10 Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur

August 14, 2016

susah tidur

Banyak dari kita jatuh tertidur dengan cukup mudah namun merasa susah untuk tetap berada dalam keadaan istirahat selama 6 sampai 8 jam, yaitu jumlah jam tidur yang disaraankan. Ada beberapa alasan yang mungkin menyebabkan kurangnya istirahat total. Ini bisa disebabkan oleh kecemasan sementara atau kronis, penyakit atau reaksi terhadap beberapa obat baru. 10 cara mudah mengatasi susah tidur berikut akan membantu anda mengatasi kesulitan-kesulitan ini. Jika anda menduga obat baru adalah penyebab masalah tidur anda, berkonsultasi dengan dokter anda segera.

1. Tetap terkena sinar matahari alami di siang hari

Menyerap kebaikan sinar matahari alami di siang hari memberikan tubuh nutrisi yang diperlukan seperti vitamin-D dan membiarkan jam tubuh mengenali waktu siang hari dari malam hari angin. Hal ini juga menambah rasa lelah, yang akan memungkinkan istirahat malam yang baik. Ini adalah salah satu cara mudah untuk mengatasi susah tidur.

2. Hindari cahaya buatan sebelum tidur

Setidaknya dua jam sebelum tidur, matikan TV, komputer, ponsel, dan setiap alat elektronik lainnya yang mungkin anda gunakan untuk bekerja atau menikmati hiburan. Cahaya yang dipancarkan oleh peralatan ini menciptakan keadaan kegembiraan dalam tubuh yang membuat susah untuk berada dalam keadaan santai dan damai selama waktu yang diberikan untuk tidur. Berjalan-jalan di udara malam yang dingin atau membaca koran atau buku. Ini akan memberi sinyal pada tubuh anda bahwa akhir hari telah tiba dan waktunya untuk beristirahat.

3. Hindari kafein sebelum tidur

Makan dessert (makanan penutup) setelah makan malam rasanya membuat nikmat, namun hindari makanan penutup yang mengandung kafein. Jangan minum kopi atau teh di malam hari atau bahkan sesaat sebelum tidur. Batasi konsumsi minuman berkafein di siang hari dan hindari minuman tersebut atau makanan yang mengandung kafein di malam hari untuk membantu tubuh anda rileks dan mendapatkan istirahat yang cukup.

4. Lindungi kamar anda dari kebisingan yang mengganggu

Cara mengatasi susah tidur berikutnya adalah dengan membuat kamar anda jauh dari kebisingan. Jika tidak mungkin untuk melindungi seluruh ruangan dari suara-suara yang mengganggu, gunakan headphone yang bagus yang tidak menyakiti telinga atau kepala anda dan putar lagu yang menenangkan. Ini akan membantu anda secara perlahan untuk jatuh tertidur dan membantu seluruh tubuh anda beristirahat selama waktu yang diperlukan.

5. Santaikan pikiran dan tubuh anda

Pelajari beberapa latihan pernapasan dan rasakan setiap nafas yang dihirup dan dihembuskan. Lakukan hal ini sebelum pergi tidur. Ini dapat menjauhkan pikiran-pikiran cemas anda dan memberikan tubuh anda oksigen secara optimal untuk membantu otot-otot lebih rileks. Ini juga memungkinkan anda untuk fokus pada pikiran gembira yang akan membuat anda segera tertidur. Setelah anda berbaring di tempat tidur, anda juga dapat mencoba membuat rileks otot-otot anda dengan cara memijat-mijat mereka.

6. Lakukan mandi suam-suam kuku

Mandi dengan cepat, namun bukan terburu-buru. Jika cara mengatasi susah tidur ini bekerja, maka ia dapat bekerja dengan sempurna. Tapi bagi sebagian orang, air akan menyegarkan tubuh dan mandi mungkin penawar untuk tetap terjaga. Cobalah dan lihat apakah cara ini dapat bekerja baik pada anda. Jangan mandi terlalu lama atau mandi air panas. Mandi cepat selama 4 hingga 5 menit dan ganti pakaian anda menjadi pakaian tidur. Setelah itu segera pergi ke tempat tidur.

7. Rekap hari anda dengan hanya berfokus pada hal-hal bahagia

Entah itu menulis jurnal positif atau sekedar memikirkan hal-hal positif yang anda alami sepanjang hari, dimana anda fokus pada keberhasilan dan kemenangan-kemenangan kecil. Pikirkan hal-hal bahagia tersebut dan berbaringlah. Pikiran bahagia memiliki efek melepaskan ketegangan otot di tempat tidur sementara pikiran negatif akan menempel pada anda dan membuat anda gelisah sepanjang malam.

8. Meditasi sebelum tidur

Meditasi adalah metode relaksasi lengkap yang telah teruji. Ada beberapa bentuk meditasi. Bentuk yang cukup mudah dan membantu masalah susah tidur anda adalah ketika anda menutup mata, melupakan segala sesuatu kecuali pikiran bahagia atau positif dan meluangkan waktu untuk mengembangkan pikiran. Tunggu secara alami apa yang keluar dari pikiran dan lihat bagaimana tubuh anda telah rileks. Ini akan membantu seluruh tubuh anda beristirahat saat anda tidur dan merasakan kesegaran di keesokan hari. (Baca juga: 10 Manfaat Meditasi yang Mungkin Bakal Mengejutkan Anda)

9. Jaga suhu ruangan kamar anda tetap nyaman

Sebuah ruangan yang hangat atau sebaliknya ruangan yang dingin dapat menyebabkan susah tidur. Jaga suhu ruangan kamar anda tetap nyaman, di sekitar 21 derajat celcius. Gunakan selimut yang membuat sedikit hangat. Sebuah selimut tebal atau yang sangat tipis juga mempengaruhi kualitas tidur. Jika pasangan anda lebih menyukai pengaturan suhu yang berbeda, kipas angin mungkin dapat membantu.

10. Ambil tidur siang singkat

Ambil tidur singkat di siang hari menjelang sore selama sekitar 20 menit. Ini sekedar cukup untuk membuat anda rileks, namun tidak membawa anda ke alam yang lebih dalam dari tidur yang justru akan membuat anda segar atau bersemangat di malam hari. Tidur siang singkat selama 20 menit akan membantu anda tertidur di akhir hari, sebaliknya tidur siang yang terlalu lama akan membuat tubuh anda mengatur ulang jam tubuh dan anda masuk ke dalam siklus malam dimana anda mengalami susah tidur dan merasakan kepeningan.

Selain dari teknik mengatasi susah tidur yang telah disebutkan di atas, anda juga dapat mencoba beberapa solusi seperti teh chamomile, mengemil makanan ringan kaya magnesium seperti biji labu (yang sangat baik untuk mengatur hormon tiroid) atau secangkir susu hangat untuk membantu tidur nyenyak.

Semoga bermanfaat!

 

 

loading...

Previous post:

Next post: