10 Manfaat Telur Puyuh yang Menakjubkan

April 5, 2016

manfaat telur puyuh

Apakah anda pernah memakan telur puyuh? Apakah anda tahu bahwa telur ini lebih bergizi daripada telur ayam yang biasanya kita makan? Selain itu, telur puyuh juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang mengagumkan.

Jika anda ingin mengetahui lebih jauh tentang telur puyuh, tetaplah membaca!

Telur puyuh diperoleh dari burung puyuh liar. Burung puyuh bergerak cepat dan juga dapat terbang jika situasi memaksa. Telur puyuh lebih kecil dan lebih ringan dari telur ayam, dan pada kulitnya terdapat titik-titik hitam. Nilai gizi dari telur puyuh jauh lebih besar daripada telur ayam seperti yang akan kita lihat di bawah ini.

Berikutnya, mari kita lihat manfaat-manfaat telur puyuh yang menakjubkan untuk kesehatan.

10 Manfaat Telur Puyuh Untuk Kesehatan


1. Kaya Nutrisi

Telur puyuh lebih bergizi dan lebih sehat dibanding telur ayam. Telur puyuh mengandung 13% protein, yang mencukupi lebih dari kebutuhan protein harian yang direkomendasikan. Telur puyuh juga sangat kaya dengan vitamin B, dengan lebih dari 140% Tiamin (Vitamin B1). Jumlah ini sekali lagi lebih dari 80% nilai tiamin ayam.

2. Mencegah Batuk Dan Meringankan Asma

Telur puyuh mengobati berbagai kondisi dan efektif dalam mengobati batuk dan asma. Banyak peradaban kuno telah menggunakan kuning telur puyuh untuk mengobati psoriasis dan eksim. Kualitas manfaat telur puyuh tersebut telah menjadikan mereka sebagai produk komersial, yaitu dengan adanya kapsul ekstrak telur puyuh.

3. Mengurangi Risiko Terminal Penyakit

Jika tubuh anda memiliki jumlah kalium yang rendah, anda sedang berada dalam risiko terkena penyakit seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, arthritis, stroke, kanker dan gangguan pencernaan. Jadi, konsumsilah telur puyuh untuk menjaga kadar kalium tetap tinggi. Jika anda tidak terlalu selera dengan telur puyuh, pertimbangkan makan ekstrak kapsul telur puyuh.

4. Meningkatkan Pembentukan Darah

Telur puyuh kaya akan kandungan zat besi. Zat besi merupakan mineral penting, yang tidak hanya meningkatkan kekebalan, tetapi juga membantu oksigenisasi organ, jaringan dan bagian lain dari tubuh anda. Zat besi juga merangsang pembentukan sel darah merah, yang meningkatkan kesehatan darah anda. Telur puyuh mengandung potasium, yang juga bermanfaat untuk darah.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat telur puyuh lainnya yang tak kalah penting adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Telur puyuh membantu mengatasi masalah-masalah di perut. Mereka juga meningkatkan daya ingat dan meningkatkan aktivitas otak. Dengan kandungan zat besi yang tinggi, telur puyuh juga membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh anda. Telur puyuh juga membersihkan tubuh anda dari senyawa beracun dan logam yang terbentuk dalam tubuh.

6. Mencegah Batu Ginjal

Telur puyuh baik untuk meningkatkan kesehatan ginjal, hati dan kantung empedu. Telur puyuh juga menghambat pertumbuhan batu ginjal dan membantu menghancurkannya. Hal ini disebabkan telur kaya kandungan lecithin, yang membantu memecah batu ginjal.

7. Meningkatkan Libido

Telur puyuh penuh dengan nutrisi. Fosfor, protein, dan vitamin termasuk beberapa yang penting. Nutrisi penting ini membantu meningkatkan libido anda.

8. Meningkatkan Kualitas Rambut

Manfaat telur puyuh termasuk dalam meningkatkan kesehatan rambut anda. Nutrisi yang hadir dalam telur puyuh membantu meluruskan dan memperkuat rambut anda, selain membuatnya menjadi lebih mengkilat. Jika anda ingin rambut panjang, mengkilap dan kuat, pertimbangkan untuk memasukkan telur puyuh dalam diet anda.

9. Anti-inflamasi

Telur puyuh merupakan agen anti-inflamasi yang ampuh, membuatnya menjadi makanan yang ideal bagi siapa pun yang menderita nyeri sendi, batuk kronis, dan bronkitis. Kecenderungan anti-alergi dari telur puyuh juga meningkatkan karakteristik anti-inflamasi.

10. Baik Untuk Orang yang Alergi Terhadap Telur Ayam

Bagi orang-orang yang alergi terhadap telur ayam, telur puyuh bisa menjadi pengganti yang sempurna. Telur ayam dapat menyebabkan beberapa reaksi, seperti gatal, muntah, sakit perut, dan mual. Telur puyuh tidak menyebabkan alergi dan memiliki sedikit zat penyebab alergi dibanding telur ayam. Bahkan, telur puyuh juga menunjukkan sifat anti-alergi. Hal ini karena protein khusus yang disebut ovomucoid yang hadir di dalamnya.

Jadi, apa yang anda tunggu? Masukkan telur puyuh yang menakjubkan ini dalam diet anda dan jadilah sehat hari ini.

Demikianlah artikel manfaat telur puyuh yang menakjubkan ini, semoga berguna dan menambah khazanah pengetahuan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: