10 Manfaat Bawang Putih yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

February 9, 2017

bawang putih

Manfaat Bawang Putih – Bawang putih telah digunakan sejak zaman kuno baik sebagai makanan dan obat. Mereka telah ditemukan di piramida Mesir dan kuil-kuil Yunani kuno.

Ini bukanlah sebuah kebetulan dimana semua kebudayaan kuno datang pada kesimpulan yang sama tentang bawang putih – mereka adalah ramuan yang cukup mengagumkan.

Dan ilmu pengetahuan modern juga melihat bawang putih dalam cahaya yang sama, sebagai makanan yang kuat untuk membantu mencegah dan mengobati begitu banyak masalah kesehatan yang berbeda.

Masalah Bau Mulut Bawang Putih

Sebelum kita melangkah lebih jauh, ada satu masalah utama bawang putih: bawang putih menyebabkan bau nafas yang kurang mengenakkan.

Namun hal ini bukan berarti anda harus mengurangi makan bawang putih, karena anda akan kehilangan beberapa manfaat bawang putih yang luar biasa untuk kesehatan.

Ya, napas anda mungkin memiliki bau khas setelah mengkonsumsinya, tetapi ada cara-cara tertentu untuk mengurangi bau tersebut.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa makan bawang putih bersama dengan susu dapat menghentikan bau. Apel, peterseli, dan bayam dikatakan juga membantu mengurangi bau napas bawang putih, begitu juga dengan air jeruk.

Rahasia Ramuan Bawang Putih

Jadi apa yang membuat bawang putih begitu menakjubkan?

Rahasia di balik ramuan luar biasa ini adalah senyawa sulfur yang disebut allicin.

Ketika allicin dicerna, menghasilkan asam sulfenic. Hebatnya, asam ini bereaksi dengan radikal bebas lebih cepat daripada senyawa lain yang dikenal.

Hal ini membuat asam sulfenic antioksidan kuat dan berada di balik beberapa manfaat bawang putih yang paling mengesankan untuk kesehatan.

Namun, anda harus tahu trik untuk melepaskan allicin agar memberi manfaat bawang putih yang maksimal.

Trik Untuk Melepaskan Kekuatan Super Bawang Putih

Bawang putih sebenarnya mengandung dua senyawa terpisah yang perlu hadir bersama-sama untuk membentuk allicin. Karena senyawa ini terletak dalam kompartemen yang berbeda, anda perlu untuk menghancurkan atau mengunyah bawang putih untuk memungkinkan mereka bereaksi satu sama lain.

Ini cukup cerdas ketika anda memahami mengapa bawang putih dibentuk seperti ini.

Anda lihat, bawang putih perlu untuk melindungi diri sendiri dari serangga. Jadi, ketika seekor serangga datang dan menggigitnya, senyawa ini bereaksi … dan pestisida alami ini dilepaskan.

Hal ini juga dapat menjelaskan mengapa bawang putih sangat baik untuk membunuh ‘serangga’ yang menyebabkan pilek, flu, dan penyakit lainnya – nanti akan dijelaskan kemudian.

Manfaat Bawang Putih yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Berikut adalah 10 alasan mengapa anda harus makan bawang putih setiap hari.

1. Kekebalan Tubuh: Menangkis Semuanya

Salah satu manfaat bawang putih yang paling menakjubkan adalah mereka meningkatkan kekebalan tubuh.

Berkat kemampuannya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan antibakteri, antivirus, anti-jamur, serta sifat anti-inflamasi, bawang putih telah digunakan sejak lama sebagai obat alami.

Sebuah studi terhadap 146 orang, dilakukan selama 12 minggu selama bulan-bulan musim dingin, menunjukkan bahwa konsumsi suplemen bawang putih setiap hari mengurangi jumlah pilek sebesar 63%, dibandingkan dengan tidak mengkonsumsi suplemen.

Lebih jauh lagi, mereka yang menderita pilek yang mengkonsumsi suplemen, rata-rata lama gejala berkurang sebesar 70%, dari 5 hari pada kelompok kontrol menjadi hanya 1,5 hari pada kelompok bawang putih.

2. Kulit Halus: Tidak Ada Lagi Keriput

Apa yang akan anda lakukan untuk menjaga penampilan muda anda?

Apakah anda mendapatkan bau bawang putih dalam pertukaran untuk kulit bebas kerut? Jika demikian, anda beruntung.

Bawang putih mungkin memiliki beberapa sifat anti-penuaan, yang kemungkinan besar karena sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

Terlebih lagi, tiga senyawa dalam bawang putih telah terbukti memiliki efek anti-kerut – yang berarti ada tiga alasan untuk menambahkan ramuan menakjubkan ini pada makanan anda.

Dan, jika anda mendapatkan jerawat, maka bawang putih dapat membantu dengan membunuh bakteri penyebab jerawat.

(Baca juga artikel 7 Makanan Pembuat Awet Muda)

3. Menghilangkan Logam Berat dari Tubuh

Manfaat bawang putih yang tak kalah penting adalah mereka dapat membuang kandungan logam dalam tubuh.

Jika anda memiliki amalgam gigi atau makan ikan yang mengandung banyak merkuri, anda mungkin perlu sedikit bawang putih lebih.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan antara bawang putih dan menghapus logam berat, seperti merkuri dan timah, dari tubuh.

Satu studi pada tikus menunjukkan penurunan kandungan timbal dalam hati, ginjal, otak, dan tulang, berkat dosis tinggi ekstrak bawang putih.

Studi lain, kali ini pada 117 pekerja di pabrik aki mobil yang memiliki keracunan timbal kronis, menunjukkan bahwa bawang putih berhasil mengurangi timbal dalam tubuh. Itu dianggap oleh para peneliti sama efektifnya dengan obat, dan secara klinis aman.

4. Memelihara Jantung Tetap Sehat

Menurut CNN, bawang putih segar akan melindungi jantung anda.

Para ilmuwan percaya bahwa makan satu siung bawang putih setiap hari akan mengurangi kerusakan hati dan mempertahankan aliran darah yang baik di aorta.

Hal ini juga dapat memperlambat pengerasan arteri (dikenal sebagai aterosklerosis), seperti yang ditunjukkan dalam studi empat tahun di mana peserta mengambil bubuk bawang putih setiap hari. Selama penelitian, pria yang mengambil bawang putih hanya mengalami peningkatan 1,1% dalam volume plak; tetapi mereka yang mengambil plasebo mengalami peningkatan 5,5%.

Selain itu, bawang putih juga tampaknya memiliki efek menurunkan kadar kolesterol LDL. Namun menjauhi junk food tetap harus dilakukan, karena mungkin tetap membunuh anda.

(Baca juga Top 10 Makanan Penurun Kolesterol)

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Salah satu manfaat bawang putih yang sangat penting adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu kontributor terbesar untuk penyakit kardiovaskular. Bawang putih tampaknya memiliki manfaat ganda melindungi jantung dengan menurunkan tingkat tekanan darah.

Bahkan, ekstrak bawang putih antara 600 mg dan 1.500 mg ditemukan sama efektifnya dengan obat yang diresepkan untuk hipertensi, ketika diambil selama periode 24 minggu.

Penelitian lain menunjukkan bubuk bawang putih memiliki efek signifikan lebih dari 12 minggu, tetapi hanya dalam kasus-kasus ringan tekanan darah tinggi.

Bawang putih juga dikatakan sebagai pengencer darah alami yang sangat baik. Terkait hal ini, ahli jantung Dr Stephen Sinatra sebenarnya merekomendasikan beberapa pasiennya menghindari bawang putih jika mereka mengambil obat pengencer darah, karena takut darah mereka terlalu encer!

Artikel terkait menurunkan tekanan darah tinggi:
manfaat semangka
manfaat seledri
manfaat buah delima
manfaat lobak

6. Memerangi Kanker

Bawang putih adalah makanan anti-kanker yang hebat.

Sifat antibakteri, tingkat antioksidan yang tinggi, dan kemampuannya untuk meningkatkan perbaikan DNA, hanyalah beberapa alasan yang dikemukakan oleh National Cancer Institute untuk kemungkinan manfaat bawang putih sebagai anti-kanker.

Ada banyak penelitian di luar sana, yang menunjukkan bahwa bawang putih dapat melindungi terhadap berbagai jenis kanker, diantaranya:

  • Studi klinis menunjukkan bahwa makan bawang putih dan bawang merah secara teratur dapat mencegah kanker prostat.
  • Makan banyak bawang putih mentah atau matang telah dikaitkan dengan efek protektif terhadap kanker kolorektal dan lambung.
  • Peningkatan konsumsi bawang putih dapat mengurangi risiko kanker pankreas.
  • Bawang putih telah menunjukkan harapan dalam mencegah kanker payudara.

Namun bawang putih direkekomendasikan sebagai metode pencegahan, bukan obat terkait penyakit ini.


7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Umbi kecil ini bisa membantu mengendalikan berat badan anda, jauh lebih aman dibanding pil diet!

Menurut Daily Mail, tes laboratorium menunjukkan bahwa tikus yang diberikan diet tinggi gula mendapatkan berat badan yang berkurang jika mereka juga makan allicin. Dan, tekanan darah mereka lebih rendah daripada kelompok kontrol. Kepala peneliti, Dr David Mirelman, menjelaskan allicin sebagai ‘obat ajaib’, di kelompok yang sama seperti aspirin.

Dalam studi lain, tikus penelitian melakukan diet penggemukan selama delapan minggu, dan kemudian memberi mereka makanan yang sama ditambah dengan bawang putih selama tujuh minggu. Bawang putih tersebut mengurangi berat badan dan lemak tikus, serta menjaga darah dan hati dari diet yang tidak sehat.

8. Melindungi Memori Anda

Manfaat bawang putih berikut ini mungkin anda belum mengetahuinya.

Seburuk-buruknya bawang putih bagi napas anda, namun telah terbukti penting untuk otak anda.

Senyawa lain dalam bawang putih (kali ini bukan allicin) dapat melindungi otak dari penyakit yang berhubungan dengan usia seperti demensia dan Alzheimer.

Kedua kondisi tersebut diduga disebabkan oleh peradangan di otak, serta stres oksidatif dari radikal bebas yang berlebihan.

FruArg, senyawa yang dipelajari, terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, yang ternyata begitu efektif menangkal penyakit ini.

9. Melawan Infeksi Jamur

Bahkan jika anda bukan seorang atlet, anda mungkin telah tertular kondisi yang umum dikenal sebagai kaki atlet.

Disebabkan oleh kaki berkeringat atau lembab, menyebar dari orang ke orang, atau dipicu oleh berjalan di permukaan yang terkontaminasi. Hal ini mengganggu dan tidak nyaman.

Sebuah studi perbandingan yang meresepkan obat Lamisil 1% terhadap manfaat bawang putih menemukan bahwa solusi bawang putih memiliki angka kesembuhan 100%, dibandingkan dengan angka kesembuhan 94% dari Lamisil.

Cukup mengesankan untuk sebuah solusi alami, bukan?

Dr. Weil menganjurkan satu atau dua siung bawang putih sehari untuk siapa saja yang menderita infeksi kronis atau berulang seperti infeksi telinga atau ragi.

10. Menghindari Gigitan Kutu

Manfaat bawang putih juga termasuk untuk menghindari gigitan kutu. Gigitan kutu tidak hanya menjengkelkan, mereka dapat benar-benar berbahaya.

Kutu (hingga 70% dari mereka) membawa penyakit Lyme, infeksi bakteri yang cukup serius yang dapat bertahan seumur hidup jika tidak segera terdeteksi. Yahoo Health bahkan mengklaim anda dapat memiliki penyakit Lyme dan anda tidak mengetahuinya!

Mengkonsumsi kapsul bawang putih telah ditemukan mengurangi risiko gigitan kutu sampai 21% dalam studi marinir Swedia.

Ada sedikit studi di luar sana yang mengatakan bahwa bawang putih dapat mengusir nyamuk dan serangga lainnya, membuatnya patut untuk dicoba.

Cara Mendapatkan Bawang Putih Segar

Untuk mendapatkan manfaat bawang putih secara maksimal, anda harus:

  • Membeli bawang putih utuh, segar – tidak kering atau bukan bawang putih yang telah diiris.
  • Hancurkan bawang putih segar, tunggu beberapa menit untuk reaksi senyawa terjadi dan makan dalam waktu 1 jam, sebelum manfaat dari allicin menghilang.
  • Jika bawang putih anda mulai tumbuh tunas kecil, jangan membuangnya! Tunas kecil hijau tersebut dapat menandakan adanya peningkatan antioksidan dan manfaat kesehatan lainnya, menurut Medical News Today.

Dapatkah Saya Mengkonsumsi Suplemen Bawang Putih?

Ada perdebatan besar antara bawang putih ‘asli’ dan suplemen bawang putih tanpa adanya penarikan kesimpulan.

Jika anda menyukai bawang putih, tambahkan pada makanan anda. Namun jika anda tidak tahan rasa atau baunya, pertimbangkan membeli suplemen bawang putih berkualitas tinggi.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: