10 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan yang Telah Terbukti

May 7, 2016

manfaat minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu dari beberapa makanan yang dapat diklasifikasikan sebagai makanan “super”.

Kombinasi asam lemaknya yang unik dapat memiliki efek positif yang besar bagi kesehatan. Ini termasuk menurunkan lemak, fungsi otak yang lebih baik dan berbagai manfaat yang luar biasa lainnya.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan

Berikut adalah 10 manfaat minyak kelapa untuk kesehatan yang telah mendapat konfirmasi dari penelitian-penelitian yang dilakukan manusia.

1. Minyak Kelapa Mengandung Kombinasi Unik Dari Asam Lemak Dengan Sifat Obat Yang Kuat

Minyak kelapa telah menjadi momok di masa lalu akibat kandungan asam lemak jenuhnya. Bahkan, minyak kelapa menjadi salah satu sumber terkaya dari lemak jenuh yang dikenal manusia, dengan hampir 90% kandungan asam lemak di dalamnya tergolong asam lemak jenuh.

Namun, data baru menunjukkan bahwa lemak jenuh tidak berbahaya. Banyak penelitian besar yang melibatkan ratusan ribu orang membuktikan bahwa gagasan “penyumbatan-arteri” adalah sebuah mitos. Selain itu, minyak kelapa tidak mengandung lemak jenuh seperti yang terdapat dalam keju atau steak. Mereka tergolong Medium Chain Triglycerides (MCT) – yaitu asam lemak dengan rantai medium.

Sebagian besar asam lemak dalam makanan adalah asam lemak rantai panjang, tetapi asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa dimetabolisme secara berbeda.

Mereka pergi langsung ke hati dari saluran pencernaan, di mana mereka digunakan sebagai sumber energi secara cepat atau berubah menjadi apa yang disebut badan keton, yang dapat memiliki efek terapi pada gangguan otak seperti epilepsi dan Alzheimer.

Kesimpulan: Minyak kelapa mengandung banyak trigliserida rantai menengah, yang dimetabolisme berbeda dan dapat memiliki efek terapi pada beberapa gangguan otak.

2. Populasi yang Makan Banyak Kelapa Adalah Mereka Yang Berada Diantara Orang-orang Tersehat di Planet Ini

Kelapa adalah jenis makanan “eksotis” di dunia Barat, terutama dikonsumsi oleh orang-orang yang sadar akan kesehatan. Sementara di beberapa bagian dunia lain, kelapa adalah makanan pokok yang telah diturunkan selama beberapa generasi.

Contoh terbaik dari populasi tersebut adalah Tokelauans, yang hidup di Pasifik Selatan. Mereka memenuhi lebih dari 60% kalori mereka dari buah kelapa dan merupakan konsumen lemak jenuh terbesar di dunia. Orang-orang ini dalam kondisi sehat, dengan tidak ada bukti terkena penyakit jantung.

Contoh lain dari populasi yang mengkonsumsi banyak kelapa dan tetap dalam kondisi sehat adalah Kitavans.

Kesimpulan: Banyak penduduk dunia telah berkembang selama beberapa generasi dengan mengkonsumsi kelapa dalam jumlah besar.

3. Minyak Kelapa Dapat Meningkatkan Pengeluaran Energi Anda, Membantu Anda Membakar Lemak Lebih Banyak.

Obesitas saat ini merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar di dunia. Sementara beberapa orang berpikir obesitas hanyalah masalah kalori, beberapa yang lain percaya bahwa sumber kalori adalah hal yang penting juga.

Ini adalah fakta bahwa makanan yang berbeda mempengaruhi tubuh dan hormon kita dengan cara yang berbeda. Dalam hal ini, kalori adalah BUKAN kalori.

Trigliserida rantai medium dalam minyak kelapa dapat meningkatkan pengeluaran energi dibandingkan dengan jumlah kalori yang sama dari lemak rantai panjang.

Satu penelitian menemukan bahwa 15-30 gram per hari Trigliserida rantai medium meningkatkan pengeluaran energi selama 24 jam sebesar 5%, yang berjumlah sekitar 120 kalori per hari.

Kesimpulan: Trigliserida rantai menengah dalam minyak kelapa telah terbukti meningkatkan pengeluaran energi selama 24 jam sebanyak 5%, berpotensi menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan dalam jangka panjang.

4. Asam Laurat Dalam Minyak Kelapa Bisa Membunuh Bakteri, Virus dan Jamur, Serta Membantu Menyembuhkan Infeksi

Ini mungkin salah satu manfaat minyak kelapa yang mengejutkan anda.

Hampir 50% dari asam lemak dalam minyak kelapa adalah 12 karbon asam laurat. Ketika minyak kelapa secara enzimatis dicerna, juga membentuk monogliserida disebut monolaurin.

Baik asam laurat maupun monolaurin dapat membunuh patogen berbahaya seperti bakteri, virus dan jamur. Sebagai contoh, zat ini telah terbukti dapat membunuh bakteri Staphylococcus Aureus (patogen sangat berbahaya) dan ragi Candida Albicans, sumber infeksi ragi yang umum pada manusia.

Kesimpulan: Asam lemak dan produk pecahan dalam minyak kelapa dapat membunuh patogen berbahaya, serta berpotensi membantu mencegah infeksi.

5. Minyak Kelapa Bisa Menghentikan Rasa lapar Anda, Membuat Anda Makan Lebih Sedikit

Salah satu fitur menarik dari minyak kelapa adalah bahwa itu dapat mengurangi rasa lapar anda. Hal ini mungkin berkaitan dengan cara asam lemak di dalamnya dimetabolisme, karena badan keton dapat memiliki efek mengurangi nafsu makan.

Dalam satu penelitian, diberikan jumlah yang bervariasi dari trigliserida rantai menengah dan panjang sebagai asupan untuk 6 pria sehat. Hasilnya, mereka yang mengkonsumsi trigliserida rantai menengah paling banyak makan 256 kalori lebih sedikit per hari, rata-rata.

Penelitian lain pada 14 pria sehat menemukan bahwa mereka yang makan paling banyak kandungan trigliserida rantai menengah saat sarapan, makan lebih sedikit kalori saat makan siang.

Penelitian-penelitian ini termasuk kecil dan hanya dilakukan untuk jangka waktu yang singkat. Jika efek ini diterapkan dalam jangka panjang, bisa memiliki pengaruh yang sangat besar pada berat badan selama beberapa tahun.

Kesimpulan: Asam lemak dalam minyak kelapa dapat secara signifikan mengurangi nafsu makan, yang mungkin positif mempengaruhi berat badan dalam jangka panjang.

6. Asam Lemak dalam Minyak Kelapa Berubah menjadi Keton, Yang Bisa Mengurangi Kejang

Manfaat minyak kelapa lainnya yang mungkin tidak anda ketahui adalah kemampuannya untuk mengurangi kejang.

Sebuah diet yang disebut ketogenik (rendah karbohidrat dan lemak yang sangat tinggi) saat ini sedang dipelajari untuk mengobati berbagai gangguan. Penerapan yang paling dikenal dari diet ini adalah mengobati anak-anak penderita epilepsi yang resistan terhadap obat.

Diet ini melibatkan konsumsi karbohidrat yang sangat sedikit serta lemak dalam jumlah yang besar, menyebabkan konsentrasi badan keton meningkat drastis dalam darah.

Untuk beberapa alasan, diet ini secara dramatis dapat mengurangi tingkat kejang pada anak epilepsi, bahkan termasuk mereka yang gagal diterapi beberapa jenis obat.

Karena trigliserida rantai menengah dalam minyak kelapa bisa dikirim ke hati dan berubah menjadi badan keton, mereka sering digunakan pada pasien epilepsi untuk menginduksi ketosis.

Kesimpulan: Trigliserida rantai menengah dalam minyak kelapa dapat meningkatkan konsentrasi darah dari badan keton, yang dapat membantu mengurangi kejang pada anak epilepsi.

7. Minyak Kelapa Dapat Memperbaiki Tingkat Kolesterol Darah dan Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Minyak kelapa yang sarat dengan lemak jenuh, sebenarnya tidak membahayakan profil lipid darah seperti yang diperkirakan sebelumnya. Lemak jenuh meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan mengubah kolesterol LDL untuk menjadi subtipe jinak.

Dalam satu penelitian yang melibatkan 40 wanita, minyak kelapa menurunkan kolesterol total dan LDL sekaligus meningkatkan HDL dibandingkan dengan minyak kedelai.

Ada juga penelitian pada tikus yang menunjukkan bahwa minyak kelapa mengurangi trigliserida, kolesterol total dan LDL, meningkatkan HDL serta meningkatkan faktor pembekuan darah dan status antioksidan.
Perbaikan dalam faktor-faktor risiko kardiovaskular ini secara teoritis seharusnya mengarah pada penurunan risiko penyakit jantung dalam jangka panjang.

Kesimpulan
: Penelitian pada manusia dan tikus menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki manfaat dalam memperbaiki faktor risiko penting seperti kolesterol total, LDL dan HDL, yang dapat diterjemahkan dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

8. Minyak Kelapa Dapat Melindungi Rambut Terhadap Kerusakan, Melembabkan Kulit dan Berfungsi Sebagai Tabir Surya

Minyak kelapa juga memiliki berbagai manfaat yang tidak ada hubungan dengan mengkonsumsinya. Banyak orang menggunakannya untuk tujuan kosmetik dan untuk memperbaiki kesehatan kulit dan rambut mereka.

Penelitian pada individu yang memiliki kulit kering menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kadar air dan lipid dari kulit. Minyak kelapa juga bisa melindungi dari kerusakan rambut dan satu penelitian menunjukkan efektivitasnya sebagai tabir surya, memblokir sekitar 20% dari sinar ultraviolet matahari.

Aplikasi lain adalah menggunakannya seperti obat kumur, yang dapat membunuh beberapa bakteri berbahaya dalam mulut, meningkatkan kesehatan gigi dan mengurangi bau mulut.

Kesimpulan: Manfaat minyak kelapa juga termasuk dalam kecantikan. Minyak kelapa dapat diterapkan secara topikal (penggunaan luar). Penelitian menunjukkan minyak kelapa efektif sebagai pelembab kulit dan melindungi dari kerusakan rambut. Ia juga dapat digunakan sebagai bentuk ringan dari tabir surya dan sebagai obat kumur.

9. Asam Lemak dalam Minyak Kelapa Bisa Meningkatkan Fungsi Otak pada Pasien Alzheimer

Salah satu manfaat minyak kelapa yang luar biasa adalah mengatasi penyakit Alzheimer.

Penyakit Alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia di seluruh dunia dan terjadi terutama pada orang tua. Pada pasien Alzheimer, sepertinya ada pengurangan kemampuan untuk menggunakan glukosa sebagai energi di bagian-bagian tertentu dari otak.

Badan keton dapat menyediakan energi untuk otak dan peneliti telah berspekulasi bahwa keton dapat menyediakan sumber energi alternatif untuk sel-sel yang tidak berfungsi dan mengurangi gejala Alzheimer.

Dalam satu penelitian pada tahun 2006, konsumsi trigliserida rantai menengah menyebabkan peningkatan langsung dalam fungsi otak pada pasien Alzheimer ringan. Penelitian lain mendukung temuan ini dan trigliserida rantai menengah saat ini sedang intensif diteliti sebagai agen terapi yang potensial mengatasi penyakit Alzheimer.

Kesimpulan: Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak dalam minyak kelapa dapat meningkatkan kadar badan keton, memasok energi untuk sel-sel otak pasien Alzheimer dan meringankan gejala-gejalanya.

10. Minyak Kelapa Dapat Membantu Anda Menurunkan Lemak, Terutama Lemak Jahat Dalam Rongga Perut Anda

Mengingat bahwa minyak kelapa dapat memiliki manfaat dalam mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak, masuk akal jika hal itu juga dapat membantu anda menurunkan berat badan.

Minyak kelapa tampaknya menjadi sangat efektif dalam mengurangi lemak perut, yang ada di dalam rongga perut dan di sekitar organ. Ini adalah lemak paling berbahaya dari semua lemak dan sangat terkait dengan banyak penyakit.

Lingkar pinggang mudah diukur dan merupakan pertanda besar untuk jumlah lemak di rongga perut.

Sebuah penelitian pada 40 wanita dengan obesitas perut, diberikan minyak kelapa sebanyak 30 mL (1 ons) per hari. Hasilnya terjadi penurunan yang signifikan baik secara BMI maupun lingkar pinggang dalam jangka waktu 12 minggu.

Penelitian lain pada 20 laki-laki gemuk mencatat penurunan lingkar pinggang sebanyak 2,86 cm setelah 4 minggu dari mengkonsumsi 30 mL (1 ons) minyak kelapa per hari.

Jumlah ini mungkin tampak tidak terlalu mengesankan, tetapi harus disadari bahwa orang-orang ini tidak menambahkan olahraga atau membatasi kalori. Mereka kehilangan sejumlah besar lemak perut hanya dengan menambahkan minyak kelapa pada diet mereka.

Catatan penting terakhir, untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa seperti yang diuraikan dalam artikel diatas, anda harus memperoleh minyak kelapa murni … BUKAN minyak kelapa yang telah mengalami proses penyulingan.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: