10 Manfaat Berhubungan Intim yang Bakal Mengejutkan Anda

December 11, 2015

berhubungan intim

Mengapa orang melakukan hubungan intim?

Nah, untuk yang satu ini, berhubungan intim memang membuat perasaan gembira dan hal itu memang membawa banyak kesenangan, untuk orang dewasa (yang telah menikah) tentu saja. Selain itu, melakukan hubungan intim secara teratur tidak hanya dapat membuat hubungan anda lebih baik dan lebih dekat dengan pasangan, namun juga secara fisik anda menjadi lebih sehat. Banyak penelitian ilmiah telah menemukan hubungan cinta, sentuhan fisik dan gairah seks dapat membawa manfaat untuk kesehatan, seperti tekanan darah yang lebih rendah. Bahkan, apa pun yang mengolahragakan jantung anda dianggap baik untuk anda, termasuk berhubungan intim.

10 Manfaat Berhubungan Intim

Di bawah ini adalah beberapa manfaat berhubungan intim yang bakal mengejutkan anda, yang mungkin bisa membuat anda menginginkan lebih dan lebih.

1. Berhubungan intim membuat anda bercahaya dan tampak lebih muda.

Manfaat berhubungan intim yang pertama adalah membuat anda tampak lebih muda. Sebuah studi yang dilakukan di Royal Edinburgh Hospital di Skotlandia mengumpulkan sekelompok hakim dan meminta mereka untuk melihat peserta melalui cermin satu-arah dan kemudian menebak usia mereka. Peserta yang sedang menikmati hubungan intim yang intensif dengan pasangan tetap mereka (rata-rata empat kali seminggu) dianggap 7 sampai 12 tahun lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya. Mengapa? Karena mereka memiliki wajah yang berseri-seri, sehingga terpancar cahaya yang lebih muda tentang mereka. Berhubungan intim secara rutin akan menghasilkan hal ini untuk anda: merangsang pelepasan hormon seperti estrogen dan testosteron, yang membantu menjaga tubuh anda tampak muda dan vital.

2. Berhubungan intim meningkatkan kebugaran anda.

Berhubungan intim juga memiliki manfaat dalam menjaga kebugaran anda, karena mereka dianggap sebagai salah satu bentuk olahraga. Menurut sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam The American Journal of Cardiology, aktivitas seksual adalah sebanding dengan olahraga sederhana pada treadmill. Sebuah permainan seks yang baik membuat tubuh anda fit dan dapat membakar 85 sampai 250 kalori, tergantung pada lama dan kekuatan sesi. Ini bukan saja olahraga yang membawa banyak kesenangan, tetapi juga melatih otot-otot punggung, pantat dan paha anda. Berkeringat di tempat tidur karena aktivitas dorongan ataupun tarikan selama anda berhubungan intim juga membantu membentuk otot perut anda serta memastikan anda sehat secara fisik dan siap untuk menjalani hari-hari anda.

3. Berhubungan intim mengurangi stress.

Manfaat berhubungan intim lainnya yang luar biasa adalah kemampuannya mengurangi stress. Orang yang melakukan hubungan intim setidaknya sekali setiap dua minggu lebih mampu mengelola stress dalam hidup, seperti berbicara di depan umum. Fakta ini berdasarkan temuan sebuah studi yang dilakukan oleh University of the West of Scotland. Penulis studi dan profesor psikologi Stuart Brody, Ph.D. menjelaskan bahwa selama endorfin dan oksitosin seks (hormon merasa-baik) dilepaskan, hormon ini mengaktifkan pusat kesenangan di otak yang menciptakan perasaan keintiman dan relaksasi, yang membantu mencegah kecemasan dan depresi. Lebih hebat lagi, anda akan mendapatkan lonjakan besar hormon penghilang stress ketika anda meraih klimaks.

4. Berhubungan intim membuat tidur anda lebih nyenyak.

Pernahkah anda memperhatikan bagaimana setelah anda berhubungan intim dan orgasme, anda kemudian tidur terlelap? Itu karena endorfin yang sama yang membantu anda melepaskan stress dan bersantai, juga bertanggung jawab untuk membuat tidur anda menjadi nyenyak. Cindy Meston M., Ph.D., direktur Sexual Psychophysiology Laboratory at the University of Texas di Austin menjelaskan bahwa tidak hanya endorfin yang dilepaskan selama orgasme, tetapi juga hormon lain yang disebut prolaktin. Menurutnya, “kadar prolaktin secara alami lebih tinggi ketika kita tidur, yang menunjukkan hubungan yang kuat diantara keduanya.” Jika anda bertujuan untuk mendapatkan tidur lelap atau nyenyak, lewatkan gerakan-gerakan akrobatik, sebaliknya pilihlah berhubungan intim dengan sesi tenang, jika tidak, anda mungkin merasa lebih berenergi daripada mengantuk setelah berhubungan intim.

5. Berhubungan intim memerangi jerawat.

Manfaat berhubungan intim termasuk dalam mengatasi jerawat. Kehidupan seks yang sehat benar-benar dapat membantu memerangi jerawat dalam beberapa kasus. Jerawat sering merupakan manifestasi dari ketidakseimbangan hormon internal khususnya ketidakseimbangan hormon seks estrogen, progesteron dan androgen / testosteron. Berhubungan intim menghilangkan racun dan menyeimbangkan kadar hormon anda, yang dapat membantu menjaga kulit anda lebih bersih. Berhubungan intim juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan memberikan oksigen pada kulit anda, sehingga pada akhirnya dapat membuat kulit anda lebih bercahaya, halus dan lentur. Anda benar-benar dapat membantu kulit anda tetap sehat dan bebas jerawat dengan melakukan hubungan intim secara teratur.

6. Berhubungan intim melawan pilek dan flu.

Sebuah studi di Pennsylvania menemukan bahwa orang yang berhubungan intim sekali atau dua kali seminggu memiliki kadar imunoglobulin A (IgA) yang lebih tinggi dalam tubuh mereka. IgA adalah senyawa untuk melawan penyakit yang membantu menangkis penyakit seperti pilek dan flu. Senyawa ini adalah sekitar 30% lebih tinggi pada partisipan yang melakukan hubungan intim setidaknya sekali dalam seminggu dibanding mereka yang tidak melakukan hubungan intim sama sekali. Menariknya, IgA berada di level terendah pada orang yang berhubungan intim lebih dari dua kali seminggu. Penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum kesimpulan tentang hubungan intim mingguan ini dapat dibuat, namun peneliti setuju bahwa ada hubungan antara seberapa kuat sistem kekebalan tubuh anda dan seberapa sering anda berhubungan intim. Lakukan hubungan intim setiap minggu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memerangi penyakit dan menjaga tubuh anda tetap sehat.

7. Berhubungan intim meringankan sakit dan nyeri yang mengganggu.

Manfaat berhubungan intim berikut ini mungkin bakal mengejutkan anda. Sebelum anda mengambil aspirin, cobalah mendapatkan orgasme. Lonjakan hormon yang dilepaskan setelah orgasme dapat membantu meringankan sakit dan nyeri yang mengganggu anda, baik itu sakit kepala atau sakit punggung. Hal ini berdasarkan temuan dari penelitian yang dilakukan di Headache Clinic di Southern Illinois University. Dalam penelitian tersebut, setengah dari perempuan yang menderita migrain melaporkan lega setelah mendapatkan klimaks. Cindy Meston M., Ph.D., menjelaskan: “Endorfin yang dilepaskan selama orgasme sangat mirip dengan morfin, dan mereka secara efektif mengurangi rasa sakit.” Ya, jadi ini adalah tentang melakukan hubungan intim setiap kali anda merasakan sakit atau nyeri dan pria anda ada di sekitar anda.

8. Berhubungan intim mencerahkan periode bulanan dan kram yang diderita.

Anda mungkin tidak menyukai gagasan berhubungan intim selama periode bulanan anda datang, tapi hal ini juga bukanlah ide yang buruk. Berhubungan intim ketika menstruasi dapat memberikan manfaat dalam meringankan kram dan membantu mengakhiri periode bulanan anda lebih cepat. Ini menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Yale University School of Medicine, yang juga menemukan bahwa berhubungan intim saat menstruasi menurunkan risiko endometriosis, suatu kondisi yang umum pada wanita yang menyebabkan jaringan rahim tumbuh di luar rahim, menyebabkan nyeri panggul dan seks yang menyakitkan. Jika anda memutuskan untuk melakukan hubungan intim pada periode bulanan anda, lakukanlah dengan gaya misionaris (posisi wanita dibawah). Hal ini dimaksudkan agar aliran darah yang keluar cenderung lebih ringan. Namun jika anda atau pasangan anda merasa tidak nyaman melakukannya ketika anda menstruasi, jangan lakukan hal tersebut.

9. Berhubungan intim memperkuat kontrol atas kandung kemih.

Sekitar 30% wanita akan terpengaruh oleh inkontinensia urin di beberapa titik dalam hidup mereka (inkontinensia adalah ketidakmampuan menahan air kencing). Adalah penting bahwa anda memiliki dasar panggul yang kuat, jika anda ingin menghindari inkontinensia. Berhubungan intim bertindak seperti latihan rutin untuk otot panggul anda dan bila dilakukan secara teratur dapat sangat bermanfaat. Selain itu, ketika anda mengalami orgasme, kontraksi otot dasar panggul memperkuat mereka dan juga membantu anda menangkis inkontinensia.

10. Berhubungan intim mengurangi risiko kanker prostat.

Manfaat berhubungan intim yang satu ini jelas menambah kesenangan kaum pria. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa pria yang sering mengalami ejakulasi (setidaknya 21 kali dalam sebulan) lebih kecil kemungkinan untuk mendapatkan kanker prostat dibanding mereka yang jarang berhubungan intim. Penelitian ini mengungkapkan bahwa anda bahkan tidak memerlukan pasangan untuk menuai manfaat ini karena masturbasi dan mimpi basah juga diperhitungkan dalam kasus ini. Jelas, ada banyak faktor yang mempengaruhi risiko kanker, tetapi melakukan lebih banyak hubungan intim tidak akan ada ruginya.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: