuhkan atau mengurangi jerawat – Meskipun kedengarannya berlawanan menggunakan minyak untuk melawan jerawat dan komedo, namun menggunakan minyak zaitun dan scrub garam membantu penyembuhan beberapa jenis jerawat.

7. Melindungi sel darah merah anda dan berikutnya hati anda – Seiring waktu, sel-sel teroksidasi, yang kemudian mengarah ke efek-efek umum dari penuaan. Ada polifenol tertentu dalam minyak zaitun yang sangat efektif melindungi sel-sel darah merah dari oksidasi. Sebuah penelitian tahun 2009 mengidentifikasi komponen ini sebagai DHPEA-EDA.

8. Mengobati sengatan matahari – Minyak zaitun menenangkan rasa sakit akibat terbakar sinar matahari ringan, dengan membantu kulit mempertahankan kelembaban. Campurkan minyak zaitun dan air dalam suatu wadah. Kocoklah beberapa saat hingga menyatu, kemudian oleskan pada kulit yang terbakar. Kocok campuran sesering mungkin agar dua cairan tersebut tidak terpisah.

9. Membantu melawan kanker payudara – Minyak zaitun mengandung fitokimia, dan sebuah penelitian tahun 2008 menemukan bahwa minyak zaitun turut mempengaruhi pembunuhan terhadap sel kanker dan menekan gen kanker.

10. Meningkatkan memori anda – Beberapa penelitian telah menunjukkan manfaat minyak zaitun dalam mencegah dan bahkan mungkin mengembalikan memori yang hilang akibat penyakit Alzheimer.

11. Mencegah serangan jantung pada pria – Sebuah studi pada tahun 2008 menunjukkan bahwa pria yang mengkonsumsi sedikitnya dua ons minyak zaitun dalam jangka waktu tertentu akan mengurangi kemungkinan mereka terkena serangan jantung sebesar 82 persen dibandingkan dengan pria yang tidak mengkonsumsi minyak zaitun.

12. Menjaga bibir anda tetap lembut – Buatlah balsem bibir anda sendiri dengan mencampurkan minyak zaitun dan lilin lebah (beeswax). Masukkan campuran ke dalam botol kaca kecil dan oleskan dengan menggunakan ujung jari anda.

13. Mengkondisikan rambut anda – Para wanita cantik jaman dahulu telah menggunakan minyak zaitun untuk menghaluskan dan mempercantik rambut mereka. Minyak zaitun memperkuat rambut dan membuatnya lebih fleksibel.

14. Membantu anda untuk tetap sehat sampai usia tua – Diet Mediterania telah terbukti menjadi salah satu yang paling sehat di dunia. Minyak zaitun selalu menjadi bagian integral dari diet Mediterania. Meskipun anggur merah, ikan, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran juga memainkan peranan dalam keberhasilan diet ini, namun para ilmuwan setuju bahwa itu tidak akan semenguntungkan tanpa minyak zaitun.

15. Mencegah kulit kepala kering – Menggunakan minyak zaitun sebagai kondisioner akan melembabkan kulit kepala yang kering.

16. Mencegah kenaikan berat badan – Karena minyak zaitun adalah makanan padat kalori, akibatnya ia sering dihindari karena takut menyebabkan kenaikan berat badan. Namun, sebuah studi tahun 2008 menunjukkan bahwa minyak zaitun, bersama dengan minyak kacang, tidak menyebabkan kenaikan berat badan, tidak seperti yang dilakukan oleh lemak tidak sehat.

17. Menyediakan cara mudah untuk menambahkan makanan yang mengalami proses minimal pada diet anda – Extra virgin olive oil merupakan minyak zaitun yang tidak disuling, diperoleh dengan cara memadatkan minyak zaitun dingin. Semua jenis minyak lainnya yang tersedia untuk dikonsumsi harus disuling dengan pemanasan dan proses kasar lainnya.

18. Membersihkan kulit sensitif – Bangsa Mesir Kuno, Yunani dan Romawi tidak mengenal sabun, namun tetap mendapatkan manfaatnya berkat minyak zaitun. Mereka menggosokkan minyak zaitun ke kulit mereka untuk membersihkan kotoran dan kulit mati. Hari ini, berbagai merk sabun tersedia, termasuk beberapa yang terbuat dari minyak zaitun. Namun tetap banyak orang masih lebih menyukai untuk membersihkan kulit mereka dengan minyak zaitun murni.

19. Menghapus cat dari kulit anda – Minyak zaitun secara perlahan melarutkan bekas cat pada kulit anda. Ketika anda menghapus minyak zaitun tersebut, cat akan terbawa bersamanya. Kulit anda akan tetap lembut dan halus.

20. Membuat ‘exfoliant’ murah yang bekerja layaknya produk spa yang mahal – Proses ‘exfoliating’ akan menghilangkan kulit mati dan mencegah kulit anda dari menjadi kusam. Campurkan minyak zaitun dengan satu sendok teh gula atau garam. Oleskan campuran pada kulit anda, lalu pijat dengan lembut.

21. Melembabkan kulit anda – Minyak zaitun memiliki kemiripan struktur yang lebih dekat dengan struktur kimia minyak alami kulit anda dibanding minyak alami lainnya. Gunakanlah layaknya lotion pada tubuh, wajah dan tangan anda.

22. Mencegah kulit dari penuaan dini – Sifat antioksidan yang akan mencegah sel-sel darah merah dari oksidasi ketika anda mengkonsumsi minyak zaitun juga akan berlaku sama untuk sel-sel kulit ketika anda menggunakannya untuk pemakaian luar. Antioksidan hydroxytyrosol dan vitamin E membantu mencegah degenerasi sel di kulit anda.

23. Tidak menyumbat pori-pori atau menyebabkan jerawat – Minyak zaitun menembus kulit, membuat kulit anda halus mulus tanpa perasaan berminyak.

24. Mencegah kulit kendur – Squalene dalam minyak zaitun meningkatkan elastisitas kulit anda, membuatnya kencang dan bersinar.

25. Menghaluskan dan melembabkan kulit kering dan kasar – Buatlah scrub kaki dari campuran minyak zaitun dan madu, gula dan sedikit jus lemon. Rendam kaki anda dalam air hangat, lalu pijat campuran tersebut pada kaki anda. Tindaklanjuti dengan melembabkan kaki dan tangan menggunakan campuran air dan minyak zaitun yang telah dikocok merata.

26. Memberikan sunless tanning (tanning tanpa sinar matahari) yang aman – Gunakan minyak zaitun sebagai media dalam proses tanning lebih lembut dan merata. Campurkan bahan produk self-tanning komersial dan minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut ke kulit anda dan nikmati tanning tanpa sinar matahari.

27. Membantu anda mendapatkan sunless tanning tanpa menggunakan produk komersial – Jika anda tidak menyukai untuk mencampur minyak zaitun dengan produk self-tanning komersial, campurkan dengan ampas kopi sebagai gantinya. Oleskan secara merata di kamar mandi dan biarkan beberapa lama agar ramuan tersebut bekerja, setelah itu bilaslah.

28. Berperan sebagai media yang sempurna untuk kosmetik – Dikombinasikan dengan pigmen alami dan lilin lebah (beeswax), minyak zaitun menghasilkan lip-gloss, pemerah pipi dan bahkan eye shadow yang murah.

29. Membuat tambahan yang sempurna untuk produk perawatan kulit buatan sendiri – Hampir semua resep perawatan kulit anda, mulai dari masker sampai ‘exfoliant’, dapat ditingkatkan manfaatnya dengan menggantikan minyak yang disebut dalam resep asli dengan minyak zaitun.

30. Bertindak sebagai pengantar yang sempurna untuk obat-obatan berbasis minyak – Minyak esensial biasanya tidak dapat digunakan secara maksimal pada kulit. Mereka memerlukan media dalam penggunaannya. Minyak zaitun adalah pengantar minyak yang sangat baik untuk minyak esensial.

31. Bersama-sama dengan alpukat yang dilembutkan menjadi masker wajah buatan sendiri – Campur secara merata minyak zaitun dengan alpukat matang yang telah dilembutkan. Oleskan ke wajah atau area lain yang membutuhkan pelembab atau peremajaan. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas.

32. Campurkan dengan madu dan telur untuk menjadi masker kecantikan – Sebuah resep masker kecantikan kuno terbuat dari kuning telur, satu sendok makan madu dan sesendok minyak zaitun. Balurkan dan tunggu 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

33. Membuat suplemen vitamin alami – Dua sendok makan dapat menggantikan suplemen vitamin E harian anda, sambil memberikan semua manfaat lain dari minyak zaitun.

34. Mungkin melindungi dan melumasi pita suara anda – Manfaat minyak zaitun yang satu ini terdengar aneh. Memang belum ada bukti ilmiah yang mendukungnya, namun penyanyi telah menggunakan minyak zaitun sebagai obat kumur sebelum melakukan aksinya selama berabad-abad.

35. Sebagai minyak pijit alami – Minyak zaitun mungkin menjadi minyak pijit terbaik yang tertua di dunia. Dapat digunakan sendiri atau bersama-sama dengan minyak esensial.

36. Meningkatkan spiritualitas – Minyak zaitun telah direferensikan untuk digunakan sebagai minyak urapan. Pada zaman kuno, pengurapan sangat penting. Minyak zaitun sering dikombinasikan dengan mur atau minyak kayu manis sebelum digunakan untuk tujuan yang suci ini.

37. Meningkatkan penampilan kulit anda dari dalam ke luar – Memasukkan minyak zaitun dalam menu harian anda membantu kulit anda tetap sehat dan indah.

38. Berperan sebagai pelumas pribadi alami – Minyak zaitun merupakan pelumas pribadi tertua di dunia. Namun tidak boleh digunakan bersamaan dengan alat kontrasepsi seperti kondom lateks atau spiral.

39. Membantu melawan penyakit degeneratif – Antioksidan dalam minyak zaitun memberikan kekuatan untuk membantu mengurangi dampak dari penyakit degeneratif pada tubuh anda.

40. Meningkatkan kesehatan seluruh penduduk dunia – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi merekomendasikan orang-orang di seluruh dunia mengadopsi diet Mediterania untuk kesehatan yang lebih baik dan secara khusus menunjuk minyak zaitun sebagai sumber lemak tersehat di planet ini.

41. Sama ampuhnya seperti buah-buahan dan sayuran sebagai sumber antioksidan dan vitamin – Minyak zaitun makanan alami yang mengalami proses pengolahan yang sangat minimal serta mengandung banyak antioksidan dan nutrisi, tidak kalah seperti buah-buahan dan sayuran.

42. Menurunkan tekanan darah anda – Meskipun peneliti memiliki beberapa teori tentang hal ini, namun tidak ada yang benar-benar yakin mengapa minyak zaitun membantu menurunkan tekanan darah. Mereka hanya tahu bahwa hal itu bisa.

43. Mengambil peran dalam membuat wanita menjadi cantik – Disebutkan bahwa para istri raja Persia Xerxes menggunakan minyak zaitun untuk membuat diri mereka cantik. Baru-baru ini, Sophia Loren, yang masih masuk dalam daftar “wanita paling cantik” di usia 70an, memberikan kredit pada minyak zaitun untuk kecantikannya, baik untuk pemakaian luar maupun konsumsi setiap hari.

44. Membuat sabun yang baik – Sabun pertama di dunia terbuat dari minyak zaitun. Hari ini, sabun minyak zaitun masih menjadi salah satu yang terhalus dan memiliki aroma yang terbaik di pasaran.

45. Kombinasikan dengan mentega untuk dioleskan pada roti – Satukan mentega dan minyak zaitun secukupnya dalam mangkuk. Kocok perlahan sampai minyak zaitun tercampur sepenuhnya dengan mentega. Dinginkan dan kemudian gunakan seperti yang anda lakukan pada roti.

46. Mengurangi asam nitrat ke tingkat normal – Asam nitrat telah terbukti meningkatkan tekanan darah. Minyak zaitun mengurangi kadar asam nitrat. Ini mungkin salah satu cara menurunkan tekanan darah anda.

47. Membuat anda hidup lebih lama – Tidak ada keraguan bahwa makan makanan yang sehat dapat membuat anda hidup lebih lama. Minyak zaitun merupakan bagian dari diet sehat di bumi, yaitu Diet Mediterania. Jeanne Calment, salah satu orang tertua di dunia mengkonsumsi minyak zaitun untuk diet sehari-hari.

48. Meminimalkan selulit – Campurkan ampas kopi dengan minyak zaitun untuk perawatan selulit. Oleskan langsung pada kulit.

49. Melembabkan rambut anda – Minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk rambut anda. Campurkan ampas kopi dan minyak zaitun untuk menjadikannya kondisioner rambut yang baik. Gosokkan pada rambut sebelum anda menggunakan shampoo.

50. Memperbaiki rambut rusak – Hangatkan seperempat cangkir minyak zaitun, kemudian oleskan pada rambut anda sampai meresap ke akar. Bungkus rambut anda dengan shower cap, kemudian panaskan rambut dengan hair dryer. Biarkan minyak menempel di rambut anda sampai setengah jam, kemudian keramaslah seperti biasa.

51. Menghapus makeup – Celupkan kapas pada minyak zaitun dan seka lembut make up dari wajah anda. Anda juga dapat dengan aman menggunakan minyak zaitun di dekat mata anda.

52. Mencerahkan warna kulit – Campurkan air dan minyak zaitun dalam botol atau wadah lainnya yang tertutup rapat. Kocoklah dan kemudian oleskan pada kulit Anda.

53. Menambahkan dimensi baru pada pertandingan gulat – Di Turki, sebuah tradisi yang telah berusia 600 tahun melibatkan pertandingan gulat pria dewasa yang diolesi dengan minyak zaitun.

54. Berperan sebagai minyak pijat sensual – Minyak zaitun telah digunakan sebagai minyak pijat sensual sejak zaman kuno.

55. Membantu anda membuat makanan yang lezat dan sehat – Minyak zaitun umumnya digunakan dalam segala macam masakan di Mediterania.

56. Memastikan makanan anda tidak menempel pada loyang – Minyak zaitun dapat dioleskan pada loyang untuk membuat makanan anda tidak menempel ketika diangkat.

57. Merubah makanan cepat saji menjadi makanan sehat – Gunakan minyak zaitun untuk mengubah pizza Amerika yang tidak sehat menjadi pizza Mediterania yang sehat, dengan cara menggantikan minyak yang umumnya dipakai dengan minyak zaitun serta oleskan juga pada loyang untuk menghindarinya dari kerak.

58. Membuat makanan tetap segar untuk waktu yang lama – Vitamin E dalam minyak zaitun membantu menjaga makanan tetap segar lebih lama dibanding minyak-minyak lainnya.

59. Mengganti mentega dalam setiap resep – Minyak zaitun adalah pengganti yang baik untuk mentega dalam hampir semua resep. Bahkan berfungsi dengan baik pada makanan yang dipanggang. Jika tetap ingin menggunakan mentega, gunakan sedikit saja dari jumlah mentega yang diperlukan dalam resep.

60. Mengembalikan masakan Italia pada habitatnya sebagai masakan sehat – Gunakan minyak zaitun dalam saus, dalam pasta untuk mencegah pasta menempel dan untuk menumis bahan-bahan. Sedikit minyak yang tepat dapat membuat perbedaan antara masakan yang sehat dan yang tidak.

61. Membuat saus sehat – Giling kemangi, kenari atau kacang pinus, parmesan dan bawang putih bersama-sama, kemudian campurkan dengan minyak zaitun sampai merata. Gunakan diatas pasta atau sebagai selai untuk roti.

62. Melindungi makanan dari freezer – Gunakan sebagai segel pelindung untuk saus buatan sendiri atau hidangan Mediterania lainnya sebelum anda membekukan mereka.

63. Mencegah nyamuk berkembangbiak – Cegah larva nyamuk mengkontaminasi air hujan dengan menuangkan minyak zaitun di atas air dalam tong hujan anda.

64. Membuat bumbu penyehat jantung – Minyak zaitun dapat menjadi bumbu yang lezat diatas roti dan banyak hidangan lainnya.

65. Menjadi campuran salad penyehat jantung – Campurkan minyak zaitun dan bumbu-bumbu lainnya di atas salad anda.

66. Membuat roti biasa menjadi sesuatu yang istimewa – Roti dapat dicelupkan pada minyak zaitun yang dicampur berbagai bumbu dan rempah-rempah.

67. Kombinasikan dengan bumbu, rempah-rempah, bawang putih atau air lemon untuk membuat saus dengan selera anda sendiri – Campurkan minyak zaitun dengan bumbu untuk menjadi saus celup. Lakukan percobaan dengan menambahkan bawang putih atau dalam kombinasi dengan bumbu, rempah-rempah, cuka atau air lemon.

68. Mengurangi munculnya stretch mark – Campurkan cocoa butter dan minyak zaitun, setelah itu oleskan pada area yang dikehendaki untuk mengurangi stretch mark.

minyak zaitun

69. Meningkatkan keindahan rambut hitam – Campurkan minyak zaitun dengan produk perawatan rambut untuk membuat produk menyebar lebih merata ke seluruh rambut anda.

70. Merapihkan rambut kusut anda – Oleskan minyak zaitun pada rambut anda, lalu sisir secara perlahan untuk meluruskan kembali.

71. Mencerahkan dan melindungi rambut anda – Setelah diberi pelembab, oleskan minyak zaitun untuk mencegah kelembaban dari penguapan.

72. Menguatkan kondisioner komersial – Tambahkan minyak zaitun pada kondisioner untuk menguatkan khasiatnya.

73. Mencegah rambut rontok dan rusak – Dengan menggunakan minyak zaitun dibanding bahan kimia untuk merawat rambut anda, anda dapat meminimalkan kerusakan pada rambut.

74. Membunuh kutu – Oleskan minyak zaitun pada rambut anda. Biarkan selama minimal 30 menit dan ulangi perawatan setiap sepuluh hari setidaknya untuk satu bulan.

75. Mencegah rambut beruban sebelum waktunya – Minyak zaitun mengandung pigmen. Menggunakannya pada rambut anda secara bertahap dapat menghitamkannya.

76. Melancarkan pencernaan – Manfaat minyak zaitun lainnya yang tak kalah penting adalah membantu melancarkan proses pencernaan. Orang-orang telah mengkonsumsi minyak zaitun untuk kelancaran pencernaan selama beberapa generasi.

77. Membuat lampu minyak dengan pembakaran yang bersih – lampu minyak zaitun telah dipuji selama ribuan tahun karena cahayanya yang baik dan baunya yang harum.

78. Berfungsi sebagai pelumas rumah tangga – Gunakan minyak zaitun di mana saja anda biasa menggunakan semprotan pelumas.

79. Mengkilapkan peralatan rumah tangga – Oleskan minyak zaitun untuk mengkilapkan alat-alat rumah tangga yang terbuat dari stainless atau alumunium.

80. Mengawetkan peralatan yang terbuat dari kayu – Gosok minyak zaitun dengan lembut pada permukaan talenan, mangkuk kayu dan peralatan-peralatan kayu lainnya.

81. Menumis makanan – Inilah salah satu manfaat minyak zaitun yang cukup populer. Anda dapat menumis hampir semua jenis masakan dengan minyak zaitun. Hindari panas yang tinggi dan jangan coba menggunakannya untuk menggoreng.

82. Menggelapkan dan menyoroti bulu mata – Gunakan minyak zaitun, bukan maskara, untuk menggelapkan dan menyoroti bulu mata dan alis anda.

83. Merubah mandi menjadi spa – Tambahkan minyak zaitun pada mandi anda. Lakukan eksperimen dengan menggunakan minyak esensial yang berbeda untuk mengharumkannya.

84. Menyejukkan kulit halus bayi – Minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk bayi anda. Gunakan minyak zaitun, bukan baby oil, untuk perawatan kulit bayi, terutama untuk mengobati dan mencegah ruam popok.

85. Membuat sepatu boot anda anti air – juga bekerja pada sabuk peralatan, sarung tangan dan barang-barang kulit utilitarian lainnya.

86. Melembutkan proses bercukur anda – Gunakan minyak zaitun sebagai pengganti sabun atau krim cukur untuk gaya bercukur yang lebih nyaman.

87. Mengkilapkan mebel kayu – Celupkan kain lembut pada minyak zaitun, kemudian bersihkan pada furnitur anda.

88. Melembabkan kutikula – Gunakan kapas yang telah dicelup minyak zaitun untuk melembabkan kutikula anda.

89. Menjaga wadah ukur tetap bersih – Bersihkan wadah ukur dengan minyak zaitun untuk menghilangkan bahan-bahan yang menempel.

90. Menjinakkan rambut keriting – Semprotkan sedikit minyak zaitun pada rambut keriting sebelum menyisir.

91. Membetulkan ritsleting macet – Teteskan minyak zaitun pada ritsleting dan biarkan menyerap, kemudian buka ritsleting seperti biasa.

92. Memperindah bulu kucing – Tambahkan sedikit minyak zaitun pada makanan kucing untuk bulu yang lebih bersinar dan kulit yang sehat.

93. Mengkilapkan kuningan – Celupkan kain lembut pada minyak, kemudian gosokkan pada alat-alat kuningan anda.

94. Meringankan nyeri sakit telinga – Terdengar aneh manfaat minyak zaitun yang satu ini? Namun sebuah ramuan populer untuk mengatasi nyeri telinga hanya memiliki satu bahan: minyak zaitun.

95. Meringankan tenggorokan gatal – Satu sendok minyak zaitun dapat menenangkan rasa gatal yang menjengkelkan di tenggorokan.

96. Membuat sepatu bersinar – Basahi kain lembut dengan minyak zaitun, kemudian gosokkan pada sepatu anda.

97. Melindungi tangan dari pekerjaan kotor – Oleskan minyak zaitun pada tangan anda sebelum berkebun atau melakukan pekerjaan kotor lainnya untuk mencegah penumpukan kotoran dan membuat pembersihan tangan menjadi lebih mudah.

98. Menghapus getah atau tar dari kulit anda – Oleskan minyak zaitun pada kulit anda, kemudian gosok lembut sampai kotoran terhapus. Lap minyak dari tangan Anda.

99. Menghapus stiker – Oleskan minyak zaitun dengan penuh pada stiker, kemudian dengan lembut kelupas dari permukaan.

100. Menghapus permen karet dari kulit atau permukaan yang tidak berpori – Gosok lembut permen karet dengan minyak zaitun. Setelah itu lap minyak dan kotoran dari tangan anda.

Semoga artikel 100 manfaat minyak zaitun diatas berguna untuk kesehatan dan kehidupan anda sehari-hari.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: