10 Manfaat Wortel yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

January 4, 2017

manfaat wortel

Manfaat Wortel – Siapa yang tidak mengenal sayuran yang memiliki warna orange ini. Sayuran ini sangat dikenal karena kandungan vitamin A nya yang tinggi yang baik untuk mata. Namun ternyata manfaat wortel untuk kesehatan sangatlah luas. Selain mereka dapat menyehatkan hati dan jantung anda, wortel juga dapat membuat anda lebih positif. Wow!

Sebelum kita masuk satu per satu pada manfaat kesehatan dari wortel yang luar biasa ini, mari kita lihat profil nutrisi wortel, yang mungkin menjelaskan beberapa kekuatan super mereka.

Profil Gizi

Menurut NutritionData.com satu wortel besar berisi:

  • 30 kalori
  • 2 g serat – 8% dari kebutuhan minimal harian
  • Vitamin A – 241% dari kebutuhan minimal harian
  • Vitamin K – 12% dari kebutuhan minimal harian
  • Vitamin C – 7% kebutuhan minimal harian
  • Kalium – 7% kebutuhan minimal harian
  • Tidak berlemak
  • Tidak ada kolesterol

Kandungan vitamin A dalam wortel benar-benar tinggi bukan?
Namun jangan khawatir, anda bisa makan wortel setiap hari tanpa overdosis vitamin A.

Mendapatkan vitamin A dari wortel berbeda dari supplemen karena wortel tidak benar-benar mengandung vitamin A. Mereka mengandung beta-karoten (antioksidan dan jenis karotenoid) yang dirubah oleh tubuh kita menjadi vitamin A.

Namun tubuh kita pintar, dan mereka hanya mengkonversi sebanyak yang mereka butuhkan, jadi kita tidak perlu khawatir tentang efek samping dari kelebihan vitamin A.

Kandungan beta-karoten yang tinggi inilah yang memberi wortel manfaat kesehatan yang menakjubkan.

Baca lebih lanjut untuk mengetahui manfaat wortel apa saja yang bisa diberikan untuk kesehatan anda.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

1. Kulit Sehat dan Halus

Kandungan vitamin A yang tinggi dalam wortel dapat membantu anda mencapai kulit sehat dan bersinar yang selalu anda idamkan.

Vitamin A biasanya digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti jerawat, eksim, psoriasis, luka bakar dan bahkan sengatan matahari. Sementara kulit kasar dan kering adalah tanda umum bahwa anda tidak mendapatkan cukup vitamin A.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Evolution and Human Behavior menunjukkan bahwa makan makanan yang sehat seperti wortel dan tomat memberikan kulit yang sehat dan warna emas yang cerah!

Zat yang disebut karotenoid, antioksidan yang memberi warna merah atau kuning untuk makanan tertentu, inilah yang bertanggung jawab terhadap warna cerah kulit.

Ketika diminta untuk memilih antara warna kulit yang disebabkan oleh berjemur atau karotenoid, orang-orang lebih suka warna emas kulit dari karotenoid.

Namun jangan karena manfaat wortel ini anda melupakan sinar matahari, karena anda masih membutuhkan sinar matahari untuk dosis harian vitamin D.

2. Melihat Dalam Gelap

Mungkin anda terkejut mendengar manfaat wortel berikut ini. Apakah benar bahwa wortel dapat membantu anda melihat dalam gelap? Mungkin saja!

Kekurangan vitamin A telah dikaitkan dengan kurangnya penglihatan di malam hari.

Dalam satu penelitian, pasien kekurangan vitamin A diuji untuk tingkat penglihatan di malam hari, ditemukan bahwa pasien tersebut sungguh-sungguh mengalami penurunan kemampuan penglihatan malam. Setelah tujuh bulan penuh asupan vitamin A kemampuan penglihatan malam pasien tersebut mencapai tingkat normal kembali.

Rabun senja akibat kekurangan vitamin A memang bukan penyebab yang umum, meskipun rata-rata terjadi pada mereka yang memiliki masalah dalam penyerapan nutrisi.

Orang dengan penyakit Crohn, penyakit celiac, cystic fibrosis atau gangguan pankreas dapat paling berisiko terkena kelainan penyerapan nutrisi.

Tidak mendapatkan cukup vitamin A juga dapat menyebabkan kekeringan pada kornea, ulkus kornea, dan kerusakan retina, yang semua pada akhirnya menyebabkan gangguan penglihatan.

Intinya adalah makan wortel akan menjaga mata anda dalam kondisi prima.

3. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat wortel yang luar biasa adalah kemampuannya mencegah kanker.

Anda tidak perlu mencari suplemen semacam wheatgrass atau spirulina untuk membantu mencegah kanker. Wortel mungkin adalah semua yang anda butuhkan!

Menurut American Institute for Cancer Research, antioksidan beta-karoten yang terkandung dalam wortel diduga dapat melindungi membran sel dari stres oksidatif dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Wortel juga mengandung senyawa alami yang disebut falcarinol, dimana ditemukan memperlambat perkembangan lesi kanker ketika diberi makan pada tikus percobaan.

Antioksidan yang ditemukan dalam wortel juga diduga membantu menangkal kanker mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung dan kanker serviks.

Terlebih lagi, asupan karotenoid yang tinggi telah terbukti menyebabkan penurunan sebanyak 20% pada kanker payudara pasca menopause; dan penurunan hingga 50% pada kanker kandung kemih, kanker leher rahim, prostat dan usus besar.

4. Wortel Untuk Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Para peneliti di Stanford University School of Medicine menemukan bahwa orang dengan kecenderungan genetik terkena diabetes tipe 2 mungkin dapat mengurangi risiko terkena penyakit tersebut dengan mengkonsumsi beta karoten. Penemuan ini cukup menjanjikan.

Bahkan bagi mereka yang sudah memiliki penyakit diabetes, wortel adalah makanan yang aman.

Berada di kelompok sayuran ‘non tepung’, wortel merupakan salah satu dari sedikit makanan yang aman dikonsumi penderita diabetes, menurut American Diabetes Association.

5. Membuat Jantung Sehat

Manfaat wortel lainnya yang sangat penting adalah mereka merupakan sahabat jantung anda.

Kita tahu bahwa berolahraga dan diet seimbang dengan banyak buah dan sayuran adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung. Namun wortel dapat memainkan peran penting dalam mencegah penyakit jantung koroner.

Sebuah penelitian pada lebih dari 20.000 orang, selama lebih dari 10 tahun, menemukan bahwa asupan tinggi buah dan sayuran oranye, terutama wortel, dapat melindungi dari penyakit jantung koroner.

Teratur mengkonsumsi wortel (bersamaan dengan ikan dan sayuran hijau) juga telah dihubungkan dengan rendahnya risiko serangan jantung pada wanita.

6. Menjadi Optimis

Ingin lebih bahagia, lebih positif dan stress? Cobalah beberapa wortel!

Mungkin anda masih bingung dengan manfaat wortel yang satu ini.

Penelitian dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa orang yang menilai diri mereka sebagai seorang yang optimis memiliki kadar karotenoid dalam darah mereka 13% lebih tinggi dari dibandingkan dengan mereka yang menilai diri mereka sebagai orang yang pesimis.

Namun, para peneliti tidak yakin persis bagaimana karotenoid dan optimisme terkait. Mungkin orang lebih optimis secara alami mengikuti gaya hidup sehat, kaya buah dan sayuran.

Apapun suasana hati anda, menambahkan lebih banyak wortel dan makanan kaya karotenoid lain seperti bayam, kale, dan kentang manis untuk diet anda merupakan hal yang baik.

Selain meningkatkan kesehatan mental, ekstrak wortel telah ditemukan mampu meningkatkan memori dan mengendalikan disfungsi kognitif.

7. Mengurangi Peradangan

Manfaat wortel lainnya yang tak kalah penting adalah mengurangi peradangan. Peradangan merupakan kondisi yang sangat destruktif dimana merupakan penyebab utama kematian di Amerika Serikat!

Peradangan diyakinin merupakan akar penyebab penyakit Alzheimer, penyakit jantung, kanker dan arthritis.

Kabar baiknya adalah bahwa diet anda adalah salah satu cara utama untuk memerangi peradangan dalam tubuh, dan membantu melindungi diri dari penyakit-penyakit jahat.

Wortel merupakan makanan anti-inflamasi yang hebat, dikarenakan vitamin A merupakan salah satu vitamin yang memiliki efek anti-inflamasi paling kuat. Kurangnya vitamin A telah dikaitkan dengan peradangan pada usus, paru-paru dan kulit.

Melengkapi diet anda dengan vitamin A telah ditemukan membantu beberapa kondisi peradangan, seperti jerawat, kondisi paru-paru yang dikenal sebagai broncho-pulmonary dysplasia dan beberapa bentuk kanker.

Hebatnya, ekstrak wortel memberikan manfaat anti-inflamasi yang sama dengan obat anti-inflamasi seperti Aspirin, Ibuprofen, Naproxen dan Celebrex.

8. Wortel Untuk Meningkatkan Imunitas

Sebuah sistem kekebalan tubuh yang berfungsi dengan baik sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan – hal ini membantu tubuh kita mengidentifikasi dan melawan virus asing, bakteri dan ancaman lainnya.

Ketika berbicara tentang memperkuat sistem kekebalan tubuh, vitamin A (bersama dengan vitamin D) mengambil peran penting. Mereka merangsang produksi dan aktivitas sel-sel darah putih, yang memainkan fungsi penting dalam mempertahankan tubuh terhadap penyakit. Vitamin A juga mengatur pelepasan sel kekebalan di dalam usus.

Wortel juga mengandung vitamin C dalam jumlah kecil, yang merupakan nutrisi penting lainnya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pada tingkat yang lebih rendah, wortel mengandung nutrisi peningkat kekebalan lainnya seperti vitamin B6 (5%), vitamin E (2%), dan tembaga (2%).

9. Menurunkan Kolesterol

Wortel merupakan sumber yang baik dari serat makanan larut, yang mungkin menjadi salah satu alasan mengapa mereka telah terbukti menurunkan kolesterol.

Menurut University of Arizona College of Agriculture & Life Sciences, “serat menurunkan kolesterol darah dengan mengikat asam empedu, yang terbuat dari kolesterol, di saluran pencernaan dan membawa mereka keluar dari tubuh sebagai limbah”.

Sebuah penelitian selama tiga minggu terkait manfaat wortel dimana peserta makan wortel setiap hari menemukan bahwa konsumsi wortel merubah penyerapan kolesterol dan meningkatkan aktivitas antioksidan. Ini berarti bahwa orang-orang dengan kolesterol tinggi mungkin mendapat manfaat dari menambahkan wortel untuk diet harian mereka.

Bahkan, USDA menyarankan makan dua wortel sehari untuk menurunkan kolesterol hingga 20%, yang bisa membuat perbedaan besar untuk beberapa orang, membawa kolesterol mereka turun ke tingkat optimal.

10. Melindungi Hati Anda

Manfaat wortel juga termasuk dalam menjaga kesehatan hati anda berkat serat dan antioksidan dalam wortel yang bekerja secara langsung.

Serat meningkatkan sekresi empedu dari hati, yang membantu mencegah penyakit hati dan kantong empedu, serta memastikan hati tidak terbebani. Hal ini juga mengurangi peradangan dan stres oksidatif seluruh tubuh, termasuk hati.

Dalam sebuah penelitian pada tikus, beta karoten telah terbukti membantu mencegah kerusakan hati yang disebabkan oleh alkohol. Plus, penelitian pada tikus menunjukkan bahwa wortel dapat melindungi hati dari efek racun lingkungan dan bahan kimia – bahkan mungkin yang ditemukan dalam peralatan masak antilengket anda.

Ahli gizi Jane Clarke merekomendasikan jus wortel sebagai tonik hati yang efektif. Namun tetap perlu diingat bahwa ketika anda mengkonsumsi makanan anda sebagai cairan (jus), anda kehilangan serat diet yang berharga dalam sayuran, yang memberikan beberapa kekuatan penyembuhan.

Memaksimalkan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Sementara banyak makanan yang paling baik dimakan mentah atau difermentasi untuk menuai manfaat nutrisi yang optimal, wortel merupakan salah satu sayuran yang keuntungannya didapat dari memasak dengan hati-hati.

Peneliti University of Arkansas mengatakan bahwa wortel yang dimasak memiliki kemampuan antioksidan yang lebih tinggi dibanding wortel mentah. Namun jangan membuat mereka menjadi bubur, merebus atau mengukus adalah cara memasak wortel yang terbaik.

Kulit wortel juga telah ditemukan dapat meningkatkan level antioksidan. Sehingga tidak mengupas kulitnya ketika dikonsumsi adalah salah satu cara mendapatkan keuntungan maksimal dari wortel.

Selain itu, pastikan anda membeli wortel organik. Mereka memang sedikit lebih mahal, tapi jauh lebih bernilai. Telah diteliti bahwa pestisida dalam wortel dapat setinggi 80% dari konsentrasi pestisida dalam tanah, dimana sampai 50% dari konsentrasi yang terkandung berada dalam dalam daging wortel (bukan kulitnya).

Baca juga beberapa artikel manfaat sayuran lainnya dari kami:
1. Manfaat Brokoli
2. Manfaat Lobak
3. Manfaat Bayam

***

Jika artikel manfaat wortel untuk kesehatan ini berguna untuk anda mohon dishare ya :)

 

 

Previous post:

Next post: