10 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan dan Kecantikan

November 30, 2016

buah delima

Buah delima atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan pomegranate pasti sudah sering anda dengar manfaat atau khasiatnya bagi tubuh manusia. Buah ini sering disebut sebagai super fruit oleh para peneliti karena banyaknya manfaat yang bisa didapat dari buah berwarna merah ini. Sebagai buah tropis maka anda bisa dengan mudah menemukannya untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan dari buah nan merah tersebut. Adanya berbagai kandungan gizi yang ada di dalamnya membuat buah ini kaya akan manfaat jika digunakan secara tepat. Mari kita bahas mengenai manfaat buah delima secara lebih dalam.

Manfaat Buah Delima Merah Bagi Tubuh Manusia

1. Berguna Sebagai Anti Kanker

Salah satu manfaat buah delima yang luar biasa adalah sebagai agen anti kanker. Adanya kandungan antioksidan di dalam buah delima merah menjadikannya memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Proses menghambat sel kanker tersebut dapat dilakukan secara maksimal dengan konsumsi teratur terutama untuk masalah kanker payudara, kanker prostat dan kanker paru-paru.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sifat anti bakteri dan anti mikroba yang terdapat di dalam buah delima akan membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi juga akan merangsang pertumbuhan sel darah putih untuk melawan berbagai virus dan bakteri dalam tubuh sehingga sistem imun menjadi lebih kuat.

3. Perawatan Pre Natal (Sebelum Kelahiran) Untuk Ibu Hamil

Mungkin banyak yang belum mengetahui manfaat buah delima yang satu ini. Ternyata ada berbagai manfaat yang bisa diberikan oleh buah delima bagi ibu hamil atau saat pre natal. Buah delima merah mengandung berbagai jenis nutrisi dan mampu menjadi sumber vitamin serta mineral yang penting bagi perkembangan janin. Salah satu zat yang penting untuk masa pre natal adalah asam folat yang akan membentuk perkembangan otak janin. Selain itu adanya kandungan kalium akan mengurangi kram di kaki ibu serta menurunkan adanya resiko kelahiran anak prematur atau berat bayi lahir rendah. Zat anti inflamasi menjamin kesehatan peredaran darah yang akan mendukung proses perkembangan janin secara keseluruhan. Sehingga ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsinya secara teratur sebagai salah satu pilihan diet pre natal.

4. Sebagai Bahan Anti Penuaan Dini

Kandungan antioksidannya ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tetapi juga untuk masalah penuaan dini. Penggunaan buah delima sebagai masker akan mengurangi keriput serta garis halus lainnya, selain itu juga dapat mempertahankan proses regenasi kulit untuk mencegah bintik hitam pada wajah.

5. Mencegah Kanker Kulit

Anthocyanin dan tanin terhidrolisa di dalam buah delima bila diaplikasikan ke kulit secara langsung akan mampu memberikan efek untuk mencegah kanker kulit. Sudah tentu kandungan antioksidan tersebut memang memberikan efek maksimal untuk masalah kanker. Bahkan jus buah delima bisa bermanfaat pula untuk mencerahkan kulit anda cukup dengan mengaplikasikannya dalam keadaan kulit sudah dibersihkan. Perlindungan kulit secara maksimal dari paparan sinar matahari secara langsung juga bisa diberikan secara maksimal dari kandungan antioksidannya.

Baca juga artikel 13 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Kanker di Masa Depan.

6. Dapat Digunakan Untuk Perawatan Gigi

Manfaat buah delima juga termasuk untuk perawatan gigi. Masalah atau sakit pada bagian rongga mulut termasuk gigi kebanyakan ditimbulkan karena adanya bakteri yang berkembang di dalamnya. Adanya sifat anti bakteri dan anti virus di dalam buah delima merah membuatnya bisa juga digunakan untuk efek plak pada gigi dan mencegah terjadinya penyakit mulut lainnya

7. Dapat Digunakan Untuk Kecantikan Berbagai Jenis Kulit

Jus buah delima dapat bermanfaat baik pada kulit kering maupun berminyak dengan sangat tepat. Pada kulit kering struktur molekulnya akan menembuske dalam kulit dan memberikan kelembaban pada kulit tersebut. Sedangkan pada kulit berminyak dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat dan mengurangi produksi sebum.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah delima lainnya yang tak kalah penting adalah sebagai sahabat jantung anda. Buah delima dapat menjaga arteri tetap terjaga fleksibilitasnya dengan adanya kandungan punicalagin. Selain itu, kandungan tersebut juga bermanfaat untuk mencegah adanya peradangan pada pembuluh darah. Dengan efek tersebut maka buah delima dapat memperlancar peredaran darah. Tidak hanya sampai di situ, buah ini juga bisa mengurangi jumlah kolesterol jahat yang juga menjadi penyebab kebanyakan penyakit jantung dan meningkatkan jumlah kolesterol baik. Kandungan kaliumnya juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

9. Anti Anemia

Buah merah ini juga mengandung banyak zat besi sehingga dapat membantu mengurangi maslah anemia atau kekurangan sel darah merah. Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus maupun dikonsumsi secara langsung sesuai selera karena tidak akan menurunkan efek yang diberikan. Konsumsi secara teratur akan memberikan dampak yang lebih signifikan pada masalah anemia tersebut.

10. Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Banyak orang mengkonsumsi buah delima untuk mendapatkan manfaat yang satu ini. Salah satu zat dalam buah delima bisa mengatasi enzim yang menghambat perkembangan kolagen. Manfaat kolagen untuk kulit adalah menjaganya agar tetap kencang, lembut dan halus. Selain itu sel yang memproduksi elastin untuk kulit agar tetap terjaga kelenturannya juga dikembangkan dengan baik. Sehingga dengan penggunaan secara rutin kulit wajah anda akan terjaga kekuatannya dan terlihat awet muda.

Tips Mengkonsumsi Buah Delima Merah Dengan Berbagai Cara

Dalam mengkonsumsi buah delima tidak ada aturan atau cara pengolahan secara khusus. Kebanyakan orang cenderung hanya mengkonsumsinya secara langsung atau hanya digunakan sebagai jus. Tidak perlu khawatir jika anda bosan untuk mengkonsumsi buah delima secara langsung atau di jus saja karena ada banyak cara untuk menikmati dan mendapatkan manfaatnya seperti beberapa cara berikut:

  • Setelah buah delima di jus anda bisa membekukannya untuk dijadikan es atau menggunakannya sebagai campuran jelly.
  • Untuk merasakan sensasi rasa lainnya, anda bisa mencampurkannya ke dalam pasta sebagai salah satu bahan olahannya.
  • Digunakan sebagai topping atau bahan tambahan dalam pembuatan pie dan jenis kue lainnya. Sehingga anda bisa menikmati kue tersebut dengan sensasi rasa yang berbeda.
  • Membuatnya menjadi selai buah delima bisa menjadi pilihan dan inovasi untuk mengkonsumsi buah delima agar tidak bosan dengan pengolahan yang biasa-biasa saja.

Memang dalam mengkonsumsi buah delima ini tergantung pada bagaimana selera anda masing-masing. Asalkan anda tetap mengkonsumsinya dengan cara yang sehat maka manfaat maksimalnya juga tetap bisa dirasakan secara maksimal. Rasanya yang sedikit asam mungkin cocok untuk digunakan dalam berbagai jenis olahan terutama untuk makanan penutup dengan rasa unik di lidah.

Kesimpulan

Ada berbagai manfaat buah delima merah yang bisa digunakan baik untuk segi kesehatan maupun kecantikan. Kandungan nutrisinya yang begitu banyak sudah tentu akan memenuhi beberapa kebutuhan nutrisi tubuh terutama untuk vitamin dan mineralnya. Anda perlu untuk mengetahui dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Rasa yang enak dan unik akan membuat anda merasa tidak sedang mengkonsumsi obat, sehingga bisa dikonsumsi untuk segala usia. Pengolahannya juga bisa disesuaikan dengan selera masing-masing untuk mendapatkan manfaat semaksimal mungkin dari buah delima merah ini.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: