10 Manfaat Susu Kedelai yang Perlu Anda Tahu

December 4, 2016

manfaat susu kedelai

Anda pasti sudah familiar dengan salah satu olahan kacang kedelai yaitu susu kedelai. Ternyata terdapat banyak manfaat susu kedelai yang bisa anda dapatkan. Tentu hal tersebut bisa dicapai dengan cara konsumsi yang tepat karena susu kedelai ini juga memiliki efek sampingnya. Cara pengolahan juga menjadi salah satu penentu bagaimana kualitas serta manfaat maksimal yang diberikan oleh susu kedelai ini. Dengan mengetahui secara detail maka anda bisa memaksimalkan manfaatnya dan meminimalisasi efek sampingnya.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

1. Sebagai Menu Untuk Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat susu kedelai yang cukup populer adalah membantu menurunkan berat badan. Dalam proses menurunkan berat badan tentu anda harus memilih bahan makanan yang dikonsumsi dengan baik. Susu kedelai dapat memberikan energi dengan jumlah kalori dan lemak yang rendah sehingga aman dikonsumsi dalam proses penurunan berat badan secara sehat serta memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama, sehingga akan membantu untuk menahan asupan kalori berlebihan. Kandungan di dalam susu kedelai yang dibuat secara murni tanpa campuran apapun adalah 7 gram protein, 4 gram karbohidrat dan 4,5 gram lemak sehingga tetap memberikan kontribusi nutrisi secara pas.

2. Mencegah Osteoporosis

Susu kedelai mengandung fitoesterogen yang berfungsi untuk mempercepat penyerapan kalsium di dalam tubuh. Banyak juga produk susu kedelai yang diberikan vitamin D tambahan sehingga lebih memberikan manfaat maksimal bagi tubuh. Meskipun pada dasarnya kandungan protein nabati adalah zat yang dapat mencegah masalah kerapuhan pada tulang belakang tersebut.

3. Alternatif Susu Untuk Penderita Alergi

Anak dengan penyakit galaktosemia tentu akan sulit mengkonsumsi susu karena kadar galaktosa di dalam tubuhnya yang tinggi sehingga menyebabkan anak tersebut tidak toleransi terhadap susu. Sehingga susu kedelai bisa menjadi pilihan alternatif bagi anak yang mengalami galaktosemia karena jenis susu ini tidak mengandung senyawa laktosa. Selain itu, olahan kedelai ini juga bebas dari kasein, gluten dan msg sehingga aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja.

4. Mencegah Diabetes Mellitus

Salah satu manfaat susu kedelai yang penting adalah kemampuannya mencegah penyakit diabetes. Di dalam susu kedelai terdapat asam amino glisin dan arginin yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan hormon insulin. Sehingga dengan konsumsi yang tepat dapat mencegah terjadinya diabetes mellitus. Selain itu susu kedelai juga ramah terhadap ginjal sehingga tidak akan mengganggu baik bagi penderita diabetes mellitus ataupun tidak. Apalagi susu kedelai mengandung 5 gram lebih sedikit gula dibandingkan dengan susu sapi, maka jenis susu ini memang aman untuk menjaga agar gula darah tetap pada angka normal. Perlu anda ketahui bahwa protein nabati pada kedelai dapat membantu mempercepat proses penyerapan gula di dalam metabolisme tubuh.

5. Mencegah Penyakit Migren

Penyakit migren atau sakit kepala sebelah memang terkadang timbul tanpa diketahui penyebabnya. Tetapi untuk migren yang disebabkan oleh defisiensi (kekurangan) suatu zat gizi maka bisa dicegah dan diatasi dengan susu kedelai. Di dalam susu kedelai mengandung vitamin B kompleks, mineral dan asam amino yang cukup tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral untuk tubuh anda.

6. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat susu kedelai juga termasuk dalam mencegah penuaan dini. Vitamin B, vitamin C dan vitamin E adalah contoh zat antioksidan yang mampu memberikan manfaat bagi tubuh manusia. Zat tersebut juga terdapat di dalam susu kedelai, sehingga mengkonsumsinya sama dengan memenuhi kebutuhan antioksidan dalam tubuh yang akan berdampak untuk mencegah penuaan dini. Terjadinya kondisi penuaan dini bisa disebabkan oleh berbagai paparan lingkungan yang kurang baik untuk tubuh dan wajah.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat susu kedelai lainnya yang tak kalah penting untuk menjaga kesehatan jantung. Sebagai minuman yang merupakan olahan dari kedelai maka susu ini memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah dan tidak mengandung kolesterol. Sehingga mengkonsumsi susu kedelai tidak akan menimbulkan masalah pada kesehatan jantung anda.

8. Menurunkan Masalah Tekanan Darah Tinggi

Keseimbangan antara lemak jenuh dan tak jenuh dalam susu kedelai akan membantu dalam mengatur tekanan darah tinggi. Kandungan magnesium di dalamnya juga mampu menurunkan resiko tekanan darah tinggi. Diimbangi dengan vitamin E, B6 dan asam folat yang akan membantu meminimalisasi resiko penyakit jantung.

9. Bermanfaat Untuk Ibu hamil

Jika ibu hamil sering merasa mual karena susu sapi maka susu kedelai bisa menjadi pilihan alternatif penggantinya. Asam folat, protein, omega 3, kalsium dan berbagai vitamin serta mineral lainnya terdapat di dalam susu kedelai. Sehingga dengan mengkonsumsi susu kedelai ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan nutrisi untuk perkembangan janinnya secara maksimal. Tidak hanya untuk kebutuhan janin tetapi kandungan 1 gram serat di dalamnya juga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan yang juga sering dialami oleh seorang ibu hamil.

10. Pencegah Anemia Terutama Untuk Para Vegetarian

Para vegetarian pasti mengetahui manfaat susu kedelai yang satu ini. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin B12 dari susu kedelai yang bermanfaat untuk membentuk sel darah merah sehingga dapat membantu mengurangi masalah anemia. Selain itu bagi para vegetarian yang tidak mengkonsumsi makanan hewani termasuk telur atau susu sapi maka susu kedelai akan membantu dalam memenuhi kebutuhan akan kalsium, protein dan vitamin lainnya. Sehingga meskipun memiliki prinsip vegetarian tetapi pemenuhan nutrisi tetap dipenuhi dengan baik.

Memahami Resiko Mengkonsumsi Susu Kedelai

Memang ada begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi susu kedelai, tetapi anda juga perlu memahami bahwa ada resiko yang juga mengikutinya. Anda perlu mengikuti aturan konsumsi yang tepat untuk bisa meminimalisasi terjadinya resiko sebagai berikut :

• Pada orang dewasa, konsumsi kedelai sebanyak 30 gram dalam sehari dapat menimbulkan resiko gangguan fungsi kelenjar tiroid.

• Tidak semua bayi yang mengalami galaktosemia dapat menerima susu kedelai dengan baik pula, sehingga anda perlu melakukan konsultasi kepada dokter atau ahli gizi untuk meminimalisasi adanya resiko yang tidak diinginkan.

• Tubuh manusia menghasilkan hormon esterogen, sementara susu kedelai mengandung phytoesterogen yang bagi sebagian orang bisa memberikan dampak kurang baik bagi tubuhnya. Sehingga konsumsi yang kurang tepat dapat menyebabkan ketidakseimbangan atau kelebihan hormon tersebut.

Sebaiknya untuk menjaga kondisi aman, anda hanya mengkonsumsi 10 mg kedelai per hari untuk mendapatkan manfaat susu kedelai secara maksimal. Bahkan pada standar tersebut anda juga bisa mendapatkan manfaat tambahan yaitu menurunkan resiko terjadinya kanker payudara karena adanya kandungan antioksidan genistein yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Sehingga pertimbangkan dengan baik sebelum anda akan mengkonsumsi susu kedelai dan sebarapa banyak jumlahnya.

Kesimpulan

Dalam mengkonsumsi susu kedelai anda bisa mendapatkan begitu banyak manfaat dan bisa dijadikan sebagai minuman alternatif untuk beberapa kondisi tubuh tertentu. Sehingga anda akan lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral untuk kesehatan tubuh. Tetapi yang perlu diperhatikan dengan baik adalah jumlah konsumsinya karena jika berlebihan akan memberikan dampak negatif bagi tubuh. Anda harus memastikan konsumsi susu kedelai secara tepat agar tidak sampai terjadi resiko yang kurang baik terhadap kesehatan diri.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: