10 Efek Samping Soda yang Sangat Serius

December 30, 2015

efek samping soda

Apakah anda kelaparan dan bergantung pada soda sepanjang hari dalam upaya untuk menurunkan berat badan? Apakah anda merasa setiap makan tidaklah lengkap tanpa kehadiran minuman bersoda? Nah, jika anda menyukai soda, saatnya untuk membaca artikel ini.

Soda adalah minuman paling populer di seluruh dunia. Tapi, apakah anda tahu kecanduan soda bisa membawa korban pada kesehatan anda?
Artikel kali ini adalah tentang sepuluh efek samping dari soda! Ingin tahu lebih banyak? Teruslah membaca…

1. Nilai Gizi Nol

Sebagai catatan, soda tidak mengandung nutrisi. Mereka memiliki nol protein, vitamin atau mineral! Semuanya hanya mengandung air, gula halus, kafein, asam, warna dan pengawet. Asupan soda yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit gaya hidup seperti diabetes, peradangan kronis dan serangan jantung.

2. Menyebabkan Berat Badan Bertambah

Konsumsi secara teratur soda akan menyebabkan obesitas. Soda memiliki kadar gula yang tinggi dan kalori yang kosong sehingga membuat lemak anda menumpuk.

Minum soda dapat menyebabkan ‘Soda Belly’, yaitu lemak terbentuk di hati dan perut anda, dimana keduanya dapat berkontribusi untuk resistensi insulin dan diabetes.

Minuman ringan juga mengandung kafein, yang membuat orang terus kecanduan untuk minum kembali. Kebanyakan pecandu soda lupa akan kandungan gula yang terdapat dalam soda dan terus mengkonsumsi minuman tersebut tanpa menyadari bahwa satu 330 ml setiap hari bisa berdampak pada kenaikan berat badan sebesar 0.5 kg setiap bulan!

Ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa mengurangi konsumsi soda membantu orang mengurangi indeks massa tubuh mereka.

3. Mengarah Pada Diabetes

Soda menyebabkan kenaikan berat badan dan karenanya membuat anda rentan terkena diabetes tipe 2, yang timbul karena ketidakmampuan insulin dalam mengurai gula.

Rasa manis dari soda biasanya karena mengandung sirup jagung, yang tinggi fruktosa. Fruktosa sirup jagung memaksa sel yang memproduksi insulin di pankreas lebih dibanding makanan lainnya. Segera setelah Anda minum soda, sejumlah besar gula memasuki aliran darah anda sangat cepat. Ini menekank pankreas untuk mengeluarkan sejumlah besar insulin bagi tubuh untuk memproses gula.

Soda juga penuh dengan racun seperti Aspartam, pemanis buatan yang memiliki rasa manis 200 kali dibanding gula biasa. Aspartam terdiri dari tiga bahan kimia – asam aspartat, fenilalanin, dan metanol. Metanol dalam soda terurai menjadi karsinogen seperti formalin dan asam format. Aspartame juga menyebabkan sakit kepala dan migrain. Inilah salah satu hal yang harus diwaspadai dari efek samping soda.

4. Meningkatkan Risiko Osteoporosis

Penelitian membuktikan bahwa sering mengkonsumi minuman ringan dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Konsumsi soda dalam jumlah tinggi terutama berbahaya bagi pertumbuhan anak-anak karena tulang mereka tidak memiliki kalsium yang cukup.

Soda secara alami bersifat sangat asam, memiliki tingkat pH sekitar 2,5, hampir sama dengan cuka. Kandungan gula dalam soda menyamarkan keasamannya. Keasaman minuman ringan menyebabkan dekalsifikasi dan melemahnya tulang. Alasan lain yang menghubungkan osteoporosis dan soda adalah kenyataan bahwa rata-rata orang yang memiliki kebiasaan minum soda kurang meminum susu kaya kalsium.

5. Penyebab Karies Dan Erosi Gigi

Tingginya kadar asam sitrat dalam soda bertanggung jawab atas hilangnya enamel dari gigi. Penelitian membuktikan bahwa soda bertanggung jawab atas meningkatnya kemungkinan gigi rusak hingga tiga kali lipat. Erosi enamel membuat gigi lemah, sensitif dan rentan terhadap kerusakan.

6. Meningkatkan Risiko Kerusakan Ginjal

Penelitian mengungkapkan bahwa minum soda dalam jumlah besar meningkatkan kemungkinan terbentuknya batu ginjal. Soda bersifat sangat asam, itu akan menggerus kalsium dari tulang anda. Berikutnya kehadiran kalsium dalam urin mengarah ke pembentukan bertahap dari batu ginjal.

7. Tekanan Darah Meningkat

Para peneliti mengatakan bahwa gula fruktosa yang berlebihan menyebabkan hipertensi. Konsumsi soda merupakan faktor risiko utama yang membawa pada sindrom metabolik, yaitu gabungan dari beberapa masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, obesitas, kolesterol tinggi, dan resistensi insulin.

8. Berbahaya Untuk Sistem pencernaan

Penelitian menunjukkan bahwa efek samping lainnya yang berbahaya dari minum soda adalah risiko penyakit fatal seperti sirosis hati. Soda juga merugikan kesehatan pencernaan.

Soda kaya asam fosfat. Bersama dengan asam klorida yang terdapat dalam perut anda, akan mempengaruhi fungsinya. Anda mungkin akan menderita gangguan pencernaan jika anda terlalu banyak meminum soda.

9. Menyebabkan Dehidrasi

Kafein dan gula dalam soda menyebabkan dehidrasi. Soda bertindak sebagai diuretik dan meningkatkan buang air kecil. Hal ini terjadi karena ginjal mencoba untuk membuang kelebihan gula yang terkandung dalam soda dari tubuh anda.

10. Mempercepat Penuaan

Asam fosfat dalam soda mempercepat penuaan. Zat inilah yang memberi rasa tajam pada soda dan juga bertindak sebagai pengawet. Dosis kafein yang tinggi dalam soda juga menyebabkan iritabilitas, gelisah, insomnia, tekanan darah tinggi, dan detak jantung tidak teratur.

Kami berharap efek samping negatif dari soda ini akan membantu anda menyingkirkan kebiasaan mengkonsumsi soda selamanya.

Kami yakin bahwa setelah anda melakukan ini, anda akan menemukan kembali minuman yang sehat seperti jus buah, susu dan tentu saja air putih yang anda sering abaikan ketika anda minum banyak soda setiap hari.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: