10 Manfaat Ginseng yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

December 4, 2015

manfaat ginseng

Beberapa manfaat kesehatan ginseng yang luar biasa diantaranya kemampuan ginseng untuk menstimulasi pikiran, mengurangi stress, meningkatkan potensi seksual, membantu menurunkan berat badan, mengontrol diabetes, mengurangi rasa tidak nyaman akibat menstruasi, meningkatkan kesehatan rambut, dan melindungi kulit.

Ginseng sebenarnya merupakan istilah luas yang menyatukan hampir selusin spesies tanaman yang berbeda yang termasuk genus Panax. Tanaman yang bernilai tinggi ini, yang memiliki akar yang besar dan berdaging (sumber utama nutrisi), umumnya ditemukan di Amerika Utara dan beberapa negara di Asia yang memiliki iklim dingin. Namun, karena permintaan dari seluruh dunia untuk tanaman yang bermanfaat ini, ginseng telah diekspor ke seluruh penjuru dunia. Terdapat beberapa genus yang berbeda, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, beberapa diantaranya memiliki akar yang berkayu, sementara yang lain berdaging. Akar ginseng merupakan elemen paling berharga secara medis dari tanaman ginseng, dan dapat dibeli dalam bentuk kering, utuh, atau terpotong. Daun ginseng memiliki manfaat yang terbatas, namun mereka tetap memiliki kegunaan. Banyak distributor mengklaim tanaman palsu sebagai bagian dari keluarga ginseng, jadi pastikan anda mengetahui dari bagian ginseng mana suplemen anda berasal.

Akar ginseng dapat dikonsumsi langsung melalui mulut, atau dapat disertakan ke dalam suplemen, minuman berenergi, minuman, teh, dan bentuk lain. Ginseng telah dikenal luas dan banyak digunakan di seluruh dunia. Ginseng mungkin dikenal karena manfaat adaptogeniknya, yang berarti tubuh mampu beradaptasi dengan situasi yang lebih menegangkan dengan adanya ginseng. Ginseng membuat metabolisme dan sistem kekebalan tubuh lebih fleksibel; itulah sebabnya mengapa akar ginseng sangat dihargai di berbagai kebudayaan. Sekarang, mari kita lihat lebih mendalam manfaat ginseng untuk kesehatan.

10 Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan

1. Menjaga Diabetes

Salah satu manfaat ginseng yang luar biasa adalah kemampuannya dalam mengendalikan diabetes. Terdapat sejumlah penelitian yang dilakukan untuk menjaga dan mencegah diabetes, namun salah satu pengobatan herbal yang paling menjanjikan untuk penyakit diabetes selama beberapa tahun terakhir adalah pemakaian ginseng. Ginseng telah menunjukkan mampu mengurangi tingkat gula darah dalam arti tingkat gula darah puasa dan tingkat gula darah post-prandial (sesudah makan). Dengan asupan atau penyerapan glukosa secara rutin, ginseng mampu melindungi tubuh dari lonjakan dan penurunan gula darah yang dapat menjadikan diabetes sangat berbahaya, atau yang dapat mengakibatkan timbulnya diabetes.

2. Mencegah Penuaan Prematur

Manfaat ginseng yang telah dikenal luas di seluruh dunia adalah kemampuannya untuk mengurangi tanda-tanda penuaan. Ginseng digunakan sebagai antioksidan, yang dapat mencegah efek negatif dari radikal bebas di seluruh tubuh, yang merupakan produk sisa yang berbahaya dari metabolisme sel yang mampu merusak sel-sel sehat. Antioksidan yang ditemukan pada ginseng dapat mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, serta beberapa jenis kanker. Ginseng juga sering dikaitkan dengan pencegahan pembentukan maltol, zat berbahaya lain yang diproduksi oleh tubuh yang memperburuk kondisi medis.

3. Kemampuan Kognitif

Setiap orang dimulai dari pelajar hingga manula telah memilih ginseng karena kemampuan kognitif yang dimilikinya. Mengkonsumsi ginseng tidak hanya menstimulai kemampuan kognitif anda untuk fokus dan berkonsentrasi, namun juga menstimulasi aktifitas otak yang mungkin sulit dicapai saat seseorang berusia lanjut. Aktifitas antioksidan dalam menstimulasi aliran ini mencegah akumulasi plak dan radikal bebas di otak, yang secara efektif mencegah serangan dementia, Alzheimer, dan gangguan kognitif lainnya. (Baca juga: Mengenal Penyakit Alzheimer dan Demensia)

4. Menurunkan Berat Badan

Kombinasi ampuh dari bahan kimia yang ditemukan pada ginseng memiliki efek yang sangat banyak, diantaranya menekan nafsu makan. Saat seseorang mengkonsumsi serbuk ginseng, ginseng akan menekan hormon rasa lapar dari memicu rasa ingin makan, sehingga membantu banyak orang dalam menurunkan berat badan dengan menghindari cemilan diantara jam makan, dan disaat yang bersamaan memberikan manfaat kesehatan yang lain.

5. Performa Seksual

Inilah manfaat ginseng yang sangat populer di kalangan pria. Salah satu penggunaan tradisional paling umum dari ginseng adalah sebagai afrodisiak. Serbuk ginseng dipercaya mampu meningkatkan performa seksual kaum pria dan meningkatkan libido. Pada penerapannya di dunia modern, ginseng seringkali direkomendasikan bagi pria yang mengalami disfungsi ereksi sebagai solusi alami.

6. Rasa Tidak Nyaman saat Menstruasi

Sebagai zat yang menenangkan dan anti inflamasi, ginseng seringkali diberikan kepada wanita yang menderita dari rasa tidak nyaman dan kram akibat menstruasi. Ginseng juga dapat membantu mengurangi perubahaan mood yang berhubungan dengan menstruasi dan perubahan menopause pada wanita paruh baya.

7. Kesehatan Rambut

Salah satu karbohidrat alami yang ditemukan pada ginseng telah dihubungkan secara langsung dengan pencegahan alopecia dan kebotakan pada pria. Dengan mengaplikasikan salep ginseng atau serbuk ginseng secara langsung pada kulit kepala dapat meningkatkan kesehatan folikel rambut, mencegah ketombe, dan mengurangi kerontokan rambut secara signifikan.

8. Kesehatan Kulit

Manfaat ginseng juga termasuk dalam memelihara kesehatan kulit. Dengan menstimulasi aliran darah ke seluruh tubuh, khususnya ke seluruh sel kulit, ginseng mampu menjaga kulit untuk tetap terlihat muda dan terhidrasi. Manfaat ini termasuk ke dalam kategori anti penuaan, namun ginseng juga dihubungkan dengan detoksifikasi kulit dan meningkatkan respon kekebalan pada organ terbesar yang dimiliki tubuh.

9. Kanker Kolorektal

Meskipun penelitian ekstensif sedang dilakukan pada kanker jenis lain, area onkologi paling menjanjikan dari ginseng adalah kanker kolorektal; penelitian telah menunjukkan penurunan langsung pada penyebaran dan gejala kanker kolorektal dengan mengkonsumsi ginseng secara rutin. Penelitian awal pada kanker jenis lain menunjukkan manfaat anti tumor, namun penelitian ini masih pada tahap awal dan masih terdapat perdebatan pada manfaat medis dari ginseng dalam hal kanker.

10. Pereda Stress

Ginseng mempengaruhi sistem syaraf tubuh dalam berbagai cara, termasuk menstimulasi metabolism dan meningkatkan energi. Kedua efek ini dapat membantu mengurangi stress dan kegelisahan tubuh. Sebagai tambahan, dan mungkin yang lebih penting, adaptogen yang ditemukan pada ginseng telah terbukti mampu mengubah tingkat hormon pada tubuh, yang juga mampu membantu menurunkan tingkat hormon stress dan mencapai keseimbangan mood yang lebih baik pada tubuh.

Untuk Diingat: ginseng merupakan rempah yang sangat ampuh, dan juga dapat menimbulkan reaksi negatif pada tubuh. Beberapa reaksi negatif yang sering muncul diantaranya rasa nyeri pada perut, sakit kepala, gangguan saat tidur, dan reaksi alergi. Meskipun reaksi yang muncul umumnya masih pada batas wajar, anda harus tetap berkonsultasi dengan professional sebelum menambahkan ginseng pada pola makan atau suplemen anda.

Demikianlah 10 manfaat ginseng yang untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan menambah khazanah pengetahuan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: