10 Cara Mengurangi Stress Hari Ini

January 21, 2017

mengurangi stress

Cara Mengurangi Stress – Stress membuat anda down? Menguras energi anda? Atau lebih buruk, bagi yang telah menikah, menghancurkan kehidupan seks anda?

Setiap orang harus berhadapan dengan stress di beberapa titik dalam hidup mereka. Sayangnya, itu semua adalah sesuatu hal yang tidak bisa kita hindari.

Namun ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengurangi stress.

Apa Perbedaan Antara Stress Baik atau Buruk?

Pertama, mari kita bicara tentang dua jenis stress yang kita semua pasti mengalaminya: distress dan eustress.

Sederhananya, distress adalah stress negatif, dan eustress adalah stress positif. Distress sering menyebabkan kecemasan atau kekhawatiran dan dapat terjadi dalam jangka pendek atau jangka panjang. Seiring waktu hal ini bisa berbahaya.

Eustress, di sisi lain, memotivasi atau berfokus pada energi, dan berlangsung dalam jangka pendek. Eustress biasanya menggairahkan kita dan dapat meningkatkan kinerja.

Salah satu contoh eustress untuk kebanyakan orang misalkan awal dari sebuah hubungan yang baru. Hal ini dapat membangkitkan semangat, memberi kebahagiaan, dan bahkan sumber sukacita baru.

Pembahasan yang akan kita fokuskan disini adalah tentang distress. Berikut adalah beberapa teknik yang dapat membantu anda mengurangi stress.

Cara-Cara Mengurangi Stress


1. Melakukan Yoga

Mungkin anda sudah sering mendengar cara mengurangi stress ini sebelumnya … namun itu benar-benar bekerja! Dan saat ini, sudah banyak dibuka kelas yoga sehingga anda tidak perlu mencari jauh-jauh jika ingin berlatih yoga.

Satu jam berlatih yoga beberapa kali dalam seminggu akan membantu anda, khususnya ketika berbicara tentang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kualitas tidur anda, menenangkan pikiran anda, dan mengelola stress.

(Baca juga artikel tentang manfaat yoga)

2. Meditasi

Meditasi melakukan keajaiban untuk otak serta meningkatkan fokus, konsentrasi, kejernihan mental, memori, dan suasana hati. Bahkan jika anda hanya melakukan ini beberapa menit setiap hari Anda akan melihat hasil yang positif.

Ada banyak cara untuk bermeditasi, baik dilakukan sendiri maupun bersama-sama dalam kelompok. Kelas-kelas meditasi sering ditawarkan pada acara-acara spiritual, pusat-pusat kesehatan, dan sejenisnya.

(Baca juga artikel tentang manfaat meditasi)

3. Tertawa

Inilah salah satu cara mengurangi stress yang paling mudah dan murah. Goncangkan perut anda, dalam arti tertawalah dengan lepas.

Manfaat terapi dari tertawa sangatlah tak terbatas. Tertawa merilis kimia di otak yang merangsang hormon “perasaan senang”. Sehingga hal ini akan mengangkat suasana hati anda.

(Baca juga artikel tentang manfaat tertawa)

4. Bermain Dengan Hewan atau Anak-anak

Ini adalah salah satu aktivitas yang kita semua harus melakukannya dengan lebih sering, karena antara lain membantu untuk memberikan kita perspektif. Bermain, seperti halnya tertawa, juga melepaskan zat kimia di otak yang membantu untuk meningkatkan mood, merangsang pelepasan endorfin (yang kita alami selama berolahraga), dan pelepasan energi besar yang tersimpan.
Selain itu, anak-anak dan hewan cenderung untuk membawa keluar hal-hal terbaik dalam diri kita!

5. Mengurangi Gula dan Stimulan Seperti Kopi

Ini adalah seperti lingkaran setan. Budaya kita telah membuat kita terlalu mudah untuk dapat mengakses kafein dan stimulan lainnya, bahkan hingga overdosis.

Semakin kita mengkonsumsi zat ini, semakin kita rentan terhadap stress. Jauhi mereka dan lihat apa yang terjadi.

(Baca juga Manfaat Minum Kopi dan Efek Negatifnya yang Perlu Anda Tahu)

6. Mendapatkan Cukup Tidur yang Berkualitas

Cara mengurangi stress berikut ini sangat penting namun seringkali diabaikan. Banyak orang mengorbankan waktu tidur mereka untuk mengerjakan pekerjaan mereka.

Tidur membantu kita untuk mengkalibrasi ulang dan mengisi kembali otak. Meskipun pikiran tetap aktif selama tidur, namun hal ini akan melepaskan beban.

Berkomitmen untuk membuat kamar tidur anda hanya tempat untuk tidur dan keintiman terjadi. Sebuah lingkungan tidur yang gelap, bersih, tenang, rapi, dan nyaman akan memaksimalkan waktu tidur anda. Ketika anda bangun, akan merasa berenergi dan siap untuk menghadapi hari.

Jika anda merasa sering kesulitan untuk tidur, kami sarankan anda membaca artikel kami 10 Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur.

7. Makan Makanan Diet Bersumber Nabati

Makan makanan yang sehat akan membuat pikiran yang sehat juga. Penting untuk menghilangkan makanan olahan dalam diet anda dengan tidak terkecuali. Belilah hanya bahan-bahan organik atau setidaknya pada daftar aman dan pilih makanan non-transgenik. Berikutnya anda akan merasakan stress mulai mencair.

8. Jalin Ikatan Dengan Teman dan Keluarga

Jangan meremehkan cara mengurangi stress yang satu ini.

Teman-teman dan keluarga akan selalu ada bagi kita ketika kita sedang stress, dan semakin banyak interaksi sosial dengan orang yang kita sayangi akan membantu untuk menurunkan stress bahkan untuk orang-orang yang paling introvert (tertutup) sekalipun. Bangun rasa kebersamaan dan dapatkan dukungan dari orang-orang terkasih.

9. Luangkan Waktu di Luar Rumah dan Berolahraga Secara Teratur

Vitamin D sangat penting, dan tubuh yang memiliki kondisi baik akan beradaptasi lebih mudah terhadap lingkungan yang selalu berubah. Pergi keluar dan dapatkan tubuh anda bergerak. Berada di bawah sinar matahari (tapi pastikan anda terlindungi dengan SPF). Vitamin D dari matahari dan endorfin dari latihan akan membantu anda menurunkan tekanan anda.

10. Sederhanakan Hidup Anda Sebanyak Mungkin

Terakhir, cara mengurangi stress yang tak kalah pentingnya adalah membuat hal-hal menjadi lebih sederhana dan teratur. Ada sesuatu efek pengobatan dalam keteraturan. Menjaga hal-hal tetap rapi dan teratur tidak saja membantu anda menemukan apa yang anda cari dengan lebih mudah, namun juga membantu untuk mengurangi kecemasan, lebih aman, lebih berenergi, serta juga membantu untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas.

Kesimpulan

Stress akan selalu hadir. Luangkan waktu untuk belajar bagaimana mengatasinya ketika itu benar-benar terjadi. Kendalikan stress dalam hidup anda atau sebaliknya mereka akan mengendalikan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: