10 Cara Efektif dan Aman Mengatasi Sembelit

October 30, 2016

mengatasi sembelit

Sembelit bukanlah hal yang sangat diinginkan, terutama bagi mereka yang menderitanya setiap hari. Hal ini dapat menjadi gangguan dan membawa masalah dalam kehidupan sehari-hari. Untungnya, terdapat banyak cara untuk mendapatkan bantuan dari masalah ini dan cara-cara ini semua aman dan terbukti sangat efektif.

Tentu saja, terdapat obat yang tak terhitung jumlahnya yang dapat menjadi pilihan untuk mengatasi sembelit, tapi apakah tidak lebih baik untuk mendapatkan hasil yang diinginkan yang sama tanpa menggunakan obat?

10 Cara Efektif Mengatasi Sembelit

Berikut adalah solusi-solusi alami untuk membantu anda dari sembelit.

1. Makan makanan kaya serat

Diet yang kaya buah dan sayuran akan membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Mereka juga akan meningkatkan kualitas diet anda dan kesehatan anda secara keseluruhan. Jumlah serat yang disarankan anda konsumsi setiap hari adalah sekitar 24-38 gram. Ini mencakup buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan sayur-sayuran.

2. Minum banyak air

Sembelit sering menjadi penyebab dari hidrasi yang buruk dalam tubuh. Kurangnya cairan dalam tinja membuat sulit bagi orang untuk menggerakkan ususnya. Jadi minum banyak air setiap hari, kurang lebih 1,5 sampai 2 liter, atau bahkan lebih tergantung pada berat tubuh anda, cuaca dan olahraga, untuk menghindari ketegangan sembelit.

3. Sertakan prune dalam diet anda

“Sorbitol”, yang merupakan gula pelonggar tinja, datang secara alami dari buah prune. Sorbitol adalah stimulan kolon yang membantu transportasi tinja keluar tubuh. Prune juga kaya akan serat yang benar-benar dapat membantu meringankan tinja keluar secara alami. Jus prune juga sama efektif, jika anda merasakan tak nyaman makan buah yang keriput ini.

4. Cobalah pisang untuk sembelit ringan

Salah satu cara mengatasi sembelit yang sangat ampuh adalah dengan mengkonsumsi pisang. Pisang adalah sumber serat yang besar. Pisang masak harus menjadi pilihan, jika anda ingin terbantu dari sembelit ringan. Ini berisi fructooligosaccharides, yang menghentikan pisang dari fermentasi dan bertindak sebagai pencahar ringan alami.

(Baca juga: 12 Manfaat Buah Pisang yang Mengagumkan)

Hindari pisang mentah karena justru dapat menyebabkan sembelit dan masalah pencernaan yang tidak diinginkan lainnya.

5. Hindari makanan yang menyebabkan sembelit

Hindari terlalu banyak konsumsi makanan yang kaya gula, tepung, daging merah, susu dan telur. Makanan-makanan ini juga penting dalam diet, sehingga jangan menghilangkan makanan ini sepenuhnya, namun harus dikonsumsi minimal dan dan jarang untuk menghindari sembelit.

6. Jauhi kafein dan alkohol

Konsumsi jangka panjang dari minuman berkafein dan alkohol akan menyebabkan dehidrasi karena sifat diuretiknya. Kurangnya hidrasi dalam tubuh akan mengakibatkan tinja menjadi sangat keras. Jadi, kurangi minuman ini, termasuk juga soda dan teh berkafein.

7. Olahraga

Cara mengatasi sembelit lainnya yang tak kalah penting adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga akan membuat dunia anda menjadi lebih baik. Mereka akan membantu menjalankan fungsi sistem pencernaan anda dengan benar dan juga merangsang gerakan usus. Lakukan beberapa olahraga ringan seperti berjalan kaki, bukan hanya duduk, akan membantu tinja bergerak juga.

Cobalah berjalan kaki perlahan selama sekitar 30 detik sambil secara bertahap meningkatkan kecepatan anda menjadi jauh lebih cepat, tapi bukan berlari. Lakukan ini selama sekitar 5 menit. Ini adalah salah satu cara terbaik jika anda melakukannya setiap jam untuk mendapatkan sistem pencernaan anda bekerja.

8. Ambil minyak jarak

Minyak jarak dapat memiliki rasa yang benar-benar buruk, namun berfungsi mengatasi sembelit karena sifat pencaharnya. Mereka mengandung senyawa yang membantu merangsang usus kecil dan besar. Hanya satu atau dua sendok teh dan itu akan membantu anda dari masalah sembelit pada maksimal delapan jam dan mungkin kurang, karena telah terbukti mereka bekerja sangat cepat.

Karena minyak jarak benar-benar memiliki rasa yang mengerikan, anda dapat mendinginkan terlebih dahulu dan dicampur dengan jus untuk menutupi rasanya.

9. Baking soda dapat membantu

Baking soda tidak hanya membuat rumah anda mengkilap bersih, tetapi juga usus anda. Karena mereka adalah bikarbonat, maka mereka membantu udara keluar dari tubuh anda dalam setiap cara yang memungkinkan. Hal ini membuat perut dalam keadaan alkali, yang menetralkan asam lambung sehingga lebih mudah untuk usus anda bergerak usus. Cukup campurkan satu sendok makan baking soda dalam seperempat cangkir air hangat. Minum larutan tersebut untuk mengatasi sembelit dan tunggu hasilnya bekerja.

10. Jangan menahan

Jika tubuh anda memberi sinyal pada anda untuk buang air besar, segeralah pergi ke toilet. Semakin lama anda mencoba untuk menahannya, semakin banyak air yang diserap dari tinja sehingga menjadi keras. Tubuh anda memberi sinyal pada anda untuk menggerakkan usus anda pada waktu tertentu dan hanya untuk waktu terbatas.

Itu sebabnya, jika anda mencoba untuk menahannya lebih lama dari yang seharusnya, dorongan untuk buang air besar akan hilang juga. Jika anda menunda pergi ke kamar mandi, ada kemungkinan bahwa usus anda akan tersumbat lebih banyak dan akan menyebabkan rasa sakit di masa depan.

Kesimpulan

Cara-cara diatas adalah solusi alternatif alami yang efektif untuk dicoba ketika anda mendapatkan serangan sembelit. Jika masalah masih berlanjut dan sering terjadi, saatnya untuk berkonsultasi dengan profesional tentang hal ini. Cara terbaik adalah anda mencari bantuan medis jika kondisi ini mengganggu anda, terutama dalam kegiatan anda sehari-hari.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: