10 Kebiasaan Orang-orang yang Panjang Umur

February 18, 2017

panjang umur

Ingin tahu rahasia mereka yang panjang umur? Saya akan memberi anda petunjuk: itu tidak termasuk perjalanan menuju sumber air awet muda, karena mungkin itu hanya ada dalam dongeng. Pada kenyataannya mereka hidup dengan kebiasaan dan pola perilaku yang tidak hanya membantu mereka hidup lebih lama, tetapi juga membantu mereka hidup lebih bahagia.

University of Southern California memiliki sebuah program gerontologi, disebut “aging degree”, yang didedikasikan untuk mempelajari rentang hidup manusia dan penuaan. Satu ahli gerontologi USC baru-baru ini melakukan perjalanan ke India untuk belajar persis bagaimana orang secara teratur dapat hidup sampai usia 90-an dan 100-an di negara dunia ke-3. Rahasia yang ia amati memberikan beberapa wawasan yang benar-benar keren dalam menjalani hidup yang lebih sehat.

Berikut adalah beberapa tips:

1. Menghindari Stress

Anda tidak perlu stress. Jadi jauhi mereka. Anda bisa menjadi bahagia, produktif dan hidup dengan tingkat stress yang rendah. Stress dapat membahayakan kesehatan dan terkait dengan berbagai jenis penyakit, seperti kanker, penyakit paru-paru, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Kurangi ketegangan anda dengan berolahraga, berpartisipasi dalam yoga, dan meluangkan waktu untuk bersantai setiap hari.

Artikel terkait: Cara mengurangi stress

2. Menjaga Kehidupan Sosial

Para peneliti menyarankan bahwa mengelilingi diri anda dengan keluarga dan teman-teman dapat mengurangi risiko depresi, yang umum terjadi pada orang tua dan sering dapat menyebabkan kematian dini. Kita adalah makhluk sosial, sebagian dari kesehatan kita bergantung pada bersama dengan orang lain. Menemukan interaksi sosial setiap hari adalah kebiasaan bagi mereka yang panjang umur (namun ini bukan berbicara tentang aktif di media sosial, tetapi kehidupan sosial yang nyata).

3. Menjadikan Rempah-Rempah Bagian Diet Reguler Anda

Hal baru dalam studi kesehatan baru-baru ini adalah perawatan kesehatan holistik. Namun memberitahu orang India tentang perawatan kesehatan herbal tersebut justru akan membuat mereka menertawakan anda. Mereka sudah mengenal selama ribuan tahun bahwa konsumsi rutin rempah-rempah seperti kunyit dan kayu manis membantu anda hidup lebih lama lagi.

Artikel terkait:
manfaat kunyit
manfaat kayu manis

4. Mencari & Menjaga Spiritualitas

Ritual spiritual, keyakinan, dan tradisi adalah perilaku konsisten dari orang-orang yang memiliki umur panjang dan sehat. Spiritualitas telah terbukti secara psikologis bermanfaat. Orang-orang India memiliki akar yang kuat dalam tradisi agama dan spiritual. Segala bentuk spiritualitas yang terhubung dengan jiwa anda akan bekerja memperpanjang umur anda.

5. Memiliki Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan di rumah menurunkan tingkat stress dan tekanan darah karena kesenangan yang timbul dengan memiliki teman di sekitar. Ini bukan sekedar tradisi Barat, tapi sudah pasti terbukti meningkatkan kesehatan mental, emosional, dan sosial.

6. Menyebarkan Optimisme

Para tetua yang telah sangat berumur diwawancarai dalam penelitian ini ternyata memiliki hawa optimisme tentang diri mereka sendiri. Orang-orang yang berada di sekeliling mereka cenderung merasa bahagia karena pengaruh dari para tetua ini. Mereka berusaha untuk menanamkan sikap dan pandangan yang sama terhadap orang lain. Alam menyukai menjaga orang-orang bahagia di sekitar.

7. Bekerja Keras

Setelah puluhan tahun bekerja keras dan membangun karier anda, hal itu mungkin tampak ideal untuk menghabiskan sisa hari anda di bawah pohon dengan minuman di tangan Anda. Namun orang-orang yang memiliki umur panjang selalu memiliki proyek untuk dikerjakan atau tugas yang harus dilakukan. Seorang jutawan tua di India tua dengan 35 pelayan masih bangun setiap pagi untuk menyapu rumahnya.

8. Jangan Berlebihan Dengan Makanan Anda

Jangan mengambil makanan dengan mudahnya. Orang-orang panjang umur memiliki jadwal makan yang ketat, makan porsi kecil secara lebih sering, tidak pernah mengkonsumsi makanan olahan secara berlebih, dan umumnya menghindari daging. Sekali lagi, herbal adalah fitur umum dalam makanan mereka. Berusaha untuk makan organik sebanyak mungkin.

9. Aktivitas Fisik

Orang-orang yang panjang umur menjauhkan rasa malas dan melakukan sesuatu. Paling umum, mereka berjalan. Mereka yang berjalan kaki jauh secara teratur setiap hari memiliki tubuh yang lebih sehat. Yoga juga merupakan latihan yang kuat yang membangun kebugaran dalam jangka panjang. Kebiasaan aneh lain dari India? Mandi air dingin.

10. Jangan Pernah Berhenti Belajar

Membaca buku, menulis, menghafal puisi, belajar lagu, mendengarkan cerita hanya beberapa dari kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang dengan umur panjang. Minat yang tulus dalam mempelajari hal-hal baru tentang dunia adalah atribut umum di antara orang-orang ini.

Berinvestasilah dalam kebiasaan-kebiasaan diatas! Ini adalah jenis kesehatan dimana anda layak menghabiskan waktu didalamnya. Anda akan menuai hasilnya kelak di tahun-tahun ke depan.

 

 

Previous post:

Next post: